Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mendapat Bantuan 600 Ribu BRI, Ini Syaratnya

Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan kepada masyarakat Indonesia melalui BRI. Bagaimana cara mendapat bantuan 600 ribu BRI tersebut?
Cara Mendapat Bantuan 600 Ribu BRI, Ini Syaratnya

Pemerintah mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak wabah Covid-19 pada April dan Mei 2020 ini.

Bantuan ini diberikan pemerintah kepada masyarakat yang sudah atau belum masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kemensos.

BST akan disalurkan kepada masyarakat yang memenuhi syarat sebesar 600.000 setiap bulannya yang akan berlangsung selama tiga bulan.

Kendati harus masuk DTKS, Kemensos tetap memberikan keleluasaan pemerintah daerah untuk mengajukan penerima bantuan dengan target penerima tunai 9 juta keluarga di luar wilayah Jabodetabek.

Beberapa hari lalu sempat heboh mengenai masyarakat yang mendapat bantuan 600 ribu di rekening BRI. Rupanya memang BRI menjadi salah satu bank yang ditunjuk pemerintah menerima penyaluran BST.

BRI telah menyalurkan dana bansos pemerintah tahap pertama sebesar Rp316 miliar kepada 528.320 keluarga.

“Penyaluran pada tanggal 27-29 April 2020 lalu melalui fasilitas Mass Fund Transfer sebesar Rp600 ribu ke rekening masing-masing penerima,” kata Sekretaris Perusahaan BRI Amam Sukriyanto dilansir dari CNNIndonesia.com.

Selain BRI, BST juga sebetulnya bisa diterima melalui rekening BNI, Mandiri, dan BTN. Ditambah juga kepada penerima bantuan yang tidak mempunyai rekening, dapat mengambilnya melalui Kantor Pos.


Adapun, berapa banyak masyarakat yang dapat menerima bantuan BST ini didasarkan pada jumlah DTKS, populasi, dan kemiskinannya. Kuota yang diberikan pemerintah pusat sendiri melebihi data DTKS.

Apabila ditemukan data DTKS yang kurang tepat, maka pemda dapat mengoreksi data DTKS atau menambahkan jumlah DTKS-nya.

“Oleh karena itu, kita berikan kebebasan kepada Pemda untuk mengusulkan (penerima bantuan),” ujar Juru Bicara Kemensos Adhy Karyono.

Syarat Bantuan BST 600 Ribu

Berdasarkan surat Dirjen Penanganan Fakir Miskin Nomor 1432 tanggal 17 April 2020 tentang Alokasi Pagu Penerima Bantuan Sosial ( Bansos Tunai) yang terbit di website resmi Kemensos, usulan calon penerima bansos tunai di luar DTKS, ada ketentuannya.

Yakni harus merupakan keluarga yang terdampak Covid-19 yang dinilai layak menerima bantuan dengan dilengkapi data seperti BNBA, NIK, dan nomor handphone.

Usulan siapa-siapa saja penerima BST, harus diajukan pemda setempat secara online maksimal pada Rabu (6/5/2020) hari ini. Pengusulan wajib disertai surat pernyataan bupati atau kepala dinas bahwa data yang dimasukkan valid dan sah.

Usulan pemda kemudian akan diverifikasi tim Kemensos guna memastikan yang bersangkutan tidak masuk dalam daftar penerima bantuan pemerintah pusat yang lain, menghindari data ganda.

Berikut syarat menerima bantuan 600 ribu di rekening BRI, BNI, bank lainnya, atau Kantor Pos Indonesia.

1. Calon penerima merupakan masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di desa.

2. Calon penerima merupakan masyarakat yang kehilangan mata pencarian karena pandemi corona.

3. Calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) lain dari pemerintah pusat, seperti PKH, Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja.

4. Jika calon penerima tidak mendapatkan bansos dari program lain, tapi belum terdaftar oleh RT/RW, maka dapat mengomunikasikannya ke aparat desa.

5. Jika calon penerima memenuhi syarat, namun tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Penduduk (KTP), yang bersangkutan tetap mendapat bantuan tanpa membuat KTP lebih dulu.

Hanya saja, penerima harus berdomisili di desa tersebut dan akan dicatat alamat lengkapnya.


6. Jika penerima sudah terdaftar dan valid. maka bantuan akan diberikan melalui tunai dan non tunai. Non tunai diberikan melalui transfer ke rekening bank penerima.

Untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi corona, pemerintah telah melaksanakan sejumlah paket program bantuan kepada masyarakat.

Seperti PKH, BPNT, Kartu Sembako, paket sembako, hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa. Serta tentunya BST.

Nah demikianlah informasi cara mendapat bantuan 600 ribu di BRI, BNI, Mandiri, atau Kantor Pos. Semoga bermanfaat.

58 komentar untuk "Cara Mendapat Bantuan 600 Ribu BRI, Ini Syaratnya"

  1. Sayangnya tidak merata....pendataannya pilih-pilih. Khususnya di kelurahan sy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benar. Belum akurat

      Hapus
    2. Saya punya rekening bri 413401000563500 sudah 8thn knp saya tdk dapat bansos 600rb.sedangkan tetangga saya baru buka tabungan 3bln dapet 600rb..

      Hapus
  2. Saya sekarang sudah tidak bisa kerja lagi ke Bali tapi kenapa sama rt/rw gak didata,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga gk pernah dpt bantuan pp, di atm juga gk pernh dpt bntuan.. Ank sya dua msih kcil, sya gk bsa kerja,, kerjaan saya tari seni tp skrng ttup gk boleh izin.. Ank sy mau di ksih mkn apa, buntuan jg gk dpt.

      Hapus
  3. Saya kok gak dapat bantuan apa2 ngurus ke RT/RW juga susah...pengurusnya pilih2.

    BalasHapus
  4. Saya dan keluarga tudak mendapatkan apapun karena di desa saya sistemnya pilih-pilih

    BalasHapus
  5. Saya sendiri melihat dan merasakn langsung... Kalo bantuan2 yg di berikan di wilayah kami... Semua pada pilih kenalan2 atw kerabat2 dekat yg pny wewenang dlm penyaluran bantuan... Bahkan ada org yg mampu tpi dpt bantuan.. masih byk yg korupsi.. kolusi.. dan nepotisme... Padahal org susah msh byk yg butuh bantuan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bantuan dri pemerintah ,,ke masyarakat kurang transparan,,,tetangga kiri kanan dapet bantuan...tp sy hanya melongo

      Hapus
  6. keluarga sy sangat terdampak pandemi corona.tp baik dr rt/rw dst..tdk ada bantuan apapun.hingga kami hrs berhutang dan hidup seadanya.utk membuka berita inipun hrs mencari wifi gratisan.

    BalasHapus
  7. Tolong donk pemerintah mo beri bantuan jgn suka dipilih2 lh.setidaknya byran angsuran ditangguhin donk.sya mo byr pake apa cba.jgn kn utk byr angsuran untuk mkan aja ssah mnta ampun.bantuan pun cma beras bulog sekarung itu pun gk ckup utk sebulan.tolong donk pak presiden sya punya angsuran ni.gk dpt 600 rbu sprti yg lain gk apa2 lh tpi ditangguhin lh pak presiden kmi org ssah mo cari kerja kmna pak

    BalasHapus
  8. Bantuan pemerintah memang sudah ada yang menerima bagi mereka yang terdampak langsung maupun tidak langsung....
    akan tetapi bagi yang terdampak secara tidak langsung kami harus melalui beberapa proses....yang ribet bagi orang awam......
    aturan memang perlu dibuat.......untuk kepentingan negara tetapi bagi kami yang terdampak tidak langsung harus gimana?
    Sedangkan kita yang usaha warung nasi.....merasakan dampaknya........dengan adanya peraturan yg dibuat....
    Untuk yang Pegawai negeri masih dalam status aman dari dampak covic 19
    menurut pandangan saya......untuk masalah perekonomian.
    belum lagi saat ini harus waspada dengan pencuri dan jambret
    Banyak warga yang harus membayar anggsuran tiap bulanya.......
    Sedangkan pemasukan menipis bahkan terkadang tidak ada......
    mungkin dengan turunya perangkat desa-kecamatan-kabupaten langsung ke rumah2 warga dibantu panitia terdampak covic....bisa menyalurkan bantuan dengan semestinya....Pak karena kalau menurut saya banyak bantuan BLT yang tidak tepat sasaran karena menggunakan daftar penerima yang lama....

    BalasHapus
  9. Saya punya rekening bri 413401000563500 sudah 8thn tapi saya tdk dapat bansos 600 rb..tetapi tetangga saya baru buka tabungan baru 3bulan kok dapet 600rb

    BalasHapus
  10. Saya punya rekening bri 413401000563500 sudah 8tahun.tidak dpat bansos 600rb saya hidup paspasan tabunagan kosong trs.bahkan saya selalu memikirkan pajak atm tiap bulanya takut hangus atm saya..knp tetangga saya orang punya baru buka tabungan baru 3bulan dapat bansos 600rb..hebat yg kaya makin kaya yang susah tambah parah

    BalasHapus
  11. 607501017709539 penganguran

    BalasHapus
  12. 607501017709539 penganguran

    BalasHapus
  13. Didesa saya banyak yg sudah dapat PKH ,kartu sembako dan bansos lainya tetapi semua juga masih dapat BLT

    BalasHapus
  14. Selama ada bantuan di kelurahan ,, SE umur umur baru bantuan sembako untuk dampak covid 19, yang saya dapat, padahal saya juga termasuk warga yg kurang mampu,. BPJS,kartu kombo, pip,KIP,kis sama sekali gak pernah mendarat. Pemerintah selalu berat sebelah...

    BalasHapus
  15. Kenapa teman2 saya dapt bantuan sedang kan saya orang perantau yg ga bisa pulang tidak dapat bantuan

    BalasHapus
  16. Saya di PHK karena adanya Covid 19
    Sampai sekarang susah nyari kerja. Refrensi dan data lainnya ada pada saya terkait pemutusan hubungan kerja karena adanya VIRUS CORONA.

    BalasHapus
  17. Saya kartwn di phk krn dampak corona,awal april diminta daftar kartu prakerja oleh disnaker dg bawa data potokopi kk+ktp+surat ket.phk dan no hp,,tgl 13 april disnaker memberitau utk daftar kartu prakerja scr online,sayapun daftar online sampe gelombang ke 3 sdh sambung rekening kenyataan sampe saat ini gak lolos
    Oleh p.bayan tgl 25 mei diminta lgi potokopi kk+ktp kenyataan sampe saat ini jg gak dapat bantuan


    BalasHapus
  18. Ia benar ga adil.. suami dan anak saya kena PHK ,kami ga dapet bantuan apa² .. saya sudah ke kantor desa katanya kuota sudah penuh..nyatanya tetangga saya kaya punya motor dan mobil dapet.. alahhh FUNIA SUDAH HANCUR

    BalasHapus
  19. Saya pedagang sgt berdampak sekali selama ini yg saya rasakan, dan penjualan jg sepi. Tp tdk pernah mendapat bantuan 🙏

    BalasHapus
  20. Kami ng ad dpt apa apa.. Tolong lah kami.. Krn udh 4 bulan di PHK, makan pun susah 😭😭

    BalasHapus
  21. Saya juga belum dapet apa2.
    Tidak ada yng masuk ke.rekening saya,
    Saya tidak kerja lagi udah keraj ngelamar tidak ada satu pun yg di terima kerja,
    Rumah saya ngontrak,hidup sebatang kara, ibu & bpa saya udah meninggal, sedih banget,.
    Bila bpa/ibu mau mem bantu saya,
    Sya sangat trimakasi banget,

    BalasHapus
  22. tolong dong rekening saya daptarin karna semenjak vandemi saya tidak berpengasilan sama sekali di tambah penyakit yg saya derita Trk Rek.435201014543538 tolong

    BalasHapus
  23. Nama saya terdaftar mendapatkan BST tahap 1dan 2 masih saya ambil tahap 3 mau di ambil kok sudah tidak bisa

    BalasHapus
  24. Suami udah ngk kerja selama 3 bulan ngk ada bantuan apa2 ,,,tlong donk gimana caranya ni no rek 757801014840539

    BalasHapus
  25. Sya jg sama ga dpt apa2 sy tinggal di psr kemis tangerang sy ada rek bri ni nmrnya 082301035618533

    BalasHapus
    Balasan
    1. 811601004087530 aku juga ini no rekening bri tolong pak jokowi saya langsung tak pernah dapat bantuan sampai saat ini

      Hapus
  26. Saya nabung di BRI sudah 23th tapi blm pernah dapet apapun😊nasib rakyat kecil cuma bisa smile

    BalasHapus
  27. Saya sama sekali tidak mendapatkan bantuan berupa uang atau sembako pdhal sudah mengumpulkan ktp dn kk pd ketua rt. Saya punya rekening bri tapi saya tidak mendapatkan bantuan sama sekali.

    BalasHapus
  28. saya terkena dampak covid19 terkena phk dari april sampai sekarang sama sekali tdk dapat bantuan dari pemerintah ,sy sebagai kepala keluarga anak 4 rumah ngontrak,kalau memang bener ada bantuan dari pemerintah kenapa tidak sampai

    BalasHapus
  29. Di masa pandemi ini sya blum pernah dapet sumbangan apa2..
    Kerja di stop karna di lockdown..
    Sedangn kan seorang suami harus mampu ngasih mkn buat keluarga.. jdi bingungg..

    BalasHapus
  30. No rek BRI terdaftar dan aktip di pbjs ketaga ker jalan semuatemen saya dah dapet blt gaji tapi saya kok sampe sekarang blm dapet apa ada yg salah mohon di koreksi trmks

    BalasHapus
  31. Apa karena saya pk kis tapi saya tiap bulan dipotong sampe 250.000 buat Bjs kesehatan sama JHT trmks

    BalasHapus
  32. Kalo bs bantuan dri pemerintah dilaksanakn oleh non penerintah..sebab kalo didesa selain byk birokrasiny jg dipersulit dan pilih2...lbih baik data diambil lgsung dr rt2 atau LSM atau kader pkk diwilyah setempat

    BalasHapus
  33. Sy kena PHK.. Sekarang nganggur..saya punya rekening BRI tp ga dapat bantuan 600 rb..nasib ya nasib 😭😭😭

    BalasHapus
  34. Semuanya gara" CORONA
    Yg saat ini pemerintah tidak bisa mengatasi.dikit" PSBB yg berdampak dgn masyarakat luas akhirnya banyak pengangguran..dan susah..ini berawal dr pemerintah jg yg awal y meremekan corona.sekarang dampak ya makin luas kepada masyarakat..yg kaya bs bertahan.apakah yg miskin bs karna faktor ekonomi?

    BalasHapus
  35. Hai kak,
    Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, terkait dengan kendala Kaka agar kami dapat bantu pengecekan lebih lanjut mohon untuk dijelaskan kendala kaka.

    - Tks ^DN

    WhatsApp : 0816305928

    BalasHapus
  36. bagi para pejabat di sana,sya selama berumah tangga blm pernah dpt bantuan apa apa,pdhal sya punya biaya anak sekolah sya pengangguran kiranya sudi memberikan modal buat usaha

    BalasHapus
  37. bagi para pejabat di sana,sya selama berumah tangga blm pernah dpt bantuan apa apa,pdhal sya punya biaya anak sekolah sya pengangguran kiranya sudi memberikan modal buat usaha

    BalasHapus
  38. Saya yg punya rekning belum dapet2 tuh pdhll saya juga butuh

    BalasHapus
  39. Pa Bst nasional tahap 6 dan seterusnya kenapa sampai skarng belum belum cair..

    BalasHapus
  40. Sya sama sekali tidak dapat bantuan apapun dari pemerintah, justru yang dapat sumbangan malah orang2 yang mampu, sedangkan yang tidak mampu diabaikan.

    BalasHapus
  41. SAya juga nasabah BRI simpedes sudah kurang lebih 10 th, saya mengharap sekali dapat bantuan BLT dari pemerintah karna tuk tambahan warung kecil saya gado2 dan sembakonya, karna saya cuma hidup bertiga dengan ibu dan anak satu yg msh sekolah SD dan suami tidak bekerja karna sedang pengobatan bersama saudara sepupunya yg msh hidup dikota solo saya mengontrak dijkrt bantu saya please,, ini no rek BRI simpedes 0330-01-003114-53-0

    BalasHapus
  42. Saya nasabah mekar sdh 3 Thun tpi GK dpet bantuan banpers mekar dri pemerintah,yg lain dpt q dan tmn2 GK dpt bantuan banpers itu, pemerintah pilih kasih pdahal sama2 pinjaman mekar buat modal usaha pk mohon bantuannya 🙏 tolong didata yg bnr

    BalasHapus
  43. Sy seorang pedagang, sy ngontrak, dari awal kofid sampai skrg dipenghujung tahun tak pernah dpt bantuan apapun, pernah sih sy dpt beras dari rt setempat tapi cuma dikasih 3ltr dan 3kg beras aja, dan sy sdh dftar umkm tapi blm juga dpt sampai skrg

    BalasHapus
  44. didesa saya juga begitu , yg ngasi bantuan smua pilih"tidak adil sama skali yg mampu malh dapat ,sbelumnya maaf ya

    BalasHapus
  45. Saya pun tak pernah dapat bantuan sama sekali apa pun bantuanya tolong pak jokowi yg adil jangan pilih pilih ini no rekening bri 811601004087530

    BalasHapus
  46. Saya jga nasabah bank BRI tpi g dpt bantuan ap2 y

    BalasHapus
  47. Saya jg nasabah bri tk ada dapat bantuan tuh

    BalasHapus
  48. Sudahlah klk memang belum Rizki mau bagaimana lagi

    BalasHapus
  49. Saya ibu rumah tangga ingin sekali dapat bantuan sembako ,karena km makan pun susah ,,suami sekarang kuli d material g cukup untuk makan hutang bnyk

    BalasHapus
  50. engga merata .yang dapat itu lagi" itu lagi .engga tepat sasaran

    BalasHapus
  51. Mana bantuan mu untuk kami rakyat kecil yang tidak mampu...

    BalasHapus
  52. ass mf saya ingin mendaftar krn blm pernah dpt bantuan

    BalasHapus
  53. PROGRAM GAK JELASSSSS

    UDAH KESUSAHAN GAK DAPAT APA²,,, TETANGGA PUNYA SAWAH DAN SAPI DAPAT...... YA ALLAH

    BalasHapus