Cara Mengaktifkan Kuota Belajar Telkomsel Oktober 2020

Bagaimana cara mengaktifkan kuota belajar Telkomsel untuk bulan Oktober tahun 2020? Apa saja aplikasi dapat diakses kuota belajar? Berikut penjelasannya.

Kuota belajar adalah paket khusus Telkomsel bagi para pelajar dan pendidik di Indonesia. Kuota belajar ini untuk mendukung kegiatan belajar di rumah selama pandemi Covid-19.

Dengan mengaktifkan paket kuota belajar Telkomsel, maka pelanggan  akan mendapatkan kuota 10GB hanya dengan Rp10 saja. Kuota ini sudah gabungan data ilmupedia dan conference Telkomsel.

Kuota belajar Telkomsel ini dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi yang tercakup dalam ilmupedia dan conference. Dari laman resmi FAQ Telkomsel, berikut penggunaan aplikasi dan website kuota belajar.

Kuota Belajar Telkomsel untuk Akses Apa Saja? Bisa WA?

Kuota Belajar Telkomsel untuk Akses Apa Saja? Bisa WA?
Kuota ilmupedia: Google Classroom, Rumah Belajar, Ruangguru, Zenius, Kelas Pintar, Quipper, Udemy, Duolingo, Sekolah.mu, Cakap, Bahaso, Cambridge Assessment English, Kipin School 4.0, Pijar Sekolah.

Video meeting edukasi Birru dan aplikasi online belajar lainnya. Serta ratusan portal e-learning kampus dan sekolah yang tergabung di ilmupedia. Selengkapnya silahkan cek di sini.

Kuota conference: Zoom, Google Meet, Cisco Webex, UMeetMe, Microsoft Teams, CloudX, dan aplikasi lainnya yang tergabung dalam Conference Telkomsel.

Kuota chat: Kuota belajar bisa juga dipakai untuk mengakses WhatsApp (WA) dan LINE loh.

Cara Mendapatkan Kuota Belajar

Cara Mendapatkan Kuota Belajar
Anda bisa mendapatkan kuota belajar secara gratis, atau membelinya melalui nomor Telkomsel Anda (jika nomor terdaftar), atau melalui kartu perdana Merdeka Belajar.

Lantas bagaimana cara mendapatkan kuota belajar dari Telkomsel secara gratis?

Kuota belajar 10 GB bisa diperoleh secara gratis apabila sekolah Anda mendapat jatah distribusi Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar yang dilakukan oleh tim Telkomsel di masing-masing regional.

Kuota belajar 10 GB otomatis telah aktif di Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar bantuan ini. Jadi Anda tak perlu melakukan aktivasi lagi.

Menariknya, kuota belajar dalam Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar yang didistribusikan Telkomsel, sudah sekalian dengan paket kuota kemendikbud 35 GB.

Penggunaan Kuota Belajar Kemendikbud, Ini Penjelasannya

Jadi total ada 45 GB kuota yang Anda dapat dalam kartu perdana Merdeka Belajar yang dibagikan secara gratis dari Telkomsel ke sekolah-sekolah terpilih.

Hanya saja, apabila Anda tidak mendapatkan bantuan kartu perdana di atas, maka Anda dapat membeli Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar di gerai-gerai Telkomsel.

Nah, selanjutnya Anda bisa membeli kuota belajar melalui nomor lama Telkomsel Anda. Ini berlaku bagi pelanggan Telkomsel kartuHalo, simPATI, KARTU As, dan Loop.

Hanya saja, agar Anda bisa membeli kuota belajar 10 GB dengan harga hanya Rp 10, maka nomor Anda haruslah terdaftar terlebih dahulu.

Dalam FAQ Telkomsel, dituliskan bahwa pelanggan yang dapat membeli paket kuota belajar 10GB Rp10 adalah pelanggan yang sudah terdaftar di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kemendikbud.

PENTING DIINGAT: Pelanggan dapat melakukan aktivasi paket Kuota Belajar 10GB Rp10 maksimal 3x24 jam sejak pelanggan melalui pihak sekolah/kampus melakukan registrasi nomor Telkomsel di Dapodik Kemendikbud dan status nomor di Dapodik aktif.

Pelanggan hanya dapat membeli paket 10 GB Rp10 sebanyak 1 (satu) kali selama periode program yakni sejak 21 Agustus s.d. 31 Desember 2020.

Jika Anda akan membeli kedua kalinya, maka dikenakan biaya Rp5.000 untuk kuota 11 GB. Terdiri dari 500MB Kuota Semua Jaringan, 500MB Kuota Chat, 10GB Kuota Belajar.

Cara Mengaktifkan Kuota Belajar

Bagaimana cara aktivasi paket Kuota Belajar. Nah dari FAQ Telkomsel, dituliskan bahwa Anda harus memiliki kuota utama dan tidak menggunakan VPN.

Pastikan nomor Telkomsel Anda sudah terdaftar melalui sekolah atau kampus di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kemendikbud dan status nomor aktif.

Aktivasi Kuota Belajar lewat MyTelkomsel

1. Siapkan HP Anda dan buka aplikasi MyTelkomsel.

2. Klik menu ‘Belanja’ atau ‘Shop’. Ikuti petunjuk anak panah.

3. Pilih dan klik kategori ‘Pendidikan’.

4. Klik ‘Kuota Belajar 10 GB Rp10’ untuk 30 hari.

5. Konfirmasi pembelian.

6. Pembelian berhasil.

Aktivasi Kuota Belajar via UMB *363*844#

1. Siapkan HP dan tekan tombol panggilaN. Ketikkan kode UMB *363*844#.

2. Pilih ‘Paket Kuota Belajar’.

3. Pilih ‘Rp10 10GB Kuota Belajar’ untuk 30 hari.

4. Pastikan Anda memiliki kuota utama saat membeli paket ini. Anda akan mendapatkan notifikasi berisi link aktivasi paket melalui aplikasi MyTelkomsel.


5. Konfirmasi pembelian dan pembayaran.

6. Pembelian paket berhasil.

Anda sudah bisa menggunakan paket setelah menerima SMS notifikasi pembelian paket internet sudah berhasil. Untuk mengecek sisa kuota belajar, dapat melalui menu cek status di *363#.

Cara Menggunakan Paket Kuota Belajar Telkomsel

Cara Menggunakan Paket Kuota Belajar Telkomsel
Kuota Belajar 10GB Rp10 hanya dapat digunakan untuk aplikasi belajar dan conference seperti yang dituliskan di atas. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi belajar di atas pada smartphone.

Sebab kuota belajar ini tidak bisa untuk mendownload aplikasi di google playstore. Demi kelancaran akses kuota belajar dan mengantisipasi terkena tarif dasar internet, pihak Telkomsel memberi sejumlah syarat.

Pertama Telkomsel mengharuskan pelanggan untuk mempunyai kuota utama. Dan kedua, Anda tidak menggunakan VPN.

Dari FAQ Telkomsel, dijelaskan kuota utama diperlukan karena aplikasi-aplikasi yang tergabung pada layanan kuota belajar melakukan akses ke aplikasi/link pihak ketiga yang tidak termasuk dalam layanan kuota belajar.

Aplikasi yang tergabung pada kuota belajar menggunakan platform pihak ketiga, seperti: Google Services (Google Docs, Google Cloud, Google Drive, Google Analytic), dan lain sebagainya.

Ada juga aplikasi yang tergabung pada kuota belajar yang mempunyai konten video mengarah ke YouTube, Facebook Services, dan lain sebagainya.

Nah demikianlah informasi cara mengaktifkan kuota belajar Telkomsel di bulan Oktober tahun 2020. Lengkap dengan cara daftar dan menggunakan kuota belajar Telkomsel. Semoga membantu.

Belum ada Komentar untuk " Cara Mengaktifkan Kuota Belajar Telkomsel Oktober 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel