Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kapan Pengumuman Prakerja Gelombang 14? Ini Penjelasan Lengkap

Banyak pendaftar program kartu prakerja sementara menantikan hasil seleksi kelolosan. Lantas kapan pengumuman prakerja gelombang 14 (empat belas)?

Seleksi kartu prakerja gelombang 14 (empat belas) sudah dibuka pada Kamis 11 Maret 2021 dan akan berlangsung sampai Minggu 14 Maret 2021. Ini merupakan pelaksanaan kartu prakerja ketiga di tahun 2021.

Nah saat ini sudah banyak masyarakat yang melakukan pendaftaran dan bergabung pada gelombang 14. Oleh karena itu, ayo buruan lakukan registrasi secara online sebelum masa pendaftaran ditutup.

Kapan Prakerja Gelombang 14 Ditutup?

Seperti dituliskan, bahwa seleksi kartu prakerja gelombang 14 telah dibuka pada Kamis 11 Maret. Apabila melihat dashboard akun prakerja, pendaftaran berlangsung sampai Minggu 14 Maret 2021.

Namun seperti diketahui, pemerintah bisa saja memperpanjang masa pendaftaran apabila kuota seluruh provinsi belum terisi penuh. Sama seperti kebijakan perpanjangan masa pendaftaran pada gelombang-gelombang sebelumnya.

Berkaca pada itu, penutupan prakerja 
gelombang 14 pada Minggu 14 Maret  2021 ini memang tidak bisa dijadikan patokan pasti. Kendati begitu, Anda disarankan mendaftar tidak melewati waktu pendaftaran di atas.

Sebab apabila pendaftaran gelombang 14 sudah ditutup, maka Anda tak bisa lagi menemukan pilihan klik gabung gelombang pada Jumat siang. Lantas jika pendaftaran sudah berakhir, kapan hasil kelolosan bisa diketahui pendaftar?

Kapan Pengumuman Prakerja Gelombang 14

Hingga artikel ini dibuat, belum ada informasi ada peserta yang telah memperoleh hasil kelolosan gelombang 14. Dashboard tertulis sedang dievaluasi atau diproses dan gelombang tidak ditemukan.

Pengumuman kelolosan memang bisanya akan dilakukan setelah pendaftaran gelombang 14 ditutup. 
Nantinya sesudah pendaftaran ditutup, kemudian akan dilakukan verifikasi data calon penerima kartu prakerja.

Oleh karena itu, pengumuman prakerja gelombang 14 akan dilakukan beberapa hari setelah penutupan pendaftaran. Artinya bisa jadi pengumuman prakerja gelombang 14 akan disampaikan mulai pada Minggu 14 Maret 2021 atau hari setelah tanggal itu.


Cara Mengetahui Status Lolos Prakerja

Nah jika mengikuti panduan resmi dari prakerja, pendaftar akan mendapatkan kabar mengenai kelolosan mereka melalui SMS di nomor yang Anda daftarkan.

Belum diketahui pasti apakah SMS hanya untuk mereka yang berhasil, atau adakah juga pemberitahuan belum berhasil kepada peserta. Sejauh ini, SMS pemberitahuan adalah kepada mereka yang lolos.

Kendati demikian, rupanya tidak sedikit yang sudah dinyatakan lolos seleksi, mengaku bahwa mereka tak mendapatkan SMS sama sekali padahal sudah lolos.

Artinya Anda tidak bisa menjadikan SMS dari prakerja sebagai patokan bahwa Anda lolos atau tidak.

Nah cara yang paling tepat untuk mengetahui secara pasti status kelolosan adalah dengan rutin mengecek akun prakerja Anda di website https://dashboard.prakerja.go.id/. Ada beberapa jenis status yang perlu Anda ketahui.

Status Pengumuman di Dashboard Prakerja

Sedang Dalam Evaluasi
Jika Anda membaca notifikasi ini dalam akun prakerja, artinya belum ada kepastian soal kelolosan Anda.
Kapan Pengumuman Prakerja Gelombang 14

Pendaftaran Anda masih dievaluasi oleh pihak pelaksana apakah bisa menerima manfaat prakerja atau belum.

Anda harus rajin mengecek akun untuk mengetahui perkembangannya apakah berhasil atau belum berhasil.


Kamu Belum Berhasil
Jika Anda menerima informasi ini dalam dashboard prakerja, artinya pendaftaran Anda belum berhasil. Biasanya akan tertulis ‘kamu belum karena kuota di provinsi Anda sudah penuh'.

Oleh karena itu, siap sedialah ikut pada gelombang selanjunya sesuai domisili Anda. Upayakan Anda mendaftar di hari pertama pembukaan gelombang ya.

Nomor Kartu dan Saldo Dalam Proses
Jika Anda dalam dahboar akun prakerja Anda tertulis bahwa nomor kartu dan saldo sudah dalam proses, itu sangatlah bagus. Artinya Anda lolos dalam seleksi gelombang prakerja.
Pengumuman Lulus Prakerja Gelombang 14

Anda tinggal menunggu waktu sampai nomor kartu prakerja dan saldo bisa terisi. Jika sudah terisi, silahkan beli pelatihan di mitra prakerja yang tersedia.


SMS Kamu Dapat Prakerja
Nah cara mengetahui lolos tidaknya Anda dalam prakerja yakni dengan menunggu SMS dari pelaksana prakerja. Akan tertulis format sebagai berikut.

‘Selamat! Kamu dapat prakerja di www.prakerja.go.id pada….. Catat dan rahasiakan nomor kartu prakerjamu. Pakai untuk beli pelatihan di platform.

Sambungkan Rekening

Nah biasanya Anda pula pertama-tama akan mendapatkan notifikasi untuk menyambungkan rekening. Anda bisa menggunakan rekening BNI, atau e-wallet GoPay, OVO, atau LinkAja.



Jika Anda menggunakan e-wallet, pastikan nomor telepon serta nama dalam e-wallet sama persis dengan dalam akun prakerja ya. Pastikan e-wallet sudah upgrade supaya tidak ada masalah dalam pencairan insentif nantinya.

Seperti itulah informasi bagi Anda pendaftar program kartu prakerja yang sementara menantikan hasil seleksi. Semoga pengumuman prakerja gelombang 14 (empat belas) bisa lancar.

25 komentar untuk "Kapan Pengumuman Prakerja Gelombang 14? Ini Penjelasan Lengkap"

  1. Diperoleh informasi update, ternyata waktu pengumuman kelolosan akan dilakukan setelah pendaftaran gelombang 5 selesai.

    Nantinya setelah pendaftaran ditutup, kemudian akan dilakukan verifikasi data calon penerima kartu prakerja. Pengumuman prakerja gelombang 5 akan dilakukan 2 atau 3 hari setelah penutupan pendaftaran pada 23 Agustus.

    BalasHapus
  2. Diantara semua info, hanya ini yang paling lengkap dan jelas. Terimakasih GO-BIZZ

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Jika perlu bantuan hubungi via tlp: 0816965288 / whatsapp: cs Ovo Indonesia

      Hapus
  4. Bismillah mudah2an lulus. Aamiin

    BalasHapus
  5. Semisal dapat penerima manfaat, haruskan rekening BNI yg di gunakan? Apa boleh yg lain? Trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa e-wallet GoPay, OVO, atau LinkAja yang sudah upgrade

      Hapus
  6. Mantap.semoga kami dari Papua barat juga lolos

    BalasHapus
  7. hari sudah ke 3hari nya,,kapan ya kira2 di kasih tau..
    moga lolos

    BalasHapus
  8. Sya kmarin gel ke.4 paling awal daftar tp kuota penuh.. sedangkan tmen sya 1 hari stelah saya daftar lolos kok bisa lolos..

    BalasHapus
  9. Jika perlu bantuan hubungi via tlp: 0816965288 / whatsapp: cs Ovo Indonesia

    BalasHapus
  10. Jika perlu bantuan hubungi via tlp: 0816965288 / whatsapp: cs Ovo Indonesia

    BalasHapus
  11. Saya juga blm jelas dapat email prakerja kalau saya lolos... Tpi giliran mau gabung sulit bnget ga bsa" jdi pusing sendri

    BalasHapus
  12. Min mau tanya dong, saya lulus gelombang 11, sudah menyelesaikan pelatihan pertama dan sudah mendapatkan jadwal pencairan insentif. Disela2 waktu menunggu pencairan saya membeli pelatihan kedua, apakah jika pelatihan kedua belum selesai hingga jadwal pencairan akan bermasalah nantinya?

    BalasHapus
  13. Semoga saya juga lulus aamiin

    BalasHapus
  14. Saya lolos gel 14 tetapi pelatihannya jadwalnya tgl 25..namun yg lain sudah pada pencairan karena tgl 20 Maret cair...terus bagaimana dengan saya pelatihan aja belum karena jadwalnya tgl itu apalagi pencairan

    BalasHapus
  15. Mau tanya sya dr gel 9 sampai sekarang tidak pernah lolos. Riwayat gelombang saya nik terdaftar di kemensos padahal saya tak ada terima bantuan bansos dari manapun .Mohon solusinya .Tks

    BalasHapus