Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pendaftaran BLT UMKM Tahap 3 Dibuka April 2021, Ini Syarat dan Cara Daftar

Pendaftaran BLT UMKM tahap 3 segera dibuka pada April tahun 2021 ini. Ini syarat pengajuan dan cara daftarnya.

Pendaftaran BLT UMKM Tahap 3

Kabar gembira bagi para pelaku UMKM di Indonesia yang belum dan sudah pernah mendapat bantuan pada tahun 2020. Ada hadiah bakal diberikan pemerintah untuk kelangsungan bisnis UMKM.

Pemerintah memastikan akan memperpanjang program Bantuan Presiden (Banpres) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM hingga tahun 2021. Dana segar Rp 1,2 juta telah disiapkan bagi para pelaku usaha.

Bagi Anda yang sudah pernah mendapatkan bantuan serupa di tahun 2020, ternyata masih bisa daftar lagi. BLT tahun 2021 tidak hanya diperuntukan bagi pelaku UMKM yang belum tersentuh bantuan sebelumnya, tetapi juga kepada yang sudah pernah dapat sebelumnya.

Sesuai PermenKopUKM Nomor 2 Tahun 2021 baru saja disahkan. Jumlah dana BPUM tahun 2021 untuk penerima bantuan dari senilai Rp2,4 juta menjadi Rp 1,2 juta.

BREAKING NEWS: Penerima bantuan UMKM 2,4 juta tahun 2020 telah mendapatkan transferan dana 1,2 juta di rekening BRI. Pemerintah ternyata sudah mulai menyalurkan BLT pelaku UMKM sebesar Rp6,2 triliun per 31 Maret. Setiap orang dapat 1,2 juta.

Hanya saja sama seperti tahun 2020 lalu, penerima diperkirakan harus menunggu beberapa minggu baru bisa lakukan pencairan. Silahkan Anda cek ke bank. Artinya Anda yang sudah pernah menerima tahun 2020, sudah otomatis terdaftar tahun 2021.

Cara Daftar Bantuan UMKM 1,2 Juta, Lengkap Link Pendaftaran Online Gratis 2021

Kapan Pendaftaran BLT UMKM Tahap 3 Dibuka?

Pendaftaran BLT UMKM tahap 1 dan 2 sudah ditutup tahun 2020. Pada tahap 2, pendaftaran paling terakhir yakni pada November 2020 lalu. Saat ini, banyak yang masih menantikan pengumuman kelolosan.

Hanya saja, mereka belum mendapatkan kepastian diterima atau tidak. Sudah menunggu berbulan-bulan, namun tak ada kejelasan. Lainnya juga mengalami kesulitan dalam mendaftar. 

Memang penting Anda ketahui, bahwa tidak semua yang telah daftar, otomatis langsung diterima. Sebab kuota banpres UMKM tahun 2020 cukup terbatas. Hanya mengakomodir separuh saja dari pelaku UMKM.

Ada sebanyak 28 juta pelaku UMKM yang mendaftar untuk menerima bantuan ini. Sedangkan pemerintah hanya menyalurkan bantuan kepada 12 juta pelaku usaha di tahun 2020. Oleh karena itu, masih ada 16 juta pelaku UMKM yang belum dapat.

Nah kabar baiknya, Anda dan 16 juta di atas, bisa mengajukan pendaftaran BLT UMKM tahap 3 di tahun 2021. Kapan tepatnya banpres UMKM tahap tiga dibuka, yakni pada semester 1 tahun 2021.

Kemungkinan besar pendaftaran akan dimulai pada awal bulan April 2021 ini. Sementara penyaluran atau pencairan bisa memakan waktu sampai Juni 2021.

Karena pendaftaran makin dekat, Anda sudah perlu bersiap dengan mencari tahu apa saja ketentuan beserta mekanisme banpres UMKM tahap III.

PENTING DIKETAHUI, hingga artikel ini diturunkan pada Rabu, 31 Maret 2020, pendaftaran banpres UMKM belum dibuka.

Karena itu bila ada link pendaftaran yang mengarahkan Anda untuk mengisi formulir, maka sebaiknya jangan dulu diisi demi mencegah penipuan.

Yang dapat dipastikan, pendaftaran bakal dibuka kuartal pertama 2021 ini. Dari statement pihak kemenkop di berbagai media,, pendaftaran UMKM akan dimulai April ini. Informasi diterima, kuota tersedia cukup banyak, yaitu 12,8 juta pelaku usaha.

Apabila pendaftaran di daerah-daerah sudah dibuka, maka go-bizz akan segera membagikannya di website ini. Jangan lupa ikuti dan ingat! Hanya di go-bizz.com.

Nama Tak Ada di eform.bri.co.id, Ini Solusi Daftar BPUM UMKM

Syarat Pengajuan Banpres 1,2 Juta

Dilansir dari laman resmi Kemenkop UKM, berikut berbagai persyaratan yang harus terpenuhi untuk bisa diterima sebagai penerima banpres UMKM tahap 3.

1. Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

3. Memiliki usaha berskala mikro. Seperti warung, usaha peternakan, pertanian, kerajinan, produk makanan, dan lain-lain.

4. Tidak sedang menerima program kredit atau pembiayaan dari pihak lain, seperti bank dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

5. Bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS, anggota TNI, maupun Polri.

6. Mengisi formulir pendafataran banpres UMKM yang akan diberikan dinas koperasi dan UKM atau perangkat desa/kelurahan setempat.

7. Melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) bagi pelaku usaha yang memiliki Kartu Tanda Penduduk yang berbeda dengan alamat domisili usaha.

Jika Anda memenuhi syarat di atas, maka Anda berpeluang besar mendapatkan suntikan dana 1,2 juta untuk perkembangan usaha Anda. Namun tentu harus daftar terlebih dahulu.

Link Daftar Online BLT UMKM Kabupaten Kota

Cara Daftar BLT UMKM

Selain mendaftar langsung ke pemerintah, Anda juga sebetulnya bisa mendaftar melalui lembaga pengusul yang ditunjuk. Seperti koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum, kementerian/lembaga, perbankan, maupun perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK.

Hanya saja yang akan dibahas di sini yakni pendaftaran langsung ke pemerintah. Yakni ke dinas koperasi dan UMKM kabupaten/kota sesuai domisili di mana Anda berada.

(Sesuai Permenkop terbaru, bahwa dinas/badan koperasi dan UMKM kabupaten/kota menjadi satu-satunya lembaga pengusul. Jadi Anda harus daftar ke dinas/badan setempat) 

Pada tahap 1 lalu, kementerian UMKM sempat membuka pendaftaran langsung secara online. Sehingga Anda tidak perlu lagi daftar di daerah. Hanya saja saat ini sudah melalui dinas kabupaten/kota.

Secara teknis, berkaca pada pendaftaran BLT UMKM tahap 2 lalu, banyak dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota membuka pendaftaran secara online.

Hanya saja ternyata banyak yang diarahkan langsung mendaftar dan memasukkan berkas ke kantor dinas UMKM setempat. Sebetulnya cara ini tidak cocok pada situasi pandemic Covid-19 seperti sekarang.

Oleh karena itu, banyak dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota yang membuka pendaftaran melalui perangkat desa dan kelurahan.

Silahkan Anda mencari informasi ke kepala lingkungan/dusun atau ke kepala desa/kelurahan di lokasi Anda tinggal. Apakah bisa daftar langsung ke mereka atau seperti apa.

Anda juga bisa bertanya apakah pemerintah setempat membuka pendaftaran BLT UMKM secara daring atau online. Jika dibuka online, maka Anda cukup daftarkan diri melalui smartphone atau laptop.

Bila Anda tak bisa daftar lewat perangkat desa/kelurahan dan tak ada informasi mengenai pendaftaran online, maka sebaiknya Anda langsung pergi mendaftar ke dinas koperasi dan UMKM setempat.

Tips selanjutnya Anda juga bisa bertanya kepada keluarga atau kerabat yang pernah mendapatkan bantuan banpres UMKM sebelumnya. Karena ada yang daftar lewat koperasi dan bank. Mungkin Anda bisa minta bantuan mereka.

Begitulah informasi mengenai pendaftaran BLT UMKM tahap 3 yang akan segera dibuka pada bulan April tahun 2021. Lengkap dengan syarat pengajuan dan cara daftarnya.

Kapan detailnya tahap 3 dibuka, dapat Anda ikuti di website ini agar tak ketinggalan informasi. Begitu dibuka, langsung dibuatkan beritanya. Semoga berguna.

262 komentar untuk "Pendaftaran BLT UMKM Tahap 3 Dibuka April 2021, Ini Syarat dan Cara Daftar"

  1. Saya butuh bantuan modal juga saya warungan tapi belum pernah dapat bantuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mau daftar.2,4.juta bpum umkm cuma-cuma dari peresiden jokowi.sekitar orang.10.mau daftar persaratan nya uda di penuhi.bagi e-ktp tak terdaftar di efrom bri.bagi yg belum tersentu sama sekali usaha dagang uda lama mana kekurangan modal jadi kapan bpum umkm tahap ke.3.pengen daftar.

      Hapus
    2. Saya minta link pendaftaran umkm untuk serdang bedagai kec. Prbaungan

      Hapus
  2. Link pendaftarannya apa kak?
    Saya dari kabupaten Tangerang... Say belum pernah daftar kak... Mohon bantuan nya...
    Terima kasih🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ada link nya tpi walopun bisa di buka masih belom bisa daftar, di karnakan blom di buka..
      Alahamdulillah saya dpet gelombang 2

      Hapus
    2. Bagi link nya donk saya mau daftar

      Hapus
    3. Bagi linknya donk tahap 3 kabupaten serdang bedagai

      Hapus
    4. Bagi link nya dong yg tahap 3 ya

      Hapus
    5. Apakah sdah di buka yg tahap 3 UMKM ny

      Hapus
    6. Saya butuh bantuan modal. Meskipun di bayar angsuran nya juga tidak apa apa. Yang penting bisa dapat bantuan🙏🙏

      Hapus
    7. Saya mau daptar minta link ny dong

      Hapus
  3. Saya daftar umkm ke bank bri pada tutup semua. Sudah penuh koutanya. Bisa daftar umkm online. Ada tidak. Saya Cari link. Tetep ngga bisa daftar,

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Kapan umkm yg ke 3 cair kenapa saya sudah daftar masih blom ada kabar penerimaan bantuan

      Hapus
    2. Bagi linknya donk tahap 3 buat kota medan kabupaten serdang bedagai

      Hapus
  5. Baiknya langsung ke kepala desa kelurahan. atau ke dinas umkm kab kota supya lebih jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke dinas koperasi langsung kalo mau jelas. Slain gadifotong biyaya apapu, kalo kedinas langsung setidaknya harapan kita besar untuk dapat.

      Hapus
  6. Link pendaftaran Bangka Selatan apa

    BalasHapus
  7. Link pendaftaran Purwakarta kapan

    BalasHapus
  8. Pak presiden yg terhormat sy di Luwuk Banggai bgmn caranya dpt bantuan UMKM ttp g bisa2 gmn caranys

    BalasHapus
  9. Bismillah Assalamualaikum maaf kk Saya. Mau nanya link pendaftaran umkm tahap 3 kabupaten Pinrang sudah ada?

    BalasHapus
  10. Ass..utk kota cimahi jabar.link Umkm .gelombang 3 kpn buka ny.???bpk President.sy Asongan kopi..n rokok..tks..

    BalasHapus
  11. Link pendaftaran UMKM kab. Boyolali

    BalasHapus
  12. Link pendataran UMKM tahap 3 di Bogor kapan,linknya apa

    BalasHapus
  13. Link daftar UMKM tahap 3 Meulaboh Aceh barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo sudah ada di bagi link nya bg ya..saya mau dftar bg

      Hapus
    2. Mohon info ny kkk² link kabupaten deli serdang umkm ap ya

      Hapus
  14. Link pendaftaran UMKM utk kab.Jombang

    BalasHapus
  15. Link pendaftaran UMKM kab. klaten nya kak

    BalasHapus
  16. Link y kak tolong, untuk kabupaten Bogor

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dapet link umkm nya bang?klo udah saya boleh minta?

      Hapus
  17. Link pendaftaran umkm kab demak kak🙏🙏

    BalasHapus
  18. Link pendaftaran umkm kab.tasikmalaya

    BalasHapus
  19. kalau melalui desa,sudah jelas kami kena pungli pak.. dapat 2.400.000 di potong 700.000,jadi kami Nerima hanya 1.700.000
    bahkan ada yg dipotong sampai 1.000.000

    BalasHapus
  20. Lebih baik online za bnyk pungli nya.coba untuk di info kan pendaftaran online nya/ link nya untuk kabupaten Bogor..saya harap tiap komentar ada jwbnnya..trmksh

    BalasHapus
  21. Mohon link pendaftaran koprasi UMKM indramayunya min

    BalasHapus
  22. Tolong bagi link UMKM nya pak saya memerlukan BLT ini KARNA SAYA belum pernah dapat bantuan apa pun
    TERIMAKASIH

    BalasHapus
  23. Tolong bagi link UMKM tahap 3..utk saudara saya.. Alhamdulillah tahap 2 UMKM saya cair.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bs bgi link yg thap2,q dh dftr tahp2 kok blm cair ea.kira2 sm g linkya

      Hapus
    2. Anda gimana bisa cair bos....

      Hapus
    3. Saya belom pernah mendapat kan bantuan apapun gimana caranya daftar

      Hapus
  24. Kota bandung link nya apa banpres tahap 3

    BalasHapus
  25. Link kabupaten lamongan apa ya..dan kapan dibuka ?

    BalasHapus
  26. link kab bandung nya ada yang punya?tolong share

    BalasHapus
  27. tololong aq kerja dijasa angkutan Mikro bus jalur pwkrto bnymas Banjarnegara sejak da covid Angkutan sepi bgt...a dh berklrgga btuh byya hdup ank istri..

    BalasHapus
  28. tololong aq kerja dijasa angkutan Mikro bus jalur pwkrto bnymas Banjarnegara sejak da covid Angkutan sepi bgt...a dh berklrgga btuh byya hdup ank istri..

    BalasHapus
  29. tololong aq kerja dijasa angkutan Mikro bus jalur pwkrto bnymas Banjarnegara sejak da covid Angkutan sepi bgt...a dh berklrgga btuh byya hdup ank istri..

    BalasHapus
  30. Tolong info nya untuk tahap ke 3 UMKM kabupaten Bogor..

    BalasHapus
  31. Mohon dengan sangat info link UMKM tahap 3 Sukoharjo Jawa tengah,,,makasih

    BalasHapus
  32. Cara daftar nya bgmn, tolong di perhatikan yang benar2 membutuhkan nya..

    BalasHapus
  33. Kab.padang pariaman
    Mohon link nya

    BalasHapus
  34. Bpk/ ibu yg terhormat
    Knp yg bener2 punya warung butuh modal tambahan malah tidak dapat atau tdk terdaftar sbgai penerima.
    Yg sekedar daftar lewat KTP
    Malah terdaftar sbgai penerima
    Harus nya ada survei biar bantuan ini benar2 tepat sasaran


    BalasHapus
  35. Sungguh di sayangkan bantuan ini benar2 tidak tepat sasaran
    Bahkan yg terdaftar sbgai penerima UMKM (yg tdk punya usaha) ini malah terdaftar jg di bantuan lain nya
    Tolong di perbaiki program nya agar bantuan tepat sasaran

    BalasHapus
  36. Saya pedagang asli gak dapet UMKM sedangkan yg gak dagang banyak yg pada dapet....???????

    BalasHapus
  37. Mau tanya kalau yang kemarin dapet gelombang2,bisa daftar lagi ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beri kesempatan pd yg lain pak

      Hapus
    2. Maruk amat pak , yg belom kebagian gimana? 😌

      Hapus
    3. Silahkan bisa saya bantu hub saya u mendaftar dana hibah 1,2jt asalkan wilayah kabupaten bandung barat

      Hapus
  38. Klo utk pendaftran online bansos umkm kab banjar ,ad nga ya ?

    BalasHapus
  39. Link untuk kabupaten rembang apa kak?

    BalasHapus
  40. Link UMKM utk kabubaten Lebak dan cara daftar,blm pernah sama sekali dapat Bantuan dari pemerintah.
    Tolong perhatikan

    BalasHapus
  41. bermanfaat.. untuk seputar loker yuk kunjungi.

    https://www.duniabisniss.com/2021/01/cara-memulai-bisnis-online-terbaru-2021.html

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Tolong info link pendaftarannya yg tahap 3 ini

    BalasHapus
  44. Tlg info balik pendaftaran tahap 3krn sy tdk pernh mendapat bantuan apa pun dr pemerintah

    BalasHapus
  45. saya juga belum dapat umkm padahal saya penjual pentol

    BalasHapus
  46. saya juga belum dapat umkm padahal saya penjual pentol

    BalasHapus
  47. Link umkm di bulan Januari apa min kota tangsel

    BalasHapus
  48. link tahap 3 kapan di buka nya bogr

    BalasHapus
  49. Yg bapa saya sudah mengajukan BLT UMKM tapi belum ada hasilnya gagal atau tidaknya,coba minta pengarahan supaya jelas

    BalasHapus
  50. keluarga saya aja tidak pernah mndaptkan dana apa pun dri pemerintah padahal ibuk saya sering sakit diabetes dan bpk saya sering sakit juga. saya heran sama pengurusnya kok biasa yg dptnya itu cuman bisa keluarga yg pengurusnya saja

    BalasHapus
  51. link untuk daftar umkm tahap3 apa ya

    BalasHapus
  52. Aslm alikum pk.sya di daerah sumbawa NTB kec alas.tolong di perbaiki lgi krn di daerah kmi byk yg bukn pedagang dpt Dana umkm.
    Saya seorg pedang bakso keliling blm prna mndpt bantuan smpe skrg ini.rumah sya jga prna mengalami dmpk gempa di thn 2018 ramnya rumah sya patah tdk ada yg mengeceknya.sya heran justru org yg baru bgun rumah slsai gempa dpt dana bertubi2 dri pemerintah.sya sgt sedih. Seolah2 sya bkn org indonesia asli.ingin aku perlihtkn vidio dn ftonya pda saat gempa ttpi hpku yg dlu sdh rusak.tpi saksi2 byk pd saat rumahku gempa byk org2 pda tggl di tanah yg kosong punya adik sya di dpn rumah sya.sya ingin pmerintah berlaku adil.knpa kmu gk data rumah sya.kt RTnya krna lupa rumahnya gak liat.sya ingin RTnya di adili pk biar dia gk berbuat smena2 sma masyrktnya.sya blm prn mndpt bantuan sma skali sya hanya seorg pedagang keliling hanya cukup utk mkn sehari2.klo bpk pingin tau
    Nma sya joniadi
    Almat.juran alas dusun otak desa
    Kab.sumbawa

    BalasHapus
  53. Sya kmarin hari selasa pergi ke dinas koperasi jauh dri tmpt tggl sya.sya mmbawa berkas kata petugasnya utk saat ini sdh di tutup katanya.terpaksa sya balik lgi betapah jauhnya dri rumah sya ke dinas koprasi.kpn bukanya utk tahap 3 pk tolong di ksi tau biar gk sya bolak balik ke sumbawa.krna pejalanan sya jauh 2jam dri tmpt tgl sya

    BalasHapus
  54. mohon pencerahan sy pelaku usaha micro .sy sdh daftar bpum tahap ll 2020 .menggunakan persyaratan sku(surat keterangan usaha dari kelurahan setempat) tp sampai sekrang nama sy tdk terdaftar.prtanyaan :apakah sku dr desa tdk tdk valid.trmksh

    BalasHapus
  55. mohon pencerahan untk pendaftaran bpum persyaratan nya kalau sdh punya soup dan tdp yg sdh tdk berlaku apakah bs.dan apa msh hrs buat rrt keterangan usaha SKU lg.trmksh

    BalasHapus
  56. tolong y lik untuk kaltim saya sdh daftar tapi sampai sekarang belum dapat juga dana UMKM saya jual kue kering

    BalasHapus
  57. Link pendaftaran umkm untuk kabupaten Flores timur apa pak mohon infonya

    BalasHapus
  58. Kapan mulai pendaftaran UMKM tahap 3 nya...info y donk kak link y pa untuk kabupaten Bogor..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu saya pake link ini kk
      http://bit.ly/BIODATAUKM
      Tpi untuk saat ini gelombang 3 blom buka kk
      Saya dpet pas gelombang 2

      Hapus
    2. Mohon petunjuk nya kak..saya dapat di februari kemarin...tp saya terlambat mengambil... Tau tsu kemarin di saldo afa bantuan ini ..to kenapa nggk bisa diambil ya ...padahal masih tertera saldonya ada... 😭😭😭

      Hapus
  59. Link pendaftaran umkm kabupaten pidie

    BalasHapus
  60. Link pendaptaran UMKM tahap 3 apa udah di tutup,mohon bantuan nya,dan cara nya saya ko gagal terus setiap mendaptar,saya sangat mebutuh kan bantuan itu untuk modal usaha,tolong di bantu Pekalongan,Lampung timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak buk saya udah daftar dari gelombang 1 sampai sekarang blum dapat" saya butuh untuk ngembangkan usaha

      Hapus
  61. Link buat kabupaten bogor apah yah sya butuh buat modal usaha

    BalasHapus
  62. tolong di beri link untuk bantuan UMKM Tahap 3. bantu daftarkan orang tua

    BalasHapus
  63. Minta info linknya blt umkm tahap 3 dan kapan dibuka terimaskasih.

    BalasHapus
  64. Link blt umkm tahap 3 untuk kabupaten tasikmalaya.

    BalasHapus
  65. Tlng bantuannya kak.link tahap 3 utk mendaftar biar dpt bantuan.mksh

    BalasHapus
  66. Tolong informasinya dong, untuk link tahap III kabupaten Serdang Bedagai apakah sudah dibukak???
    Klo ada linknya tolong beri tau🙏🙏

    BalasHapus
  67. Tolong informasinya dong, untuk link tahap III kabupaten Serdang Bedagai apakah sudah dibukak???
    Klo ada linknya tolong beri tau🙏🙏

    BalasHapus
  68. Hallo pak link tahap 3 untuk daerah flores bagaimana ya pak🙏

    BalasHapus
  69. Saya belum pernah dapat yang tahap 3 tolong bagi linknya untuk kota palembang

    BalasHapus
  70. Link tahap 3 banpres umkm bogor kabupaten kapan d buka ka

    BalasHapus
  71. Assalamualaikum maaf ini UMKM gelombang ke tiga tgl
    berapa ya???

    BalasHapus
  72. bagai mana ini pak/ibu.saya belum dapat tahap 2 belum dapat.ini saya butuh modal untuk usaha warung saya mohon bantuanya..kasih linknya mohon bantuanya

    BalasHapus
  73. Saya sangat membutuhkan bantuan UMKM tapi masih gak lolos juga... kapan pendaftar UMKM gelombang 3?... Saya mau coba lagi.... semoga bisa lolos..

    BalasHapus
  74. Yang punya link untuk Indralaya

    BalasHapus
  75. Tahap 3 kpn dibuka pak saya mau daftar soalnya sudah daftar 3 blm jg cair dari tahap 1 yg dapat umkm salah tepat sasaran

    BalasHapus
  76. Perkiraan tahap 3 akan dibuka pada bulan Pebruari

    BalasHapus
  77. Bagi donk link nya juga kak kota Banda Aceh

    BalasHapus
  78. Mohon info link umkm untuk tahap 3 kabupaten bogor kapan dan tgl brapa d buka kembali.. Mohon pencerahan nyh.. Terima kasih🙏

    BalasHapus
  79. Mohon info link UMKM utk kota Medan ya

    BalasHapus
  80. Mohon sangat pak saya butuh bantuan dari bapak

    BalasHapus
  81. Bagi link kalimantan selatan kecamatan beruntung baru kabupaten banjar pang ka

    BalasHapus
  82. Minta link nya untuk kota tegal

    BalasHapus
  83. Slm Hormt kpd ibu dn bpk smua nya.Mudah" di Tahun 2021 Saya mau ikut Dptr Dengan Senang hat! b!La jd! pener!ma bpum .Saya sngt bertr!makas!h banyak apa b!latrdptr lag! n!k saya.No N!k:3205100604830002. hp.083876946855.buat tmbahan modal dagang eskrim Cingcaw.dn buat biaya ank saya selama 2 tahun untuk itu saya Sllu kekurangan biaya ank sya mhon bantuan nya demi pen9obatan anak saya penyakit EpiLepsi blum smbuh2
    Skli Lagi mhon bantuan nya demi ank saya.sya sdih tk punya biaya nya mudh2an ditrima pen9ajuan saya ini.sya dri lembur kaler Rt 003 rw 06.Desa harumansari kec kadun90ra.ckup sekian ajuan saya wsl yudi

    BalasHapus
  84. Aslmualaikum wr wb.slm Hrmt kpd ibu dn bpk Smuanya
    Dngn Senang Hati bila bpk dn ibu Semua nya jika Seandai nya Saja mohon dikasih bantuan nya di 2,4juta ini untuk ibu ini yan9 berNama Endas Dia kelahiran 1940-07-01.dri Kp Lembur kaler Rt 002 Rw 006,Desa Harumansari Kec Kadungora Kab Garut Saya ini hnya mewakili mertua saya ini karna dia ini Seorang janda diTingal suami nya yang Sudh Lma mati,karna itu saya memohon Den9an senan9 HTI bila ibu dn bpk smua memberi bantuan kpd dia tersebut krna dri awal dn sblum ada bantuan ini blum pernah dpt sekecil pun juga dpt bantuan.untuk itu sya mewakili mertua saya mudah"an Saja bpk dn ibu dpt membantunya kpd mertua saya berNama Endas.saya berHrp Bngt smoga pengajuan saya ini dpt diterima dn jdi penerima bpum thp 111 2021.
    Endas NoNik:3205100107400069
    tlpon:0895619561933.Sya ucap kan Sblum nya bila ibu dn bpk mau membantu mertua saya ini mewakili nya dia tersbutt mau mebantunya dia sudh jompo .mudh"an pemohonn sya ini ditrima Smoga dpt Pahala dnberkah dunia mau diakhirat nnti amin
    wslm pemohon yudi ats nama Endas.

    BalasHapus
  85. Program PHP ini, sy daftar gel1 gak dapat bantuan sm sekali, padahal gk pny hutang, gel.2 sy daftar lagi tp tdk boleh lagi Krn sdh daftar pd gel.1, skrg gel.3 mau dibuka lagi syarat apalagi yg akan ditambahkan utk menyulitkan kami yg butuh bantuan UMKM tsb? Kita lihat saja....

    BalasHapus
  86. Saya dari kabupaten wonosobo jawa tengah,saya sejak tahun 2011 tinggl dan jadi warga wonosobo belum pernah dapat bantuan sama sekali sedangkn yg lain yg lebih mapan pekerjaan dapat, saya hanya kuli serabutan apakh ada yg salah dengan diri saya 🤭😭😭😭😭

    BalasHapus
  87. Link pendaftaran UMKM tahap 3 2021 Aceh barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa link UMKM Kab Aceh barat mohon bantuanya

      Hapus
  88. Sungguh sedih rasanya dari awal pertama ada kovit sampai sekarang belum pernah dapat bantuan apa2...cuma listrik aja yg tidak bayar...padahal saya di rumah buka warung atau jualan...sedangkan yang tidak punya warung atau usaha mikro...ko dapat bantuan umkm

    BalasHapus
  89. Mana link nya pak saya dari jawabarat

    BalasHapus
  90. Januari 2021 11.30. Serdang Bedagai

    BalasHapus
  91. Berita dari pemerintah tahap ke3 segera dibuka di bulan januari padahal dari tanggal 3 dinas koperasi aq datengi. Blt umkm tahap ke 3 ditutup. Terus Kapan dibukanya kok udah di tutup. Saya mau tanya Apakah benar pak blt umkm tahap ke 3 kota semarang udh ditutup.

    BalasHapus
  92. sy pedagang kuebasah,sy sdh mendaftar lewat perangkat desa tahun 2020 , byk yg sdh cair dibulan desember lalu, tp sy tidak cair, apa sy harus mendaftar ulang....?

    BalasHapus
  93. Saya udah daftar tahap 3 wktu kuartal 1januari 2021. Kapan umkm dibuka nya tahapb3. Klo berkas berkas sudah diatur sama rt didesa dan melalui kordinator tinggal nunggu cek hijau. Kapan ya bisa dicek dan hijau

    BalasHapus
  94. Assalamualaikum saudara qu info doank link tahap 3 jakarta timur saya d daftar gelombang 2 ternyata, g, terdaftar karna saya, butuh buat bantu suami motor rusak d 6 bulan jd g bisa ngojek lg😭😭😭😭

    BalasHapus
  95. Pernah ikut daftar di fb tau ny mau nipu😞

    BalasHapus
  96. utk link prov.sumut bagi lah.......

    BalasHapus
  97. Link pendafataran umkm kota semarang

    BalasHapus
  98. Tolong bantu linknya bantuan tahap 3 saya dari kota sorong papua barat

    BalasHapus
  99. Assalamualaikum bp ibu maaf aku ceroboh komentar disini kpan umkm buka lagi aku asli banten tukang dagang agerr keliling di ponggok

    BalasHapus
  100. Saya mau mendaftar UMKM Jakarta barat

    BalasHapus
  101. Bantuan opo to lor,saya jualan mainan dan cilok gak pernah dapat bantuan

    BalasHapus
  102. Kalau uda ada linknya, mohon langsung balas komentarnya ya.

    Admin bantu carikan aku link pendaftaran bantuan umkm kabupaten Minahasa ya.
    Nanti berita ini aku bantu share di fb.

    Makasih...

    BalasHapus
  103. Mohon infonya untuk link bantuan umkm tahap 3 kabupaten Bogor.
    Terima Kasih

    BalasHapus
  104. Mohon infonya link pendaftaran UMKM untuk kabupaten bogor. Terima kasih

    BalasHapus
  105. Mohon link kota pekalongan pak

    BalasHapus
  106. Link untuk sulbar kabupaten mamasa 🙏

    BalasHapus
  107. Assalamualaikum.. Pak kapan link bantuan umkm kota Medan tembung tahap ke 3 di buka ya bapak peresiden karena suami saya penjual asongan sabun mandi dan garam di pekan² pak, tolong informasi nya pak dan daftarkan suami saya jadi anggota yang dapat bantuan umkm lah pak.. Trmksh

    BalasHapus
  108. Link pendaftaran umkm Serdang Bedagai tahap 3

    BalasHapus
  109. Bagi link tahap 3 dongka daerah pemalang

    BalasHapus
  110. bagi link tahap 3 daerah kab.bandung dong

    BalasHapus
  111. Bagi link nya dong untuk Makassar kab. Gowa. Daftar umkm

    BalasHapus
  112. Mulai ada covid-19 saya belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah, padahal saya butuh sekali modal untuk usaha bengkel saya. Mohon pak/ibu diperhatikan warga yang belum mendapat bantuan, saya berharap mendapatkan bantuan tersebut, terimakasih.

    BalasHapus
  113. Bagi donk sist link umkm tahap 3 mulai dari covid kami gk pernah dapat bantuan

    BalasHapus
  114. Saya usaha kuliner yg saat ini terdampak , dan blm pernah mendapat kan bantuan apapun , gimana caranya daftar supaya mendapatkan bmk

    BalasHapus
  115. Maaf boleh tahu pendaftaran umkm tahap tiga kira2 bulan berapa ya?saya kemarin daftar g dapat,tapi saya mencoba menolong yg lain untuk mendaftar dan semoga juga cair

    BalasHapus
  116. Assalamualaikum bp persiden yg terhormat..saya seorang warga indonesia yg miskin.saya. tidak punya rumah.saya tidak punya penghasilan.saya tinggal di kontrakan,suami saya hanya seorang kuli bangunan..saya mohon sudikah kiranya bp persiden yg terhormat memberikan bantuan untuk saya dan keluarga..terima kasih

    BalasHapus
  117. Link untuk kabupaten sukoharjo mohon bantuannya

    BalasHapus
  118. Link untuk daerah kab sukoharjo jateng mana mas min..?

    BalasHapus
  119. Link untuk daerah kab sukoharjo jateng mana mas min..?

    BalasHapus
  120. Kenapa saya udah mengajukan tahap 2 kenapa no. Nik saya benar tp namanya beda udah saya urus ke bank malah sampai sekarang gak bisa diambil itu gimana padahal udah lolos minta bantuanya donk...?

    BalasHapus
  121. Link pendaftaran online kab serdang bedagai prop.sumateta utara,tolong ya saudaraku.

    BalasHapus
  122. Ini sudah memasuki kuartal 1.boleh tahu kapan dibukanya pendaftaran umkm tahap 3 nya.saya langsung ke dinas koperasi toh dekat dan mudah dijangkau.cuma pingin tahu info dibukanya kapan?

    BalasHapus
  123. UMKM tahap 3 apakah sudah di buka ?? Apakah sudah bisa daftar ke kantor BRI terdekat ???

    BalasHapus
  124. Link provinsi Riau kabupaten Rokan hulu pendaftaran UMKM tahap 3 apa udah di buka saya mau daftar saya penjual barang harian di rumah saya kehabisan modal saya gk perna dapet bantuan apa pun pak

    BalasHapus
  125. saya menerima sms BPUM dan saya cek d buku rek masuk tapi ditarik lagi..krn aiatem blokir...saya cek d e-Form BRI nama saya sebagai penerima BPUM ada namun stlh saya cek di BRI tempat saya yaitu di MAluku barat daya propinsi maluku malah dibilang sama CS kalau kita tdk mengurus..pdhl sms masuk tgl 12 maret..dan saya cek batas tgl 18 untuk tahap 3....mana ygbenar ni....hoaks saja atau gimana..masyarakat kecil tdk menerima info ..bgtu dapat info malah di bank bilangnya sdh selesai untuk BPUm dr presiden...mana yg benar????

    BalasHapus
  126. Dri tahap 1 gak dpet ampe tutup resto yg berharap ada bantuan pemerintah buat tambah" Modal Usaha... Tp zonk!!

    BalasHapus
  127. bg link nya dong buat wilayah duren sawit jakarta timur

    BalasHapus
  128. Bg link yg aslinya mau usaha g ada modal daftar prakerja sdh ttp pdhl sy memerluknnya .krn sy blm pernah semua bantuan pemerintah pdhl anak perlu biaya sklh masuk smu jd anak sy putus sekolah maunya sekolah

    BalasHapus
  129. Link kota banda aceh dong...

    BalasHapus
  130. Mohon info nya link umkm aceh Selatan

    BalasHapus
  131. Mohon info nya link resmi daftar umkm tasikmalaya saya pedagang kecil masa yg ga dagang dapet sedangkan yg bener2 dagang ga dapet

    BalasHapus
  132. Link pendaftaran perbaungan serdang bedagai

    BalasHapus
  133. Link pendaftaran deli serdang

    BalasHapus
  134. link pendaftran tahap 3 untuk Kab. bima

    BalasHapus
  135. Link pendaftaran tahap 3 sei rampah Serdang Bedagai

    BalasHapus
  136. ditahun 2020 nama saya ada dieform bri, tapi kenapa nama saya tidak ada lagi ditahun ini pdhal nama tetangga saya muncul lagi ditahun ini yang tahun kemarin dapat. Gimana ya caranya biar nama saya muncul lagi dan dapat modal lagi buat jualan dibulan Ramadhan.

    BalasHapus
  137. ditahun 2020 nama saya ada dieform bri, tapi kenapa nama saya tidak ada lagi ditahun ini pdhal nama tetangga saya muncul lagi ditahun ini yang tahun kemarin dapat. Gimana ya caranya biar nama saya muncul lagi dan dapat modal lagi buat jualan dibulan Ramadhan.

    BalasHapus