Kenapa Gelombang Tidak Ditemukan di Prakerja? Ini Solusinya

Anda mungkin hendak bergabung untuk mendaftar Kartu Prakerja gelombang keempat. Hanya saja kenapa pilihan gabung gelombang tidak ditemukan dalam website Kartu Prakerja? Ini solusinya.
Kenapa Gelombang Tidak Ditemukan di Prakerja? Ini Solusinya

Pendaftaran program Kartu Prakerja sudah memasuki gelombang ketiga pada 27 hingga 30 April 2020. Untuk gelombang dua, sebanyak 288.153 pendaftar lolos sebagai peserta Kartu Prakerja.

Dibandingkan kelombang pertama, terjadi peningkatan hingga 71 persen.
Pada pendaftaran gelombang pertama, tercatat sebanyak 168.111 yang lolos seleksi.

Artinya jika diakumulasi, sudah ada 456,264 pendaftar yang berhasil lolos mendapatkan Kartu Prakerja.

Bagi pendaftar yang belum dinyatakan lolos, tidak perlu kecewa. Sebab pemerintah akan membuka seleksi hingga 30 gelombang pendaftaran.

Walaupun tidak lolos di pendaftaran tahap pertama dan kedua, pendaftar masih dapat bergabung di seleksi gelombang ketiga yang berakhir 30 April 2020.

Peserta juga sudah tidak perlu melakukan pendaftaran kembali dari awal dan mengikuti tes. Hanya cukup masuk ke dashboard akun Kartu Prakerja dan menekan gabung ke gelombang selanjutnya.

Hanya saja yang menjadi masalah, banyak yang ingin bergabung ke gelombang pendaftaran selanjutnya, tetapi tidak muncul pilihan klik untuk bergabung.

Nah lantas kenapa pilihan bergabung gelombang tidak ditemukan di akun Kartu Prakerja? Berikut solusi sesuai pengalaman admin.

Solusi Gelombang Tidak Ditemukan di Prakerja

Admin sendiri juga melakukan pendaftaran Kartu Prakerja di gelombang pertama karena merasakan dampak akibat pandemic Covid-19. Hanya saja, cukup disayangkan admin belum berhasil lolos.

Pemerintah menyatakan, akan mengirim pemberitahuan melalui email dan sms jika lolos seleksi. Sehingga barangkali tidak ada pemberitahuan jika belum lolos.

Admin mengetahui pendaftaran belum berhasil setelah mengecek di akun dashboard Kartu Prakerja. Namun dikatakan bahwa bisa bergabung di gelombang selanjutnya.

Hanya saja, saat mau mendaftar pada seleksi sesudahnya, tidak ada pilihan untuk bergabung. Pendaftaran gelombang kedua tidak ditemukan. Sehingga admin pun tidak ikut gabung.


Nah pada April dan Mei 2020, ternyata sudah dibuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ketiga, ketika dicek akun website Prakerja, ternyata sudah muncul pilihan untuk gabung.

Bedanya kali ini, untuk bergabung gelombang ketiga, maka harus mengisi terlebih dahulu rekening bank atau ewallet yang ingin dipakai. Langsung diisi rekening BNI dan sambungkan.

Kabar gembiranya, sesudah itu admin mendapatkan pemberitahuan berhasil bergabung di seleksi Kartu Prakerja gelombang ketiga. Mudah-mudahan lolos ya.

Nah bagi sobat yang penasaran kenapa tidak menemukan pilihan gabung gelombang, jangan berkecil hati. Anda harus rutin mengecek di akun prakerja apakah sudah muncul atau belum.

Baiknya dicek setiap Senin di saat pendaftaran gelombang selanjutnya belum membludak. Siapkan rekening BNI atau ewallet GoPay, LinkAja, atau Ovo.

Demikianlah alasan kenapa gelombang tidak ditemukan di prakerja beserta solusi bagaimana cara mengatasinya. Semoga bisa membantu Anda sekalian.

35 Komentar untuk "Kenapa Gelombang Tidak Ditemukan di Prakerja? Ini Solusinya"

  1. Saya sudah masuk di link aja tapi didashbor bilang tidak terdaftar digelombang itu gimana kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba masuk login lagi hari ini 7 Mei.

      Hapus
  2. Di dashboard saya tidak pernah muncul pilihan unk gabung gelombang selanjutnya. Tapi pas login hari ini langsung d suruh sambungin ke rekening. Itu kira2 maksudnya gimana? Udah di anggap gabung atau harus coba berkala lagi ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sekarang semua memang harus sambungkan rekening atau e-wallet dulu. Tapi sudah bagus ada langkah maju untuk lolos

      Hapus
  3. Akun Link aja saya sudah di masukan ke akun prakerja tapi tetap sampai sekarang blum ada tombol gabubg di dashboar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus rutin dicek.. Ada yang ga gabung gelombang 4, tapi buka dashboard sudah lolos

      Hapus
  4. Min mohon pencerahaanya ,saya sudah mendaftar prakerja sudah ke tahap 3 mengikuti prakerja karna belum beruntung dan mencoba terus mengikuti gabung, yg terakhir kali sudah sampai masukan no rek, tetapi saat ini masih juga belum beruntung, yg menjadi masalahnya tombol gabung nya sudah tak tersedia.? ini bagimana min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Admin sudah lolos dengan sendirinya tanpa tekan tombol gabung. Harus rutin cek akunnya

      Hapus
  5. Punya saya sudah ada sambung rekening.. tpi ada tulisan... gelombang tidak di temukan.. itu gmna ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus rutin dicek.. Ada yang ga gabung gelombang 4, tapi buka dashboard sudah lolos otomatis.

      Hapus
  6. Sudah menghubungkan rekening tp gelombang tidak ditemukan..mohon pencerahannya kaka admin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus rutin dicek.. Ada yang gak gabung gelombang 4, tapi buka dashboard sudah lolos otomatis. Admin suda lolos tanpa klik gabung.

      Hapus
  7. tidak ditemukan gelombangnya nih min, bagaimana solusinya. thankyou

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus rutin dicek.. Ada yang gak gabung gelombang 4, tapi buka dashboard sudah lolos otomatis. Admin suda lolos tanpa klik gabung.

      Hapus
  8. Ribet ya....susah....upgrade e wallet katanya 24 jam skarg udh 2 hari....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba rekening BNI bagus. bisa buka rekening online

      Hapus
  9. Jika belum keluar sambungkan ke rekening dan cuma ada gelombang tdk ditemukan padahal sudah sampai tahap 3kemaren, tp belom dsmbungkan ke rekening krna kmren blum dpt no rekening bni dri e-form itu ttp cek berkala min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Admin juga gitu. Nanti beberapa hari baru muncul sambungkan rekening. Setelah sambungkan rekening, gelombang juga tidak ditemukan. Harus dicoba pagi dan malamnya.

      Hapus
  10. Min lah saya baru gelombang 1 aja gak lolos gimana. Trus ada tulisan gelombang tidak di temukan apakah gak bisa gabung untuk selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada juga yang lolos padahal gak ditemukan pilihan gabung.. harus rutin ceknya

      Hapus
  11. Min saya baru daftar tadi pagi udh ngisi data udh jawab 18 soal tapi hasilnya disuruh gabungg tapi tulisannya gelombang tidak ditemukan. Itu knpa ya saya lolos atau gak? Apa grgr gelombang 4 blom dibuka

    BalasHapus
  12. Min, ini di dashboardq kok gelombang tidak ditemukan terus ya

    BalasHapus
  13. Min saya sudah daftar tadi, terus sudah jawab soal juga, tapi gelombang nya tidak di temukan, itu bagaimana?

    BalasHapus
  14. Min saya udah daftar dan saya juga ..udah masukan link aja ..tapi kok gak klik gabung di gelombang nya ..
    Tulisan nya malah gelombang tidak di temukan ...itu gimana saya lolos apa belum lolos min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan pilihan gabung akan muncul malamnya. Karena sesuai jadwal harusnya hari ini sudah dibuka. Coba dicek sore atau malamnya.

      Hapus
  15. Kak, sudah masuk link, sudah mengikuti test juga, tapi di dasbord nya ada bacaan gelombang tidak di temukan itu gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sama seperti yang admin alami sebelumnya. Harus rutin dibuka hari ini. Mungkin sore atau malamnya sudah muncul gabung gelombang 4

      Hapus
  16. admin saya mendftr di gelombang 1 lalu disitu dikatakn gelombang tidak ditemukan,dari gelombang pertama samapai 4
    dikatakan terus gelombang tidak ditemukan padahal kalo mendftr ulang tidk bisa lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan pilihan gabung akan muncul malamnya. Karena sesuai jadwal harusnya hari ini sudah dibuka. Coba dicek sore atau malamnya.

      Hapus
  17. sudah lulus seleksi namun pilihan gelombang tidak tampil admin sementara akun e waletmengunakan ovo sudah upgrade menjadi primer....mohon pencerahannya admin

    BalasHapus
  18. Saya sudah ikut seleksi tapi gelombang belum ditemukan

    BalasHapus
  19. bagaimana yah kk,kalau sya sdah daftar trus pendaftarannya sdah smpai di penyambungan rekening,tapi masih ada tulisan gelombang tidak ada,.
    mohon informasinya

    BalasHapus
  20. Saya sdh gabung kasusnya sama gelombang tidak ditemukan setiap hari saya check tetap aj gelom
    bang tidak ditemukan. Ini sdh berlangsung sebulan lebih mohon infonya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel