Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kapan Dana PKH 2022 Cair, Januari Tanggal Berapa Saja? Ini Informasinya

Banyak masyarakat bertanya kapan dana PKH tahun 2022 cair? Pencairan pada Januari tanggal berapa saja? Simak informasinya.

Kapan Dana PKH 2022 Cair, Januari Tanggal Berapa Saja

Pencairan dana Program Keluarga Harapan (PKH) mulai disalurkan pada Januari tahun 2022 ini. PKH adalah program bantuan sosial (bansos) yang rutin setiap tahun untuk membantu masyarakat kurang mampu.

Pada tahun 2022 ini, pemerintah melalui Kemensos telah menganggarkan Rp28,7 triliun dana PKH kepada 10 juta penerima manfaat.

Masyarakat miskin menjadi sasaran utama penyaluran Bansos PKH. Yakni mereka dengan kategori anak usia dini, siswa SD hingga SMA, penyandang disabilitas, ibu hamil dan lansia.

Pemerintah mengharapkan Bansos PKH dapat membebaskan masyarakat dari jerat kemiskinan melalui layanan pendidikan hingga kesehatan.

Mereka yang memenuhi syarat yang ditentukan Kemensos, akan mendapatkan dana PKH sampai Rp3 juta per orang. Bahkan jika seluruh anggota keluarga melengkapi seluruh persyaratan, maka bisa mendapatkan hingga Rp10,8 juta loh.

Cara Daftar PKH Online 2022 Lewat HP Android

Jadwal Pencairan PKH 2022 Tahap 1

Pemerintah memang mengadakan program ini secara rutin setiap tahun. Hanya saja di masa covid-19 seperti sekarang, banyak masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan ini.

Oleh karena itu, tidaklah mengherankan walaupun baru memasuki awal Januari tahun 2022, masyarakat sudah sangat menantikan penyaluran dana.

Dari berbagai informasi diperoleh go-bizz.com, pemerintah belum mengabarkan kapan tanggal pasti dana PKH tahap 1 bisa cair. Namun kami memperkirakan pencairan PKH tahap 1 (satu) tahun 2022 tidak akan melewati Januari ini.

Bukan tanpa alasan. Sebab pemerintah memang menargetkan pencairan dilakukan sebanyak 4 (empat) kali dalam setahun. Masyarakat biasanya menerima pada Januari, April, Juli, dan Oktober.

Lantas khusus untuk jadwal pencairan PKH tahap 1, kira-kira kapan pemerintah akan mulai menyalurkan dana? Pada tanggal berapa saja di bulan Januari 2022 ini?

Nah hingga 13 Januari 2022 ini, belum terdapat informasi bahwa masyarakat sudah mendapatkan transferan dana PKH. Mereka masih menunggu kepastian pencairan.

Cek Bansos Kementerian Sosial, Login bansos.siks.kemensos.go.id

Hanya saja berkaca di tahun 2021 sebelumnya, kami memperkirakan pencairan dana PKH tidak akan melewati bulan Januari 2022. Sebab pemerintah juga menyadari bahwa dalam keadaan Covid-19, masyarakat sangat membutuhkan bantuan dana.

Jika melihat tahun 2021 lalu, dana PKH 2021 sudah mulai dibagikan ke penerima mulai per 4 Januari 2021. Penyalurannya dilakukan oleh bank Himbara (himpunan bank-bank milik negara).

Sementara PT Pos waktu itu menyalurkan PKH mulai tanggal 4 Januari 2021. Kemensos menargetkan penyaluran bisa selesai dalam satu minggu di seluruh Indonesia.

Seperti itulah informasi mengenai kapan dana PKH tahun 2022 cair. Pencairan pada Januari tanggal berapa saja sudah kami jelaskan. Semoga saja tulisan ini bisa berguna. Tetap semangat dan jaga kesehatan.

Posting Komentar untuk "Kapan Dana PKH 2022 Cair, Januari Tanggal Berapa Saja? Ini Informasinya"