Login dashboard.prakerja.go.id, Daftar Kartu Prakerja Online

Login dashboard.prakerja.go.id untuk daftar kartu prakerja gelombang ke 4 secara online. Lantas kapan kepastian pembukaan gelombang ke empat prakerja?

Program kartu prakerja telah berlangsung sampai 3 (tiga) gelombang. Hanya saja pendaftaran gelombang ke 4 (empat) hingga kini mengalami penundaan.

Jika dihitung sejak Mei hingga Agustus 2020 ini, maka sudah sekitar tiga bulan pelaksanaan program khusus ditangguhkan pemerintah. Program ini bisa dilanjutkan bila evaluasi dan perbaikan sudah selesai dilakukan.

Nah diperkirakan di Agustus, pelaksanaan pendaftaran gelombang ke 4 kartu prakerja segera akan dibuka. Manajemen pelaksana prakerja telah memberikan sinyal bahwa sejumlah evaluasi dan perbaikan sudah terpenuhi.

Salah satu bukti yakni insentif prakerja tahap kedua yang sudah ditransfer. Selain itu, jika semakin lama tertunda, maka target program ini tak akan tercapai. Yakni pemerintah membuka pendaftaran sampai 30 gelombang yang awal rencananya hanya sampai November 2020 ini.

Nah dengan begitu, jika semakin lama ditunda makan program ini akan menjadi tidak produktif. Hal ini bertolak belakang dengan keinginan Prediden Joko Widodo yang mendorong realisasi anggaran secepatnya.


Tujuannya untuk membantu memulihkan ekonomi nasional terutama menopang mereka yang terdampak pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, sebelum pendaftaran gelombang ke 4 dibuka, maka Anda harus mengetahui syarat dan mekanisme pendaftaran prakerja secara online.

Jika Anda lebih siap, maka peluang besar lolos. Mengingat yang mendaftar prakerja mencapai jutaan bahkan puluhan juta. Sedangkan yang akan diterima hanya sekitar 600 ribu peserta. Ayo bersiap.

Berikut disajikan tujuan program kartu prakerja, syarat, serta mekanisme pendaftaran secara online bersumber dari laman resmi prakerja.

Apa Itu Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi WNI berusia 18 tahun ke atas. Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup.

Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas, dan daya saing angkatan kerja Indonesia.

Syarat

- WNI usia 18 tahun ke atas.

- Tidak sedang bersekolah/kuliah.

Awalnya, program diprioritaskan untuk pengangguran muda. Namun untuk merespon COVID-19, program diprioritaskan juga bagi pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak.

Anda tidak harus menjadi pengangguran untuk ikut mendaftar. Orang yang sudah bekerja, karyawan dan korban PHK juga BOLEH MENDAFTAR program Kartu Prakerja.

Tidak hanya universitas nonunggulan, para lulusan universitas unggulan jika diberikan kesempatan daftar. Sebab juga butuh peningkatan kompetensi kerja dan keahlian.

Hanya saja, prioritas tetap diberikan pada pengangguran muda dan pekerja maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak COVID-19.

Insentif

Dengan lolos menjadi peserta prakerja, maka Anda akan mendapatkan insentif yang ditransfer sebesar Rp3.550.000 dengan detail sebagai berikut:

– Biaya pelatihan Rp. 1.000.000 (hanya bisa dipakai untuk membeli pelatihan)

– Insentif pasca pelatihan Rp. 600.000 per bulan selama empat (4) bulan.

– Insentif survei kebekerjaan sebesar Rp.50.000 per survey untuk tiga kali survey atau total Rp. 150.000 per peserta.

Insentif dibayarkan setelah peserta menyelesaikan minimal satu (1) kali pelatihan. Setiap peserta program hanya dapat mengikuti program sebanyak satu kali.

Daftar Gelombang ke 4 Login dashboard.prakerja.go.id/daftar

- Pertama adalah Anda harus buat atau daftar buat di link pendaftaran https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.

- Masukkan nama lengkap Anda, email dan password, Klik Daftar.

- Anda akan menerima notifikasi. Selanjutnya buka email Anda, dan lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email. 

- Pendaftaran berhasil. Anda berhasil membuat akun Kartu Prakerja. 

Login Akun www.prakerja.go.id

- Setelah akun berhasil dibuat, maka selanjutnya kunjungi laman www.prakerja.go.id.

- Klik Login pada Laman Depan.

- Masukkan email dan password akun Anda. Klik Login.

- Berhasil masuk ke akun.

- Isi verifikasi KTP Anda, Klik Berikutnya.

- Lengkapi data diri Anda dan unggah foto KTP dan swafoto Anda dengan KTP. 

- Lakukan Verifikasi Nomor Handphone. 

- Klik Kirim. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP Anda. Klik Verifikasi. 

- Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar. 

- Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke.

Ikuti Tes

Selanjutnya adalah Anda wajib melakukan tes Motivasi & Kemampuan Dasar dengan panduan sebagai berikut.

- Klik Mulai Tes Sekarang. Setelah isi tes, hasil tes akan di evaluasi, mohon menunggu sebentar sekitar 5 menit, jika sudah 5 menit belum ada perubahan, silahkan klik tombol Refresh.

- Pendaftaran Anda akan segera selesai. Anda tinggal ikut seleksi gelombang. Pilihlah Gelombang yang Anda inginkan disesuaikan dengan domisili Anda.

- Tahap pendaftaran Anda selesai! Selanjutnya Anda akan menerima notifikasi apakah Anda lolos / bisa ikut Gelombang yang pilih di Dashboard akun Anda. 



Cek Hasil Tes

Cara cek status pendaftaran cukup muda. Nantinya pada tanggal pengumuman seleksi gelombang, login ke akun Anda, lalu cek di dashboard Anda.

Jika lolos seleksi gelombang Anda akan menerima notifikasi kelolosan melalui sms, Anda dapat melihat Nomor Kartu Prakerja, status saldo pada dashboard akun Anda.

Jika tidak lolos, akan ada notifikasi Tidak Lolos pada Dashboard akun Anda. Tapi tenang saja. Anda masih bisa ikut pada pendaftaran gelombang selanjutnya.

Demikianlah informasi login dashboard.prakerja.go.id untuk daftar kartu prakerja gelombang ke 4 secara online. Semoga bermanfaat.

1 Komentar untuk "Login dashboard.prakerja.go.id, Daftar Kartu Prakerja Online "

  1. Semoga program prakerja bermampaat bagi masyarakat indonesia yang benar benar membutuhkan.. Salam indoneaiaku

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel