Form Bantuan Kemenkop di siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id Tidak Dapat Diakses

Banyak yang mencari form bantuan kemenkop di website siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id untuk daftar bantuan UMKM. Ternyata situs itu tak bisa diakses.

Form Bantuan Kemenkop di siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id Tidak Dapat Diakses

Pemerintah telah menyalurkan bantuan untuk para pelaku  usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) agar bisa kembali berusaha di tengah pandemi Covid-19.

Bantuan direalisasikan melalui program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT). Dengan nominal sebesar Rp 2,4 juta yang diberikan untuk pelaku usaha mikro.

Dana Banpres Produktif adalah hibah. Bukan pinjaman ataupun kredit. Jadi penerima bantuan tidak dipungut biaya sama sekali dalam penyaluran.

Bantuan UMKM Masih Tersedia Oktober 2020

Mereka yang menjadi calon penerima akan mendapat pesan singkat dari bank penyalur. Penerima harus pergi ke bank untuk melakukan proses pencairan.

Nah, bantuan di atas masih tersedia pada bulan Oktober 2020 ini. Sebab penyerapannya ternyata belum mencapai 100 persen. Pada September, penyerapannya baru mencapai 72,46 persen.

“Per 21 September 2020 baru mencapai 64,5 persen dan terakhir ini dari bulan Agustus hingga September mencapai 72,46 persen. Masih terus dibuka (pendaftaran) hingga penyerapannya 100 persen,” ujar Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki dilansir dari Kompas.com.

Login jps.kemnaker.co.id untuk Daftar JPS? Ini Penjelasannya

Oleh karena itu, kepada seluruh masyarakat pelaku usaha, diimbau segera lakukan pendaftaran jika ingin mendapatkan bantuan ini.

Informasi dihimpun go-bizz.com, banyak yang mencoba daftar secara online di website kemenkopukm, namun apakah bisa? Berikut penjelasan dan detail pendaftarannya.

Form Bantuan Kemenkop di siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id

Banyak masyarakat yang mengira untuk mendapatkan bantuan UMKM 2,4 juta dapat melakukan pendaftaran secara online. Pendaftarannya dianggap mirip dengan program kartu prakerja.

Buktinya banyak yang mencoba mencari, mendownload, atau mengisi form bantuan kemenkop dengan mengakses website siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id.

Daftar kemnaker.diasporapeduli.id, Bagaimana Bisa Lolos

Nah rupanya banyak masyarakat yang salah paham. Mungkin sebelumnya memang pendaftaran online dibuka. Tapi saat ini sudah tidak bisa lagi.

Jika Anda klik link siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id, maka yang terjadi alamat website itu tidak bisa dibuka. Jadi tidak benar berbagai informasi beredar Anda bisa daftar bantuan UMKM secara online.

Cara Daftar Bantuan UMKM 2,4 Juta yang Benar

Kesempatan Anda untuk mendapatkan bantuan UMKM terbilang sangatlah besar. Apalagi pada Oktober 2020 ini, pendaftaran sebagai penerima bantuan masih dibuka.

Cara daftar yang benar adalah dengan mengajukan pendaftaran ke Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) kabupaten/kota di wilayah masing-masing.

Selain itu, Anda juga bisa mendaftar melalui sejumlah lembaga pengusul. Yakni koperasi yang telah disahkan menjadi badan hukum, kementerian/lembaga, perbankan/bank (misalnya BRI), dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK.

Pada saat mendaftarkan atau mengajukan diri pun, Anda harus menyiapkan sejumlah dokumen persyaratan sebagai berikut.

Daftar Kartu Prakerja, Login dashboard.prakerja.go.id/daftar

Syarat Daftar Bantuan UMKM

1. Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia.

2. Memilliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

3. Memiliki usaha mikro.

4. Bukan sebagai PNS, TNI/Polri, pegawai BUMN atau BUMD.

5. Tidak sementara menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR.

6. Pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha berbeda, bisa melampirkan Surat Keterangan Usaha atau SKU.

Cara Mencairkan Bantuan UMKM di BRI

Untuk mengetahui apakah pendaftaran sebagai penerima bantuan disetujui atau tidak, maka Anda harus memberikan nomor telepon yang benar dan wajib selalu aktif.

Sebab calon penerima yang disetujui akan mendapat pesan singkat SMS dari bank penyalur ke nomor yang Anda daftarkan. Anda akan menerima pesan sebagai berikut bila berhasil disetujui.

Nsbh Yth. ANda terdaftar sebagai penerima Banpres Produktif (BPUM). Untuk verifikasi dan pencairan, silahkan menghubungi kantor BRI terdekat dengan membawa KTP

Anda harus diminta segera ke bank untuk melakukan proses pencairan. Karena apabila Anda tidak melakukan proses verifikasi atau pencairan dana, maka bantuan tersebut akan ditarik dari rekening Anda dan dikembalikan ke pemerintah.

Cara Mengaktifkan Kuota Belajar Telkomsel Oktober 2020

Anda harus melakukan pencairan tidak melewati tiga bulan setelah dana sudah disalurkan. Juga wajib melengkapi sejumlah syarat, seperti buku tabungan, kartu ATM, dan identitas diri.

Anda akan diminta mengisi surat pernyataan, surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), dan atau Surat Kuasa Penerima dana BPUM.

Setelah dokumen lengkap, maka bantuan yang masuk ke rekening bisa dicairkan dan langsung digunakan.

Demikianlah informasi form bantuan kemenkop di website siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id untuk daftar penerima UMKM. Semoga pendaftaran Anda disetujui.

14 Komentar untuk "Form Bantuan Kemenkop di siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id Tidak Dapat Diakses"

  1. Saya udah lapor ke bri dan mengisikan data pada tanggal 28/9/2020. Sampai ini hari dana belum dapat di cairkan dan seblm pada tgl18/9/2020. Saya dapat sms dari bank bri

    BalasHapus
  2. saya sudah daftar online kok belum cair ya

    BalasHapus
  3. Kemarin yg dpat smz bri,pak tanggal 6 oktober 2020,saya dah ngiri semua nya tp sampai sekarang belom cair cair

    BalasHapus
  4. Hari ini ada teman saya yg ke BRI langsung, iseng-iseng daftar buat bansos via BRI ini. Ternyata begitu data-datanya diinput CS BRI namanya udah ada sebagai calon penerima bansos dan sudah ada saldonya sebesar 2,4 juta. Padahal dia belum mengajukan kemanapun dan masih mengurus IUMK ke sudin terkait untuk usahanya. Hanya saja saldonya belum bisa dicairkan kata CS BRI nya, menunggu verifikasi BI Cecking (sekarang SLIK OJK) dan persetujuan kemenkop...Lah aneh, udah ada saldonya tapi masih nunggu verifikasi? Bukannya verifikasi itu seharusnya dilakukan lebih dahulu baru ada transfer pencairan ya??? hahaha...

    Keisengan kawan saya berlanjut...Dia minta tolong si CS BRI untuk cek nama ibunya ada gak datanya. Ternyataaaaa....ADA!!! AJAIB juga kata dia, soalnya ibunya gak pernah daftar apapun untuk bansos atau BLT UKM dan semacamnya ini. Sementara kawan2 UKM lain yg real daftar melalui koperasi UKM via kantor kecamatan banyak belum dapat info valid soal status pengajuan BLT UKM mereka yg mereka ajukan sebelumnya, lah kok dia yang baru urus IUMK dan nekat datang langsung ke BRI tiba2 datanya udah ada.....wah, makin jadi tanda tanya aja nih.....gimana ceritanya bisa tumpang tindih begini.... Bisa gitu yak?!? (kalah deh tug acara GTV...hehehe...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bg kalau mau ikutan gel ke dua daftar k BRI langsung bisa gak ya ? Terimakasih

      Hapus
  5. di data langsung sama rt atau dri kelurahannya,,sama sy juga bgtu,,lg sy di data sama kelurahan sy gak tau datanya buat apa,,,2 bulan kemudian orang kelurahan bilang sy di suruh cek ke BRI ,,setelah sy cek ternyata tercantum nama saya,,sy melapor ke kekelurahan untuk di buatkan SK untuk vertivikasinya,,, SK dri kelurahan sama foto usaha dan fotocopy ktp dan kk harus kita serahkan dulu ke bank BRI,,jika sudah punya no rekening BRI,,,di bawa dan fotocopy...setelah data lengkap di tunggu 1 x 24 jam,,, uang cair dan bisa langsung di ambil

    BalasHapus
  6. data saya tidak ada di bank/di kelurahan..setelah saya perifikasi eKTP,padahal nomer hp saya mendapatkan sms Info BRI...

    BalasHapus
  7. Saya sudah verifikasi k bank dan sudah seminggu lebih kenapa belom cair ya ? Tlong bantu kasih jawaban terimakasi

    BalasHapus
  8. Bikin sku nya ke kelurahan kan? Dari kelurahan terus daftar online??
    Nunggu sms dari bank yg di tuju klo ada sms langsung veripikasi ke bank ya??

    BalasHapus
  9. kenapa gak bisa kita daftar,

    BalasHapus
  10. kepada karyawan bank BRI ,Tolong kedepannya lebih berhati-hati untuk penginputan nama para pelaku penerima UMKM banpres karena banyak yang salah , Krn utk meralatnya agak ribet hrs bikin surat pernyataan RT/RW di lanjutkan ke kelurahan setempat untuk mendapatkan surat keterangan pm 1,padahal itu kesalahan input dari pihak bank itu sendiri,kan kasihan masyarakat harus bolak balik, padahal kan syarat pengajuan nya sudah melampirkan data FC KTP dan KK, terimakasih.

    BalasHapus
  11. kak kalau link daftar ciamis apa ya kak ?

    BalasHapus
  12. Gimana caranya daftar bantuan umkm online

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel