Cara Menghapus Akun Kartu Prakerja Terbaru Juni

Bagaimana cara menghapus akun Kartu Prakerja? Berikut disajikan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.
Cara Menghapus Akun Kartu Prakerja Terbaru Mei

Pendaftaran program Kartu Prakerja sudah masuk pada gelombang 4 (empat). Pada gelombang tiga lalu, sebanyak 224 ribu orang telah diterima sebagai peserta Kartu Prakerja.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Purbasari mengatakan, total penerima manfaat Kartu Prakerja dari gelombang 1-3 sekitar 680 ribu orang.

“Peserta yang telah diterima di 3 batch itu sebesar 224 ribu orang kalau tidak salah tepatnya 224.615 orang,” kata Denni di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (19/5).

Informasi dikumpulkan go-bizz.com, dalam berbagai media sosial, banyak calon pendaftar baru dan pendaftar yang belum lolos di gelombang sebelumnya, mencari informasi mengenai pendaftaran gelombang ke 4.

Menariknya, salah satu yang ngetren dalam mesin pencarian google adalah kata kunci tentang ‘cara menghapus akun prakerja’. Tidak diketahui pasti alasan mengapa banyak yang ingin men-delete akunnya.

Alasan Penghapusan

Hanya saja, menurut pendapat admin, berikut sejumlah kemungkinan mengapa muncul permintaan penghapusan akun prakerja:

- Kecewa tidak lulus dalam pendaftaran gelombang 1, 2, atau 3.

- Merasa data pribadinya seperti KTP dan foto diri bisa disalahgunakan.

- Karena tidak menemukan pilihan gabung gelombang 4 dalam dashboard akun prakerjanya sehingga ingin buat akun baru.

- Ada data pengisian yang salah sebelumnya atau memang ingin direvisi/diganti, misalnya buku rekening BNI, atau ewallet GoPay, OVO, atau LinkAja.

- Ingin menghapus akun karena ingin mendaftar baru di gelombang ke empat.

Itulah rangkuman sejumlah kemungkinan yang bisa saja menjadi alasan pendaftar prakerja. Mungkin ada faktor lain, bisa Anda tuliskan dalam komentar di bawah.


Cara Menghapus Akun Prakerja

Untuk menghapus akun prakerja, haruslah melihat alasan di atas. Sebetulnya, jika Anda ingin mendaftar lagi Prakerja gelombang ke empat, maka pilihan men-delete akun bukan menjadi solusi.

Akan tetapi bagi Anda yang ingin menghapus akun prakerja dengan alasan supaya data pribadinya aman dan tidak disalahgunakan, maka tidak ada salahnya.

Hanya saja, menurut opini admin, sebetulnya data diri Anda bisa dikatakan aman. Sebab program ini merupakan program resmi pemerintah yang di mana mereka dapat menggaransi keamanan data pribadi Anda.

Jikapun Anda tetap berkeras ingin menghapus, maka Anda data membaca kebijakan privasi dalam website resmi Prakerja.

Dalam poin 7.4 dengan judul ‘MENGAKSES, MEMPERBAIKI DAN MENGHAPUS DATA PRIBADI ANDA’, dituliskan bahwa Anda dapat mengajukan permintaan penghapusan data pribadi. Selengkapnya sebagai berikut.

“Anda dapat meminta kami untuk melakukan penghapusan atas Data Pribadi Anda dari sistem elektronik kami dan/atau menarik persetujuan Anda hanya apabila Data Pribadi Anda sudah tidak relevan untuk diproses oleh kami sebagaimana dimaksud dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan tetap memperhatikan Pasal 5.6 Kebijakan Privasi ini, permintaan penghapusan Data Pribadi dan/atau penarikan persetujuan tersebut hanya dapat disetujui apabila menurut penilaian kami, Data Pribadi Anda memang sudah tidak relevan lagi untuk diproses oleh kami.

Kami akan memproses permintaan Anda dalam waktu yang wajar dari permintaan penghapusan Data Pribadi Anda dan/atau penarikan persetujuan tersebut diterima oleh kami, dan selanjutnya tidak akan memproses Data Pribadi Anda dengan cara yang dinyatakan dalam permintaan Anda, kecuali ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku mengizinkan kami untuk melakukannya.”

Nah, untuk menyampaikan permintaan penghapusan akun, Anda dapat menghubungi atau kirimkannya ke alamat email resmi Prakerja yaitu info@prakerja.go.id. Tuliskan bahwa Anda ingin menghapus akun prakerja Anda.

Prakerja Gelombang 4 Dibuka

Nah, sesuai jadwal pemerintah, pendaftaran Prakerja gelombang 4 akan dibuka mulai, Selasa (26/5). “Gelombang 4 akan dibuka pada 26 Mei, begitu setelah lebaran langsung dibuka,” ujar Denny Purbasari.

Jika Anda merupakan pendaftar pada gelombang 1, 2 atau tiga yang dinyatakan belum lolos sebelumnya, maka Anda dapat ikut seleksi lagi pada gelombang ke 4 ini.

Hanya saja, apabila Anda tidak menemukan pilihan gabung gelombang 4 di akun prakerja, maka penghapusan akun bukan menjadi solusi.


Karena sesuai pengalaman admin sebelumnya, memang pilihan gabung hanya muncul apabila pemerintah sudah membukanya di portal website.

Seharusnya pada Selasa 26 Mei, sudah muncul pilihan gabung gelombang ke empat. Namun apabila belum muncul, Anda harus mencoba kembali pada sore atau malam harinya.

Intinya adalah Anda harus rutin mengecek akun Anda di website prakerja agar tidak ketinggalan informasi atau kuota terlanjur penuh karena Anda terlambat bergabung.

Itulah artikel bagaimana cara menghapus akun Kartu Prakerja Juni 2020. Dilengkapi solusi untuk lolos pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4. Semoga berhasil.

2 Komentar untuk "Cara Menghapus Akun Kartu Prakerja Terbaru Juni"

  1. Mohon bantuan n cara hapus akun pra kerja, soalx waktu pelatihan ada kesalahan dan juga jaringan lemot,, mknx sampe sekrg ngga dapat sertifikat pelatihan, soalx waktu itu blum selesai pelatihan

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara menghapus /mengganti E Wallet lama dgn yg baru..

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel