Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Login https /dashboard.prakerja.go.id profil, Lihat Akun Kartu Prakerja

Login https /dashboard.prakerja.go.id profil, untuk lihat akun prakerja. Lengkap dengan panduan peserta full halaman.

https /dashboard.prakerja.go.id profil

Sobat yang butuh akses cepat dan lengkap seputar program kartu prakerja, sudah masuk ke website yang tepat.

Di sini, Kami go-bizz.com, menyajikan berbagai informasi yang paling dicari dan dibutuhkan pendaftar dan peserta prakerja.

Artikel disusun rapi dan sederhana agar mudah dipahami warganet. Semua bersumber dari laman resmi kartu prakerja https://www.prakerja.go.id/faq.

Jika Sobat ingin login ke laman dashboard prakerja, bisa klik langsung lewat tautan ini https://dashboard.prakerja.go.id/masuk. Jika Sobat perlu informasi lain, pilih saja di bawah.

Login dashboard.prakerja.go.id, Daftar Kartu Prakerja Gelombang 13

Apa itu Program Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja adalah program peningkatan kompetensi kerja khusus bagi pencari kerja, pekerja yang terdampak pemutusan hubungan kerja, dan buruh yang ingin meningkatkan kompetensi.

Program ini bertujuan memperluas kompetensi tenaga kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing, serta membuka lapangan pekerjaan.

Peserta prakerja diberikan bantuan dana oleh pemerintah untuk membeli pelatihan guna meningkatkan kompetensi. Jadi bukan untuk mempekerjakan pengangguran ya!

Persyaratan Daftar Kartu Prakerja

Sobat dapat mendaftar dan diterima sebagai peserta kartu prakerja jika memenuhi persyaratan. Yaitu adalah pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau buruh yang ingin peningkatan kompetensi.

Seperti pekerja yang merupakan tunawisma dan bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Sobat juga harus memenuhi syarat sebagai warga negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas dan tidak sementara menempuh pendidikan formal.

Untuk merespon pandemi COVID-19, program Kartu Prakerja dikhususkan bagi pekerja/buruh yang sedang terkena PHK serta pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak.

Namun, jika status Sobat masuk dalam daftar di bawah ini, maka Sobat tidak dapat menerima program kartu prakerja, yaitu:

- Pejabat Negara

- Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

- Aparatur Sipil Negara

- Prajurit Tentara Nasional Indonesia

- Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia

- Kepala desa dan perangkat desa

- Direksi, komisaris, dan dewan pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Selain itu, dalam 1 (satu) Kartu Keluarga hanya diperbolehkan maksimal 2 (dua) NIK yang menjadi penerima kartu prakerja. Jadi, pastikan hanya ada maksimal 2  anggota keluarga yang menjadi penerima kartu prakerja ya!

Tidak terbatas pada pengangguran, mereka yang juga sementara bekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil, sepanjang memenuhi ketentuan, dapat mendaftar.

Sobat lulusan universitas unggul, juga bisa daftar. Sebab pekerja atau lulusan universitas unggul membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.

Hanya saja, prioritas tetap diberikan kepada para pencari kerja dan pekerja usia muda, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak COVID-19.

Cara Membuat Akun Prakerja di www.dashboard.prakerja.go.id

Sebelum Sobat daftar kartu prakerja, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuat akun. Sobat dapat memakai email Sobat yang masih aktif. Berikut panduannya.

1. Pertama, langsung kunjungi website resmi prakerja. Silahkan langsung klik di sini https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.

2. Masukkan alamat email, password, dan konfirmasi password. Centang saya menyetujui syarat dan ketentuan. Lalu klik Buat Akun.

3. Sobat kemudian akan menerima pemberitahuan di email. 

4. Buka email Sobat dan klik tautan verifikasi yang telah dikirim melalui email.

Solusi Jika Email Verifikasi Prakerja Tidak Masuk atau Blank

5. Pendaftaran akun berhasil. Sobat akan diarahkan kembali ke laman login dashboard prakerja.

6. Masukkan email dan password yang Sobat telah daftarkan. Klik Masuk.

Jika Lupa Password Prakerja

1. Klik login di website dashboard.prakerja.go.id/masuk.

2. Pilih Lupa Password. 

3. Masukkan alamat email terdaftar Sobat, lalu klik Kirim.

4. Sobat akan menerima tautan verifikasi email. Silahkan klik link tersebut.

5. Setelah itu, masukkan kata sandi baru Sobat.

6. Klik Atur Ulang. Sobat berhasil mengubah password.

Tidak Menerima Kode Verifikasi atau OTP

Kode verifikasi atau OTP (One-Time Password) adalah kata sandi yang terdiri dari 4 atau 6 digit angka unik dan rahasia yang dikirim melalui SMS atau email.

Kode ini berfungsi sebagai validasi untuk mencegah tindakan penyalahgunaan atau diambil alih orang lain. Masing-masing kode yang dikirim ini umumnya hanya berlaku untuk beberapa menit.

Sobat tidak akan menerima kode OTP ketika nomor telepon atau email yang digunakan ternyata sudah tidak aktif. Karena itu, Sobat harus memastikan nomor telepon atau email yang terdaftar sudah benar dan masih digunakan.

Apabila nomor telepon dan email yang Sobat gunakan masih aktif tetapi Sobat tidak menerima kode OTP, maka silakan hubungi mengisi formulir pengaduan di link ini.

Jika Ingin Mengubah Nomor HP Prakerja

Saat ingin mengubah nomor HP, Sobat dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

- Masuk atau login ke akun https /dashboard.prakerja.go.id profil di sini.

- Pastikan Sobat telah memutuskan e-wallet jika sebelumnya sudah terhubung. Sobat dapat melihat langkah-langkah memutustkan e-wallet di artikel ini.

- Di dashboard Sobat, pilih Profil. Klik Ubah ke nomor telepon.

- Masukkan nomor HP yang masih aktif, lalu pilih Lanjut. Pastikan nomor HP Sobat sudah benar.

- Masukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS, lalu pilih Verifikasi.

- Sobat telah berhasil mengubah nomor HP Sobat.

Mencegah Penipuan Prakerja

Untuk mencegah penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, pastikan untuk memahami panduan berikut:

- Codee one-time password (OTP) atau kode verifikasi adalah informasi rahasia. Jangan berikan kode kepada pihak manapun, termasuk kepada pihak yang mengaku sebagai manajemen pelaksana atau pemerintah.

- Jangan menginformasikan data pribadi kepada siapapun. Jangan juga percaya dengan jasa layanan pendaftaran yang meminta imbalan.

- Berhati-hatilah ketika Sobat diminta untuk mengklik tautan oleh pihak lain. Jangan akses tautan yang mengharuskan Sobat untuk memberikan nama pribadi, email, dan kata sandi.

- Ganti kata sandi Kartu Prakerja dan akun email Sobat secara berkala dan jangan gunakan kata sandi yang sama.

- Semua informasi resmi prakerja dapat diakses di website www.prakerja.go.id, Instagram dan Facebook @prakerja.go.id.

Link Daftar Kartu Prakerja, Lengkap Tips LOLOS

Cara Daftar Login https /dashboard.prakerja.go.id profil

Isi Formulir Data Pribadi dan Unggah Foto KTP

Sebelum daftar prakerja, pastikan Sobat sudah membuat akun terlebih dahulu ya sesuai petunjuk di atas. Selanjutnya tinggal login ke akun dan Sobat akan masuk ke dashboard akun.

1. Pada bagian verifikasi KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir Sobat, lalu klik Berikutnya. 

2. Lengkapi data diri dan unggah foto KTP Sobat.

Solusi Cepat Jika Gagal Upload KTP Prakerja

3. Verifikasi nomor handphone. 

4. Tekan Kirim.

5. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP Sobat. Klik Verifikasi.

6. Kemudian isi Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi Sobat.

7. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke.

Tes Motivasi & Kemampuan Dasar

1. Klik Mulai Tes Sekarang.

2. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi.

3. Pendaftaran Sobat sedikit lagi selesai dan Sobat tinggal ikut seleksi gelombang. Pilih Gelombang yang diinginkan sesuai dengan domisili Sobat, lalu klik Gabung.

4. Akan muncul konfirmasi pilihan gelombang Sobat. Jika sudah sesuai, klik Ya, Gabung.

5. Muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pertanyaan. Sobat harus klik Sobat menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya. 

6. Pendaftaran Sobat sudah selesai!

Selanjutnya Sobat akan menerima notifikasi apakah lolos melalui SMS setelah penutupan gelombang. Jika belum lolos, Sobat bisa ikut gelombang berikutnya yang dapat dipilih kembali di dashboard akun prakerja.

Sobat harus mengikuti tes motivasi & kemampuan dasar pada situs resmi kartu prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses pendaftaran. Tes berdurasi maksimal 25 menit.

Apakah hasil tes mempengaruhi kelolosan? Ya, tes merupakan salah satu komponen yang wajib Sobat ikuti untuk mendaftar dan mendapatkan manfaat kartu prakerja.

Surat Pernyataan Gagal 3 Kali Prakerja Lengkap Cara Kirim

Cara Mengecek Prakerja Lolos atau Tidak

Pada tanggal pengumuman seleksi gelombang (atau mungkin sebelum itu), login ke https /dashboard.prakerja.go.id profil lalu cek di dashboard akun Sobat.

Nomor Kartu Prakerja Dalam Proses, Tanda Sudah Lolos?

Jika lolos seleksi, Sobat dapat melihat nomor kartu prakerja dan status saldo pada dashboard akun. Selain itu, Sobat juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS.

Jika Sobat tidak lulus, maka akan ada notifikasi “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard akun Sobat. Perlu diingat bahwa setiap seleksi gelombang mempunyai periode tertentu dan kuota.

Pada saat Sobat melakukan proses pendaftaran, jangan lupa untuk segera ikut seleksi gelombang agar tidak ketinggalan kuota!

Kalau Sobat tidak menemukan gelombang prakerja, apakah Sobat bisa ikut seleksi berikutnya? Ya, tentu Sobat boleh mengikuti seleksi gelombang periode berikutnya jika sudah dibuka.

Jika Sobat gagal atau tidak lolos seleksi gelombang, Sobat tidak perlu mengulang lagi pendaftaran. Sobat cukup klik gabung pada seleksi periode gelombang berikutnya. Tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal.

Kenapa Gelombang Tidak Ditemukan di Prakerja? Ini Solusinya

Saldo Pelatihan Prakerja

Bantuan biaya pelatihan prakerja tidak diberikan secara tunai. Bantuan diberikan secara non-tunai yang hanya diberikan sekali. Karena program ini hanya dapat diikuti sekali seumur hidup.

Jumlah saldo bantuan pelatihan yang akan diterima jika Sobat lolos menjadi penerima, adalah sebesar Rp1.000.000 (satu juta rupiah).

Sobat dapat cek saldo bantuan pelatihan pada dashboard akun Sobat. Pastikan Sobat cek secara berkala di akun Sobat.

Jika Sobat lolos, Sobat harus memakai saldo untuk membeli pelatihan pertama di platform digital dalam waktu 30 (tiga puluh) hari setelah Sobat mendapat pemberitahuan penetapan sebagai peserta.

Jika sudah melebihi 30 (tiga puluh) hari dan Sobat belum membeli pelatihan, Kartu Prakerja Sobat akan dinonaktifkan/dicabut kepesertaannya. Saldo bantuan pelatihanmu juga akan hangus dan akan dikembalikan ke Rekening Dana Kartu Prakerja.

Cara Membeli Pelatihan di Platform Digital

Di mana saja Sobat dapat menggunakan saldo untuk membeli atau membayar pelatihan. Nah Sobat dapat menggunakan saldo hanya di platform digital yang resmi bekerja sama dengan prakerja. Yakni:

- Tokopedia

- MauBelajarApa

- Bukalapak

- Pintaria

- Sekolahmu

- Kemnaker

- Pijar Mahir

Cara Memilih dan Rekomendasi Pelatihan Prakerja Termudah

Cara pembelian pelatihan menggunakan Kartu Prakerja sebagai metode pembayaran pada mitra Platform Digital, Sobat dapat membaca tutorial nya di sini.

Sobat bisa memilih beragam jenis pelatihan, mulai dari keterampilan teknis sampai cara memulai dan membangun usaha. Pelatihan yang bisa Sobat pilih, seperti berjualan secara online, menjadi fotografer.

Ada juga cara menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial dan lain-lain.

Sobat dapat membeli lebih dari satu pelatihan. Pelatihan kedua dapat dibeli setelah Sobat menyelesaikan pelatihan pertama. Pastikan Sobat masih mempunyai sisa saldo yang cukup.

Sertifikat Belum Muncul di Dashboard Prakerja

Apabila Sobat sudah menyelesaikan pelatihan, namun sertifikat belum muncul di dashboard prakerja maka Sobat harus membaca ini.

Sertifikat pelatihan akan muncul di dashboard Sobat setelah manajemen pelaksana menerima laporan penyelesaian pelatihan dari platform digital mitra. Jika sertifikat belum muncul, Sobat dapat menghubungi contact center platform digital terkait.

Sertifikat Prakerja Belum Muncul di Dashboard? Ini Solusinya

Insentif Prakerja

Insentif hanya diberikan kepada peserta kartu prakerja yang sah yang telah menyelesaikan pelatihan pertama. Apa saja jenis insentif dan berapa jumlahnya? Nah insentif terdiri dari 2 (dua) jenis.

Yakni pertama insentif biaya mencari kerja, sebesar Rp600.000 (enam ratus ribu rupiah) perbulan selama 4 (empat) bulan. Dan kedua insentif pengisian survei evaluasi, sebesar Rp50.000 (lima puluh ribu rupiah) per survei.

Kapan Sobat bisa mendapatkan insentif. Insentif biaya mencari kerja jika telah menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat.

Sobat tidak perlu menyelesaikan pelatihan kedua untuk mendapatkan insentif kedua. Jika Sobat sudah ikut satu pelatihan, maka insentif akan Sobat dapatkan rutin setiap bulan selama empat bulan.

Untuk dapat menerima insentif, Sobat juga wajib memberikan ulasan terhadap lembaga pelatihan di platform digital mitra prakerja yang dipilih.

Selanjutnya Sobat harus sudah berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun situs www.prakerja.go.id. Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan harus tervalidasi.

Yaiti menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di kartu prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade oleh bank/perusahaan e-money terkait.

Sobat juga akan menerima insentif survei jika sudah mengisi survei di akun www.prakerja.go.id. Sobat bisa mengecek jumlah insentif yang akan Sobat terima di dashboard akun prakerja Sobat. Pastikan Sobat cek statusnya secara berkala.

Penyebab Insentif Sobat Gagal Cair

Ada beberapa penyebab mengapa insentif Sobat bisa gagal dicairkan. Antara lain sebagai berikut.

- Belum mengisi ulasan pada platform digital mitra prakerja.

- Belum memberikan rating/penilaian.

- Nomor rekening atau akun e-wallet yang Sobat daftarkan pada Kartu Prakerja tidak aktif.

- Akun e-wallet Sobat belum di-upgrade atau melakukan KYC (verifikasi KTP dan swafoto).

- Data KTP dan swafoto yang didaftarkan pada e-wallet tidak sesuai dengan yang didaftarkan pada akun Kartu Prakerja.

Bagaimana Sobat mendapatkan insentif?

Insentif Sobat akan diberikan non-tunai dengan cara ditransfer ke rekening bank atau akun e-wallet yang telah Sobat daftarkan. Sobat bebas menggunakan insentif untuk apa saja.

Bisa untuk untuk meringankan biaya yang sudah Sobat habiskan ketika pelatihan. Seperti makan, transportasi dan pulsa. Sobat juga bisa menggunakan insentif untuk meringankan biaya selama mencari pekerjaan.

Cara Menyambungkan dan Memutuskan Nomor Rekening

Bagaimana cara Sobat menyambungkan nomor rekening atau akun e-wallet untuk insentif.

Sebelum menyambungkan rekening bank atau e-wallet, pastikan:

- Nomor rekening bank dan e-wallet/e-money Sobat merupakan atas nama Sobat sendiri (menggunakan NIK yang sama dengan NIK yang terdaftar).

- Jika memilih e-wallet, pastikan Sobat telah mempunyai akun e-wallet di salah satu mitra penyaluran insentif (OVO, LinkAja, Gopay, DANA).

- Pastikan nomor HP yang teregistrasi di Kartu Prakerja merupakan nomor telepon akun e-wallet/e-money Sobat.

- Akun e-wallet Sobat sudah di-upgrade atau akun e-wallet yang KYC (verifikasi KTP & swafoto).

Cara sambung rekening/e-wallet:

1. Login ke akun Sobat di ww.prakerja.go.id.

- Masuk ke dashboard akun Sobat.

- Pada bagian Rekening, klik Sambungkan Rekening. 

- Pilih bank atau e-wallet pilihanmu, lalu klik Sambungkan.

- Jika Sobat memilih nomor rekening bank, masukkan data rekening Sobat. Pastikan Sobat memasukkan data yang benar.

- Jika Sobat memilih e-wallet, pastikan nomor HP yang teregistrasi di akun Kartu Prakerja merupakan nomor telepon e-wallet Sobat yang telah KYC atau e-wallet yang sudah di-upgrade atau premium.

- Jika nomor HP sudah benar, klik Aktifkan atau Konfirmasi.

- Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke nomor HP Sobat.

- Bila Sobat salah memasukkan OTP lebih dari 4 (empat) kali, Sobat harus menunggu dan mencoba kembali setelah 1 (satu) jam untuk mengirimkan ulang OTP yang benar.

- Selamat, Sobat berhasil menyambungkan rekening/e-wallet Sobat! 

Jika Gagal Menyambungkan Nomor Rekening atau e-wallet

Nah, apabila Sobat gagal menyambungkan rekening, Sobat harus memastikan telah memasukkan nomor rekening atau nomor HP dengan benar dan OTP yang benar.

Saat ini, Sobat bisa mendaftarkan nomor rekening BNI dan nomor HP e-wallet OVO, LinkAja, Gopay dan DANA.

Rekening bank atau e-wallet akan gagal tersambung jika NIK di rekening bank atau e-wallet tidak sama dengan yang teregistrasi di akun prakerja.

Sobat wajib memakai NIK Sobat sendiri yang terdaftar di akun Kartu Prakerja dan tidak boleh memakai NIK orang lain.

E-wallet Sobat juga akan gagal tersambung jika Sobat belum upgrade akun e-wallet Sobat. Lakukan upgrade akun e-wallet Sobat terlebih dahulu di aplikasi e-wallet yang ingin Sobat sambungkan.

Contact Call Center Prakerja

Jika Sobat masih mengalami kendala pada saat menyambungkan rekening bank atau e-wallet, Sobat dapat menghubungi customer service mitra bank dan e-wallet di bawah ini.

Nomor Call Center Prakerja, Lengkap CS BNI, Ovo, LinkAja, GoPay

BNI: 1 500 046

OVO: 1 500 696

Linkaja: 150911

Gopay:(021) 50849000 || customerservice@gojek.com

DANA: 1 500 445

Demikianlah artikel tentang akses https /dashboard.prakerja.go.id profil untuk melihat akun kartu prakerja. Lengkap panduan pendaftar kartu prakerja. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Keep healthy dan jalankan protokol kesehatan!

Posting Komentar untuk "Login https /dashboard.prakerja.go.id profil, Lihat Akun Kartu Prakerja"