Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Form Bantuan Kemenkop di siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id Tidak Dapat Diakses

Banyak yang mencari form bantuan kemenkop di website siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id untuk daftar bantuan UMKM. Ternyata situs itu tak bisa diakses.

Form Bantuan Kemenkop di siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id Tidak Dapat Diakses

Pemerintah telah menyalurkan bantuan untuk para pelaku  usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) agar bisa kembali berusaha di tengah pandemi Covid-19.

Bantuan direalisasikan melalui program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT). Dengan nominal sebesar Rp 2,4 juta yang diberikan untuk pelaku usaha mikro.

Dana Banpres Produktif adalah hibah. Bukan pinjaman ataupun kredit. Jadi penerima bantuan tidak dipungut biaya sama sekali dalam penyaluran.

Bantuan UMKM Masih Tersedia Oktober 2020

Mereka yang menjadi calon penerima akan mendapat pesan singkat dari bank penyalur. Penerima harus pergi ke bank untuk melakukan proses pencairan.

Nah, bantuan di atas masih tersedia pada bulan Oktober 2020 ini. Sebab penyerapannya ternyata belum mencapai 100 persen. Pada September, penyerapannya baru mencapai 72,46 persen.

“Per 21 September 2020 baru mencapai 64,5 persen dan terakhir ini dari bulan Agustus hingga September mencapai 72,46 persen. Masih terus dibuka (pendaftaran) hingga penyerapannya 100 persen,” ujar Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki dilansir dari Kompas.com.

Login jps.kemnaker.co.id untuk Daftar JPS? Ini Penjelasannya

Oleh karena itu, kepada seluruh masyarakat pelaku usaha, diimbau segera lakukan pendaftaran jika ingin mendapatkan bantuan ini.

Informasi dihimpun go-bizz.com, banyak yang mencoba daftar secara online di website kemenkopukm, namun apakah bisa? Berikut penjelasan dan detail pendaftarannya.

Form Bantuan Kemenkop di siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id

Banyak masyarakat yang mengira untuk mendapatkan bantuan UMKM 2,4 juta dapat melakukan pendaftaran secara online. Pendaftarannya dianggap mirip dengan program kartu prakerja.

Buktinya banyak yang mencoba mencari, mendownload, atau mengisi form bantuan kemenkop dengan mengakses website siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id.

Daftar kemnaker.diasporapeduli.id, Bagaimana Bisa Lolos

Nah rupanya banyak masyarakat yang salah paham. Mungkin sebelumnya memang pendaftaran online dibuka. Tapi saat ini sudah tidak bisa lagi.

Jika Anda klik link siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id, maka yang terjadi alamat website itu tidak bisa dibuka. Jadi tidak benar berbagai informasi beredar Anda bisa daftar bantuan UMKM secara online.

Cara Daftar Bantuan UMKM 2,4 Juta yang Benar

Kesempatan Anda untuk mendapatkan bantuan UMKM terbilang sangatlah besar. Apalagi pada Oktober 2020 ini, pendaftaran sebagai penerima bantuan masih dibuka.

Cara daftar yang benar adalah dengan mengajukan pendaftaran ke Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) kabupaten/kota di wilayah masing-masing.

Selain itu, Anda juga bisa mendaftar melalui sejumlah lembaga pengusul. Yakni koperasi yang telah disahkan menjadi badan hukum, kementerian/lembaga, perbankan/bank (misalnya BRI), dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK.

Pada saat mendaftarkan atau mengajukan diri pun, Anda harus menyiapkan sejumlah dokumen persyaratan sebagai berikut.

Daftar Kartu Prakerja, Login dashboard.prakerja.go.id/daftar

Syarat Daftar Bantuan UMKM

1. Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia.

2. Memilliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

3. Memiliki usaha mikro.

4. Bukan sebagai PNS, TNI/Polri, pegawai BUMN atau BUMD.

5. Tidak sementara menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR.

6. Pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha berbeda, bisa melampirkan Surat Keterangan Usaha atau SKU.

Cara Mencairkan Bantuan UMKM di BRI

Untuk mengetahui apakah pendaftaran sebagai penerima bantuan disetujui atau tidak, maka Anda harus memberikan nomor telepon yang benar dan wajib selalu aktif.

Sebab calon penerima yang disetujui akan mendapat pesan singkat SMS dari bank penyalur ke nomor yang Anda daftarkan. Anda akan menerima pesan sebagai berikut bila berhasil disetujui.

Nsbh Yth. ANda terdaftar sebagai penerima Banpres Produktif (BPUM). Untuk verifikasi dan pencairan, silahkan menghubungi kantor BRI terdekat dengan membawa KTP

Anda harus diminta segera ke bank untuk melakukan proses pencairan. Karena apabila Anda tidak melakukan proses verifikasi atau pencairan dana, maka bantuan tersebut akan ditarik dari rekening Anda dan dikembalikan ke pemerintah.

Cara Mengaktifkan Kuota Belajar Telkomsel Oktober 2020

Anda harus melakukan pencairan tidak melewati tiga bulan setelah dana sudah disalurkan. Juga wajib melengkapi sejumlah syarat, seperti buku tabungan, kartu ATM, dan identitas diri.

Anda akan diminta mengisi surat pernyataan, surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), dan atau Surat Kuasa Penerima dana BPUM.

Setelah dokumen lengkap, maka bantuan yang masuk ke rekening bisa dicairkan dan langsung digunakan.

Demikianlah informasi form bantuan kemenkop di website siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id untuk daftar penerima UMKM. Semoga pendaftaran Anda disetujui.

56 komentar untuk "Form Bantuan Kemenkop di siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id Tidak Dapat Diakses"

  1. Saya udah lapor ke bri dan mengisikan data pada tanggal 28/9/2020. Sampai ini hari dana belum dapat di cairkan dan seblm pada tgl18/9/2020. Saya dapat sms dari bank bri

    BalasHapus
  2. saya sudah daftar online kok belum cair ya

    BalasHapus
  3. Kemarin yg dpat smz bri,pak tanggal 6 oktober 2020,saya dah ngiri semua nya tp sampai sekarang belom cair cair

    BalasHapus
  4. Hari ini ada teman saya yg ke BRI langsung, iseng-iseng daftar buat bansos via BRI ini. Ternyata begitu data-datanya diinput CS BRI namanya udah ada sebagai calon penerima bansos dan sudah ada saldonya sebesar 2,4 juta. Padahal dia belum mengajukan kemanapun dan masih mengurus IUMK ke sudin terkait untuk usahanya. Hanya saja saldonya belum bisa dicairkan kata CS BRI nya, menunggu verifikasi BI Cecking (sekarang SLIK OJK) dan persetujuan kemenkop...Lah aneh, udah ada saldonya tapi masih nunggu verifikasi? Bukannya verifikasi itu seharusnya dilakukan lebih dahulu baru ada transfer pencairan ya??? hahaha...

    Keisengan kawan saya berlanjut...Dia minta tolong si CS BRI untuk cek nama ibunya ada gak datanya. Ternyataaaaa....ADA!!! AJAIB juga kata dia, soalnya ibunya gak pernah daftar apapun untuk bansos atau BLT UKM dan semacamnya ini. Sementara kawan2 UKM lain yg real daftar melalui koperasi UKM via kantor kecamatan banyak belum dapat info valid soal status pengajuan BLT UKM mereka yg mereka ajukan sebelumnya, lah kok dia yang baru urus IUMK dan nekat datang langsung ke BRI tiba2 datanya udah ada.....wah, makin jadi tanda tanya aja nih.....gimana ceritanya bisa tumpang tindih begini.... Bisa gitu yak?!? (kalah deh tug acara GTV...hehehe...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bg kalau mau ikutan gel ke dua daftar k BRI langsung bisa gak ya ? Terimakasih

      Hapus
  5. di data langsung sama rt atau dri kelurahannya,,sama sy juga bgtu,,lg sy di data sama kelurahan sy gak tau datanya buat apa,,,2 bulan kemudian orang kelurahan bilang sy di suruh cek ke BRI ,,setelah sy cek ternyata tercantum nama saya,,sy melapor ke kekelurahan untuk di buatkan SK untuk vertivikasinya,,, SK dri kelurahan sama foto usaha dan fotocopy ktp dan kk harus kita serahkan dulu ke bank BRI,,jika sudah punya no rekening BRI,,,di bawa dan fotocopy...setelah data lengkap di tunggu 1 x 24 jam,,, uang cair dan bisa langsung di ambil

    BalasHapus
  6. data saya tidak ada di bank/di kelurahan..setelah saya perifikasi eKTP,padahal nomer hp saya mendapatkan sms Info BRI...

    BalasHapus
  7. Saya sudah verifikasi k bank dan sudah seminggu lebih kenapa belom cair ya ? Tlong bantu kasih jawaban terimakasi

    BalasHapus
  8. Bikin sku nya ke kelurahan kan? Dari kelurahan terus daftar online??
    Nunggu sms dari bank yg di tuju klo ada sms langsung veripikasi ke bank ya??

    BalasHapus
  9. kepada karyawan bank BRI ,Tolong kedepannya lebih berhati-hati untuk penginputan nama para pelaku penerima UMKM banpres karena banyak yang salah , Krn utk meralatnya agak ribet hrs bikin surat pernyataan RT/RW di lanjutkan ke kelurahan setempat untuk mendapatkan surat keterangan pm 1,padahal itu kesalahan input dari pihak bank itu sendiri,kan kasihan masyarakat harus bolak balik, padahal kan syarat pengajuan nya sudah melampirkan data FC KTP dan KK, terimakasih.

    BalasHapus
  10. kak kalau link daftar ciamis apa ya kak ?

    BalasHapus
  11. Gimana caranya daftar bantuan umkm online

    BalasHapus
  12. Katanya buat mikro tapi kan setiap mikro pasti punya kredit kebank dan untuk yang punya kredit ke bank tidak dapat bantuan UMKM.aneh membuat kebijakan itu,ditempat saya yang punya mikro tidak dapat semua,malah yang tidak punya usaha malah yang dapat.jadi kurang tepat sasaran menurut saya.

    BalasHapus
  13. Katanya buat mikro tapi kan setiap mikro pasti punya kredit kebank dan untuk yang punya kredit ke bank tidak dapat bantuan UMKM.aneh membuat kebijakan itu,ditempat saya yang punya mikro tidak dapat semua,malah yang tidak punya usaha malah yang dapat.jadi kurang tepat sasaran menurut saya.

    BalasHapus
  14. Saya sudah daptar untuk dapat bantuan UMKM,tapi gimana caranya agar saya tau kalau biodata saya saya diterima atau tidak

    BalasHapus
  15. Sya udah daptar ke kecamatan dan ke desa juga tp blm ad kepastian...
    Yang dpat cuma yg dekat sma perangkat desa aj

    BalasHapus
  16. Saya sdh dpt sms dr Bri info bahwa saya menerima bantuan trsbt..
    Tp setelah saya dtg ke Bri..
    Kata mereka ktp saya tdk terdaftar menerima bantuan!!
    Mengapa demikian ya pak/bu??

    Mohon solusinya donk?

    BalasHapus
  17. Kalau memang sdh tidak ada lagi pendaftaran online...lantas kenapa di kantor koperasi dan ukm yang saya datangai kemarin itu mengarahkan kami2 yg ingin mendaftar ke alamat web yang tercantum di tembok kantor tersebut...seakan akan mereka tdk ingin kantornya dimasuki oleh para pendaftar umkm....gimana seehhh!

    BalasHapus
  18. Hdehhhh sampe pusing palak gara gara bantuan umkm. Kena marah ibu negara

    BalasHapus
  19. aq mw tanya untuk yg thap 1 udh prnah pncairan..masihkh dpat

    BalasHapus
  20. aneh... saya nyata2 punya usaha mikro dan sudah daftar offline karena begitulah instruksi dinas koperasi dan umkm sebulan yg lalu... begitu saya cek pada link eform.bri.co.id, nama saya tdk terdaftar sebagai penerima bntuan.. sedangkan warga lain yg nyata2 tdk punya usah sama sekali bisa mendapatkan bantuan ini

    BalasHapus
  21. Adik saya dapat sms dari info bri.setelah d cek di eform bri nama adik saya tidak terdaftar bgmn solusinya

    BalasHapus
  22. Saya udah daftar sama perangkat desa.. Pas di cek efrom bri gk terdaftar sms nya juga gk ada..
    Yg jd pertanyaan data saya d masukan gk ya...,,, 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haahaahhhaa... Di masukn di kamar mgkn???? Sama, saya jg dh di data pihak desa tpi sampe skrg blm ada kabar!!!! Pukiiii....

      Hapus
  23. Saya udah daftar sama perangkat desa.. Pas di cek efrom bri gk terdaftar sms nya juga gk ada..
    Yg jd pertanyaan data saya d masukan gk ya...,,, 😭

    BalasHapus
  24. nama sy kluar sbagai penerima dana banpres umkm di salah satu koperasi yg ditunjuk langsung oleh pemerintah/OJK, akan tetapi kenapa dana nya tdk disalurkan kpd sy...masa menerima dana banpres umkm ini hrs pakek syarat2 yg hrs dipenuhi?!

    BalasHapus
  25. Yg bener itu yg dpt dana banpres umkm hrs disurfey dl ke tempat masing2,apa bener2 punya usaha apa g?kadang yg g punya usaha ikut daftar jg,terus terpilih dapat bantuan.itu kan g bener...

    BalasHapus
  26. Saya udah daftar dari berapa bulan yg lalu kenapa saya belum dapet sms atau nik ektp saya masih belum terdaftar saya dari kalimantan barat kota.kab ketapang.
    Mau tanya juga gimana link daftar umkm atau BPUM yg secara onlin

    BalasHapus
  27. kepada bapak JOKOWI, tolong benar2 dicek orang2 yang mau diberi bantuan UMKM. dalam persyaratannya tidak tersangkut kridit di bank, namun kenyataannya masih ada orang2 yang ada kredit di bank. bahkan ada tidak memiliki usaha seperti yg disyaratkan UMKM. bahkan juga ada penerima bantuan UMKM memiliki 2 nama. jangan2 ini ada unsur korupsi terselubung. saya punya usaha kecil, namun tidak terdaftar dalam penerima bantuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. PERCUMA SAJA KITA TERIAK2 LAPOR KE PRESIDEN??? PASTI GK ADA TANGGAPAN! SAMA, DI DAERAH SAYA JG BEGITU? BNYK YG GK TEPAT SASARAN...

      Hapus
  28. Daftar dari agustus ra intok opo" pak piye ki

    BalasHapus
  29. kk keluarge udah daftar dari bulan 7 kmrn kok blm keluar juga padahal mereka pedangan semua tuh..jual sosis keliling tlng info ye gmn bs lolos terima kasih..ape blm rezeki ye..

    BalasHapus
  30. Kenapa ya dari dulu sampai sekarang aku blm pernah menerima bantuan sama sekali .apa aku ini belum terdaftar .atau emang ndak akan menerima.

    BalasHapus
  31. Dari dulu sampai sekarang yg namanya bantuan pemerintah sy sklrga blom pernah merasakan, dari blt, bansos, bpjs, kip atau kis sampai umkm NOL BESAR. Nol besarrrr

    BalasHapus
  32. Maf kirim link untuk daerah serang banten

    BalasHapus
  33. Nik ktp saya berhasil..tapi belum ad dapat balasan sms..bisa cair tak.tolong d bantu

    BalasHapus
  34. Banyagk gak akan lolos di tahap 2 krn kuota terbatas. Daftar lagi di bpum tahap 3.. pendaftaran dibuka januari atau februari tahun 2021 ini..

    BalasHapus
  35. Link Tasikmalaya dong plisss

    BalasHapus
  36. Aneh ya yang gak punya usaha dapat bantuan, tapi ko yang punya usaha gigit jari/gak dapat, ini bantu untuk siap sebenarnya...?

    BalasHapus
  37. Sy malah sangat kecewa sama bantuan UMKM di karnakan di bln 11 lalu saya mendapatkan bantuan tersebut, tetapi mengapa di januari saldo ATM saya sebesar 2,4jt di potong kembali saya sudah kordinasi ke pihak BANK tetapi Uang tersebut di potong kembali secara sepihak..

    BalasHapus
  38. untuk tahap 3 kapan bukanya yahh ? dan minta link nya dong

    BalasHapus
  39. Kenapa sy blm bisa dpt bantu UMKM dri 2020 smpeh skrg y cara y gimna

    BalasHapus
  40. Saya dapat bantuan dari umkm, tapi nggak bisa diambil, bank nggak mau mencairkan, karena nik beda, nik kk benar, alamat, nama, benar semua, adakah solusinya

    BalasHapus
  41. Minta link nya untuk daftar online, bantuan umkm dong

    BalasHapus
  42. Saya dari sukabumi.. tolong link nya

    BalasHapus