KABAR GEMBIRA! Insentif Prakerja Cair Pekan Ini

Insentif Kartu Prakerja akan dicairkan mulai pekan ini kepada peserta. Jangan lupa cek rekening BNI atau e-wallet GoPay, Ovo, LinkAja yang Anda daftarkan.
Kapan Insentif Prakerja Dicairkan

Pelaksanaan program Kartu Prakerja telah berlangsung selama 3 (tiga) gelombang. Hanya saja, pendaftaran gelombang 4 (empat) masih ditunda. Menunggu evaluasi dan perbaikan selesai baru dilanjutkan.

Bersamaan dengan penundaan pendaftaran gelombang 4, pemerintah juga menangguhkan sementara pembayaran insentif kartu prakerja kepada peserta.

Peserta yang mendapat penangguhan insentif ada dua jenis. Yaitu pertama mereka yang baru menyelesaikan pelatihan satu kali dan belum pernah menerima insentif 600 ribu.

Kedua, peserta yang telah menyelesaikan minimal 2 pelatihan. Mereka sudah menerima transferan 600 ribu bulan pertama, namun belum mendapat pembayaran bulan kedua lantaran penundaan ini.


116.762 Peserta Belum Terima Insentif

Kabar gembiranya, pada pekan berjalan ini, antara 23 sampai 28 Juni 2020, insentif kartu prakerja segera akan dikirim ke rekening BNI atau e-wallet GoPay, Ovo, LinkAja milik peserta.

Kepastian ini disampaikan Deputi Bidang Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin.

Pihaknya berjanji akan segera mencairkan insentif bagi para peserta pada pekan ini.

“Ada beberapa orang yang belum dibayarkan insentifnya. Ini akan kita keluarkan mungkin dalam minggu ini untuk bayarkan insentif tersebut,” kata Rudy dalam video conference, Senin 22 Juni 2020.
Sebagai informasi, sebanyak 477.971 peserta sudah menuntaskan satu pelatihan dan telah mendapat sertifikat. Namun dari jumlah itu, baru 361.209 peserta telah menerima insentif. Sisanya 116.762 belum dibayar sama sekali.
Sementara mereka yang telah menyelesaikan minimal dua sampai empat kali pelatihan, terbilang sudah banyak. Namun tidak diketahui pasti apakah mereka juga akan menerima transferan insentif bulan kedua, pekan ini.

Pembayaran insentif prakerja serta pendaftaran gelombang ke empat ditangguhkan sementara atas usulan komite kerja dan lembaga pengawas.

KPK telah menyurati Menteri Koordinator Perekonomian dan merekomendasikan pendaftaran gelombang IV dihentikan sementara. KPK meminta dilakukan evaluasi dan perbaikan pada gelombang sebelumnya.


Kendati demikian, atas desakan peserta prakerja disertai pertimbangan pihak manajemen pelaksana, maka telah diminta persetujuan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto untuk mencairkan insentif peserta yang telah menyelesaikan pelatihan.

Dipastikan Menerima Pekan Ini

Sehingga pencairan tersebut tak perlu lagi menunggu verifikasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Peserta yang telah menyelesaikan pelatihannya dan belum mendapatkan insentif, dipastikan akan menerimanya pada pekan ini.
Tidak perlu menunggu proses verifikasi pembayaran pelatihan yang menunggu BPKP, tadi pagi kita tetapkan dengan komite mengenai persetujuan insentif yang belum untuk batch I sampai III," sebut Rudy.
Nah apakah pencairan insentif Kartu Prakerja benar-benar akan terealisasi mulai pekan ini, kita tunggu saja. Semoga bukan sekadar janji.

Belum ada Komentar untuk "KABAR GEMBIRA! Insentif Prakerja Cair Pekan Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel