Kapan Pengumuman Prakerja Gelombang Lima? Ini Penjelasan Lengkap

Banyak pendaftar program kartu prakerja sementara menantikan hasil seleksi kelolosan. Lantas kapan pengumuman prakerja gelombang 5 (lima)?
Kapan Pengumuman Prakerja Gelombang 5

Seleksi kartu prakerja gelombang 4 (empat) sudah selesai. Dibuka pada Sabtu 8 Agustus 2020 dan kemudian ditutup pada Selasa 12 Agustus 2020 pukul 24.00 WIB.

Nah karena gelombang 4 sudah ditutup, pemerintah sudah membuka pendaftaran gelombang lima pada Sabtu 15 Agustus 2020. Saat ini peserta sementara menantikan informasi apakah berhasil lolos.

Kapan Prakerja Gelombang 5 Ditutup?

Seperti dituliskan, bahwa seleksi kartu prakerja gelombang 5 telah dibuka pada Sabtu 15 Agustus 2020. Apabila melihat dashboard akun prakerja, pendaftaran berlangsung dari 15 sampai 19 Agustus 2020.

Namun seperti diketahui, pemerintah memperpanjang masa pendaftaran sampai Minggu 23 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB. Dilansir dari Merdeka.com, alasannya karena kuota seluruh provinsi belum terisi penuh.

Nah saat ini, prakerja gelombang 5 sudah ditutup. Banyak yang tak lagi menemukan pilihan klik gabung gelombang pada Minggu 23 Agustus 2020. Lantas jika pendaftaran sudah berakhir, kapan hasil kelolosan bisa diketahui pendaftar?

Kapan Pengumuman Prakerja Gelombang 5

Hingga artikel ini dibuat pada Rabu 26 Agustus pukul 15.30 WIB, belum ada informasi ada peserta yang telah memperoleh hasil kelolosan gelombang 5. Dashboard tertulis sedang dievaluasi atau diproses dan gelombang tidak ditemukan.

Diperoleh informasi dari Kompas.com, ternyata waktu pengumuman kelolosan memang nanti akan dilakukan setelah pendaftaran gelombang 5 ditutup.

“Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 5 akan kami tutup pada hari Minggu, 23 Agustus 2020 jam 12.00 WIB,” ujar Head of Communications PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu.

Nantinya sesudah pendaftaran ditutup, kemudian akan dilakukan verifikasi data calon penerima kartu prakerja. Oleh karena itu, pengumuman prakerja gelombang 5 akan dilakukan beberapa hari setelah penutupan pendaftaran.

Artinya bisa jadi pengumuman prakerja gelombang 5 akan disampaikan mulai pada Rabu 26 Agustus 2020 atau tanggal setelah itu.

“Butuh waktu beberapa hari untuk melakukan verifikasi data dan mengumumkan nama-nama yang lolos seleksi,” kata Louisa.


Cara Mengetahui Status Lolos Prakerja

Nah jika mengikuti panduan resmi dari prakerja, pendaftar akan mendapatkan kabar mengenai kelolosan mereka melalui SMS di nomor yang Anda daftarkan.

Belum diketahui pasti apakah SMS hanya untuk mereka yang berhasil, atau adakah juga pemberitahuan belum berhasil kepada peserta. Sejauh ini, SMS pemberitahuan adalah kepada mereka yang lolos.

Kendati demikian, rupanya tidak sedikit yang sudah dinyatakan lolos seleksi, mengaku bahwa mereka tak mendapatkan SMS sama sekali padahal sudah lolos.

Artinya Anda tidak bisa menjadikan SMS dari prakerja sebagai patokan bahwa Anda lolos atau tidak.

Nah cara yang paling tepat untuk mengetahui secara pasti status kelolosan adalah dengan rutin mengecek akun prakerja Anda di website https://dashboard.prakerja.go.id/. Ada beberapa jenis status yang perlu Anda ketahui.

Status Pengumuman di Dashboard Prakerja

Sedang Dalam Evaluasi
Jika Anda membaca notifikasi ini dalam akun prakerja, artinya belum ada kepastian soal kelolosan Anda.

Pendaftaran Anda masih dievaluasi oleh pihak pelaksana apakah bisa menerima manfaat prakerja atau belum.

Anda harus rajin mengecek akun untuk mengetahui perkembangannya apakah berhasil atau belum berhasil.


Kamu Belum Berhasil
Jika Anda menerima informasi ini dalam dashboard prakerja, artinya pendaftaran Anda belum berhasil. Biasanya akan tertulis ‘kamu belum karena kuota di provinsi Anda sudah penuh'.

Oleh karena itu, siap sedialah ikut pada gelombang selanjunya sesuai domisili Anda. Upayakan Anda mendaftar di hari pertama pembukaan gelombang ya.

Nomor Kartu dan Saldo Dalam Proses
Jika Anda dalam dahboar akun prakerja Anda tertulis bahwa nomor kartu dan saldo sudah dalam proses, itu sangatlah bagus. Artinya Anda lolos dalam seleksi gelombang prakerja.

Anda tinggal menunggu waktu sampai nomor kartu prakerja dan saldo bisa terisi. Jika sudah terisi, silahkan beli pelatihan di mitra prakerja yang tersedia.


SMS Kamu Dapat Prakerja
Nah cara mengetahui lolos tidaknya Anda dalam prakerja yakni dengan menunggu SMS dari pelaksana prakerja. Akan tertulis format sebagai berikut.

‘Selamat! Kamu dapat prakerja di www.prakerja.go.id pada….. Catat dan rahasiakan nomor kartu prakerjamu. Pakai untuk beli pelatihan di platform.

Sambungkan Rekening

Nah biasanya Anda pula pertama-tama akan mendapatkan notifikasi untuk menyambungkan rekening. Anda bisa menggunakan rekening BNI, atau e-wallet GoPay, OVO, atau LinkAja.



Jika Anda menggunakan e-wallet, pastikan nomor telepon serta nama dalam e-wallet sama persis dengan dalam akun prakerja ya. Pastikan e-wallet sudah upgrade supaya tidak ada masalah dalam pencairan insentif nantinya.

Seperti itulah informasi bagi Anda pendaftar program kartu prakerja yang sementara menantikan hasil seleksi. Semoga pengumuman prakerja gelombang 5 (lima) bisa lancar.

19 Komentar untuk "Kapan Pengumuman Prakerja Gelombang Lima? Ini Penjelasan Lengkap"

  1. Diperoleh informasi update, ternyata waktu pengumuman kelolosan akan dilakukan setelah pendaftaran gelombang 5 selesai.

    Nantinya setelah pendaftaran ditutup, kemudian akan dilakukan verifikasi data calon penerima kartu prakerja. Pengumuman prakerja gelombang 5 akan dilakukan 2 atau 3 hari setelah penutupan pendaftaran pada 23 Agustus.

    BalasHapus
  2. Diantara semua info, hanya ini yang paling lengkap dan jelas. Terimakasih GO-BIZZ

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Jika perlu bantuan hubungi via tlp: 0816965288 / whatsapp: cs Ovo Indonesia

      Hapus
  4. Bismillah mudah2an lulus. Aamiin

    BalasHapus
  5. Semisal dapat penerima manfaat, haruskan rekening BNI yg di gunakan? Apa boleh yg lain? Trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa e-wallet GoPay, OVO, atau LinkAja yang sudah upgrade

      Hapus
    2. Jika perlu bantuan hubungi via tlp: 0816965288 / whatsapp: cs Ovo Indonesia

      Hapus
  6. Mantap.semoga kami dari Papua barat juga lolos

    BalasHapus
  7. hari sudah ke 3hari nya,,kapan ya kira2 di kasih tau..
    moga lolos

    BalasHapus
  8. Sya kmarin gel ke.4 paling awal daftar tp kuota penuh.. sedangkan tmen sya 1 hari stelah saya daftar lolos kok bisa lolos..

    BalasHapus
  9. Jika perlu bantuan hubungi via tlp: 0816965288 / whatsapp: cs Ovo Indonesia

    BalasHapus
  10. Jika perlu bantuan hubungi via tlp: 0816965288 / whatsapp: cs Ovo Indonesia

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel