Cara Menghapus Akun Kartu Prakerja Terbaru

Bagaimana cara menghapus akun kartu prakerja? Berikut disajikan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.
Cara Menghapus Akun Kartu Prakerja Terbaru
Pendaftaran program kartu prakerja sudah masuk pada gelombang 8 (delapan). Gelombang 7 sudah ditutup sejak beberapa hari lalu.

Sudah banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat kartu prakerja. Selain dapat berbagai pelatihan, peserta juga diberikan insentif setiap bulan selama empat bulan.

Nah, informasi dikumpulkan go-bizz.com, dalam berbagai media sosial, banyak calon pendaftar baru dan pendaftar yang belum lolos di gelombang sebelumnya, mencari informasi mengenai pendaftaran gelombang ke 8.

Menariknya, salah satu yang ngetren dalam mesin pencarian google adalah kata kunci tentang ‘cara menghapus akun prakerja’. Tidak diketahui pasti alasan mengapa banyak yang ingin men-delete akunnya.

Alasan Penghapusan

Hanya saja, menurut pendapat admin, berikut sejumlah kemungkinan mengapa muncul permintaan penghapusan akun prakerja:

- Kecewa tidak lulus dalam pendaftaran gelombang sebelumnya.

- Merasa data pribadinya seperti KTP dan foto diri bisa disalahgunakan.

- Karena tidak menemukan pilihan gabung gelombang dalam dashboard akun prakerjanya sehingga ingin buat akun baru.

- Ada data pengisian yang salah sebelumnya atau memang ingin direvisi/diganti, misalnya buku rekening BNI, atau ewallet GoPay, OVO, atau LinkAja.

- Ingin menghapus akun karena ingin mendaftar baru di gelombang selanjutnya.

- Karena sudah atau akan menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah sehingga nama tidak boleh double.

Itulah rangkuman sejumlah kemungkinan yang bisa saja menjadi alasan pendaftar prakerja. Mungkin ada faktor lain, bisa Anda tuliskan dalam komentar di bawah.


Cara Menghapus Akun Prakerja

Untuk menghapus akun prakerja, haruslah melihat alasan di atas. Sebetulnya, jika Anda ingin mendaftar lagi prakerja gelombang selanjutnya, maka pilihan men-delete akun bukan menjadi solusi.

Akan tetapi bagi Anda yang ingin menghapus akun prakerja dengan alasan supaya data pribadinya aman dan tidak disalahgunakan, maka tidak ada salahnya.

Hanya saja, menurut opini admin, sebetulnya data diri Anda bisa dikatakan aman. Sebab program ini merupakan program resmi pemerintah yang di mana mereka dapat menggaransi keamanan data pribadi Anda.

Jikapun Anda tetap berkeras ingin menghapus, maka Anda data membaca kebijakan privasi dalam website resmi Prakerja.

Dalam poin 7.4 dengan judul ‘MENGAKSES, MEMPERBAIKI DAN MENGHAPUS DATA PRIBADI ANDA’, dituliskan bahwa Anda dapat mengajukan permintaan penghapusan data pribadi. Selengkapnya sebagai berikut.

“Anda dapat meminta kami untuk melakukan penghapusan atas Data Pribadi Anda dari sistem elektronik kami dan/atau menarik persetujuan Anda hanya apabila Data Pribadi Anda sudah tidak relevan untuk diproses oleh kami sebagaimana dimaksud dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan tetap memperhatikan Pasal 5.6 Kebijakan Privasi ini, permintaan penghapusan Data Pribadi dan/atau penarikan persetujuan tersebut hanya dapat disetujui apabila menurut penilaian kami, Data Pribadi Anda memang sudah tidak relevan lagi untuk diproses oleh kami.

Kami akan memproses permintaan Anda dalam waktu yang wajar dari permintaan penghapusan Data Pribadi Anda dan/atau penarikan persetujuan tersebut diterima oleh kami, dan selanjutnya tidak akan memproses Data Pribadi Anda dengan cara yang dinyatakan dalam permintaan Anda, kecuali ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku mengizinkan kami untuk melakukannya.”

Nah, untuk menyampaikan permintaan penghapusan akun, Anda dapat menghubungi atau kirimkannya ke alamat email resmi Prakerja yaitu info@prakerja.go.id. Tuliskan bahwa Anda ingin menghapus akun prakerja Anda.

Prakerja Gelombang 8 Dibuka

Pendaftaran kartu prakerja gelombang 8 (delapan) sudah dibuka Kamis 10 September 2020 pukul 12.00 WIB.

Jika Anda merupakan pendaftar pada gelombang sebelumnya namun belum lolos, maka Anda dapat ikut seleksi lagi pada gelombang ke 8 ini.

Hanya saja, apabila Anda tidak menemukan pilihan gabung gelombang 8 di akun prakerja, maka penghapusan akun bukan menjadi solusi.


Karena sesuai pengalaman admin sebelumnya, memang pilihan gabung hanya muncul apabila pemerintah sudah membukanya di portal website.

Intinya adalah Anda harus rutin mengecek akun Anda di website prakerja agar tidak ketinggalan informasi atau kuota terlanjur penuh karena Anda terlambat bergabung.

Itulah artikel bagaimana cara menghapus akun kartu prakerja pada September 2020 ini. Semoga Anda bisa berhasil lolos.

72 Komentar untuk "Cara Menghapus Akun Kartu Prakerja Terbaru"

  1. Mohon bantuan n cara hapus akun pra kerja, soalx waktu pelatihan ada kesalahan dan juga jaringan lemot,, mknx sampe sekrg ngga dapat sertifikat pelatihan, soalx waktu itu blum selesai pelatihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana sudah bisa kah Pian hapus data prakerja.. saya kaya kamu juga... Ga bisa lanjut ketahap berikutnya

      Hapus
    2. hapus akun prakerja saya,, karna tidak lolos juga sampai gelombang 7

      Hapus
  2. Bagaimana cara menghapus /mengganti E Wallet lama dgn yg baru..

    BalasHapus
  3. Bagaimna cara mengubah data diri yang sebelumnya salah dalam melakukannya?

    BalasHapus
  4. Takut tidak sanggup mengembali kan uang yang sudah di cair kan..karena ada isu2 uang tsb harus di kembali kan lagi untuk pemerintah

    BalasHapus
  5. Hapus akun prakerja saya, karena saya membeli pelatihannya namun tidak bisa mengikuti pelatihannya sampai skrg,tks.

    BalasHapus
  6. Tolong hapus akun saya karna saat register ktp saya terdaftar tapi saya lupa kata sandi email,sudah diperbarui tapi tetap tidak bisa masuk..
    Tolong hapus akun saya...

    BalasHapus
  7. Tolong hapus akun saya karna saya tidak bisa menggunakan nya

    BalasHapus
  8. Tolong hapus akun saya karna saat register data terdaftar saya ada yang salah sehingga saya masuk dengan email lain tidak bisa karena KTP sudah terdaftar

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, saya juga begitu kak. gimana yaaa caranyaa

      Hapus
  9. nagaimana cara edit biodata prakerja yg salah ketik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak gmna skrg udh ktmu solusi nya? Kebetulan juga aku ada salah ketik RT yg harusnya 006 malah 096

      Hapus
  10. Hapus akun prakerja saya.. data alamat ktp sudah pindah

    BalasHapus
  11. Hapus akun kartu prakerja saya

    BalasHapus
  12. Selamat malam mohon dibantu kak tolong hapus akun saya karna tidak bisa di buka tidak di lanjut kan

    BalasHapus
  13. Tolong hapus akun saya dari akun prakerja ini
    Karena saya mau didaftarkan ke BLT.
    Tolong ya min

    BalasHapus
  14. Tolong hapus akun prakerja saya karena saya tidak bisa mengikuti pelatihan yang saya beli padahal status pelatihan aktif

    BalasHapus
  15. mohon hapus akun saya karna tidak bisa dibuka lagi ini pak

    BalasHapus
  16. Tolong hapus punya saya flizz

    BalasHapus
  17. Mohon bantuanya untuk menghapus pendaftaran saya karna dulu imel yang di gunakan untuk daftar sudah lupa..... Dan ingin daftar lagi..... Mohon di bantu cara nya

    BalasHapus
  18. Tolong hapus akun prakerja saya karena saya tidak beli pelatihannya

    BalasHapus
  19. Mohon dibantu Hapus akun prakerja saya.. CoZ Ada data Yg salah

    BalasHapus
  20. Tolong hapus akun prakerja saya soalnya waktu beli pelatihan ada kesalahan dan tidak bisa di lanjut

    BalasHapus
  21. Tolong dong bantu hapus akun prakerja saya

    BalasHapus
  22. Saya pingin menghapus prakerja karna sya tida bisa mlnjutkn pelatihn karna vocer tidak bisa di gunakan,,tlh di kompirmasi bbrapa kali tetap makany memutuskn untuk menghapus akun prakerja

    BalasHapus
  23. Tolong bantu hapus akun saya karna saya tida bisa melnjutkn pelatihn,padah di cek sttus pelatihn aktip

    BalasHapus
  24. Mohon maaf admin tolong hapus saya dari daftar prakerja yanh sedang di evaluasi

    BalasHapus
  25. Tolong di hapus akun prakerja saya.. Karena saya tidak mengerti cara mengikuti pelatihan nya.. Terima kasih.

    BalasHapus
  26. Apabila akun sudah di nonaktifkan apa bisa daftar lagi ???

    BalasHapus
  27. kenapa pada minta hapusnya di sini,kan sudah disampaikan , penghapusan melalui email

    BalasHapus
  28. Tlng hapus akun prakerja saya karena saya tidak beli pelatihannya

    BalasHapus
  29. Tolong hapus akun prakerja saya

    BalasHapus
  30. Mohon hapus akun prakerja sy

    BalasHapus
  31. Mohon bantuannya untuk menghapun akun PRAKERJA saya🙏

    BalasHapus
  32. Tolong hapus kan akun sya di karnakan sya tidak menggunakan nya

    BalasHapus
  33. tolong hapus akun prakerja sy,karena ada perubahan alamat

    BalasHapus
  34. Tolong hapus akun saya, dikarnakan saya sudah tidak menggunakannya

    BalasHapus
  35. Tolong hpus kartu prakarya saya soalnya terlalu ribet

    BalasHapus
  36. Saya beli kelas di toko pedia,tp tidak mendapatkan voucer,data transaksi jg gak ada,tp saldo berkurang,sedangkan pelatihan sudah aktif,gmn solusinya bis

    BalasHapus
  37. mohon hapus akun prakerja saya, karena saya tidak mengerti cara menggunakannya

    BalasHapus
  38. Tolong hapus akun prakerja saya. Saya sudah melewati batas pembelian karna saya tdak mengerti cara menggunakan nya

    BalasHapus
  39. Tolong juga hapus akun prakerja saya,, setiap masukin rekening nik tidak seauai

    BalasHapus
  40. ini kalo akun prakerja di hapus bisa buat akun baru pake data yg sama ga ya? soalnya ada kesalahan dalam pengisian data

    BalasHapus
  41. Saya salah ketik nama,,,daptar prakerja pake hurup kecil sedangkan di ktp hurup besar semua ngikut prakerja dri gelombang 1smpy 8 kga ktrima mlu bagaimana itu cara memperbaiki nama y....

    BalasHapus
  42. Tolong hapus akun prakerja saya, agar saya bisa mendapat bantuan yang terdaftar di perusahaan saya saja. kareana saya masih sampai tahap registrasi kartu prakerja dan belum mendapat dana untuk pelatihan. terima kasih.

    BalasHapus
  43. saya ingin menghapus kartu orakerja saya/unreg

    BalasHapus
  44. Tolong dong info nya saya salah ketik no nik satu angka. Jd nya gak lolos lolos gmna cara merevisi nya ,

    BalasHapus
  45. Tolong hapus akun kartu pra kerja saya

    BalasHapus
  46. Tolong hapus Imel yang sdh saya masukan berkali kali. Tetapi selalu minta ferifikasi. Saat sya cek ke spam malah tdk ada ferifikasi one.

    BalasHapus
  47. Hapus data prakerja saya karna saya tidak layak dapat.

    BalasHapus
  48. Tolong hapus akun prakerj saya, karena saya sudah tida melanjutkan pelatihan

    BalasHapus
  49. tolong hapus akun saya karena prusahaan kesulitan . karena saya akan masuk bpjs

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini akun email saya tolong segera dihpus

      Hapus
  50. Tolong hapus akun saya karena ada kesalahan menjawab pertanyaan.sehingga membuat saya tidak lolos.

    BalasHapus
  51. Tolong hapus akun saya , sepertinya ada yang salah dalm pengisian data
    Terimakasih 🙏

    BalasHapus
  52. Tolong hapus akun prakerja sy karena ad kslahan dalam mengisi data diri mengakibatkan sy ngg lolos2

    BalasHapus
  53. Pak maaf pengisian alamat saya ada yang salah hurufnya, terus gimana? 🙏🙏

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. Ingin hapus akun prakerja saya di gelombang 2 karena tidak ada rekening dan saya mau daftar gelombang 10

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel