Ini Syarat Pencairan Insentif Kartu Prakerja Juni 2020

Dana insentif kartu prakerja pada Juni 2020 ini belum cair. Keterlambatan ini diakibatkan sejumlah hal. Lantas apa syarat agar insentif prakerja segera dicairkan?
Ini Syarat Pencairan Insentif Kartu Prakerja Juni 2020

Pelaksanaan program Kartu Prakerja sudah berjalan selama 3 (tiga) gelombang. Banyak peserta yang telah menyelesaikan pelatihan dan menerima insentif tahap pertama.

Sesuai jadwal, pencairan insentif Rp600 ribu akan disalurkan sebulan sekali selama empat bulan. Hanya saja, jadwal pencairan tahap dua mengalami keterlambatan.

Insentif peserta prakerja bulan kedua yang harusnya sudah cair pada Juni 2020 ini, hingga hari ini belum ditransfer ke rekening BNI atau e-wallet yang didaftarkan.

Peserta pun belum mendapatkan kejelasan kapan waktu yang pasti pencairan bisa terealisasi. Sebab banyak dari mereka yang telah menyelesaikan seluruh pelatihan.

Menurut informasi berita prakerja terbaru, ada sejumlah syarat yang harus dituntaskan pelaksana agar insentif tahap dua bisa disalurkan.


Syarat Pencairan Insentif Prakerja

Dalam diskusi virtual yang diselenggarakan pelaksana, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengakui, pencairan insentif bulan kedua memang mengalami keterlambatan.

Alasannya program tersebut sementara dalam proses evaluasi oleh komite prakerja dan lembaga pengawas. Masih ditemui sejumlah permasalahan yang harus diselesaikan sebelum program ini bisa dilanjutkan kembali.

"Kalau sudah sama (NIK yang didaftarkan di program Kartu Prakerja dan pada nomor rekening), tapi kenapa belum dibayar? Itu termasuk di dalam, kenapa kita belum bisa membuka pendafataran gelombang IV. Ini karena sedang direview oleh komite bersama lembaga pengawas," ujar Denni.

Denni mengakui bahwa banyak peserta yang mempertanyakan kenapa insentif bulan kedua belum cair, padahal seluruh syarat seperti NIK dan nomor rekening sudah sama.
Tapi kenapa belum? Sama. Karena ini tentang uang negara, saya hanya mengikuti kebijakan komite yang sedang review bersama dengan lembaga pengawas

Dia pun belum bisa memberikan estimasi kapan waktu pencairan insentif yang pasti. Oleh karena itu, dirinya meminta kerja sama para peserta untuk memastikan bahwa telah melakukan proses verifikasi data rekening bank maupun e-wallet.

Dengan memastikan nomor induk kependudukan yang didaftarkan sesuai dengan yang dimiliki, maka evaluasi dan perbaikan bisa terbantu lebih cepat diselesaikan. Sehingga program ini sudah bisa dilanjutkan.

Evaluasi dan perbaikan menjadi syarat dari lembaga pengawas bersama komite bagi pelaksana program kartu bisa melanjutkan program ini.

Sebelum dihentikan sementara, program kartu prakerja sudah diikuti 680.918 peserta dari gelombang pertama hingga ketiga. Pemerintah merencanakan membuka program ini hingga 30 gelombang.

Dengan target sebanyak 5,6 juta peserta dari pembukaan April 2020 sampai November 2020. Nah, peserta nantinya akan mendapatkan insentif pelatihan dan survei dengan total sebesar Rp3,55 juta.

Itulah yang menjadi informasi terbaru mengenai insentif kartu prakerja pada Juni 2020 ini yang belum cair beserta penyebab keterlambatannya. Semoga membantu.

1 Komentar untuk "Ini Syarat Pencairan Insentif Kartu Prakerja Juni 2020"

  1. insentif staatus GAGAL tanpa ada kejelasan apapun...PHP samaa rakyat kecil

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel