Nama Tak Ada di eform.bri.co.id, Ini Solusi Daftar BPUM UMKM

Nama Anda tak ada di eform.bri.co.id sebagai penerima bantuan BPUM UMKM? Ini solusi agar Anda bisa terdaftar.

Nama Tak Ada di eform.bri.co.id

Kabar gembira bagi masyarakat Indonesia. Pemerintah telah resmi memperpanjang pendaftaran Program Bantuan Presiden Produktif (BPUM) hingga akhir November.

Artinya, bantuan dengan nominal sebesar Rp 2,4 juta yang diperuntukan bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) masih bisa Anda dapatkan pada Oktober 2020 ini.

Menariknya, walaupun bantuan ini Anda peroleh melalui bank, tapi bukan berarti adalah pinjaman dari bank. Dana BPUM adalah hibah pemerintah jadi tidak perlu Anda kembalikan.

Sudah banyak masyarakat yang telah menerima BPUM. Pasalnya program ini sudah berlangsung sejak beberapa bulan lalu. Sementara lainnya baru saja dalam proses verifikasi dan pencairan.

Cek Penerima UMKM di eform.bri.co.id

Sebelumnya masyarakat mengalami kesulitan untuk mengetahui apakah namanya terdaftar sebagai penerima atau tidak. Banyak yang hanya tahu namanya terdaftar melalui SMS dari info BRI.

Akibatnya, kantor cabang BRI yang tersebar di Indonesia, beramai-ramai dikunjungi masyarakat guna mengecek keberadaan nama mereka apakah menerima bantuan UMKM atau tidak.

Maka dari itu, pihak BRI akhirnya mengambil kebijakan membantu warga agar tak berkerumun di bank. Yakni dengan menyediakan link pengecekan secara online.

Silahkan klik di link ini eform.bri.co.id kemudian masukkan nomor KTP Anda. Jangan lupa masukkan kode verifikasi yang tertulis di sampingnya.

Jika nama Anda terdaftar, maka silahkan pergi ke bank BRI terdekat untuk melakukan verifikasi dan pencairan. Anda cukup membawa eKTP asli ke bank.

Cek Penerima Bantuan UMKM Online

Jika Nama Tak Terdaftar, Bisa Daftar Online

Setelah dilakukan pengecekan di link eform.bri.co.id dan nama Anda ternyata tak terdaftar, maka tak perlu kecewa. Anda masih punya kesempatan melakukan pendaftaran secara online.

Anda bisa mencoba daftar bantuan UMKM di link resmi https //siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id. Hanya saja, link ini sangat sulit untuk diakses lagi.

Jalan keluarnya Anda bisa mendaftar melalui link dinas UMKM setempat. Banyak dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota yang membuka pendaftaran secara online melalui google form.

Cara ini sebetulnya sangat disarankan di tengah pandemi Covid-19. Namun belum semua dinas setempat membuka metode pendaftaran online seperti ini.

Kabupaten kota apa saja yang membuka pendaftaran secara online, dapat Anda ketahui di website ini. Go-bizz.com telah mendapatkan link daftar BPUM sejumlah kabupaten kota di bawah ini.

Link Daftar Bantuan UMKM Kabupaten Kota

Hanya saja, memang belum semua kabupaten/kota ada linknya. Trik yang bisa kami berikan bagi Anda, adalah pertama silahkan coba mencari website dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota Anda.

Silahkan buka browser di HP Anda kemudian ketikkan dinas koperasi kabupaten kota Anda. Setelah didapat, carilah apakah terdapat informasi pendaftaran BPUM secara online di website resmi pemerintah tersebut.

Kedua, bergabunglah di berbagai grup platform media sosial. Seperti misalnya Facebook. Masuk ke grup UMKM kabupaten kota Anda. Bisa juga grup UMKM Indonesia.

Biasanya ada banyak informasi yang bisa Anda dapatkan di dalamnya. Banyak anggota grup yang membagikan link pendaftaran online BPUM.

Daftar BPUM UMKM Langsung ke Dinas UMKM

Anda perlu ketahui memang setiap daerah memiliki kebijakan tersendiri mengennai pendaftaran UMKM. Ada yang membuka secara online, tetapi juga hanya offline.

Yang artinya bila link pendaftaran online tidak ditemukan, adalah Anda harus daftar dengan pergi langsung ke dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota Anda.

Memang Anda juga bisa daftar melalui lembaga pengusul lain seperti koperasi dan perbankan. Tapi disarankan untuk daftar ke dinas UMKM setempat.

Form Bantuan UMKM di siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id

Biasanya juga setiap kelurahan atau desa sudah diarahkan dinas UMKM setempat agar tak perlu ke kantor dinas. Anda cukup memasukkan data ke kepala lingkungan, atau lurah, kepala desa setempat.

Nanti perangkat desa yang mengumpulkan lalu membawa nama Anda ke dinas UMKM kabupaten kota untuk diusulkan ke pusat sebagai penerima BPUM UMKM.

Oleh karena itu, tanyakan informasi ini ke perangkat desa setempat atau usulkan supaya pendaftarannya lebih dimudahkan. Sehingga sebelum pendaftaran berakhir, nama Anda sudah terdaftar sebagai penerima bantuan.

Seperti itulah informasi dan solusi apabila nama Anda tak ada di eform.bri.co.id sebagai penerima bantuan BPUM UMKM. Semoga berguna.

26 Komentar untuk "Nama Tak Ada di eform.bri.co.id, Ini Solusi Daftar BPUM UMKM"

  1. saya punyak rekening bri tapi kok ngak dapat bantuan bpum padahal saya membutuh kan.gimana cara nya biar dapat bantuan tolong impo nya.

    BalasHapus
  2. Saya seorang janda berpenghasilan kecil..tapi saya tdk pernah dpt bantuan

    BalasHapus
  3. Bagaimana caranya supaya dapat bantuan krna sangat membutuhkan

    BalasHapus
  4. Saya seorang janda berpenghasilan kecil..tapi saya tdk pernah dpt bantuan

    BalasHapus
  5. Saya seorang janda berpenghasilan kecil..tapi saya tidak pernah dapat bantuan...padahal saya sangat membutuhkan...bagaimana caranya supaya dpt bantuan

    BalasHapus
  6. Saya pelaku usaha .. sudah bergabung juga di jakpreneur tapi sampe sekarang belum dapet bantuan yang 2,4 juta itu 😒

    BalasHapus
  7. saya mempunyai usaha kecil kecilan warungan jajajanan anak kecil tpi ko tidak pernah dapat bantuan padahal saya sangat membutuhkannya

    BalasHapus
  8. Kebijakan yg kurang adil untuk semua rakyat kasihan pak untuk mereka yg benar2 membutuhkan kenapa data ya harus di pilih secara random yg merasakan dampak ini kan cuma rakyat kecil harus ya turun ke lapangan liat situasi mana yg bnar2 berhak klw mau adil bagikan semua rakyat walau nominal ya sedikit paling tdk bisa membuat mereka tersenyum tdk iri hati sama pemerintah.

    BalasHapus
  9. Saya usaha makanan kecil di Gofood saya belum menerima bensos sedangkan saya gopay BRI

    BalasHapus
  10. Malam,saya mau bertanya saya harus punya link apa ya.Untuk bisa menembus 2,4 juta rupiah,Tks.

    BalasHapus
  11. Sy mendaftar kan seorang janda
    yg juala nasi keliling, Sudah susah payah daftar di koperasi SDH memenuhi persyaratan tp nyata y tdk terdaftar.penrrima bpum.

    BalasHapus
  12. Orang tua saya mempunyai warung Kecilkecilan wrung jajan jajanan orang tua saya Sudan mendaftar Dan mendapat esemes bangking dia mencek kee bang rupanya satpam bilang belum terdaftar

    BalasHapus
  13. Saya sudah daftar umkm kenapa ektp saya kok gak terdaftar

    BalasHapus
  14. Saya sudah mendftr umkm sejk 2bln yg lalu,ektp sy kok blm trdftr pdhl orang yg bareng 2 dftr umkm uda kluar tgl ini 23 noverber ini gimn mhon d jawb ,,usaha mikro kcil

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. Saya udah ngecek dapat umkm pas saya kebank kata nya di blokir dri pusat,padahal saya berhak dapat krna memang saya pedagang kaki lima,tapi saya heran dah 2 bulan di blokir,gak jelas,srharus nya itu hrus da penjelasan tentang blokir,

    BalasHapus
  17. Sayaudah daftar dari1bln yg lalu orang yg kaya dapat saya yang udah habis barang dan bangkrut tdk dapat padahal saya butuh untuk menyambung hidup

    BalasHapus
  18. Yang dagang gx dapet tapi yg gx dagang malah dapat aneh banget, padahal bapa dan saya pedagang tahap 1 gx dapat juga tahap 2 istri saya juga ngga dapat

    BalasHapus
  19. Saya pedagang tapi saya ga dapat bantuan umk

    BalasHapus
  20. Apakah benar jika meminjam uang dibank tidak dapat bantuan?? Tolong dijawab???

    BalasHapus
  21. bulan oktober saya sudah mengajukan izin usaha melalui kantor lurah dan berkas di antar ke kantor disnaker untuk pengajuan bantuan UMKM,tapi sampai sekarang tidak ada respon ataupun sms pemeberitahuan dari bank BRI.mohon konfirmasi lah ...

    BalasHapus
  22. Banyak yang komentar tapi tidak ada balasan terkait mohon di blok saja

    BalasHapus
  23. Kenapa ga dapet padahal dagang keliling sangat butuh dana buat bli grobak

    BalasHapus
  24. Dpt bantuan yg tahap 1 lalu di urus di bank BRI dpt buku tabungan dg nominal 2400000 waktu mau di cairkn katanya di blokir di suruh dtng 2 minggu lagi ,begitu dtg ktanya msih di blokir jg di suruh nunggu seminggu lagi ,setelah 1 minggu dtg ke BRI jawabanya MAAF SALDO ANDA 0.. Nominal Rp.2400000 di buku tabungan hilang dan katanya di tarik pusat...kejadian seperti itu bagaimana solusinya...

    BalasHapus
  25. kami sdh megumpulkan hampir 3 bln secara kolektp dsentra pkl gajab mada sidoarjo yg dapat cuma sebagian kecil padahal kami benar" punya usaha kenapa sampai saat ini belum juga cair mohon dperhatikan pak presden

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel