E wallet Belum KYC Apa Maksudnya? Ini Solusi Penjelasan

Banyak peserta bingung kenapa insentif prakerja belum cair. Status dashboard tertulis e-wallet belum KYC. Apa maksudnya?

Pendaftaran kartu prakerja sudah ditutup pada gelombang 10. Belum diketahui apakah manajemen akan membuka pendaftaran kartu prakerja gelombang ke 11.

Namun begitu, informasi mengenai seluk beluk pelaksanaan kartu prakerja masih banyak diincar para calon pendaftar maupun peserta yang sudah lolos.

Salah satu yang dominan dibutuhkan oleh peserta adalah informasi mengenai penyaluran insentif. Sebab ternyata selain ada yang terlambat, sebagian insentif prakerja juga gagal dicairkan.

Tidak sedikit peserta yang mengaku belum atau gagal menerima insentif karena sejumlah alasan. Misalnya tertulis gagal dengan notifikasi bahwa e wallet belum KYC.

Insentif Prakerja Sedang Diproses, Pantau Rekening Anda!

Apa itu KYC?

KYC adalah singkatan dari Know Your Customer. Pada pembuatan rekening bank atau e-wallet, proses KYC adalah salah satu tahap verifikasi akun.

KYC dilakukan pihak e-wallet melalui verifikasi foto KTP dan foto wajah sedang memegang KTP. Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky menjelaskan, lolos KYC wajib hukumnya bagi semua peserta agar insentif tepat sasaran.

“Dari beberapa hari yang lalu postingan di akun Instagram Kartu Prakerja sudah mengingatkan agar peserta segera melakukan verifikasi akun e-wallet kalau menggunakan e-wallet. Kalau untuk rekening bank, BNI sudah melakukan KYC (Know Your Customer) sesuai dengan aturan BI (Bank Indonesia),” jelas Panji dalam video conference manajemen prakerja.

Dengan demikian, untuk peserta pengguna rekening BNI, tidak akan mengalami masalah belum lolos KYC. Karena dalam pembukaan rekening, BNI sudah verifikasi KYC.

Cara Kirim Saldo GoPay ke Rekening BCA Terbaru 2020

Belum Semua e-wallet Registrasi KYC

Seperti diketahui, selain rekening BNI, ada tiga e-wallet yang menjadi mitra prakerja untuk penyaluran insentif. Yakni GoPay, OVO, dan LinkAja.

Jika KYC BNI sudah aman, maka berbeda dengan KYC GoPay, OVO, dan LinkAja. Karena rupanya belum semua pengguna e-wallet di atas yang lolos KYC. Inilah yang menjadi ganjalan insentif prakerja gagal.

“Untuk e-wallet, tidak semua teregistrasi dan melalui proses KYC, yaitu dengan foto KTP dan swafoto. Sehingga kami dan mitra pembayaran bisa melakukan verifikasi, dan orang yang benar-benar punya KTP dan benar-benar didaftarkan sebagai pemegang akun yang akan menerima insentif,” jelas Panji.

Nah untuk supaya lolos KYC e-wallet, peserta harus melakukan upgrade akun GoPay, OVO, atau LinkAja. Caranya cukup foto KTP dan foto wajah memegang KTP melalui aplikasi e-wallet.

Akun yang sudah berhasil upgrade atau lolos KYC untuk GoPay disebut pengguna GoPay Plus. Akun LinkAja tertulis Full Service, dan OVO yang sudah upgrade disebut OVO Premier.

Cara Mengaktifkan Kuota Belajar Telkomsel

Akun Sudah Upgrade, Insentif Gagal

Menariknya tidak sedikit peserta yang mengaku sudah melakukan upgrade e wallet, namun tidak menerima insentif. Notifikasi dalam dashboard prakerja tertulis e wallet belum KYC.

Ini cukup aneh karena apabila akun sudah upgdare, maka seharusnya Anda sudah lolos KYC. Jika sudah pakai GoPay Plus, LinkAja Full Service, atau OVO Premier, harus tak ada masalah lagi.

Namun jika memang seperti itu, kemungkinan masalahnya terdapat pada gagalnya sinkronisasi dashboard prakerja dengan sistem e-wallet.

Solusi

- Pertama, pastikan benar-benar Anda memang sudah menggunakan ewallet upgrade. Sudah melakukan foto KTP dan foto wajah memegang KTP.

- Jika ewallet sudah upgrade namun pencairan gagal belum lolos KYC, maka silahkan kirimkan laporan ke email atau call center manajemen prakerja.

Yakni nomor call center prakerja 0800-150-3001, live chat di situs www.prakerja.go.id, atau email ke info@prakerja.go.id. Anda juga sebaiknya menghubungi customer service e-wallet di bawah ini.

Nomor Call Center Prakerja, Lengkap CS BNI, Ovo, LinkAja, GoPay

Anda bisa menuliskan format email sebagai berikut:

Hai manajemen prakerja/customer service e-wallet

Saya yang mengirim email ini:

Nama:

Nomor Telepon:

Rekening Prakerja:

Melaporkan bahwa pencairan insentif prakerja saya tertulis gagal dalam dashboard akun prakerja. Dengan alasan e-wallet belum KYC.

Padahal akun saya sudah upgrade ke GoPay Plus/LinkAja Full Service/ OVO Premier.

Mohon bantuannya agar saya bisa menerima insengtif secepatnya. Terima kasih.

Nah seperti itulah penjelasan kenapa insentif prakerja belum cair karena e-wallet belum KYC. Semoga solusi yang diberikan bisa membantu.

Belum ada Komentar untuk "E wallet Belum KYC Apa Maksudnya? Ini Solusi Penjelasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel