Insentif Prakerja Bulan Juni 2020 Belum Cair, Ini Info Terbaru

Insentif Kartu Prakerja bulan Juni 2020 ternyata belum cair. Apa penyebab dan kapan waktu pasti pencairan, berikut informasinya.
Insentif Prakerja Bulan Juni 2020 Belum Cair

Program Kartu Prakerja sudah berjalan selama 3 (tiga) gelombang. Saat ini sementara menunggu kepastian dari pemerintah kapan jadwal prakerja gelombang ke 4 akan dibuka.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Purbasari mengatakan, pada gelombang tiga, sebanyak 224 ribu telah diterima sebagai peserta Kartu Prakerja.

Sehingga apabila ditotal, jumlah penerima manfaat Kartu Prakerja dari gelombang 1 sampai 3 adalah sebanyak 680 ribu orang.

Sementara itu, sudah banyak peserta yang telah menerima insentif perdana setelah menyelesaikan pelatihan tahap pertama.

Peserta menerima insentif Rp 600 ribu dikirim dari pihak prakerja langsung ke rekening BNI atau e-wallet GoPay, Ovo, dan LinkAja yang terdaftar.


Insentif 600 ribu ini diketahui akan disalurkan kepada setiap bulan (selama 4 bulan) setelah peserta menyelesaikan pelatihan tahap pertama.

Hanya saja pada Juni 2020, banyak peserta melaporkan bahwa belum menerima insentif tahap kedua. Padahal sesuai jadwal penyaluran insentif, harusnya insentif prakerja sudah disalurkan.

Kapan Insentif Prakerja Bulan Juni 2020 Cair?

Akun Instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id, dibanjiri pertanyaan dan keluhan terkait jadwal insentif tahap dua serta kapan gelombang ke empat dibuka seperti di bawah ini.




Menjawab berbagai protes yang disampaikan peserta, admin @prakerja.go.id memberikan jawaban yang boleh dikatakan masih gamang bagi peserta, yaitu:
Mohon maaf atas tidak kenyamananmu. Saat ini pembayaran insentif selanjutnya akan dilakukan setelah proses evaluasi program selesai dilaksanakan oleh pemerintah. Terima kasih atas kesabaranmu ya," tulis admin Prakerja
Sontak jawaban admin ini pun mengundang reaksi warganet. Mereka mempertanyakan perkiraan atau estimasi kapan penyaluran tahap dua bisa dilakukan.


Hanya saja pertanyaan ini enggan direspon admin dengan jawaban meyakinkan. Hal ini dapat dimaklumi sebab proses evaluasi program belum selesai dilaksanakan oleh pemerintah.

Keluhan peserta prakerja sendiri dapat juga dimaklumi. Karena saat ini, banyak yang sulit memenuhi kebutuhan sehari-hari akibat tiddak bisa bekerja di masa pandemic Covid-19.

Itulah informasi mengenai insentif Kartu Prakerja bulan Juni 2020 yang belum bisa disalurkan. Kita doakan bersama supaya segera ada kejelasan mengenai penyaluran insentif tahap kedua.

31 Komentar untuk "Insentif Prakerja Bulan Juni 2020 Belum Cair, Ini Info Terbaru"

  1. iya nih insentif kartu prakerja bulan juni ini saya juga belum diterima,,hareudaaang....😭

    BalasHapus
  2. Bulan Juni ini saya sudah terima... terima nasib dengan lapang dada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang pada becanda anda malah serius..

      Hapus
    2. Yang sabar sayabjuga belum cair

      Hapus
  3. Syedih deh kalo di ceritainmah..ga mikir apa bayar kontrakan dan buat makan gabisa di tunda"..
    Kenapa sih pemerintah doyanya phpin terus masyarakat..
    Lekas sadar aja deh buat para petinggi" disana.

    BalasHapus
  4. Coba lah segera cair kan ,karna insentif ini bagi orang yang membutuhkan ,n rakyat kecil kadang kadang sudah d jamin kan untuk bayar sesuatu atau keperluan lain

    BalasHapus
  5. Kemana harus mengadu....jangankan kerja,,prakerja ja ribed...insentip yg di harapkan tuk menopang beban sehari hari sampe saat ini hanya harapan hampa...duitnya kemana...duitnya kemana....di kemanakan duitnnya?????

    BalasHapus
  6. Yang lain BLT & BST udah cair malah udah habis,,gak lama cair lagi.nah prakerja smpe skrng gak cair2.pemerintah mau bantu atau gimana sih ? emangnya kebutuhan pokok rakyat kecil hrus menunggu evaluasi pemerintah ya,yg gak tau selesainya kapan 👎👎

    BalasHapus
  7. Kabanyakan wacana dan janji..janji dan janji.skrang alasan evaluasi segala.. KAMI rakyat kecil..perlu bukti bukan PHP.
    bgaimana nasib kami yang rumah ngontrak...smpai skrg aja insentif kedua tdk cair2.

    BalasHapus
  8. saya mnunggu2 insentif bulan ke 2cair mau beli keperluan anak sekolah ad 3 anak..

    BalasHapus
  9. Janji hanya sekedar janji belaka.. mau sampai kapanpun awalnya doang dijalanin.. sisanya mangkrak

    BalasHapus
  10. Padahal ini di harap kan betul,,,tp sampai saat ini tidak ada kepastian

    BalasHapus
  11. Tolong lah secepat nya di cair kan masa kalian ga kasian sama kami rakyat kecil apalagi saya umur saya uda 40 an berat badan saya 114 kg mau krja ga ada yg mau nrima saya yg brharap insentif yg ke dua buat modal dagang untuk menyambung hidup tolong di cair kan min

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Saya rakyat kecil korban Phk sangat berharap kepada pemerintah terutama kpd yg terhormat bpk presiden dan pihak kemensos...saat ini di masa pandemi cuma prakerja satu satunya harapan saya untuk bs membantu kelangsungan hidup saya dan keluarga...anak saya 3 dan terasa sekali di masa pandemi yg sudah hampir berjalan hampir setangah tahun ini ...kebutuhan hidup untuk makan harus terpenuhi saya blm pernah dan tidak pernah menerima bantuan apapun dari dulu dari pihak desa saya...banyak bansos ada BLT ada PKH ada sembako ada bantuan covid ada jg dulu bedah rumah dan lainnya boro boro saya menerima di daftarpun tidak....di satu sisi harus mikir biaya sekolah anak2 yg memasuki tahun ajaran baru...walopun sekolah blm di buka normal tapi pd ahirnya jg harus ttp membayar uang pendaftaran uang seragam dan lainnya..blm lagi listrik blm lg gas yg nota bene klo beli gas pasti saya perhatikan gk pernah full ukurannya dan entah kenapa bs spt itu dr dlu..blm lg kebutuhan lainnya sementara kami msh menganggur dan perlu di ketahui klo untuk mendapatkan prakerja itu tdk semudah spt mendapatkan Bansos lainnya yg saya kira mudah apa lg banyak yg dapat bansos krn faktor nepotisme.
    Untuk bs mendaftarkan prakerja benar benar memerlukan perjuangam yg benar2 sangat menguras waktu tenaga fikiran dan biaya buat kuota jg bahkan berdarah2 untuk orang spt saya sbg masyarakat wong alit...dr mulai bikin akun mendaftar sampai bisa login harus verifikasi segala setelah itu harus ikuti tes kemampuam dasar dan bs sambungkan rekening kemudian harus memgikuti pelatihan setelah itu harus tes sampe lulus exam dan harus isi surve penilaian rating sampe harus dapat sertifikat...itu smua benar benar berat perjuangannya...beda jauh dengam cara mendapatkan bansos lainnya..klo pra kerja gk benar2 cerdas dan teliti gk bakal dapat dan banyak yg gagal di tengah jalan.
    Dari itulah saya mohon sekali kpd yg mulia bpk presiden dan kemensos untuk segera mencairkan insentive nya terutama yg tahap ke 2...jangan sampe kehidupan orang seperti saya tambah terpuruk di masa pandemi ini...masih harus mengikuti protokoler kesehatan hrs beli masker pdhl buat makan bayar listrik aja sudah susah...pekerjaan makin susah di cari ...mohon secepatnya di cairkan sesuai jadwal yg sudah ada..jangan mundur mundur tertunda terus..sudah hampir 2 minggu tidak cair2 sesuai jadwal.
    Memang sakit jd orang gk punya.
    Tolong pj presiden perhatikan kami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidup bapak ini hidup, cagur bahasa indonesia cerpen yg baik

      Hapus
  15. Untuk mendapatkan Kartu Prakerja penuh perjuangan dan keberuntungan. Sungguh ironis melihat kenyataan ternyata peserta Kartu Prakerja tidak diperbolehkan mendapat bantuan sosial lain yang besarannya serupa seperti BST dan BLT dengan waktu terima telah diperpanjang hingga Desember 2020 (sekitar 9x).
    Jujur andai tahu kenyataan ini saya akan memilih BST dan BLT yang tidak memerlukan usaha maksimal untuk mendapatkannya apalagi jika dibandingkan metode pencairan yang jauh lebih mudah dan tidak berbelit-belit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,, tau gitu tidak daftar,, BST saya akhirnya di cabut.. Mengharapkan yg prakerja malah masih zonk 😥😥

      Hapus
  16. kecewa bgt sih , bulan mei kemarin blm sampai tanggal H cair sudah di cairkn skrg sudah lewat kenapa digantung kan gk enak, kebutuhan urgent aja gk bisa di pending" , kapan sih pemerintah memprioritaskn kami rakyat kecil seadil"nya

    BalasHapus
  17. Apakah l untuk pencairan insentif, Selalu jauh meleset dari yang sdh direncanakan. Tdk bisakah diusahakan tepat waktu atau kalau toh ada meleset tdk terlalu jauh..? (Misal toleransi +3 hari). Hrs-kah tiap pencairan semua mengeluh dan tanya2 dan tulis di medsos menanyakan kapan diterimanya?. Hrs-kah seperti itu. Tdk bisakah buat system yg baik hingga kendala tersebut bisa diatasi. Saya yakin org2 yg ditunjuk pemerintah adalah orang yg sdh ahlinya. Tmks.

    BalasHapus
  18. Apa karena sudah masuk new normal maka perjanjian pemerintah memberikan insentif kartu prakerja jadi di batalkan???

    BalasHapus
  19. Jawaban admin lucu. Yang udah nerima insentif kenapa hrs ikut d evaluasi? Evaluasi apanya yg udah lolos dan udah menerima insentif yang pertama? Jangan banyak membodohi masyarakat di saat seperti ini.

    BalasHapus
  20. Insentif bulan pertama sudah keluar, kenapa bulan kedua belum? Seharusnya yg namanya pertama udh keluar yaa seterusnya ikut dong, knpa harus ditahan" ? Apa pemerintah takut duitnya habis? takut gak kebagian duitnya gitu? Wahai para pemerintah tolong dimengerti rakyat kecilmu yg lgi susah dalam masa pandemic covid 19 ini, tolong beritahu jelasnya kapan bulan kedua turun...

    BalasHapus
  21. Tahap pertama bulan Juni yang tertanggal 15 Juni aja blm diproses kok tahap 2..hadehhh pada di kemanain dana prakerja..masuk kantong siapa ya..awas rawan korupsi

    BalasHapus
  22. Pemerintah coba tunjukkan keprihatinan anda kepada kami rakyat kecil.. tolong renungkan sama kalian semua wahai pemerintah

    BalasHapus
  23. Insentif akan segera cair pekan ini. Masuk gak ya.
    https://www.go-bizz.com/2020/06/insentif-kartu-prakerja-cair.html?m=1

    BalasHapus
  24. Bajingan.....sy intensip pertama aja blm di cairkn.....pdhl sdh menyelesaikan sglnya....sambung rekening sambung rekening itu doank bhsnya bangsat...pdhl sy pake ovo

    BalasHapus
  25. Bener ga sih kartu prakerja ini, semuanya bermasalah, dari sertifikat sampai dengan pencairan selalu bermasalah, apakah program cuma tipu 2 belaka. Php in doang.

    BalasHapus
  26. Moho di bantuan nya insentif yang bulan Juni tanggal17 kok belum cair saya dah buat ulasan dan juga bulan Juli kok belum di proses tugas dah selesai mohon dibantu..(•‿•)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel