Pendaftaran BLT UMKM Tahap 3 Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftar

Pendaftaran BLT UMKM tahap 3 akan segera dibuka pada awal tahun 2021 ini. Ini syarat pengajuan dan cara daftarnya.

Pendaftaran BLT UMKM Tahap 3

Kabar gembira bagi para pelaku UMKM di Indonesia yang belum mendapat bantuan pada tahun 2020. Ada hadiah bakal diberikan pemerintah untuk kelangsungan bisnis UMKM.

Pemerintah memastikan akan memperpanjang program Bantuan Presiden (Banpres) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM hingga tahun 2021. Dana segar Rp 2,4 juta telah disiapkan bagi para pelaku usaha.

Bagi Anda yang sudah pernah mendapatkan bantuan serupa di tahun 2020, tidak bisa lagi mendaftar. BLT tahun 2021 hanya diperuntukan bagi pelaku UMKM yang belum tersentuh bantuan sebelumnya.

Karena diketahui bahwa banpres tahap 1 maupun 2 di tahun 2020, belum merangkul semua pelaku UMKM. Oleh karena itu, BLT tahun 2021 dikhususkan bagi mereka yang belum terdaftar.

Dua Cara Cek Penerima BLT UMKM BRI di eform.bri.co.id/bpum

Kapan Pendaftaran BLT UMKM Tahap 3 Dibuka?

Pendaftaran BLT UMKM tahap 1 dan 2 sudah ditutup tahun 2020. Pada tahap 2, pendaftaran paling terakhir yakni pada November 2020 lalu. Saat ini, banyak yang masih menantikan pengumuman kelolosan.

Hanya saja, mereka belum mendapatkan kepastian diterima atau tidak. Sudah menunggu berbulan-bulan, namun tak ada kejelasan. Lainnya juga mengalami kesulitan dalam mendaftar. 

Memang penting Anda ketahui, bahwa tidak semua yang telah daftar, otomatis langsung diterima. Sebab kuota banpres UMKM tahun 2020 cukup terbatas. Hanya mengakomodir separuh saja dari pelaku UMKM.

Ada sebanyak 28 juta pelaku UMKM yang mendaftar untuk menerima bantuan ini. Sedangkan pemerintah hanya menyalurkan bantuan kepada 12 juta pelaku usaha di tahun 2020. Oleh karena itu, masih ada 16 juta pelaku UMKM yang belum dapat.

Nah kabar baiknya, Anda dan 16 juta di atas, bisa mengajukan pendaftaran BLT UMKM tahap 3 di tahun 2021. Kapan tepatnya banpres UMKM tahap tiga dibuka, yakni pada kuartal 1 tahun 2021.

“Oleh sebab itu, kami akan terus melakukan evaluasi untuk dilanjutkan program ini hingga tahun depan atau setidaknya hingga kuartal I-2021,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam diskusi virtual.

Kuartal I artinya pada bulan Januari hingga Maret 2021. Bisa saja pendaftaran Januari atau Februari, lalu pencairan pada Maret. Atau mungkin bisa saja pendaftaran hanya dibuka Januari 2021 dan penyaluran pada Februari dan Maret.

Karena itu, berhubung tahun 2020 akan segera berakhir, maka ada baiknya Anda mengetahui apa saja ketentuan pendaftaran banpres UMKM tahap III.

Nama Tak Ada di eform.bri.co.id, Ini Solusi Daftar BPUM UMKM

Syarat Pengajuan Banpres 2,4 Juta

Dilansir dari laman resmi Kemenkop UKM, berikut berbagai persyaratan yang harus terpenuhi untuk bisa diterima sebagai penerima banpres UMKM tahap 3.

1. Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

3. Memiliki usaha berskala mikro. Seperti warung, usaha peternakan, pertanian, kerajinan, produk makanan, dan lain-lain.

4. Tidak sedang menerima program kredit atau pembiayaan dari pihak lain, seperti bank dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

5. Bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS, anggota TNI, maupun Polri.

6. Mengisi formulir pendafataran banpres UMKM yang akan diberikan dinas koperasi dan UKM atau perangkat desa/kelurahan setempat.

7. Melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) bagi pelaku usaha yang memiliki Kartu Tanda Penduduk yang berbeda dengan alamat domisili usaha.

Jika Anda memenuhi syarat di atas, maka Anda berpeluang besar mendapatkan suntikan dana 2,4 juta untuk perkembangan usaha Anda. Namun tentu harus daftar terlebih dahulu.

Link Daftar Online BLT UMKM Kabupaten Kota

Cara Daftar BLT UMKM

Selain mendaftar langsung ke pemerintah, Anda juga sebetulnya bisa mendaftar melalui lembaga pengusul yang ditunjuk. Seperti koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum, kementerian/lembaga, perbankan, maupun perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK.

Hanya saja yang akan dibahas di sini yakni pendaftaran langsung ke pemerintah. Yakni ke dinas koperasi dan UMKM kabupaten/kota sesuai domisili di mana Anda berada.

Pada tahap 1 lalu, kementerian UMKM sempat membuka pendaftaran langsung secara online. Sehingga Anda tidak perlu lagi daftar di daerah. Hanya saja saat ini sudah melalui dinas kabupaten/kota.

Secara teknis, berkaca pada pendaftaran BLT UMKM tahap 2 lalu, banyak dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota membuka pendaftaran secara online.

Hanya saja ternyata banyak yang diarahkan langsung mendaftar dan memasukkan berkas ke kantor dinas UMKM setempat. Sebetulnya cara ini tidak cocok pada situasi pandemic Covid-19 seperti sekarang.

Oleh karena itu, banyak dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota yang membuka pendaftaran melalui perangkat desa dan kelurahan.

Silahkan Anda mencari informasi ke kepala lingkungan/dusun atau ke kepala desa/kelurahan di lokasi Anda tinggal. Apakah bisa daftar langsung ke mereka atau seperti apa.

Anda juga bisa bertanya apakah pemerintah setempat membuka pendaftaran BLT UMKM secara daring atau online. Jika dibuka online, maka Anda cukup daftarkan diri melalui smartphone atau laptop.

Bila Anda tak bisa daftar lewat perangkat desa/kelurahan dan tak ada informasi mengenai pendaftaran online, maka sebaiknya Anda langsung pergi mendaftar ke dinas koperasi dan UMKM setempat.

Tips selanjutnya Anda juga bisa bertanya kepada keluarga atau kerabat yang pernah mendapatkan bantuan banpres UMKM sebelumnya. Karena ada yang daftar lewat koperasi dan bank. Mungkin Anda bisa minta bantuan mereka.

Begitulah informasi mengenai pendaftaran BLT UMKM tahap 3 yang akan segera dibuka pada awal tahun 2021. Lengkap dengan syarat pengajuan dan cara daftarnya.

Kapan detailnya tahap 3 dibuka, dapat Anda ikuti di website ini agar tak ketinggalan informasi. Begitu dibuka, langsung dibuatkan beritanya. Semoga berguna.

104 Komentar untuk "Pendaftaran BLT UMKM Tahap 3 Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftar"

  1. Saya butuh bantuan modal juga saya warungan tapi belum pernah dapat bantuan

    BalasHapus
  2. Link pendaftarannya apa kak?
    Saya dari kabupaten Tangerang... Say belum pernah daftar kak... Mohon bantuan nya...
    Terima kasihπŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ada link nya tpi walopun bisa di buka masih belom bisa daftar, di karnakan blom di buka..
      Alahamdulillah saya dpet gelombang 2

      Hapus
    2. Bagi link nya donk saya mau daftar

      Hapus
    3. Bagi linknya donk tahap 3 kabupaten serdang bedagai

      Hapus
    4. Bagi link nya dong yg tahap 3 ya

      Hapus
    5. Apakah sdah di buka yg tahap 3 UMKM ny

      Hapus
  3. Saya daftar umkm ke bank bri pada tutup semua. Sudah penuh koutanya. Bisa daftar umkm online. Ada tidak. Saya Cari link. Tetep ngga bisa daftar,

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Kapan umkm yg ke 3 cair kenapa saya sudah daftar masih blom ada kabar penerimaan bantuan

      Hapus
    2. Bagi linknya donk tahap 3 buat kota medan kabupaten serdang bedagai

      Hapus
  5. Baiknya langsung ke kepala desa kelurahan. atau ke dinas umkm kab kota supya lebih jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke dinas koperasi langsung kalo mau jelas. Slain gadifotong biyaya apapu, kalo kedinas langsung setidaknya harapan kita besar untuk dapat.

      Hapus
  6. Link pendaftaran Bangka Selatan apa

    BalasHapus
  7. Link pendaftaran Purwakarta kapan

    BalasHapus
  8. Pak presiden yg terhormat sy di Luwuk Banggai bgmn caranya dpt bantuan UMKM ttp g bisa2 gmn caranys

    BalasHapus
  9. Bismillah Assalamualaikum maaf kk Saya. Mau nanya link pendaftaran umkm tahap 3 kabupaten Pinrang sudah ada?

    BalasHapus
  10. Ass..utk kota cimahi jabar.link Umkm .gelombang 3 kpn buka ny.???bpk President.sy Asongan kopi..n rokok..tks..

    BalasHapus
  11. link nya ka buat kab bandung

    BalasHapus
  12. Link buat kab Kuningan jabar

    BalasHapus
  13. Link pendaftaran kab bekasi

    BalasHapus
  14. Link pendaftaran UMKM kab. Boyolali

    BalasHapus
  15. Link pendataran UMKM tahap 3 di Bogor kapan,linknya apa

    BalasHapus
  16. Link daftar UMKM tahap 3 Meulaboh Aceh barat

    BalasHapus
  17. Link pendaftaran UMKM utk kab.Jombang

    BalasHapus
  18. Link pendaftaran UMKM kab. klaten nya kak

    BalasHapus
  19. Link y kak tolong, untuk kabupaten Bogor

    BalasHapus
  20. Link pendaftaran umkm kab demak kakπŸ™πŸ™

    BalasHapus
  21. Link pendaftaran umkm kab.tasikmalaya

    BalasHapus
  22. kalau melalui desa,sudah jelas kami kena pungli pak.. dapat 2.400.000 di potong 700.000,jadi kami Nerima hanya 1.700.000
    bahkan ada yg dipotong sampai 1.000.000

    BalasHapus
  23. Lebih baik online za bnyk pungli nya.coba untuk di info kan pendaftaran online nya/ link nya untuk kabupaten Bogor..saya harap tiap komentar ada jwbnnya..trmksh

    BalasHapus
  24. Mohon link pendaftaran koprasi UMKM indramayunya min

    BalasHapus
  25. Tolong bagi link UMKM nya pak saya memerlukan BLT ini KARNA SAYA belum pernah dapat bantuan apa pun
    TERIMAKASIH

    BalasHapus
  26. Kpn UMKM tahap 3 di mulai

    BalasHapus
  27. Tolong bagi link UMKM tahap 3..utk saudara saya.. Alhamdulillah tahap 2 UMKM saya cair.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bs bgi link yg thap2,q dh dftr tahp2 kok blm cair ea.kira2 sm g linkya

      Hapus
  28. Iya kapann ya tahap 3 nya

    BalasHapus
  29. Kota bandung link nya apa banpres tahap 3

    BalasHapus
  30. Link kabupaten lamongan apa ya..dan kapan dibuka ?

    BalasHapus
  31. link kab bandung nya ada yang punya?tolong share

    BalasHapus
  32. tololong aq kerja dijasa angkutan Mikro bus jalur pwkrto bnymas Banjarnegara sejak da covid Angkutan sepi bgt...a dh berklrgga btuh byya hdup ank istri..

    BalasHapus
  33. tololong aq kerja dijasa angkutan Mikro bus jalur pwkrto bnymas Banjarnegara sejak da covid Angkutan sepi bgt...a dh berklrgga btuh byya hdup ank istri..

    BalasHapus
  34. tololong aq kerja dijasa angkutan Mikro bus jalur pwkrto bnymas Banjarnegara sejak da covid Angkutan sepi bgt...a dh berklrgga btuh byya hdup ank istri..

    BalasHapus
  35. Tolong info nya untuk tahap ke 3 UMKM kabupaten Bogor..

    BalasHapus
  36. Mohon dengan sangat info link UMKM tahap 3 Sukoharjo Jawa tengah,,,makasih

    BalasHapus
  37. Cara daftar nya bgmn, tolong di perhatikan yang benar2 membutuhkan nya..

    BalasHapus
  38. Kab.padang pariaman
    Mohon link nya

    BalasHapus
  39. Bpk/ ibu yg terhormat
    Knp yg bener2 punya warung butuh modal tambahan malah tidak dapat atau tdk terdaftar sbgai penerima.
    Yg sekedar daftar lewat KTP
    Malah terdaftar sbgai penerima
    Harus nya ada survei biar bantuan ini benar2 tepat sasaran


    BalasHapus
  40. Sungguh di sayangkan bantuan ini benar2 tidak tepat sasaran
    Bahkan yg terdaftar sbgai penerima UMKM (yg tdk punya usaha) ini malah terdaftar jg di bantuan lain nya
    Tolong di perbaiki program nya agar bantuan tepat sasaran

    BalasHapus
  41. Saya pedagang asli gak dapet UMKM sedangkan yg gak dagang banyak yg pada dapet....???????

    BalasHapus
  42. Mau tanya kalau yang kemarin dapet gelombang2,bisa daftar lagi ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beri kesempatan pd yg lain pak

      Hapus
    2. Maruk amat pak , yg belom kebagian gimana? 😌

      Hapus
  43. Klo utk pendaftran online bansos umkm kab banjar ,ad nga ya ?

    BalasHapus
  44. Link untuk kabupaten rembang apa kak?

    BalasHapus
  45. Link UMKM utk kabubaten Lebak dan cara daftar,blm pernah sama sekali dapat Bantuan dari pemerintah.
    Tolong perhatikan

    BalasHapus
  46. bermanfaat.. untuk seputar loker yuk kunjungi.

    https://www.duniabisniss.com/2021/01/cara-memulai-bisnis-online-terbaru-2021.html

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Tolong info link pendaftarannya yg tahap 3 ini

    BalasHapus
  49. Tlg info balik pendaftaran tahap 3krn sy tdk pernh mendapat bantuan apa pun dr pemerintah

    BalasHapus
  50. saya juga belum dapat umkm padahal saya penjual pentol

    BalasHapus
  51. saya juga belum dapat umkm padahal saya penjual pentol

    BalasHapus
  52. Link umkm di bulan Januari apa min kota tangsel

    BalasHapus
  53. Untuk kab Tasik apa linkny

    BalasHapus
  54. link tahap 3 kapan di buka nya bogr

    BalasHapus
  55. Yg bapa saya sudah mengajukan BLT UMKM tapi belum ada hasilnya gagal atau tidaknya,coba minta pengarahan supaya jelas

    BalasHapus
  56. keluarga saya aja tidak pernah mndaptkan dana apa pun dri pemerintah padahal ibuk saya sering sakit diabetes dan bpk saya sering sakit juga. saya heran sama pengurusnya kok biasa yg dptnya itu cuman bisa keluarga yg pengurusnya saja

    BalasHapus
  57. link untuk daftar umkm tahap3 apa ya

    BalasHapus
  58. Aslm alikum pk.sya di daerah sumbawa NTB kec alas.tolong di perbaiki lgi krn di daerah kmi byk yg bukn pedagang dpt Dana umkm.
    Saya seorg pedang bakso keliling blm prna mndpt bantuan smpe skrg ini.rumah sya jga prna mengalami dmpk gempa di thn 2018 ramnya rumah sya patah tdk ada yg mengeceknya.sya heran justru org yg baru bgun rumah slsai gempa dpt dana bertubi2 dri pemerintah.sya sgt sedih. Seolah2 sya bkn org indonesia asli.ingin aku perlihtkn vidio dn ftonya pda saat gempa ttpi hpku yg dlu sdh rusak.tpi saksi2 byk pd saat rumahku gempa byk org2 pda tggl di tanah yg kosong punya adik sya di dpn rumah sya.sya ingin pmerintah berlaku adil.knpa kmu gk data rumah sya.kt RTnya krna lupa rumahnya gak liat.sya ingin RTnya di adili pk biar dia gk berbuat smena2 sma masyrktnya.sya blm prn mndpt bantuan sma skali sya hanya seorg pedagang keliling hanya cukup utk mkn sehari2.klo bpk pingin tau
    Nma sya joniadi
    Almat.juran alas dusun otak desa
    Kab.sumbawa

    BalasHapus
  59. Sya kmarin hari selasa pergi ke dinas koperasi jauh dri tmpt tggl sya.sya mmbawa berkas kata petugasnya utk saat ini sdh di tutup katanya.terpaksa sya balik lgi betapah jauhnya dri rumah sya ke dinas koprasi.kpn bukanya utk tahap 3 pk tolong di ksi tau biar gk sya bolak balik ke sumbawa.krna pejalanan sya jauh 2jam dri tmpt tgl sya

    BalasHapus
  60. mohon pencerahan sy pelaku usaha micro .sy sdh daftar bpum tahap ll 2020 .menggunakan persyaratan sku(surat keterangan usaha dari kelurahan setempat) tp sampai sekrang nama sy tdk terdaftar.prtanyaan :apakah sku dr desa tdk tdk valid.trmksh

    BalasHapus
  61. mohon pencerahan untk pendaftaran bpum persyaratan nya kalau sdh punya soup dan tdp yg sdh tdk berlaku apakah bs.dan apa msh hrs buat rrt keterangan usaha SKU lg.trmksh

    BalasHapus
  62. tolong y lik untuk kaltim saya sdh daftar tapi sampai sekarang belum dapat juga dana UMKM saya jual kue kering

    BalasHapus
  63. Link pendaftaran umkm untuk kabupaten Flores timur apa pak mohon infonya

    BalasHapus
  64. Kapan mulai pendaftaran UMKM tahap 3 nya...info y donk kak link y pa untuk kabupaten Bogor..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu saya pake link ini kk
      http://bit.ly/BIODATAUKM
      Tpi untuk saat ini gelombang 3 blom buka kk
      Saya dpet pas gelombang 2

      Hapus
  65. Link pendaftaran umkm kabupaten pidie

    BalasHapus
  66. Link pendaptaran UMKM tahap 3 apa udah di tutup,mohon bantuan nya,dan cara nya saya ko gagal terus setiap mendaptar,saya sangat mebutuh kan bantuan itu untuk modal usaha,tolong di bantu Pekalongan,Lampung timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak buk saya udah daftar dari gelombang 1 sampai sekarang blum dapat" saya butuh untuk ngembangkan usaha

      Hapus
  67. Link buat kabupaten bogor apah yah sya butuh buat modal usaha

    BalasHapus
  68. tolong di beri link untuk bantuan UMKM Tahap 3. bantu daftarkan orang tua

    BalasHapus
  69. Minta info linknya blt umkm tahap 3 dan kapan dibuka terimaskasih.

    BalasHapus
  70. Link blt umkm tahap 3 untuk kabupaten tasikmalaya.

    BalasHapus
  71. Tlng bantuannya kak.link tahap 3 utk mendaftar biar dpt bantuan.mksh

    BalasHapus
  72. Tolong informasinya dong, untuk link tahap III kabupaten Serdang Bedagai apakah sudah dibukak???
    Klo ada linknya tolong beri tauπŸ™πŸ™

    BalasHapus
  73. Tolong informasinya dong, untuk link tahap III kabupaten Serdang Bedagai apakah sudah dibukak???
    Klo ada linknya tolong beri tauπŸ™πŸ™

    BalasHapus
  74. Hallo pak link tahap 3 untuk daerah flores bagaimana ya pakπŸ™

    BalasHapus
  75. Saya belum pernah dapat yang tahap 3 tolong bagi linknya untuk kota palembang

    BalasHapus
  76. Link tahap 3 banpres umkm bogor kabupaten kapan d buka ka

    BalasHapus
  77. Assalamualaikum maaf ini UMKM gelombang ke tiga tgl
    berapa ya???

    BalasHapus
  78. bagai mana ini pak/ibu.saya belum dapat tahap 2 belum dapat.ini saya butuh modal untuk usaha warung saya mohon bantuanya..kasih linknya mohon bantuanya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel