Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar UMKM Online Lewat HP Android, BLT BPUM Tahap 3 Cair

Daftar UMKM online lewat HP android cukup mudah. Segera mendaftar karena BLT UMKM tahap 3 (tiga) sudah mulai cair.

Daftar UMKM Online Lewat HP Android

Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) menjadi program pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional. Bantuan dana segara kepada para pelaku usaha mikro diharapkan bisa membantu mereka bertahan menghadapi pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, Banpres UMKM telah bergulir sejak tahun 2020. DI mana total target bantuan menyentuh 12,8 juta pelaku usaha.

Nah rupanya karena pandemi belum teratasi, maka program ini berlanjut lagi tahun 2021 dengan jumlah penerima yang sama. Yaitu 12,8 juta pelaku usaha.

Pada bulan Agustus tahun 2021 ini, pemerintah sudah mengirimkan bantuan kepada sekitar 10 juta lebih pelaku usaha. Masih ada 2 juta masyarakat yang bakal menerima Rp 1,2 juta di rekening BRI sepanjang Agustus sampai September 2021.

Karena masih ada kesempatan, untuk Sobat yang belum pernah menerima BPUM di tahun 2021, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan pendaftaran. Mudah-mudahan nama Anda masuk dalam daftar penerima BPUM di bulan Agustus atau September 2021.

Cara Mendaftar BLT UMKM Online Terbaru

Daftar UMKM Online Lewat HP Android

Cara pertama yang paling sederhana untuk daftar BLT UMKM 2021 secara online yaitu melalui HP smartphone android. Atau bisa juga mendaftar melalui HP iphone bisa kok.

Berkaca di tahun 2020 lalu, banyak pelaku usaha yang berhasil menerima bantuan usai melakukan pendaftaran secara daring. Pendaftaran online dibuka karena mencegah pandemi Covid-19.

Di tahun 2021 ini, sejumlah pemerintah kabupaten/kota juga membuka pendaftaran bantuan UMKM secara online sebab pandemi belum berakhir.

Tidak ada link yang langsung ke kementerian. Anda harus daftar melalui lembaga pengusul di daerah Anda. Berikut penduan jika Anda hendak daftar penerima bantuan UMKM melalui handphone.

1. Pertama-tama, siapkan HP Anda yang memiliki kuota data internet.

2. Buka aplikasi google dan ketikkan kata berikut ‘Link pendaftaran Jakarta. Itu contoh saja, silahkan ketikkan nama kabupaten/kota sesuai domisili Anda.

3. Akan muncul berbagai urutan informasi link pendaftaran daerah. Silahkan cari apakah ada dan lakukan verifikasi apakah link pendaftaran tersebut memang benar resmi dari pemerintah atau tidak.

4. Jika belum ditemukan juga, silahkan cari di media sosial seperti Facebook. Silahkan ketikkan di kotak pencarian bantuan UMKM kabupaten kota Anda seperti langkah di atas.

5. Jika link yang benar-benar asli resmi sudah ditemukan, silahkan isikan biodata Anda ke formulir pendaftaran online dan lampirkan berbagai dokumen pribadi dan usaha Anda.

6. Setelah Anda berhasil mendaftar, langkah selanjutnya adalah menunggu pengumuman dari pemerintah apakah Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan.

Cara Mengecek https://eform.bri.co.id/bpum Bantuan UMKM Tahap 3 Terbaru

Jika Anda tidak menemukan link pendaftaran daerah Anda, sebab memang tidak semua dinas UMKM kabupaten kota membuka pendaftaran secara online.

Kami Go-bizz.com siap membantu Anda mencari link daftar UMKM kabupaten/kota Anda. Silahkan ketikkan nama daerah Anda di kolom komentar di bawah.

Jika pendaftaran sudah dibuka dan memang daerah Anda membuka pendaftaran daring, maka Go-bizz.com akan membalas komentar Anda dengan link pendaftaran.

Oleh karena itu, ingat dan simpan halaman website ini!

Cek Daftar Penerima BLT UMKM Tahap 3

Informasi terbaru diperoleh Go-bizz.com dari laman resmi Kemenkop UKM, saat ini lembaga yang bisa mengusulkan daftar nama penerima ke pusat hanyalah dinas koperasi dan umkm di tingkat kabupaten kota.

Lembaga perbankan, koperasi, ataupun BUMN lainnya tidak diperkenankan lagi mengusulkan nama ke pusat. Nah calon penerima bantuan harus melengkapi berbagai persyaratan di bawah ini.

1. Siapkan dokumen seperti foto e-KTP, fotokopi KK dan KTP, fotokopi NIB atau SKU daru kepala desa/kelurahan.

2. Serahkan dokumen calon penerima bai perseorangan atau yang dihimpun dalam kelompok diajukan kepada dinas yang membidangi koperasi dan UKM kabupaten kota.

3. Lengkapi isian formulir dari pemerintah sesuai data identitas dan usaha.

Apabila Anda sudah berhasil mengajukan pendaftaran online lewat HP, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus rutin mengecek apakah nama Anda sudah terdaftar sebagai penerima bantuan.

Pemerintah menyatakan akan mengirimkan SMS kepada pelaku usaha yang berhasil terdaftar sebagai penerima bantuan. Hanya saja kadang kala seperti tahun 2020 lalu, banyak yang tak menerima SMS padahal terdaftar sebagai penerima.

Dari penjelasan resmi Kemenkop UKM, jika sudah terverifikasi dan dinyatakan sebagai penerima, maka penerima bantuan akan menerima notifikasi dari lembaga penyalur seperti BRI dan BNI atau melalui SMS dan panggilan telelon.

Hanya saja sebaiknya Anda rutin melakukan pengecekan melalui link resmi BRI. Langkah-langkahnya sesuai di bawah ini.

1. Silahkan tekan link ini https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum.

2. Masukkan kode yang muncul dalam gambar kemudian klik submit.

3. Bila laman blank, silahkan refresh atau klik lagi.

4. Masukkan nomor KTP di kolom.

5. Isikan kode verifikasi.

6. Tekan proses dan selesai.

Masuk ke https //eform.bri.co.id/bpum, Cek Dana Bantuan UMKM Tahap 3

Nah setelah mendapat informasi bahwa Anda terdaftar sebagai penerima, maka Anda dapat mendatangi lembaga penyalur dalam hal ini BRI atau BNI dengan membawa foto KTP, foto NIB atau SKU, beserta kartu keluarga (KK).

Di bank, Anda harus menandatangani Surat Pernyataan Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) sebagai penerima BPUM.

Setelah verifikasi dokumen dan data, BRI atau BNI akan mencairkan dana BPUM sebesar 1,2 juta secara langsung kepada Anda.

Apabila Anda kesulitan mencari link pendaftaran online bantuan UMKM, sangat disarankan kepada Anda untuk mendaftar langsung tatap muka ke dinas koperasi dan UMKM.

Silahkan tuliskan pertanyaan atau informasi yang Anda ketahui pada kolom komentar di bawah. Anda juga bisa mengikuti diskusi dan memperoleh informasi dari sesama warganet.

Demikianlah informasi daftar UMKM online lewat HP android. Segeralah mendaftar karena BLT UMKM tahap 3 (tiga) sudah mulai cair dari Agustus sampai September 2021. Keep healthy!

22 komentar untuk "Daftar UMKM Online Lewat HP Android, BLT BPUM Tahap 3 Cair"

  1. LINK DAPTAR UMKM KAB.BEKASI

    BalasHapus
  2. Link pendaptaran bantuan UMKM

    BalasHapus
  3. Link pendaftaran umkm Tulungagung

    BalasHapus
  4. Link buat kab.kuala Kapuas

    BalasHapus
  5. Link buat kab jombang umkm

    BalasHapus
  6. Link pendaftaran bpum tahap IV kab.bogor mana nih yg lain dah pada buka

    BalasHapus
  7. Link umkm kab ngawi , jawa timur

    BalasHapus
  8. Link Minahasa Tondano selatan

    BalasHapus
  9. Link pendaftaran banyuwangi

    BalasHapus
  10. Saya tidak pernah dapat bantuan dari pemerintah sepeser pun ,tapi kenapa teman saya yang sudah punya rumah sendiri tepatnya didaerah Karawang bisa dapat bantuan terus menerus dari yang 300 rb , 600 rb s/d 1,2 JT .
    Padahal tempat tinggal saya hanya ngontrak .

    BalasHapus
  11. Link pendaptaran UMKM karawang

    BalasHapus
  12. Kab. Garut. mungkin saya punya hak yg sama dgn yg lain. Sbb byk yg udh mapan byk dpt bantuan sedangkan yg pas"an sllu terlewatkan.

    BalasHapus
  13. ko yang punya skill berkarya khususnya di bidang kerajinan sama skali ngak ada penyuluhan atau apa gitu ... 😁apa lagi bantuan suport modal....

    BalasHapus