Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Cepat Jika Gagal Upload KTP Prakerja Gelombang 13

Anda gagal mengunggah foto KTP prakerja saat mengajukan pendaftaran? Ini solusi cepat jika gagal upload KTP prakerja gelombang 13.

Gagal Upload KTP Prakerja

Kartu prakerja gelombang 13 (tiga belas) akan dibuka pemerintah pada Selasa 2 Maret  2021. Animo masyarakat yang ingin mengajukan pendaftaran begitu besar pastinya.

Pasalnya, terakhir program prakerja berlangsung yakni pada November 2020. Kartu prakerja gelombang 13 adalah baru yang kedua dilaksanakan di tahun 2021 ini.

Pelaksanaan gelombang 13 sama saja dengan tahun 2020 lalu. Baik dari tujuan, tata cara pendaftaran, seleksi peserta, hingga insentif yang akan diterima masih sama, yaitu Rp 2,4 juta.

Nah apabila Anda ingin daftar prakerja gelombang 13, maka silahkan ikuti panduan pendaftarannya di blog ini. Cara registrasi terbilang sangatlah mudah.

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 13, Login https //dashboard.prakerja.go.id/daftar

Salah satu kendala yang kerap dialami oleh para pendaftar yakni gagal upload KTP prakerja. Pendaftar akan mendapatkan notifikasi seperti di bawah ini.

“Gagal mengunggah file foto KTP. Silahkan unggah ulang. Sistem kami mendeteksi foto yang kamu unggah, bukan foto e-ktp. Pastikan file yang diupload harus file foto e-ktp asli dan dengan gambar yang jelas”

Nah mungkin Anda sudah berusaha untuk melakukan upload berkali-kali. Namun belum juga berhasil. Nah berikut penyebab dan cara cepat mengatasinya.

Kenapa Tidak Bisa Upload Foto KTP di Prakerja

Ada beberapa penyebab mengapa Anda gagal mengunggah foto KTP saat melakukan pendaftaran. Sebab pihak prakerja memiliki ketentuan ukuran dan format file foto sendiri. Ini penjelasannya.

- Salah satu alasan mengapa KTP tidak bisa diunggah yakni lantaran Anda mengunggah foto KTP fotocopy (berupa hitam putih). Padahal harusnya Anda langsung melampirkan foto asli yang berwarna.

- Foto KTP Anda tidak menampilkan seluruh bagian KTP. Misalnya foto KTP terpotong. Atau sebagian sisi KTP yang tak terlihat atau tak tampak.

- Foto KTP blur atau kabur. Tulisan (misalnya nama) yang terdapat dalam KTP tidak terbaca. Ini menjadi salah satu alasan mengapa pendaftaran Anda bisa ditolak karena tidak bisa diverifikasi.

- Foto KTP tidak tampak karena pantulan cahaya.

- Foto KTP berukuran di atas 2MB sehingga tidak bisa diproses oleh sistem server prakerja.

Di samping beberapa masalah di atas, faktor yang juga mempengaruhi mengapa Anda tidak bisa upload KTP yakni lantaran koneksi internet di HP Anda yang tidak baik.

Bisa juga karena server dashboard prakerja yang mengalami gangguan lantaran diserbu banyak pendaftar.

Cara Memilih dan Rekomendasi Pelatihan Prakerja Termudah

Solusi Jika Gagal Upload KTP Prakerja Gelombang 13

Berdasarkan pengalaman admin, banyak pendaftar gagal mengunggah foto KTP karena ukuran foto yang melebihi 2 MB. Padahal dalam panduan pendaftaran prakerja, jelas dituliskan harus di bawah 2 MB.

Biasanya memang setelah default HP saat ini pada umumnya ukuran foto sudah di atas 2 MB. Jadi mau tidak mau Anda harus mengompres foto agar bisa mengecil.

Nah banyak artikel berita saat ini yang memberikan solusi untuk resize ukuran gambar foto agar sesuai dengan keinginan. Namun kebanyakan mengarahkan Anda untuk mendownload aplikasi kompres foto.

Cara itu memang tidak salah. Hanya saja ada teknik yang lebih praktis cepat dan efektif untuk mengecilkan ukuran foto KTP yang akan Anda gunakan untuk mendaftar prakerja.

Caranya sebagai berikut:

1. Siapkan smartphone dengan kualitas kamera yang baik. Sebaiknya ukuran 8 MB ke atas.

2. Siapkan KTP asli Anda. Letakkan di lantai atau meja.

3. Silahkan foto KTP tersebut. Jangan sampai kamera goyang agar hasil foto jernih dan bisa terbaca.

4. Perhatikan seluruh bagian foto. Pastikan semua sisi bagian KTP masuk dalam foto tersebut.

5. Pastikan juga semua bisa terbaca dengan jelas. Sebab bisa saja cahaya atau sinar lampu membuat pantulan di foto sehingga tidak terbaca.

6. Selanjutnya buka di galeri HP foto KTP yang telah Anda foto. Jika hasilnya sudah bagus maka tinggal dikecilkan saja ukurannya.

Kenapa Gelombang Tidak Ditemukan di Prakerja? Ini Solusinya

7. Setelah foto KTP di galeri HP dibuka dan memenuhi layar HP, silahkan screenshoot (ss). Biasanya hampir semua HP tekan tombol power bersamaan dengan tombol volume kurang. Tergantung jenis HP.

8. Selanjutnya buka foto KTP hasil screenshoot tersebut. Admin pastikan ukurannya sudah benar di bawah 2 MB.

9. Langkah terakhir silahkan buka dashboard prakerja dan unggah foto KTP hasil SS tersebut. Jika internet Anda bagus dan tidak ada gangguan server prakerja, admin jamin pasti berhasil.

Ukuran Foto Sudah Kecil Tapi Masih Susah Unggah KTP Prakerja

Nah informasi dikumpulkan admin, rupanya banyak yang sudah kompres ukuran foto KTP di bawah 2 MB tapi masih susah dan gagal untuk upload foto KTP prakerja.

Jika Anda adalah salah satunya, di sini admin berbagi sejumlah trik berdasarkan pengalaman pendaftar yang sudah berhasil unggah foto KTP pada gelombang 12 ini. Bagaimana caranya, yakni sebagai berikut.

- Aktifkan VPN. Silahkan cari aplikasi VPN di playstore atau google store. Sejumlah pendaftar mengaku berhasil pakai cara ini. Admin belum bisa memastikannya tapi tak ada salahnya mencoba.

- Pakai mode dekstop. Silahkan lihat petunjuk gambar di bawah ini. Buka browser Anda dan silahkan cari opsi untuk menampilkan website prakerja dalam tampilan dekstop.

Jangan Khawatir Belum Bisa Unggah Data Diri

Nah apabila Anda sudah mencoba cara di atas namun masih gagal juga, maka dapat dipastikan bahwa server prakerja memang lagi full sehingga tidak bisa diakses.

Hal ini lantaran banyaknya pengunjung di website resmi tersebut sehingga membuat server tidak mampu menampung dan meloading upload foto KTP.

Jalan keluarnya adalah Anda harus mencoba setidaknya setiap jam atau beberapa jam kemudian. Lebih bagus lagi apabila mencoba pada malam antara pukul 22.00 sampai 06.00 subuh di saat pengunjung website belum membludak.

Tidak perlu khawatir apabila Anda belum bisa mengunggah data diri. Pada penjelasan resminya di Instagram prakerja.go.id ditegaskan bahwa mereka yang akan lolos gelombang 13 bukan yang lebih dulu mendaftar.

Berikut kutipan dari akun Instagram resmi prakerja:

Seleksi prakerja tidak berdasarkan siapa yang lebih dahulu mendaftar dan proses randomisasi baru dilakukan setelah penutupan gelombang.

Jika Sobat belum bisa mengunggah data diri, coba lagi besok. 

Nah, oleh karena itu, Anda harus terus berusaha untuk mencoba bila belum berhasil. Yang pasti pendaftaran gelombang 13 hanya sampai Jumat 5 Maret 2021 pukul 12.00 WIB. Jangan melewati itu ya. Kalau sudah lewat, bisa coba lagi pada gelombang 14.

Demikianlah ulasan informasi gagal mengunggah foto KTP prakerja saat mengajukan pendaftaran gelombang 13. Lengkap solusi cepat agar upload KTP bisa berhasil. 

1 komentar untuk "Solusi Cepat Jika Gagal Upload KTP Prakerja Gelombang 13"