Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Terbaru Menerima dan Memproses Pesanan GOFOOD!

Layanan GOFOOD GOJEK dikatakan akan menerapkan metode atau cara baru bagi merchant untuk menerima dan memproses orderan. Namanya adalah Fitur Merchant Acceptance Flow (MAF) yang masih dalam tahap UJICOBA di sejumlah kecil resto.

Dari fitur bantuan aplikasi GOBIZ dijelaskan bahwa fitur Merchant Acceptance Flow ini berbeda dengan cara yang dipakai sebelumnya. Jika sebelumnya pesanan dari custumer langsung masuk ke driver, kali ini pesanan custumer akan langsung ke pihak merchant.

Disebutkan bahwa mitra usaha GOFOOD akan menerima notifikasi suara berulang untuk pesanan baru yang masuk, pesanan menggantung, dan pesanan yang akan berakhir hingga tombol terima ditekan.

Fitur Merchant Acceptance membuat pemilik atau pengelola resto GOFOOD dapat mengkonfirmasi pesanan dari mulai menyiapkan pesanan dengan segera. Berikut cara menerima dan memproses pesanan dengan metode MAF ini.

Cara Baru Menerima Pesanan GoFood

1. Saat ada pesanan baru, Anda akan menerima notifikasi pada tab ‘Dalam proses’. Apabila pesanan tidak diterima dalam waktu 3 menit, maka pesanan akan otomatis dibatalkan (tolak).

2. Jika Anda terima orderan tersebut, Anda harus konfirmasi terlebih dahulu ketersediaan item yang dipesan. Anda harus pastikan harga setiap item sudah benar.
*Harap diingat, setelah proses ini, pesanan tidak dapat dibatalkan oleh pelanggan.

3. Aplikasi GOBIZ kemudian akan mencari driver. Setelah mendapatkan driver, Anda bisa mulai menyiapkan pesanan.

4. Setelah driver tiba untuk mengambil pesanan, Anda cek kembali nama driver dan detail pesanan. Jika sudah benar, berikanlah 4 digit pin validasi ke driver.

5. Kini Anda bisa mencetak struk untuk diberikan ke driver maupun disimpan dengan cara pilih cetak struk yang terletak di bawah kanan layar.

6. Setelah makanan dijemput, akan masuk ke tab Selesai, status order akan menjadi Makanan sudah dijemput.

7. Setelah makanan diterima pelanggan, status order akan menjadi Makanan udah diantar.


Perlu diketahui bahwa Anda bisa menolak pesanan GoFood yang masuk dengan alasan yang sudah disediakan oleh aplikasi GOBIZ. Tapi tentu saja untuk kebaikan rating resto Anda, sebaiknya menghindari pesanan yang batal.


Cara menerima pesanan di atas masih dalam tahap ujicoba dan hanya untuk beberapa partner GOFOOD. Jika Anda merupakan salah satu yang masuk tahap ujicoba, maka panduan di atas perlu Anda pahami dengan benar.

Selengkapnya mengenai perubahan metode ini dapat Anda baca lebih lanjut di fitur bantuan aplikasi GOBIZ. Pilih bantuan, dan pilih operasional lalu cari Merchant Acceptance Flow.

28 komentar untuk "Cara Terbaru Menerima dan Memproses Pesanan GOFOOD!"

  1. harusnya ada opsi untuk menonaktifkan fitur ini.
    kendala kami berhubung situasi skr, jaringan internet firstmedia dan telkomsel tidak stabil yang mengakibatkan orderan otomatis di CANCEL

    sangat merugikan pihak merchant

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali. Jika tiba2 suara tidak terdengar karena hp silent/ hpnya sedang ditaruh dilaci jadi susah. Sinyal internet juga kadang lemot. Seharus nya paling tidak diberikan waktu tidak secepat itu. Bisa 1 jaman harusnya ya. Merugikan sekali karena otomotis dibatalin. Kalau tidak dibatalin seharusnya pemasukannya lebih banyak. Tp karena harus otomatis batal jadi pelanggannya malas untuk coba lg 😭

      Hapus
    2. sudahlah orderan sepi eh pake batal pula 3 semalam

      Hapus
  2. Aktifkan kembali auto accept order.. Fitur merugikan merchant, karna sinyal order batal..

    BalasHapus
  3. Notifikasi nya jarang bunyi ketika ada orderan masuk, alhasil banyak pesanan yg cancel. Gimana caranya supaya pesanan otomatis diterima ?

    BalasHapus
  4. Notifikasi nya jarang bunyi ketika ada orderan masuk, alhasil banyak pesanan yg cancel. Gimana caranya supaya pesanan otomatis diterima ?

    BalasHapus
  5. Kepad Management Gojek. Kebijakan dan sistem baru ini bukan sistem baru. Bahkan sistem baru yg diterapkan ini sistem jadulnya Grab yg sudah lama ditinggal kan. Anda manajemen dapat ide dari mana? #Kasihan banyak resto order tercancel tiap hari rata2 3 orde isi menu 3 item an.. Silahkan buat opsi 2. Otomatis dan manual

    BalasHapus
  6. Sama dong jd autocancel . Gara2 ga Nyala aplikasinya . Bintang satu aja Di playstore biar peka

    BalasHapus
  7. SANGAT SANGAT MERUGIKAN MERCHANT.
    Untuk merchant kecil tidak ada pegawai khusus selalu pegang hp untuk terima pesanan. Kadang2 saat masih nyiapin pesanan hp bunyi ga terdengar. Internet juga tdk selalu stabil
    Waktu untuk menerima cuma 3 menit trlalu singkat
    Kebijakan yg sangat2 merugikan!!! banyak order2 dengan nominal lumayan jadi tertolak
    Akhirnya pemasukan setiap hari sangat berkurang
    TOLONG SEGERA DICABUT KEBIJAKAN INI! KEMBALIKAN KE SISTEM YANG LAMA SAJA.
    TOLONG SETIAP KEBIJAKAN DI ACC DULU DENGAN PIHAK MERCHANT NYA SETUJU ATAU TIDAK!

    BalasHapus
  8. Saya sangat kecewa dengan kebijakan baru Go-Bizz.
    Banyak order tercancel krn waktu terlalu cepat dan signal juga tidak selalu stabil . Sangat merugikan merchant !!!
    Saya minta kembali ke sistem yg lama saja dari customer langsung ke driver .. atau ada aplikasi yang bisa menerima order OTOMATIS!

    BalasHapus
  9. SUNGGUH SANGAT MERUGIKAN MERCHANT.. !!!
    Padahal HP sudah saya standbye kan tetapi cuma bunyi saja, ga muncul tampilannya... Tiba tiba sudah ada cancelan alias BATAL...!!
    mending seperti dulu saja sistemnya guyss....

    BalasHapus
  10. Sudah ada memberikan pin tapi dilayar malah batal... Padahal makan an sudah dipickup driver... Gimna tuh?

    BalasHapus
  11. Menurut saya sangat tdk efisien, karna bisa sj kendala di jaringan, setelah saya lihat ternyata ada saja beberapa pesanan yg di cancel oleh customer mngkin karna jaringan sangat merugikan pihak merchat,,

    BalasHapus
  12. Sy jg br pertama kali ikut gofood jd gk ngerti gmn caranya menerima pesanan begitu ada pesanan masuk lgs buatin sy gk ngerti hrs di accept Krn gk ada tombol terima cm ada menu yg dipesan. Jd sia"pesanan yg sdh dpesan tp lgs dtolak. Sblmnya sy prnh terima order tanpa hrs menekan tombol accept/tdk, tiba"gojekna udh dtg. Jd mohon kebijaksanaannya spy jgn trll cpt...

    BalasHapus
  13. Resto sy kedai bang khalis palembang sering diBATALIN OTOMATIS dan sangat merugikan sy.. baiknya fiturnya diganti menjadi kalau ada orderan gofood masuk ke resto dalam 3 menit tdk ada konfirmasi dari resto maka orderan masuk tsb OTOMATIS diTERIMA, kalau pesanan ada yg tidak sesuai / stok habis 3 mnt resto bisa konfirmasi bahwa stok tdk sesuai..

    BalasHapus
  14. Resto sy setelah super patner secara otomatis aktif di gobiz resto sy. Dalam 2 hri sj tdk ada pesanan dari goojek karena di BATALIN OTOMATIS..
    Itu sngat merugikan resto sy..
    Ada pelanggan tetap sy masih mencoba lg pesan lalu otomatis batal lagi, dan pelanggan tsb masih beli ke resto sy via GRABfood.. ada juga yg tdk beli lg ke resto sy dan beralih ke resto lain..
    Jd itu jg bisa merugikan GOFOOD karena pelanggan beralih ke GRABFOOD, tapi yg pasti dgn dibatalin otomatis yg paling dirugikan adalah pihak resto..
    Jd baiknya fitur batalin otomatis tsb diHILANGKAN dari gobiz..!!!

    BalasHapus
  15. Resto sy kedai bang khalis buka 24 jam. Kalau jam 01.00 s/d jam 05.00 resto sy sering terima orderan dari gofood.
    Dan biasanya driver gojek sdh tau dg resto sy dan mereka langsung datang atau telpon dulu karena sy suatu saat ketiduran, jd orderan tdk pernah BATAL..
    tadi setelah resto sy jd super patner gofood dlm 2 hari sj resto sy tdk ada orderan dari gojek..
    Jd fitur otomatis batal dlm 3 mnt sangat merugikan pihak resto..

    BalasHapus
  16. Sy hanya punya 1 hp, dan hp tsb ter koneksi dg gobiz..
    Semenjak resto sy otomatis jd super patner timbul masalah dibatalin otomatis karena ;
    hp dimainkan anak sy, sy lg main game di hp, sy lg sibuk, hp sy lg di isi baterai/ hp mati, signal hp jelek, lg habis paket internet dan blm sempat beli paket internet karena uang unt kebutuhan yg lain..
    Itu beberapa kasus yg merugikan resto sy, dimana sebelumnya hal spt itu tdk masalah..
    Fitur 3 mnt tdk ada konfiirmasi dari resto yg menyebapkan orderan otomatis batal itu SANGATTTT MERUGIKANNNNNNNN........
    Ubahlah dgn cepat wahai gojekkkk!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  17. Mau tanya kenapa si aplikasi saya eror
    Udah bbrapa driver datang dengan pesanan tp d aplikasi saya tidak ada pesanan sm sekali , saya pernah melayani saya kira mngkin hp saya eror tp d saldo saya jg msh kosong tidak ada transaksi seperakpun

    BalasHapus
  18. Pesanan masuk....tidak ada tanda di terima atau cancel...makanan sudah disiapkan..tau2 dibatalkan.. tolong dibenahi ....ini sangat merugikan penjual !

    BalasHapus
  19. tidak ada notifikasi order masuk, tiba2 datang driver ny baru ada masuk pesanan ... jadi klo gak ada driver yg datang jadi gak ada notikasi orderan yg masuk, apa memang bgtu mekanisme ny??

    BalasHapus
  20. Sistem super partner apakah sudah ada evaluasinya, lebih menguntungkan kedua belah pihak atau malah sebaliknya. Jika malah merugikan sebaiknya ada opsi untuk merchant keluar dari ke ikut sertaan sistem ini, kembali ke sistem sebelumnya yaitu lewat driver dulu.

    Merchant saya tiba2 ikut program ini padahal saya sengaja tidak ingin bergabung saat ada tawaran dari aplikasinya. Dan akhirnya 100% batal otomatis haha

    BalasHapus
  21. Jadi sejak tiba2 dimasukkan ke sistem super partner, hanya dari grabfood yang masuk order ke saya, semua dari gofood batal otomatis..
    Sampe saya berfikir, apa pihak gofood memang masa bodoh dengan order yg masuk, sehingga ada pemaksaan sistem super partner seperti ini tanpa merchant menyetujui atau boleh keluar jika tidak cocok.

    BalasHapus
  22. Jadi superpartner malah rugi gara2 orderan sering terlewatkan karna notif suka gak bunyi. Semoga ada pembaruan sistem dr pihak gojek.

    BalasHapus
  23. Superpatner bikin rugi ada orderan masuk udah dpt driver juga udah disiapinjuga orderany,katanya g bisa dicancel tapi klo kondisi hujan Gonta ganti driver Sampek 3x eh tau2 dicancel otomatis trs gmn tuh udh disiapin makanan udah jadi ternyata cancel otomatis Krn g dpt driver yg ke 4 rugi diresto dong,mending aplikasi yg dulu g ada cancel2 tunggu driver dtng baru bikin,superpatner merugikan

    BalasHapus
  24. Iya... Saya juga baru pemula, saya sangat merasa dirugikan... Padahal hp saya standby... Gak ada notifikasi apa2 eh... Gak lama nyampe sms ada pembatalan pesanan... Tolong donk pihak yg berwenang bisa membuat aplikasi gobiz lebih menguntungkan...setiap hari ada saja yg batal... Padahal hp stand by bingung mah... Sedih.. Orderan sering btl padahal hp standby..

    BalasHapus
  25. Saya malah sedih banget sudah disiapin semuanya ,pas mau pencet pesanan siap,e kepencet batalkan pesanan,mau balikin lg gak bisa disitu sudah tertulis pesanan dibatalkan 😭😭😭

    BalasHapus
  26. 8 orderan tercancel karna suara berisik di dapur+sinyal g pala stabil. Tolong kembalikan systemnya seperti dulu. 😭

    BalasHapus