Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Bantuan UMKM Online Terbaru Agustus 2021

Ketahui di sini cara daftar bantuan UMKM secara online terbaru Agustus 2021. Lengkap informasi link pendaftaran UMKM kabupaten/kota.

Sebelum Anda mengetahui bagaimana tatacara pendaftaran, maka ada baiknya perlu memahami dulu latar belakang dan apa landasan pelaksanaan program bantuan ini.

Pedoman umum penyaluran bantuan bagi pelaku usaha untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional telah diteken langsung oleh Menteri Teten Masduki.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2021 yang Anda bisa akses langsung ke website resmi depkop.go.id.

Apa Itu BPUM UMKM?

Untuk membantu dan menjaga keberlangsungan usaha pelaku usaha mikro menghadapi tekanan akibat COVID-19, maka pemerintah mengadakan Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro.

Program yang biasa disingkat sebagai BPUM ini, adalah bantuan pemerintah dalam bentuk uang yang diberikan kepada pelaku usaha mikro yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Tujuannya agar pelaku usaha mikro tetap menjalankan usaha di tengah krisis akibat pandemi Corona sehingga ekonomi nasional bisa cepat pulih dan berjalan dengan normal kembali.

Cara Daftar Bantuan UMKM 1,2 Juta, Lengkap Link Pendaftaran Online Gratis 2021

Persyaratan

BPUM diberikan satu kali dalam bentuk uang sejumlah Rp2.400.000,00 (dua juta empat ratus ribu rupiah) untuk pelaku usaha yang memenuhi kriteria. Hanya saja sudah turun menjadi Rp 1,2 juta mulai tahun 2021.

Dana BPUM disalurkan langsung ke rekening penerima BPUM dan diberikan kepada pelaku usaha yang tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan.

a. Warga Negara Indonesia.

b. Memiliki Nomor Induk Kependudukan.

c. Memiliki Usaha Mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan.

d. Bukan Aparatur Sipil Negara, anggota Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, pegawai BUMN, atau pegawai BUMD.

e. Mengajukan surat usulan calon penerima BPUM dari lembaga pengusul BPUM. Berikut contoh format pengusulan yang bisa diajukan oleh lembaga pengusul.

Cara Daftar Bantuan UMKM Online Terbaru Agustus 2021

Lembaga Pengusul Penerima BPUM

Calon penerima BPUM harus diusulkan oleh pengusul BPUM di bawah ini:

1. Dinas yang membidangi Koperasi dan Usaha Mikro, kecil dan menengah Provinsi dan kabupaten/kota.

2. Koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum.

3. Kementerian atau lembaga perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK

4. Lembaga Penyalur Program Kredit Pemerintah seperti BUMN yang menyalurkan pembiayaan atau pinjaman yang terdaftar di OJK dan BLU yang mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan dana bergulir.

Perlu diingat, bahwa kebenaran data calon penerima BPUM menjadi tanggung jawab penerima dan pengusul BPUM.

INFORMASI UPDATE: Banyak penerima bantuan UMKM 2,4 juta tahun 2020 mengaku menerima transferan dana 1,2 juta di rekening BRI . Pemerintah rupanya telah menyalurkan bantuan untuk pelaku UMKM sebesar Rp6,2 triliun per 31 Maret.

Hanya saja sama seperti tahun 2020 lalu, penerima diperkirakan harus menunggu beberapa minggu baru bisa lakukan pencairan. Silahkan Anda cek ke bank. Artinya Anda yang sudah pernah menerima tahun 2020, sudah otomatis terdaftar tahun 2021.

Bagi Anda yang baru mengajukan pendaftaran dan belum menerima di tahun 2021 ini, berpeluang menerima bantuan. Sebab pencairan tahap 3 dengan kuota 3 juta pelaku usaha, akan berlangsung sampai September 2021.

Pendaftaran BLT UMKM Tahap 3 Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftar

Proses Pengusulan dan Penetapan Penerima Bantuan

Pengusul BPUM menyampaikan usulan calon penerima BPUM kepada menteri. Kementerian lalu akan melakukan pembersihan data calon penerima BPUM yang diperoleh dari pengusul BPUM.

Pembersihan data dilakukan melalui penghapusan data calon penerima BPUM yang memiliki identitas sama atau ganda/ duplikasi dengan calon penerima BPUM yang diusulkan lembaga pengusul lainnya.

Atau juga Nomor Induk Kependudukan tidak sesuai format administrasi kependudukan. Dokumen persyaratannya tidak lengkap. Sedang menerima kredit atau pinjaman KUR dan lembaga kredit lainnya.

Selanjutnya data usulan calon penerima BPUM yang telah melalui proses pembersihan data, akan dilakukan proses validasi dengan menggunakan data SIKP dan SLIK.

Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) kemudian menetapkan pelaku usaha yang berhak menerima BPUM berdasarkan data yang telah melalui proses pembersihan dan validasi.

KPA mencairkan dana BPUM langsung ke rekening penerima BPUM melalui Bank Penyalur BPUM seperti bank BRI dan BNI.

Kapan Pendaftaran Bantuan UMKM 2021 Dibuka?

Seperti diketahui, pendaftaran banpres UMKM tahap pertama dimulai sejak bulan Agustus sampai Oktober 2020. Bantuan senilai Rp2,4 juta tahap 1 dialokasikan kepada 9,1 juta pelaku usaha mikro sesuai DIPA Nomer : SP DIPA-044 01.1.401741/2020 tanggal 11 Agustus 2020.

Kementerian Koperasi dan UKM kemudian membuka lagi pendaftaran BLT UMKM tahap (2) kedua dari bulan Oktober hingga akhir November 2020.

Target penerima bantuan yang semula sejumlah 9,1 juta, bertambah 2,9 juta menjadi 12 juta pelaku usaha mikro. Total anggaran Rp 28.800.000.000 000 00 (dua puluh delapan trilyun delapan ratus milyar rupiah).

Nah rupanya walaupun sudah menambah kuota penerima bantuan, rupanya masih banyak pendaftar yang belum kebagian. Sebab ada 28 juta pelaku usaha yang mengajukan pendaftaran dan hanya 12 juta saja yang diterima.

Artinya tahun 2021 ini, masih ada sekitar 14 juta yang sementara menantikan uluran tangan pemerintah untuk menopang perjalanan usaha mereka di masa pandemic Covid-19.

Apabila Anda masuk pada 14 juta pelaku usaha tersebut yang sudah mendaftar tapi belum mengetahui status kelolosan Anda, maka ada baiknya lakukan pendaftaran kembali.

Nama Tak Ada di efrom.bri.co.id/bpum, Ini Solusi Daftar BPUM UMKM

Pendaftaran bantuan UMKM tahap 3 (tiga) sudah dibuka pada kuartal pertama tahun 2021 ini. Kapan tepatnya pendaftaran mulai dibuka, masih menunggu petunjuk mendetail dari pihak kementerian.

Tapi yang pasti Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM)  mengonfirmasi bahwa sudah menyampaikan pengusulan untuk diperpanjang pada tahun 2021.

“(Kemenkop) sedang mengusulkan (BLT UMKM) untuk dilanjutkan (pada 2021),” kata Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman dilansir dari Kompas.com.

Kapan tepatnya bantuan UMKM tahap 3 berlangsung, diperkirakan selesai pada semester pertama tahun 2021. Artinya tahap penyaringan penerima dan pencairan dimulai Maret, April, sampai Juni 2021.

“Harapan kami tentunya di awal-awal semester pertama sudah tuntas,” ungkap Hanung.

INFORMASI TERBARU: Pendaftaran Banpres BPUM UMKM tahap 3 atau tahap 2 untuk tahun 2021 akan segera dibuka pada semester kedua tahun 2021. Artinya bisa jadi pendaftaran dan pencairan berlangsung sejak Agustus sampai September 2021.  

Kuota Penerima Banpres UMKM

Mereka yang belum berhasil menjadi penerima bantuan UMKM tahun 2020 lalu, tak perlu kecewa. Karena peluangnya cukup besar tahun 2021 ini.

Kemenkop UKM mengusulkan jumlah penerima sama dengan tahun 2020, yaitu 12 juta pelaku UMKM. Jadi ada total 24 juta pelaku UMKM hingga tahun 2021 ini.

“Tentunya sekarang lebih banyak lagi, dengan adanya Covid-19. Jadi kita usulkan 12 juta lagi, jadi totalnya 24 juta,” tambah Hanung.

Mudah-mudahan Anda bisa masuk dalam daftar penerima bantuan BLT UMKM tahap 3 tahun 2021 ini. Nah lantas bagaimana cara agar bisa terdaftar?

Cara Daftar Bantuan UMKM

Mungkin Anda sudah pernah mengajukan pendaftaran bantuan UMKM pada tahun 2020 lalu. Hanya saja hingga kini belum ada kejelasan apakah berhasil lolos atau tidak.

Nah apabila Anda melakukan pendaftaran pada Oktober atau November 2020 lalu, sebaiknya jangan berharap terlalu besar. Sebab hanya 2,9 juta pelaku usaha yang diterima pada tahap 2 lalu.

Oleh karena itu, Anda jangan terlena dan menunggu hasil pendaftaran tahun 2020 lalu. Disarankan kepada Anda sebaiknya lakukan pendaftaran kembali agar bisa dapat bantuan UMKM.

Kuota cukup banyak, yakni 12,8 juta pelaku UKM. Untuk mendaftar bantuan UMKM tahap 3 ini, maka Anda bisa mendaftar secara offline dan online.

Daftar Offline

Mendaftar secara offine, artinya Anda mendaftar langsung ke lembaga pengusul  yang disebutkan di atas. Seperti dinas koperasi dan UMKM di tingkat provinsi atau  kabupaten/kota terdekat.

Bisa juga melalui koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum. Kementerian atau lembaga perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK. Dan lembaga pengusul lainnya.

Nah tips bagi Anda, tanyakan kepada keluarga atau teman yang pernah menerima bantuan UMKM di mana mereka sebelumnya mendaftar. Carilah jaringan yang bisa membantu Anda mendaftar.

Sebaiknya mendaftar ke lebih dari satu lembaga pengusul. Ini untuk mencegah jangan sampai nama Anda tak sempat diajukan lembaga pengusul lainnya.

Anda bisa memasukkan pendaftaran ke dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota di mana Anda tinggal. Atau bekerja sama dengan kepala desa/kelurahan atau kepala lingkungan, untuk mengumpulkan berkas bersama-sama dan dibawa ke dinas setempat.

Bisa juga melalui koneksi Anda di Bank BRI untuk dibantu agar nama Anda aman. Lebih dari satu lebih baik. Pastikan Anda membawa foto KTP, foto tempat usaha, atau keterangan usaha dari pemerintah desa.

Daftar Online

Nah cara kedua untuk mendaftar bantuan UMKM adalah secara online. Berkaca pada pendaftaran lalu, banyak dinas koperasi dan UMKM kabupaten/kota yang membuka pendaftaran secara daring.

Hal ini untuk mencegah kerumunan di masa pandemic Covid-19. Pelaku usaha tak perlu lagi berkumpul di kantor dinas untuk memasukkan berkas.

Cukup mengisi formulir secara online kemudian nama Anda sudah masuk dalam list pengusulan dinas setempat kepada kementerian UMKM.

Pada tahap 1 lalu, sempat tersebar informasi bahwa Anda bisa langsung mendaftar ke link pusat kementerian UMKM. Tapi pada tahap dua lalu, sudah tak bisa lagi.

Daftar online BLT UMKM ini sendiri harus diakui bahwa belum bisa mengcover smua pelaku usaha. Hal ini lantaran diketahui masih cukup banyak pelaku usaha yang belum melek teknologi.

Oleh karena itu apabila Anda memiliki keluarga, kerabat, atau tetangga yang memiliki usaha namun tidak paham daftar online, maka sebaiknya dibantu daftarkan saja.

Akses eform bri.co.id, Cek Penerima Bantuan UMKM 2021

Link Pendaftaran UMKM Kabupaten Kota 2021

Pada bantuan UMKM tahap 2 lalu, tak sedikit dinas koperrasi dan UMKM yang membuka pendaftaran secara online. Anda bisa menemukan link pendaftaran beberapa kabupaten kota di website ini.

Namun link pendaftaran dalam artikel di sini, sudah berakhir. Artinya sudah tak berlaku lagi karena masa pendaftaran sudah lewat.

Namun hal penting diingatkan kepada Anda. Jangan sembarang mendaftar bantuan UMKM secara online melalui link yang tersebar di media sosial.

Jangan isikan data apapun, juga lampirkan kartu identitas atau foto usaha apabila link tersebut belum terbukti sebagai link resmi dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota.

Sebab saat ini pendaftaran BLT UMKM tahap 3 belum dibuka oleh pemerintah. Jadi bisa dipastikan link yang mengatasnamakan pendaftaran online bantuan UMKM saat ini berupa hoax.

Apabila sudah ada link resmi pendaftaran banpres UMKM, maka go-bizz.com akan memberitahu Anda. Tentu saja hanya link resmi dan terbukti milik pemerintah yang akan diberikan kepada Anda di website ini.

Silahkan ketikkan nama kabupaten/kota Anda di kolom komentar di bawah. Kami akan mencarikan link pendaftaran online UMKM sesuai kabupaten Anda.

Jika memang dinas koperasi dan UMKM daerah Anda menyediakan link pendaftaran online, maka admin akan langsung membalas komen Anda dengan link pendaftaran tersebut.

Karena itu, ikuti terus perkembangan di website ini. Ingat hanya di go-bizz.com. Begitu pendaftaran banpres tahap 3 dibuka, maka informasi fresh dan lengkap akan disajikan kepada Anda.

Demikianlah artikel cara daftar bantuan UMKM secara online terbaru Agustus 2021. Panduan lengkap beserta informasi link pendaftaran UMKM kabupaten/kota. Semoga Anda diberkahi dan positif selalu.

1.151 komentar untuk "Cara Daftar Bantuan UMKM Online Terbaru Agustus 2021"

  1. Balasan
    1. Daftar dri bulan November. Lom jg keluar UMKM ya ..... bagaimana nh LM Pernah dapat apa" dari pemerintah.

      Hapus
  2. Link untuk kab.manggarai kec.langkerembong. pro.NTT

    BalasHapus
  3. Link umum kabupaten ogan ilir sum- sel

    BalasHapus
  4. Link umkm kabupaten demak jawatengah

    BalasHapus
  5. Link UMKM Kabupaten Subang Jawa Barat

    BalasHapus
  6. Link UMKM kota Bandung jabar

    BalasHapus
  7. Link umkm jakagakarsa Jakarta selatan

    BalasHapus
  8. Link umkm jakarta utara

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Jakarta barat kecamatan Kalideres

    BalasHapus
  11. BPUM/UMKM Kebon Bawang, Tj Priok, Jakarta Utara, DKI JAKARTA 14320.

    BalasHapus
  12. Link buat tanggerang selatan

    BalasHapus
  13. Link buat kabupaten ogan ilir sumsel

    BalasHapus
  14. Link buat kota Semarang apa y kak

    BalasHapus
  15. Link Indragiri Hulu/rengat

    BalasHapus
  16. Link UMKM Dinas Koperasi Kabupaten Pesisir Selatan

    BalasHapus
  17. 𝘭𝘪𝘯𝘬 𝘶𝘮𝘬𝘮 𝘬𝘢𝘣𝘶𝘱𝘢𝘵𝘦𝘯 𝘨𝘢𝘳𝘶𝘵

    BalasHapus
  18. Link pendaftaran Jakarta barat pak,,

    BalasHapus
  19. Link umkm kecamatan tanjung priok

    BalasHapus
  20. Kami keluaraga petani rica dn kacang, mohon cara daftar online umkm sekarang 2021 propinsi sulawesi utara, kabupaten minahasa utara

    BalasHapus
  21. Link umkm kabupaten tasikmalaya

    BalasHapus
  22. Kalau sudah ada tolong bagi link kabupaten tasikmalaya

    BalasHapus
  23. Link UMKM kota Baturaja prov.sumatra selatan

    BalasHapus
  24. Link UMKM kota bandung babakan ciparay

    BalasHapus
  25. Link Umkm kota Ambon yah kak

    BalasHapus
  26. Link untuk kabupaten tasikmalya 2021

    BalasHapus
  27. LINK UMKN KABUPATEN LANGKAT

    BalasHapus
  28. LINK UMKM JAKARTA UTARA KEL.SEMPER BARAT KEC.CILINCING

    BalasHapus
  29. Link sulawesi utara kab. MINAHASA

    BalasHapus
  30. Link Sumatra Utara kabupaten Serdang bedagai

    BalasHapus
  31. Kab.tasikalaya...kota.tasik malaya

    BalasHapus
  32. Link pasar induk, jakarta timur

    BalasHapus
  33. Link kab.Bogor dan kab.Tasikmalaya

    BalasHapus
  34. Untuk Belitung timur ap link pak

    BalasHapus
  35. Link UMKM Tulungagung Jawa timu

    BalasHapus
  36. Link kabupaten bandung barat

    BalasHapus
  37. Link umkm kabupaten bandung barat ditunggu makasih

    BalasHapus
  38. Link kabupaten kuantan singingi,riau

    BalasHapus
  39. Kabupaten Mamasa
    Provinsi Sulawesi barat

    BalasHapus
  40. Link kabupaten Purbalingga

    BalasHapus
  41. Link Dinas Koperasi Kab. Tangerang

    BalasHapus
  42. Link Dinas UMKM kab. Tangerang

    BalasHapus
  43. Link UMKM Kota Malang

    BalasHapus
  44. Link UMKM Untuk Kab.Bogor Ya Kk🙏

    BalasHapus
  45. Link pendaftaran UMKM bandung barat

    BalasHapus
  46. Link
    Kabupaten : purbalingga

    BalasHapus
  47. Link Kabupaten Mendo Barat

    BalasHapus
  48. UMKM JOMBANG JAWATIMUR INDONESIA

    BalasHapus
  49. UMKM Kabupaten jombang.jawa timur

    BalasHapus
  50. Tolong link UMKM kab.bogor nya

    BalasHapus
  51. Link UMKM kabupaten banyuasin

    BalasHapus
  52. link pendaftaran online BLT UMKM kabupaten Bogor
    terimakasih

    BalasHapus
  53. Link BLT UMKM Jelambar Jakarta barat

    BalasHapus
  54. Link daftar online umkm nias selatan.
    Terimakasih

    BalasHapus
  55. Link pendaftaran umkm Serdang Bedagai tahap 3

    BalasHapus
  56. Link kabupaten kampar,bangkinang

    BalasHapus
  57. Link UMKM kota dan kabupaten Bandung.
    Tolong bantu ya...

    BalasHapus
  58. Link pendaftaran daerah Depok

    BalasHapus
  59. Link pendaftaran kabupaten sleman

    BalasHapus
  60. Link pendaftaran surakarta

    BalasHapus
  61. Link pendaftaran daerah demak

    BalasHapus
  62. Link untuk kota palangkaraya

    BalasHapus
  63. UmKm Maluku/ambon 🙏

    BalasHapus
  64. Link UMKM untuk kel.Susukan kec.Ciracas jakarta timur

    BalasHapus
  65. Link Sukoharjo dan surakarSu

    BalasHapus
  66. link umkm serdang bedagai ya

    BalasHapus
  67. Link umkm serdang bedagai kak.

    BalasHapus
  68. kalau link untuk grobogan apa ya

    BalasHapus
  69. Link kabupaten purbalingga

    BalasHapus
  70. Link kabupaten bojonegoro jawa timur

    BalasHapus
  71. Link kabupaten bojonegoro jawa timur

    BalasHapus
  72. Link umkm kecamatan Tampan Pekanbaru Riau tahap 3

    BalasHapus
  73. Rifan ardi prtama Kedungmutih kec wedung kab demak

    BalasHapus
  74. Kelurahan Munjul,Cipayung,Jakarta Timur

    BalasHapus
  75. Link UMKM kab. Bogor min 🙏

    BalasHapus
  76. Kalau uda ada linknya, mohon langsung balas komentarnya ya.

    Admin bantu carikan aku link pendaftaran bantuan umkm kabupaten Minahasa ya.
    Nanti berita ini aku bantu share di fb.

    Makasih...

    BalasHapus
  77. Link sambas kalimantan barat

    BalasHapus
  78. link umkm tanjung morawa deliserdang

    BalasHapus
  79. Link Cilincing Jakarta Utara donk kak.

    BalasHapus
  80. Link kabupaten Serdang Bedagai

    BalasHapus
  81. Link muara Teweh kalimantan tengah

    BalasHapus
  82. Link utk kab. Semarang kak, mohon bantuannya

    BalasHapus
  83. Maaf sy mau tanya kalaw link UMKM jakarta barat apa ya trima kasih.

    BalasHapus