Login jps.kemnaker.co.id untuk Daftar JPS? Ini Penjelasannya

Banyak masyarakat yang mencoba login ke jps.kemnaker.co.id untuk mendaftar Jaring Pengaman Sosial (JPS). Lantas apa itu JPS?

Login jps.kemnaker.co.id untuk Daftar JPS

Setelah kartu prakerja ditutup, kini masyarakat Indonesia menantikan berbagai program sosial selanjutnya. Bantuan pemerintah sangat dibutuhkan untuk menghadapi pandemi Covid-19.

Salah satu yang menarik perhatian masyarakat saat ini adalah program pengembangan dan perluasan kesempatan kerja melalui Jaring Pengaman Sosial (JPS) dari Kementerian Ketenagakerjaan (kemenaker).

Banyak yang mencari informasi apa itu JPS dan bagaimana cara mendaftar JPS. Mereka berharap tata cara pendaftaran JPS dapat dilakukan sama seperti kartu prakerja.

Daftar Login jps.kemnaker.co.id?

Untuk ikut kartu prakerja cukup login ke website prakerja lalu lakukan registrasi. Lantas apakah untuk mendaftar JPS bisa juga online dengan login ke website jps.kemnaker.co.id?

Karena kata kunci sering diketikkan masyarakat dalam mesin pencari untuk daftar JPS adalah ‘jps.kemnaker.co.id’. Nah, ternyata website dengan alamat jps.kemnaker.co.id tidak dapat diakses.

Kemenaker ternyata belum menyampaikan secara resmi bagaimana cara daftar JPS beserta mekanismenya. Yang baru diumumkan kepada publik adalah apa itu JPS.

Menariknya juga sudah banyak media di Indonesia yang memberitakan apa saja syarat dan cara mendaftar. Padahal isinya hanya berupa release umum kemnaker mengenai JPS.

Daftar kemnaker.diasporapeduli.id, Bagaimana Bisa Lolos

Oleh karena itu, perlu adanya komunikasi terbuka, lebih jelas dan detail dari kemenaker agar masyarakat bisa memperoleh informasi pendaftaran JPS.

Sehingga program ini tidak menjadi bancakan sebagian orang saja. Hanya mereka yang punya koneksi dengan orang dalam bisa menikmati program ini.

Oleh karena itu, akses informasi registrasi JPS haruslah dipermudah. Akan lebih bagus juga apabila pendaftaran dilakukan secara online seperti prakerja bukan?

Nah, informasi diperoleh go-bizz.com, JPS rupanya hanya melanjutkan program yang sudah dilakukan sebelumnya. Yakni program Tenaga Kerja Mandiri dan program Padat Karya.

Tenaga Kerja Mandiri JPS

Program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan dan berkelanjutan.

“Program penciptaan wirausaha ini bertujuan menciptakan lapangan kerja atau usaha bagi masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan dan berkelanjutan,” ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk menekan tingkat pengangguran dengan program-program penanganan Covid-19. Salah satunya TKM yang menyasar kelompok dan komunitas  perempuan.

Daftar Kartu Prakerja, Login dashboard.prakerja.go.id/daftar

“Ini merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada pekerja perempuan agar tetap bertahan pada masa pandemi, serta mendorong kelompok komunitas perempuan untuk dapat memiliki semangat membangun diri menjadi seorang wirausahawan yang mandiri,” kata Menaker Ida.

Kelompok pekerja perempuan penerima TKM merupakan pekerja yang dirumahkan dan di-PHK akibat Covid-19, sehingga kehilangan pendapatan.

Namun para pekerja perempuan tersebut tidak putus asa dan menyerah dengan keadaan. Mereka mampu bangkit dan tetap mengembangkan wirausaha secara mandiri.

Padat Karya JPS

Padat Karya JPS merupakan program pemberdayaan masyarakat yang menyasar para penganggur dan setengah penganggur. Bentuk programnya berupa pembangunan fasilitas umum dan sarana produktivitas masyarakat melibatkan banyak tenaga kerja.

Program padat karya infrastruktur sebetulnya merupakan program regular dari kemnaker. Hanya saja di tengah pandemi Covid-19, program ini diarahkan untuk membantu pekerja yang terdampak pandemi Covid-19.

Menurut Ida, kedua program di atas merupakan stimulus bagi masyarakat pelaku industri kecil untuk meningkatkan kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia di sekitar. Penerima bantuan akan mendapatkan pembekalan pelatihan berkelanjutan didampingi langsung oleh kemenaker.

Cara Mengaktifkan Kuota Belajar Telkomsel

“Kedua program tersebut juga guna mendukung produk-produk kreatif industri kecil yang pada akhirnya dapat membantu masyarakat survive di masa covid-19, bahkan menjadi kekuatan ekonomi baru di daerah,” jelasnya.

Per 2 Oktober, Kemenaker melalui Direktorat Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja telah menyalurkan bantuan program TKM kepada 1.985 kelompok wirausaha dengan melibatkan 39.700 orang.

Kemenaker juga telah menyalurkan bantuan kepada 1.091 kelompok padat karya dengan melibatkan 21.820 orang.

Nah dengan demikian, boleh dikatakan dua program dalam JPS di atas memang sudah dilakukan pemerintah sebelumnya. Bukanlah sebuah program baru untuk menggantikan prakerja.

Seperti itulah informasi apakah bisa login ke jps.kemnaker.co.id untuk mendaftar Jaring Pengaman Sosial (JPS). Semoga informasi di atas bisa membantu.

41 Komentar untuk "Login jps.kemnaker.co.id untuk Daftar JPS? Ini Penjelasannya"

  1. Masyarakat yang daftar TKM dan Padat Karya sebelumnya banyak lewat koneksi di pemerintah daerah setempat. Jadi tidak baru dan beda sama prakerja.

    Mudah-mudahan ada info lebih jelas selanjutnya dari kemenaker.

    BalasHapus
  2. Semoga cepat dibukanya pendaftaran jps kemnaker dan info lebih lanjutnya🙏

    BalasHapus
  3. Ya semoga jps bisa diakses kaya prkerja

    BalasHapus
  4. Semoga jps segera di buka 🤲

    BalasHapus
  5. Semoga pendaftaran jps.kemnaker segera di buka...

    BalasHapus
  6. Yg mengerti aj yg mendapatkan banyak yg layak tapi TDK mendapatkan karna TDK ngerti tentang daftar onlen susah masuk .

    BalasHapus
  7. cepat di tunggu nich cara2 pendaftaran jps

    BalasHapus
  8. Kpn buka saya tunggu program barunya

    BalasHapus
  9. Apakah nnti sesulit prakerja,soalnya saya sampai skrng tk prnh lolos..ntah knpa?

    BalasHapus
  10. Kapan terbukanya jps yaaa

    BalasHapus
  11. Saya daftar prakerja dari gelombang 8 9 10 tidak lolos padahal saya sangat membutuhkan...
    Saya sangat menantikan kalo memang ada kelanjutannya

    BalasHapus
  12. Mudah2 bisa di akses kaya prakerja..klau melalu kpla daerah..orang yg dpat cuma itu2 aja..jd orang yg bnar2 mmbtuhkan tidak dapat..

    BalasHapus
  13. Saya sdh tiga kali daftar prakerja gak lolos2,padahal sy sgt butuh sekali,apa benar ini ada JPS.sy yg namanya bansos jg g pernah sy dapat,klu emang JPS ada kapan di buka dan cara daftarnya gimana.tolong infonya yg jelas ya ibu/bapak.

    BalasHapus
  14. Sebaiknya dibuka pendaftaran online, buat linknya agar masyarakat bisa terbantu.

    BalasHapus
  15. Knpa gak bisa daftar jps

    BalasHapus
  16. Semoga cepet dibuka dan mudah daftar nya.

    BalasHapus
  17. Mohon segera di buka JPS nya..kami rakyat kecil..sangat dan sangat butuh bantuan dari pemerintah..saya mohon bantuanya..

    BalasHapus
  18. Berita tentang program JPS kemnaker, yg sudah banyak beredar itu, ternyata cuma cangkeman. Itu wartawannya benar2 hunting informasi atau cm sekedar nerima rilis matengan dari kemnaker, trus langsung dimuat gitu saja, seh🤔

    BalasHapus
  19. Kayaknya gak usah terlalu berharap...paling yang menikmati nanti orang2 yg punya koneksi ke pemerintahan. Beda dg program prakerja bisa di akses kaum bawah

    BalasHapus
  20. Saya sudah dari gelombang pertama tidak lolos prakerja. Padahal saya sangat membutuhkannya. Sebagai modal untuk beli mesin jahit. Saya ingin usaha sendiri. Saya berusaha buat surat pernyataan juga.
    Tapi belum rejeki saya mungkin. Sekarang sudah tutup. Kapan min program jps ini dibuka? Tolong dong persyaratannya nggak usah ribet2 kayak prakerja. Terimaksih

    BalasHapus
  21. Semoga cepat crpat di buka pemdaftaranya

    BalasHapus
  22. Hanya sebuah berita yg menggembirakan tetapi terkesan ogah2an

    BalasHapus
  23. Semoga sistimnya TDK rumit,aksesnya segera d buka,

    BalasHapus
  24. Aamiin ya rabbal alaminn
    Moga berkah

    BalasHapus
  25. Lg covid begini semoga semua yg membutuhkan bisa ngerasain bantuan ini maupun prakerja deh. Aku pribadi soalnya kmrn sempet putus asa gk lolos tp akhisnya lolos jg dan ambil pelatihan di pintaria. Menurutku program ini cukup membantu bgt apalagi ilmu pelatihannya bisa dimanfaatin buat buka usaha

    BalasHapus
  26. Mudah-mudahan beneran bisa bermanfaat buat masyarakat.
    https://gamesku-it.blogspot.com/

    BalasHapus
  27. Di saat ad uu cipta kerja semua demiogiliran uangnya mau

    BalasHapus
  28. Apakah yang lolos prakerja bisa ikutan jos juga?
    Bagaimana nasib yang tidak lolos?

    BalasHapus
  29. Bagaimana cara mendaftar jps

    BalasHapus
  30. JPS = pihak tidak bertanggung jawab yang merugikan negara dengan tameng kemanusiaan

    BalasHapus
  31. Terlalu banyak program, terlalu banyak istilah, terlalu berbelit, dan terlalu birokrasi yg aneh2....Secara akal sehat dengan kemajuan teknologi pengolah data maka seharusnya seluruh program Bantuan Sosial, BLT, atau apapun namanya bisa dilakukan melalui satu pintu (one way system) saja, dengan koordinasi lintas instansi atau kementrian terkait.

    Kan sekarang udah pakai eKTP yg data-datanya (KATANYA) udah online dan bisa dicrosscek secara online pula untuk seluruh Indonesia. Sekarang ini Fokus masyarakat terdampak sosial yg butuh bantuan jadi terpecah sana-sini....wara-wiri urus ini-itu. Belum lagi makin bermunculannya masalah2 sosial dan kentenagakerjaan lainnya seperti cipta kerja yg saat ini masih pro kontra.

    Sebenarnya Rakyat Indonesia ini mau diapakan dan mau dibawa kemana sih tuan2 mister penguasa pemerintahan??? Apakah ini cara kalian memecah pikiran Rakyat Indonesia yg "LUGU2" agar seperti bebek tulul disuruh mangap tangkap umpan tapi sbenarnya malah dikerjai???

    BalasHapus
  32. Semoga ada Kejelasan dan info valid untuk JPS

    BalasHapus
  33. bagaimana cara daptar jps nya?

    BalasHapus
  34. Semoga dibuka segera. Dan bisa mengikuti programnya. Karena saya termasuk org yg ga dpet bantuan apa2 selama pandemi..

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel