Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menaikkan Rating Resto GO-FOOD

Cara menaikkan rating GOFOOD sangat penting Anda ketahui sebagai pemilik resto. Berikut sejumlah trik yang bisa Anda upayakan untuk meningkatkan rating resto GOFOOD terbaru tahun 2020.

Berapa rating atau nilai resto Anda di GO-FOOD akan sangat membantu keberhasilan usaha Anda. Semakin tinggi rating resto GO-FOOD, maka akan semakin meningkatkan kepercayaan pembeli dan menaikkan pendapatan Anda.

Rating resto dapat Anda ketahui melalui aplikasi GO-JEK (pilih GO-FOOD). Nah di situ akan ditampilkan rating resto dalam bentuk bintang. Rating yang tinggi menandakan resto tersebut disukai konsumen.

Lantas bagaimana cara meningkatkan rating resto Anda di GO-FOOD? Jawabannya satu: KEPUASAN PELANGGAN. Rating resto Anda akan ditentukan oleh penilaian pelanggan setelah memesan di resto Anda.

Pelanggan akan memberikan penilaian atau rating kepada resto Anda menggunakan fitur rating merchant yang terdapat pada layanan GO-FOOD di aplikasi GO-JEK Pelanggan.

Fitur rating merchant ini digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan restoran Anda. Tujuannya agar Anda dapat mengevaluasi bisnis secara berkala.

Mulai evaluasi dari proses produksi, pelayanan, pemasaran, hingga kinerja restoran berdasarkan rating yang diberikan oleh pelanggan.
Rating hanya dapat dilihat melalui aplikasi Gojek Pelanggan, dan sebagai acuan Anda untuk mengetahui tingkat kepuasan Pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan.
Ini adalah tampilan rating restoran di aplikasi GO-FOOD Pelanggan
Rating yang muncul pada halaman GO-FOOD merupakan akumulasi dari keseluruhan rating yang diberikan oleh pelanggan.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memastikan kepuasan pelanggan dengan memperhatikan rating restoran Anda.

Empat Tips Jualan GO-FOOD Agar Laris Manis

Berikut cara agar mendapatkan bintang di GOFOOD

- Pastikan restoran Anda menggunakan foto menu yang menarik dan relevan.

- Anda telah memberikan keterangan yang jelas dan lengkap pada setiap menu restoran Anda.

- Selalu menonaktifkan menu secara real-time jika salah satu menu di restoran Anda telah habis atau tidak tersedia.

- Selalu memastikan bahwa setiap pesanan Pelanggan sudah sesuai dengan permintaan khusus atau catatan yang diberikan oleh Pelanggan.


Nah, Anda sendiri bisa menambahkan foto pada menu restoran menggunakan fitur Pengaturan Menu. (Fitur Pengaturan Menu hanya tersedia untuk partner GO-FOOD dengan satu outlet saja atau outlet tanpa cabang atau single outlet).

Apabila Anda ingin mengetahui rating pelanggan pada orderan yang sudah selesai pada hari tertentu, Anda bisa memberi tahu pihak GO-JEK dengan melalui aplikasi GO-BIZ. SIlahkan klik bantuan, lalu operasional, dan tekan maksimalkan rating restoran Anda di GO-FOOD.

Geser ke bagian bawah dan cari notifikasi ‘Kami dengan klik e-mail di bawah ini’. Anda bisa mencari tahu rating dari konsumen dalam jangka waktu maksimal satu bulan atau Anda hanya memilih hari tertentu saja.
Cari tahu rating dari konsumen melalui GO-BIZ
Demikianlah informasi mengenai cara memaksimalkan, meningkatkan, atau menaikkan rating resto GO-FOOD Anda. Kiranya bisa menjadi referensi bermanfaaat untuk mengoptimalkan penjualan Anda.

81 komentar untuk "Cara Menaikkan Rating Resto GO-FOOD"

  1. Mas mau tanya reting saya kemarin 4,7 tapi sekarang 4,6 itu kenapa ya mas? Mohon penjelasannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada pelanggan GOFOOD yang membeli di resto dan memberikan rating di bawah 4 bintang...

      Hapus
    2. Saya bingung..kmrin 4.2 hari ini 3.1..pdahal cm trima 2 pelanggan..mogon pncerahannya

      Hapus
    3. Mungkin ada yg kasi rating bintang 1 ky saya

      Hapus
    4. Maf mo tnya. Saya udah udh dpt bntang 4.7, tp tiba2 hari ini turun jadi 3.2, sya nyoba minta laporan rating dr tgl 1 juli tp gak ada 1 pun yg ngsih bintak jelek.. rata2 ngsih bintang 4 atau 5, itu kenapa ya??

      Hapus
    5. Sama aku juga gitu, padahal mereka kaish bagus semua kok rating nya 3,3

      Hapus
  2. Saya juga ngalamin hal yang sama, masalahnya tadi pagi masih 4.7 terus malam ini 4.6...padahl blm ada order masuk dari gofood...bagaimana nh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penilaian pelanggan bervariasi. Kadang-kadang selera mereka beda-beda. Jadi solusinya berikan kualitas rasa dan porsi yang bagus

      Hapus
    2. Tetapi belum ada order sama sekali kenapa bintang langsung turun drastis

      Hapus
    3. wah ada manipulasi rating berarti.. Lbh baik gobiz hilangkan fitur rating

      Hapus
  3. Di aplikasi terbaru sudah tidak ada link untuk "hubungi kami melalu email" untuk mengetahui komentar/penilaian dari pembeli. Informasi tersebut bisa saya dapatkan dimana ya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.go-bizz.com/2019/12/cara-melihat-rating-gofood.html?m=1

      Anda bisa mencoba melalui panduan di atas. Di aplikasi GOBIZ terbaru silahkan buka di fitur bantuan, operasional, maksimalkan rating merchant GOFOOD. Di bawahnya ada pilihan email ke GOJEK.

      Hapus
    2. aplikasi update terbaru ga ada tulisan seperti itu

      Hapus
    3. Iya benar ga ada tulisan cara menaikkan rating

      Hapus
  4. Apakah setiap pelanggan selalu memberi rating bintang setelah membeli ?
    Jika tidak memberi bintang apakah akan menurunkan rating ?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skornya tidak akan dihitung jika pelanggan tidak memberi bintang

      Hapus
  5. Rating saya kapan hari 4.7 trus turun 4,6 .. apa bisa naik lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa naik lagi. Pastikan kualitas rasa dan porsi selalu konsisten. Pasti ada yang kasi bintang lima

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam usaha memang pasti ada yang begitu. Pasti tidak ada yang 100 persen senang. Makanya tidak ada rating 5. Sepanjang resto memberi kualitas dan kuantitas terbaik bagi konsumen, mereka yang usil pasti tertinggal...

      Hapus
  7. Betul .. bisa jadi seperti itu. Mereka sengaja order ke resto kita,,trus kasih kita bintang dibawah 4. Akhirnya berdampak ke bintang kita. Betul kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Dalam usaha memang pasti ada yang begitu. Pasti tidak ada yang 100 persen senang. Makanya tidak ada rating 5. Sepanjang resto memberi kualitas dan kuantitas terbaik bagi konsumen, mereka yang usil pasti tertinggal...

      Hapus
    3. @GO-BIZZ
      Yang usil tertinggal. Amin.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Dan yang suka Cancel pas menu udah jadi juga tertinggal. AMIN.

      Hapus
  8. Kenapa akun saya tidak muncul ratingnya?

    BalasHapus
  9. Kenapa akun sy tdk ada rating untuk bintang ya . Apakah karena masi baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama akun saya baru muncul rating $$ blm ada bintang. Apa karena masih baru ya?

      Hapus
    2. Mohon bantu jawab. Sy jg mengalami hal yg sama. Pdhl beberapa cust yg sy tau, mrk sdh memberikan testy rating ke sy tp sampai saat ini warung sy sdh berjalan sebulan blm muncul jg ratingnya. Apa benar krn warung kami br buka? Apa membutuhkan wkt utk dpt rating?

      Hapus
  10. dapet benner gofood brpa lama yaaa, kebetulan ini masih baru ,bintang masih 4.6 / 10+

    BalasHapus
  11. Saya newbie di Go Food, 1 minggu belum ada rating.. Biasa berapa lama udah ada ratingnya? Penjualan sudah 30 transaksi

    BalasHapus
  12. sama nih saya bergabung kurang lebih 2 bulanan tp ga dapet2 rating. sy tny tmn sy yg beli ga ad kolom buat penilaian rating resto di gofood beda sama grab. Ada yg tau knp? apakah hrs lama berjualan dlu bru dpt? mohon ilmunya thankyou

    BalasHapus
  13. Saya baru mau mendaftar.. tapi saya tidak memiliki spanduk saya hanya memopo makanan nya aja apa boleh?? Atau wajib memakai spanduk di depan toko

    BalasHapus
  14. Mw tanya,rating yg tmpil di gofood itu terredah sampai brp yah?kan gk bgs juga klo smpe pelanggan liat misalnya rating qta yg rendah..apa ada range nya ,,krn menurut sy kdg ada pelanggan yg tegaa ksh bintang 1

    BalasHapus
  15. Kenapa rating saya turun dari 90+ jadi 70+ kenapa ya ? Dan dimana saya bisa melihat komentar dari pelanggan ? Agar saya tau kekurangan dari resto saya. Makasih.

    BalasHapus
  16. Saya juga mau menanyakan hal yang sama. Kenapa penilaian rating bisa turun. Dari 30+ jadi 20+
    tapi bintang ttep sama. 4.5

    BalasHapus
  17. Resto saya juga, rating dari 50+ jadi 40+ tetapi bintang tetap sama 4,6. Itu kenapa ya, mohon pencerahannya. Terima kasih

    BalasHapus
  18. Rating 100+ kok turun jdi 90+ ya???

    BalasHapus
  19. Apakah resto yang ada rating nya harus di atas 1bulan 2bulan 3 bulan ??
    Bagaimana dengan new resto goofod yang tidak terlihat ratting nya? Apakah pemilik resto bisa melihat ratting yang di kasih pelanggan nya ???? Terimakasih

    BalasHapus
  20. rating 500+ maksudnya apa ya?

    BalasHapus
  21. Hello admin... Saya mencoba peruntungan buka resto sampai tengah malam! Tapi ko ga keliatan ya di akun cust. resto yang masih buka ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin resto bpk/ibu belum ada rating nya jadi nggak kelihatan teratas saat di aplikasi customer

      Hapus
  22. Mimin kemarin dapet orderan paket hemat tetapi mimin lupa kasih nasi nya dikarenakan rame resto saya Mimin mau tanya kalau resto mendapatkan stars 1 dan 2 gimana ya?

    BalasHapus
  23. min saya baru aktif 2hr dan kalo saya lihat dr gofood blm ada ratingnya lalu bagaimana ya biar saya bisa lihat rating pembeli krn saya butuh sekali lihat itu untuk perbaikan setiap harinya.

    BalasHapus
  24. kenapa tiba tiba restoran saya di aplikasi customer hilang setelah update nama resto

    BalasHapus
  25. Ya benar apalagi jika ada resto di dekat kita dengan menu yg sama, misal persaingan tidak sehat mereka suruh orang beli trus jelekin biar bintang kita turun jatuh, saya harap bintang di resto sebaiknya di hapus saja,kasian yg makanan enak di usilin performa resto turun.

    BalasHapus
  26. Kenapa rating selalu turun padahal menu dan catatsn dr costumer udah sesuai .48.4.7.4.6.4.4.4.5 4.3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun begitu, menurun dari 4,6 sekarang di 4,3

      Hapus
    2. Sama... , Kenapa ada orang yg bersaing dengan cara Ndak sehat, astaghfirullah. Dari 4,7 sekarang 4,3

      Hapus
  27. Biar pun Bintang turun , dia akan tetap menjadi Bintang yang selalu bersinar di langit.

    Tetap semangat , Jangan nyerah,
    Usaha dan doa .

    dan ----

    Tuhan Maha adil .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Super.....����������

      Hapus
  28. Di grab food rating saya aman 4.9 atau turun 4.8 trus naik lagi.. di gobiz sy rasa ada yag gk beres, rating saya turun sampe 3.9 parah banget..mungkin klo aplikasi gojek iti terlalu mudah bikin akun jd gampang usilin dan bikin fake order.. beda sm grab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang sedih banget rating sebelumnya saya 4,7 itu juga susah bangunya. Skrmg 4,5. Beda sama grab selalu flat ga diturun2in

      Hapus
    2. di GoFOOD semua rating itu settingan bos, ga ada yg real,,, contoh di HP ane resto ane 4,8 tapi di HP beberapa org resto ane ratingnya 4,6, dan begitu sebaliknya,, so yg rating bagus sepi order karena dilihat ratingnya jelek, tp yg rating jelek rame order karena dilihatnya ratingnya bagus,,coba deh agan2 pada ngrasa ga??? rating bagus tapi sepi order,, cuma permainan boss itu

      Hapus
  29. Mengenai masalah rating gofood ini
    Bisa gak d buatkan system jika customer ingin memberikan rating rendah apalagi bintang satu agar d buatkan form khusus wajib mengisi ulasan alasannya agar next qt sbagai pihak toko bisa memberbaiki diri utntuk lebih baik lg
    Juga bisa menghindari customer nakal yg asal2an memberi rating
    Jadi jika tidak mengisi ulasan, pemberian rating bintang satu bisa dtolak system secara otomatis
    Trimakasih

    BalasHapus
  30. Punya saya juga gitu.. dari 4.6 turun jadi 4.5, 4.4, sekarang 4.3.. terus naik lagi jadi 4.5, turun lagi jadi 4.4.. sekarang masih di rating 4.3.. kayaknya naik turunnya juga cepet.. misal ga ada pembeli atau sepi pembeli gitu.. rating juga bisa ikutan turun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama punyaq juga gitu selama awal buka retingnya sllu 4,6 trz naik 4,7...lah kemarin itu bisa turun drastis 4,2.dan kesokanny udah naik 4,3 dan skrg udah naik 4,5.kok bisa ya

      Hapus
    2. Se nasib kita .. sy pun bertanya2 ..hehehe

      Hapus
  31. resto kami bintang 4.6 dan ada resto tetangga baru buka jualannya sejenis, belum dapat lama jg dapat bintang 4.1dan anehnya ketika cek lokasi dimana saja bahkan di tempat resto saya sendiri, resto tetangga selalu di tampilan paling atas, mohon konfirmasi tentang hal ini, oh ya satu lagi resto sy pernah satu kali tampil di atas resto tetangga, tp ada saja customer yg membatalkan pesanan, walaupun hp saya pegang

    BalasHapus
  32. Baru 1 bulan ikut gofood sudah 4,3 allhamdulilah berapapun bintang nya saya tetap bersyukur banyak orang mengapresiasi usaha saya, trimakasih,

    BalasHapus
  33. Dear gobiz

    Ini sangat janggal sekali. Mohon penilaian rating di buat secara benar. Saya punya 2 resto. Resto utama selalu rating 4.5 atau 4.6 tiba tiba turun menjadi 3.1 sedangkan laporan bulanan terakhir hanya ada bintang 5 dari pembeli. Lalu resto kedua saya itu sudah off beberapa bulan dan blm ada rating sebelumnya, tapi sekarang ratingnya 4.4? Anda bercanda? Yang utama malah jelek sekali tanpa alasan mau mematikan rejeki oranglain. Pantas saja resto saya sepi bukan main. Tolong penjelasannya!!

    BalasHapus
  34. Tolong gobizz evaluasi.. Penurunan rating sepihak tanpa penjelasan yg detail adalah semena mena, sedangkan dmn kita penjualan naik income juga buat 2 belah pihak..

    Evaluasi juga fitur 3 menit mencari driver dikala hujan orderan banyak
    Banyak sekali batal orderan, anda sangat berharga dimata kami untuk memajukan ekonomi bawah

    BalasHapus
  35. Apakah ada perbedaan rating resto melalui gofood (memesan dari rumah) dan merating langsung melalui gopay/qris?

    BalasHapus
  36. Misalkan ada 100 ulasan ,dan yang memberi rating jelek hnya 3 orang tapi turun bintangnya drastis dari 4,7 sampe skrng 4,1 gimana perhitungan nya

    BalasHapus
  37. Sistem gojek emang udah gila, Ditambah sekarang ada pitur dimana driver bisa ngasih rating ke resto,

    BalasHapus
  38. Kenapa sekarang pemberian rating lebih berat ke performa resro ya? 60% itu siapa yg kasih nilai? Knapa ga pake full rating dari konsumen sih? Atai setidaknya 50:50 lah... knapa jd berat sebelah, dan penilaian performa kan ga bs dilihat sm owner resto. Yg dikirim ke email hanya rating dr konsumen aja. Jd ga transparan penilaiannya

    BalasHapus
  39. Coba tlong di benahi sistem nya rating kok turun nya cepet banget laporan bulannan banyak custmer bintang 5 kok tetep aja turun rating resto saya....gimana min solusinya

    BalasHapus
  40. Kadang mrasa aneh....yg mrasa puas atau enak...tidak memberikan rating...tp klo mrasa tidak cocok dilidah...langsung dikasih bintang yg tidak bagus....itu mnurut saya tidak relevan dan tidak adil......

    BalasHapus
  41. Saya Terima kasih sekali sama gobizz, awal usaha iseng iseng saja, modal pas pasan, tetapi setelah 2 minggu rating saya udh muncul, dan sekarang saya udh punya 4 cabang, seneng sekali deh.. Bagi temen temen yang mau naikin rating, saya bs bantu, tanpa imbalan atau apapun.. Pokoknya saya kasih saran saran yg pasti bs membantu.. Bisa hubungi nomor saya di WA 083873070538..swya hanya mau bantu temen teman yang mau coba berusaha dari 0.jangan pernah berfikir hrs modal besar dan sebagainya, yg penting kemauan untuk berusaha. 😉😉.

    BalasHapus
  42. Saya jual mie ayam rating selalu 4,8. Kemudian turun drastis per bulan Juni jadi 4,1 padahal mayoritas kasih bintang 5, Langsung sepi,karena saya memang jualan cuma dirumah aja. Dari 4,1 mw naikin lagi itukan gak gampang pak,anda potong rating saya terlalu jauh 0,7 poin. Tulunglah gobiz lagi pandemi gin jangan bikin peraturan yg menyulitkan UKM kecil. Tolonglah berpihak pada UMKM sedikit. Dan menurut saya sistem penilaiannya 60% performa, 40% penilaian review itu agak kurang fair hanya menguntungkan merchant besar yg emang operasionalnya rapih. Yg saya bingung walaupun sistem penilaian sudah dirubah, tapi Di aplikasi gofood disebelah pojok kanan atas tiap resto masih tertera tulisan seperti ini "rating sekian dari sekian review".contoh:rating 4,1 dari 40+ itukan artinya si costumer akan menganggap bahwa rating 4,1 tertera adalah hasil dari 40+ orang dirata2. Padahal sebenarnya artinya sudah tidak demikian, 4,1 bukan hasil dari rata2 lagi, tapi ada faktor 60% penilaian subjektif gofood. Itu bukanya tidak transparan dengan pelanggan2 Anda sendiri ya, jadi rancu dan mengarah ke pembohongan konsumen gak sih? kan... Dengan sistem penilaian yg baru bisa saja rating 4,5 itu sebenarnya rating aslinya cuma 3, sekian tapi dikatrol sama 60% penilaian gofood, tapi costumer mikirnya itu makanan enak, padahal rating 3 koma yg hasil katrol. Bisa ajakan?? Tulung ditampilkan ya komen saya, karena komen saya sebelumnya gak tampil tuh..btw ini saya kalau mw mengajukan usul harus DM ke siapa ya? Ada gak petinggi gofood/gobiz yg hatinya masih sedikit ada rasa berpihak ke UKM kecil di tengah pandemi. Merchant besar bayar 20% kaminjuga bayar 20% kok. Mohon buatlah peraturan yg menguntungkan kedua pihak, jangan hanya yg menguntungkan merchant besar saja,tx

    BalasHapus
  43. Saya jual mie ayam rating selalu 4,8. Kemudian turun drastis per bulan Juni jadi 4,1 padahal mayoritas kasih bintang 5, Langsung sepi,karena saya memang jualan cuma dirumah aja. Dari 4,1 mw naikin lagi itukan gak gampang pak,anda potong rating saya terlalu jauh 0,7 poin. Tulunglah gobiz lagi pandemi gin jangan bikin peraturan yg menyulitkan UKM kecil. Tolonglah berpihak pada UMKM sedikit. Dan menurut saya sistem penilaiannya 60% performa, 40% penilaian review itu agak kurang fair hanya menguntungkan merchant besar yg emang operasionalnya rapih. Yg saya bingung walaupun sistem penilaian sudah dirubah, tapi Di aplikasi gofood disebelah pojok kanan atas tiap resto masih tertera tulisan seperti ini "rating sekian dari sekian review".contoh:rating 4,1 dari 40+ itukan artinya si costumer akan menganggap bahwa rating 4,1 tertera adalah hasil dari 40+ orang dirata2. Padahal sebenarnya artinya sudah tidak demikian, 4,1 bukan hasil dari rata2 lagi, tapi ada faktor 60% penilaian subjektif gofood. Itu bukanya tidak transparan dengan pelanggan2 Anda sendiri ya, jadi rancu dan mengarah ke pembohongan konsumen gak sih? kan... Dengan sistem penilaian yg baru bisa saja rating 4,5 itu sebenarnya rating aslinya cuma 3, sekian tapi dikatrol sama 60% penilaian gofood, tapi costumer mikirnya itu makanan enak, padahal rating 3 koma yg hasil katrol. Bisa ajakan?? Tulung ditampilkan ya komen saya, karena komen saya sebelumnya gak tampil tuh..btw ini saya kalau mw mengajukan usul harus DM ke siapa ya? Ada gak petinggi gofood/gobiz yg hatinya masih sedikit ada rasa berpihak ke UKM kecil di tengah pandemi. Merchant besar bayar 20% kaminjuga bayar 20% kok. Mohon buatlah peraturan yg menguntungkan kedua pihak, jangan hanya yg menguntungkan merchant besar saja,tx

    BalasHapus
  44. Resto saya masih blom ada bintangnya, padahal sdh lebih dari 1 bulan, kenapa ya?

    BalasHapus
  45. pak kenapa store sy ga ada ratingnya ya? gmn munculkannya?

    BalasHapus
  46. Dlu sy aktif rating 4,7 langsung drastis 4,3 lgsg sepiiiiii... Jd males jualan....klo menurut sy mendingan dihapus rating deh... Klomaj kasih masukan lgsg ke resto aja, misalnyadi buat fitur complain jd lebih membangun restonya... Klo rating kecil pd males beli khususnya pelanggan pertama yg belum pernah beli

    BalasHapus
  47. Saya baru buka toko 1 bulan lebih, sudah beberapa pelanggang saya memberikan bintang 5 dan komen,kenapa di rating toko saya belum tercantum bintang nya?

    BalasHapus
  48. Apakah rating ini Berpebaru pada resto semakin kecil rating resto semakin gk ada yg mah beli dan smkin gede banyak yg beli.
    Saya baru dpt 10 ulasan trus juga bintang nya 4&5 trus ko d bwah 4 ya rating cuma 3.8 kenpa ya bantu jelaskan donk

    BalasHapus
  49. admin nya pingsan...ngapain loe pada komeng di mari, percuma gak ada yang nanggepin...

    BalasHapus