Cara Mendapat Bantuan 600 Ribu BRI, Ini Syaratnya

Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan kepada masyarakat Indonesia melalui BRI. Bagaimana cara mendapat bantuan 600 ribu BRI tersebut?
Cara Mendapat Bantuan 600 Ribu BRI, Ini Syaratnya

Pemerintah mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak wabah Covid-19 pada April dan Mei 2020 ini.

Bantuan ini diberikan pemerintah kepada masyarakat yang sudah atau belum masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kemensos.

BST akan disalurkan kepada masyarakat yang memenuhi syarat sebesar 600.000 setiap bulannya yang akan berlangsung selama tiga bulan.

Kendati harus masuk DTKS, Kemensos tetap memberikan keleluasaan pemerintah daerah untuk mengajukan penerima bantuan dengan target penerima tunai 9 juta keluarga di luar wilayah Jabodetabek.

Beberapa hari lalu sempat heboh mengenai masyarakat yang mendapat bantuan 600 ribu di rekening BRI. Rupanya memang BRI menjadi salah satu bank yang ditunjuk pemerintah menerima penyaluran BST.

BRI telah menyalurkan dana bansos pemerintah tahap pertama sebesar Rp316 miliar kepada 528.320 keluarga.

“Penyaluran pada tanggal 27-29 April 2020 lalu melalui fasilitas Mass Fund Transfer sebesar Rp600 ribu ke rekening masing-masing penerima,” kata Sekretaris Perusahaan BRI Amam Sukriyanto dilansir dari CNNIndonesia.com.

Selain BRI, BST juga sebetulnya bisa diterima melalui rekening BNI, Mandiri, dan BTN. Ditambah juga kepada penerima bantuan yang tidak mempunyai rekening, dapat mengambilnya melalui Kantor Pos.


Adapun, berapa banyak masyarakat yang dapat menerima bantuan BST ini didasarkan pada jumlah DTKS, populasi, dan kemiskinannya. Kuota yang diberikan pemerintah pusat sendiri melebihi data DTKS.

Apabila ditemukan data DTKS yang kurang tepat, maka pemda dapat mengoreksi data DTKS atau menambahkan jumlah DTKS-nya.

“Oleh karena itu, kita berikan kebebasan kepada Pemda untuk mengusulkan (penerima bantuan),” ujar Juru Bicara Kemensos Adhy Karyono.

Syarat Bantuan BST 600 Ribu

Berdasarkan surat Dirjen Penanganan Fakir Miskin Nomor 1432 tanggal 17 April 2020 tentang Alokasi Pagu Penerima Bantuan Sosial ( Bansos Tunai) yang terbit di website resmi Kemensos, usulan calon penerima bansos tunai di luar DTKS, ada ketentuannya.

Yakni harus merupakan keluarga yang terdampak Covid-19 yang dinilai layak menerima bantuan dengan dilengkapi data seperti BNBA, NIK, dan nomor handphone.

Usulan siapa-siapa saja penerima BST, harus diajukan pemda setempat secara online maksimal pada Rabu (6/5/2020) hari ini. Pengusulan wajib disertai surat pernyataan bupati atau kepala dinas bahwa data yang dimasukkan valid dan sah.

Usulan pemda kemudian akan diverifikasi tim Kemensos guna memastikan yang bersangkutan tidak masuk dalam daftar penerima bantuan pemerintah pusat yang lain, menghindari data ganda.

Berikut syarat menerima bantuan 600 ribu di rekening BRI, BNI, bank lainnya, atau Kantor Pos Indonesia.

1. Calon penerima merupakan masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di desa.

2. Calon penerima merupakan masyarakat yang kehilangan mata pencarian karena pandemi corona.

3. Calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) lain dari pemerintah pusat, seperti PKH, Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja.

4. Jika calon penerima tidak mendapatkan bansos dari program lain, tapi belum terdaftar oleh RT/RW, maka dapat mengomunikasikannya ke aparat desa.

5. Jika calon penerima memenuhi syarat, namun tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Penduduk (KTP), yang bersangkutan tetap mendapat bantuan tanpa membuat KTP lebih dulu.

Hanya saja, penerima harus berdomisili di desa tersebut dan akan dicatat alamat lengkapnya.


6. Jika penerima sudah terdaftar dan valid. maka bantuan akan diberikan melalui tunai dan non tunai. Non tunai diberikan melalui transfer ke rekening bank penerima.

Untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi corona, pemerintah telah melaksanakan sejumlah paket program bantuan kepada masyarakat.

Seperti PKH, BPNT, Kartu Sembako, paket sembako, hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa. Serta tentunya BST.

Nah demikianlah informasi cara mendapat bantuan 600 ribu di BRI, BNI, Mandiri, atau Kantor Pos. Semoga bermanfaat.

15 Komentar untuk "Cara Mendapat Bantuan 600 Ribu BRI, Ini Syaratnya"

  1. Sayangnya tidak merata....pendataannya pilih-pilih. Khususnya di kelurahan sy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benar. Belum akurat

      Hapus
    2. Saya punya rekening bri 413401000563500 sudah 8thn knp saya tdk dapat bansos 600rb.sedangkan tetangga saya baru buka tabungan 3bln dapet 600rb..

      Hapus
  2. Saya sekarang sudah tidak bisa kerja lagi ke Bali tapi kenapa sama rt/rw gak didata,

    BalasHapus
  3. Saya kok gak dapat bantuan apa2 ngurus ke RT/RW juga susah...pengurusnya pilih2.

    BalasHapus
  4. Saya dan keluarga tudak mendapatkan apapun karena di desa saya sistemnya pilih-pilih

    BalasHapus
  5. Saya sendiri melihat dan merasakn langsung... Kalo bantuan2 yg di berikan di wilayah kami... Semua pada pilih kenalan2 atw kerabat2 dekat yg pny wewenang dlm penyaluran bantuan... Bahkan ada org yg mampu tpi dpt bantuan.. masih byk yg korupsi.. kolusi.. dan nepotisme... Padahal org susah msh byk yg butuh bantuan...

    BalasHapus
  6. keluarga sy sangat terdampak pandemi corona.tp baik dr rt/rw dst..tdk ada bantuan apapun.hingga kami hrs berhutang dan hidup seadanya.utk membuka berita inipun hrs mencari wifi gratisan.

    BalasHapus
  7. Tolong donk pemerintah mo beri bantuan jgn suka dipilih2 lh.setidaknya byran angsuran ditangguhin donk.sya mo byr pake apa cba.jgn kn utk byr angsuran untuk mkan aja ssah mnta ampun.bantuan pun cma beras bulog sekarung itu pun gk ckup utk sebulan.tolong donk pak presiden sya punya angsuran ni.gk dpt 600 rbu sprti yg lain gk apa2 lh tpi ditangguhin lh pak presiden kmi org ssah mo cari kerja kmna pak

    BalasHapus
  8. Bantuan pemerintah memang sudah ada yang menerima bagi mereka yang terdampak langsung maupun tidak langsung....
    akan tetapi bagi yang terdampak secara tidak langsung kami harus melalui beberapa proses....yang ribet bagi orang awam......
    aturan memang perlu dibuat.......untuk kepentingan negara tetapi bagi kami yang terdampak tidak langsung harus gimana?
    Sedangkan kita yang usaha warung nasi.....merasakan dampaknya........dengan adanya peraturan yg dibuat....
    Untuk yang Pegawai negeri masih dalam status aman dari dampak covic 19
    menurut pandangan saya......untuk masalah perekonomian.
    belum lagi saat ini harus waspada dengan pencuri dan jambret
    Banyak warga yang harus membayar anggsuran tiap bulanya.......
    Sedangkan pemasukan menipis bahkan terkadang tidak ada......
    mungkin dengan turunya perangkat desa-kecamatan-kabupaten langsung ke rumah2 warga dibantu panitia terdampak covic....bisa menyalurkan bantuan dengan semestinya....Pak karena kalau menurut saya banyak bantuan BLT yang tidak tepat sasaran karena menggunakan daftar penerima yang lama....

    BalasHapus
  9. Saya punya rekening bri 413401000563500 sudah 8thn tapi saya tdk dapat bansos 600 rb..tetapi tetangga saya baru buka tabungan baru 3bulan kok dapet 600rb

    BalasHapus
  10. Saya punya rekening bri 413401000563500 sudah 8tahun.tidak dpat bansos 600rb saya hidup paspasan tabunagan kosong trs.bahkan saya selalu memikirkan pajak atm tiap bulanya takut hangus atm saya..knp tetangga saya orang punya baru buka tabungan baru 3bulan dapat bansos 600rb..hebat yg kaya makin kaya yang susah tambah parah

    BalasHapus
  11. 607501017709539 penganguran

    BalasHapus
  12. 607501017709539 penganguran

    BalasHapus
  13. Didesa saya banyak yg sudah dapat PKH ,kartu sembako dan bansos lainya tetapi semua juga masih dapat BLT

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel