Solusi Jika Email Verifikasi Prakerja Tidak Masuk atau Blank

Daftar program kartu prakerja sebetulnya mudah saja. Namun ada sejumlah kendala yang sering dialami pendaftar, seperti email verifikasi akun prakerja tidak masuk ke email yang didaftarkan. Ini solusinya.
Solusi Jika Email Verifikasi Prakerja Tidak Masuk atau Blank
Pendaftaran kartu prakerja gelombang 9 (sembilan) sudah dibuka pada Kamis 17 September pukul 12.00 WIB. Tak tunggu lama, website prakerja langsung diserbu para pendaftar seantero Indonesia.

Pada gelombang 9 ini, manajemen pelaksana juga akan menerima 800 ribu peserta. Diperkirakan, peserta yang tidak lolos pada gelombang sebelumnya, akan ikut bergabung dalam seleksi gelombang 9 ini.

Bagi pendaftar lama, tentu saja tidak perlu lagi melakukan registrasi dari awal. Tidak perlu juga mengikuti tes lagi. Cukup klik gabung pada batch 9 sesuai domisili.

Namun bagi pendaftar baru, harus membuat akun terlebih dahulu kemudian melakukan pendaftaran data diri dan mengikuti ujian. Setelah itu, tinggal menunggu pengumuman kelolosan.

Hanya saja pada tahap pembuatan akun bagi pendaftar baru, banyak yang melaporkan mengalami hambatan. Yaitu link untuk verifikasi akun prakerja yang dikirim di email tidak bisa ditemukan.


Penyebab dan solusi email verifikasi prakerja tidak masuk

Nah masalah seperti di atas sebetulnya cukup mudah diatasi jika Anda mengetahui apa penyebabnya. Nah berikut sejumlah solusi yang bisa Anda lakukan agar bisa lakukan verifikasi akun prakerja.

Ada sekitar lima penyebab kenapa Anda tidak bisa melihat keberadaan link verifikasi dalam kotak masuk utama email Anda. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu atau memperlancar Anda melakukan registrasi.

Apa saja itu silahkan baca uraian di bawah ini:

Pastikan email yang didaftarkan sudah benar

Cara pertama untuk mengatasi masalah mengapa email link verifikasi tidak ditemukan dalam kota masuk email, yakni dengan memastikan apakah alamat email yang Anda daftarkan sudah benar.

Sebab apabila Anda mengalami kesalahan penulisan alamat email satu huruf atau satu angka saja, maka dapat dipastikan email verifikasi tidak akan masuk.

Jika ternyata didapati email memang salah, maka cara yang Anda lakukan cukup buka lagi website https://www.prakerja.go.id/ lalu masukkan alamat email yang benar beserta passwordnya.

Selanjutnya silahkan periksa kotak masuk email Anda. Di dalamnya pasti sudah masuk kiriman link verifikasi secara otomatis dari manajemen prakerja.

Pastikan Anda memiliki kuota internet dan data aktif

Selanjutnya apabila Anda sudah membuka email dan tidak menemukan dalam kotak masuk email link verifikasi akun prakerja, maka bisa jadi karena kuota internet Anda sudah habis.

Pastikan Anda masih memiliki sisa kuota internet. Pastikan masih dalam masa berlaku. Selain itu, Anda juga perlu memastikan apakah sudah mengaktifkan akses data internet di HP.

Sebab email verifiasi prakerja baru bisa masuk ke email yang Anda daftarkan apabila kuota internet Anda sementara dalam mode aktif.


Periksa kotak masuk promosi Anda atau dalam spam

Hal ini paling banyak dialami pendaftar kartu prakerja. Sebetulnya link verifikasi akun sudah dikirimkan ke email yang didaftarkan. Hanya saja memang tidak ditemukan dalam kotak masuk utama email.



Nah solusinya coba periksa kotak masuk promosi Anda sesuai dengan gambar di bawah ini. Link verifikasi tidak masuk ke kotak utama lantaran email yang bersifat promosi, maka otomatis ke inbox promosi.

Selain itu, Anda juga bisa memeriksa kotak SPAM Anda. Bisa jadi pesan link prakerja masuk di kotak SPAM email.

Kenyataannya, banyak link yang memang masuk di SPAM email pendaftar. Buka kotak masuk SPAM Anda lalu refresh. Jika sudah ditemukan, silahkan klik verifikasi.

Sistem prakerja mengalami gangguan

Penyebab selanjutnya jika Anda belum menerima pesan verifikasi akun prakerja adalah karena sistem prakerja yang mengalami gangguan.

Diketahui, dalam kadang-kadang sistem prakerja memang mengalami gangguan atau error. Hal ini menjadi hambatan pendaftar untuk melakukan registrasi atau membuat akun.

Solusinya adalah Anda tunggulah beberapa saat kemudian ajukan pendaftaran kembali. Anda bisa mengulang setelah beberapa menit atau jam. Atau bisa juga esok harinya selama pendaftaran masih dibuka.


Solusi jika link verifikasi blank

Nah masalah ini juga kerap dialami para pendaftar. Setelah menemukan email verifikasi akun prakerja, namun setelah link diklik, yang muncul hanya tampilan putih atau blank.

Nah masalah ini kemungkinan disebabkan oleh browser yang Anda gunakan kurang mendukung sehingga laman tidak bisa dibuka.

Jalan keluarnya yakni Anda copy link verifikasi dalam email tersebut, lalu pastekan ke browser chrome. Nah cara ini terbukti ampuh berhasil diterapkan pendaftar.

Nah seperti itulah solusi bila email verifikasi akun prakerja tidak masuk ke email yang didaftarkan. Semoga tulisan di atas bisa membantu.

23 Komentar untuk "Solusi Jika Email Verifikasi Prakerja Tidak Masuk atau Blank"

  1. Sangat membantu, terimakasih..

    BalasHapus
  2. min mau nnya
    klo prnh ikut daftar dibulan april
    lalu mau ikut gel 9 ini...
    aku lupa pasword
    tadi sya sdh msuk prakerja lalu klik lupa pasword tapi tulisanya Email salah padhal emailnya itu yg saya pakai min gimna min

    BalasHapus
  3. Sama punyaku juga

    BalasHapus
  4. Sama mengalami hal yg sama juga.. email selalu salah...

    BalasHapus
  5. email sdah benar tp blm dapat pesan link verifikasi. solusinya gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga belum dapat verifikasi sampai sekarang

      Hapus
    2. Sama ..punya saya juga bgtu... Email benar udah cek inbox maupun promosi juga nihil..gmna donk min?

      Hapus
  6. Iya susah.. pernah td muncul tapi blenk, apa bisa di ulangi ?

    BalasHapus
  7. Saya sudah smpai di tahap persetujuan....tapi tdak bisa di klik"saya menyetujui yaa".
    Hpnya tdak bisa scrol ke bawah lagi...
    Bgmna carax???

    BalasHapus
  8. Kaka saya sudh daftar dr hari jumat tapi sampai tanggal 20 ini blm ada mail masuk untuk verifikasi, terus bagaimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti masuk di SPAM.. Buka email lalu klik SPAM dan refresh (geser ke bawah). Pasti kelihatan. Pastikan email dan koneksi internet cukup bagus.

      Hapus
    2. Min kalo sudah lihat di spam tidak ada gimana? Apa daftar lagi pakai email baru solusinya?

      Hapus
  9. Terima kasih, anda sangat membantu

    BalasHapus
  10. Terima kasih..sangat membantu

    BalasHapus
  11. Sangat membantu . . . Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  12. kalau udah masukin alamat lengkap tpi disitu ditulis alamat sesuai ktp harus diisi padhal sudah sesuai ktp

    BalasHapus
  13. verifikasi sudah berhasil trs petunjuknya klik dashboard tp tdk bisa d buka

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. kalo tetap tidak masuk verifikasi emailnya gmna? pdhal data sudah benar semua

    BalasHapus
  16. Min saya udah daftar terus sdh terverifikasi emaill.. Udah juga ngerjain soal2nya.. Tinggal nungu hasilnya ajah,, itu Pas pembukaan gelombang 10 pada hari kamis kmren daftarnya. Tetapi besoknya pas hari jumat kok ga bisa login lagii min.. Login pake akun yg kemaren Malah disuruh daftar lagi.. Pas udah daftar jawabannya KTP&KK sudah terdaftar.. Tapi ga bisa masukkk???? Ini gimana min jadi bingung

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel