Kapan Insentif Prakerja Tahap 3 Cair? Ini Perkiraannya

Banyak peserta mempertanyakan kapan insentif prakerja tahap 3 cair? Berikut informasi terbaru mengenai penyaluran insentif prakerja.
Kapan Insentif Prakerja Tahap 3 Cair

Program kartu prakerja telah berlangsung 3 (tiga) gelombang. Jumlah pendaftar mencapai 11,2 juta dari 513 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Hasilnya terpilih lolos 680.918 peserta.

Hanya saja, evaluasi pelaksanaan program kartu prakerja oleh lembaga pengawas, berdampak penundaan pendaftaran gelombang 4 (empat). Penangguhan ini sudah cukup lama, yakni sejak bulan Mei 2020.

Selain itu, insentif prakerja gelombang 1, 2, dan 3 juga sempat mengalami penundaan. Namun pada akhir Juni lalu, pelaksana menyalurkan insentif masuk ke e-wallet atau rekening BNI peserta.

Insentif Tahap 1 dan 2 Tuntas

Ada sebanyak 220 ribu peserta kartu prakerja yang menerima insentif sebesar Rp 600 ribu. Terbagi 200 ribu untuk insentif bulan kedua dan 20 ribu peserta insentif bulan pertama.

“Kalau tidak salah ada lebih dari 200 ribuan menerima insentif Kartu Prakerja tahap 2 dan 20 ribu peserta yang menerima insentif tahap pertama. Besarannya masing-masing Rp 600 ribu tidak kurang satu sen pun,” kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari.


20 ribu peserta yang menerima pencairan tahap pertama, adalah sebagian dari mereka yang lolos seleksi gelombang 3. Sementara 200 ribu adalah gabungan peserta gelombang 1, 2, dan 3.

Seperti diketahui, peserta akan mendapatkan total bantuan Rp 3,55 juta. Yakni biaya pelatihan Rp 1 juta. Insentif Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan. Dan Rp 150 ribu untuk survei.

Insentif Prakerja Tahap 3 Kapan Cair

Jika insentif tahap 1 dan 2 sudah tersalur ke peserta, lantas kapan insentif tahap 3 bisa dicairkan oleh manajemen pelaksana? Nah diperkirakan insentif prakerja tahap ketiga akan berjalan dengan lancar.

Alasannya yaitu evaluasi dan perbaikan, terutama menyangkut verifikasi rekening atau e-wallet peserta sudah selesai dilakukan. Hal itulah yang menjadi dasar sehingga penyaluran bisa dilakukan di akhir Juni 2020 lalu.

Sehingga bisa ada garansi kuat bahwa penyaluran insentif bulan ketiga bagi 200 ribu peserta dan insentif tahap 2 bagi 20 ribu peserta bisa dicairkan pada Juli 2020 ini. Sebab tidak ada lagi evaluasi seperti bulan sebelumnya.


Penundaan pendaftaran gelombang 4, tidak akan menjadi halangan pencairan insentif tahap 3. Apalagi saat ini Presiden Joko Widodo telah mewanti-wanti semua kementerian untuk menyalurkan bantuan ke masyarakat secepatnya.

Hal ini untuk mendorong perputaran ekonomi bisa berjalan dengan baik sehingga bisa membantu masyarakat mengatasi dampak pandemic Covid-19.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sementara menantikan pencairan bulan ketiga, tenang saja. Pencairan kemungkinan akan sesuai jadwal insentif di akun dashboard prakerja. Jika tidak, ditaksir tidak akan melewati Juli 2020 ini.

Itulah informasi mengenai insentif prakerja tahap 3 kapan cair. Semoga saja bisa bermanfaat dan membantu Anda.

94 Komentar untuk "Kapan Insentif Prakerja Tahap 3 Cair? Ini Perkiraannya"

  1. insentif tahap 3 saya 10juli status d dashboard blm dproses sampai skrg,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin juga akhir bulan Juli seperti yg kemarin kak.....

      Hapus
    2. àpalagi aku yah yg tgl 15.

      Hapus
    3. Aku juga belum masuk yang tanggal 10 juli

      Hapus
    4. Insentif tahap 3 sy tanggal 23, sudah lewat 4 hari tapi masih belum di proses, bahkan sudah sy sampaikan lewat email customer servicenya

      Hapus
  2. Gw 4 juli blm cair jg, hadeeeh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, aku 04 juli. Blom cair jg.
      Udh smggu nih hari, dr terjdwal

      Hapus
    2. Sama ku juga tgl 4 di jadwalnya, tp yang tahap 2 kmrn masukny kira2 tgl 21-25..
      Mungkin thap 3 nya jd ngikut tgl 21-25 kali ya??

      Hapus
    3. Kpan insentifnya kluar sdh tgl 18 pdhal d jadwalnya tgl 10 bln ini

      Hapus
    4. Insentif ke 3 tgl 19 belum cair juga...ini bisa kena PHP lagi

      Hapus
    5. Saya saja insentif ke dua blum juga cair, padahal survey dan memberi rating, sering sya ulang ulang kirim

      Hapus
    6. Saya saja insentif ke dua blum juga cair, padahal survey dan memberi rating, sering sya ulang ulang kirim

      Hapus
    7. Saya tgl 27 juni masuk tgl 3 juli yg kedua belum, cuma anehnya di daftar jadwal pembayaran tertulis yg pertama berhasil dan jadwal 3 bulan berikutnya tertulis gagal, maksudnya bagaimana ya? Apakah rekan yg lain sama?

      Hapus
    8. Tahap 3 Ket di dasbord sedang di proses dari 23 juli sampai saat ini tanggal 4 agustus masih aja sedang di proses mau sampai kapan...cairnya

      Hapus
  3. D dasbor prakerja tgl 9 juli, ampe karang lum juga proses, aduhhhhhh....

    BalasHapus
  4. Tahap 3, sepertinya juga sudah telat.
    Saya terjadwal 04 juli 2020.
    Tp smpe detik ini belom ada , orange nya tertulis sedang proses. Sprti sblun sblum nya

    BalasHapus
  5. Saya 10 juli... Sampai sekarang boom ada proses nya.

    BalasHapus
  6. Telat juga keles..mungkin nunggu di protes heboh kek bulan kemaren baru deh di cairin... Hedeuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar ga heboh harusnya evaluasi tidak menghnambat

      Hapus
  7. Alhamdulilah insentif pertama dan kedua sudah cair insyaallah pasti akan dicairkan walaupun jadwalnya tidak sesuai jadi sabar saja dengan prosesnya

    BalasHapus
  8. Parah Ding saya dari tanggal 3 juli Ampe sekarang blm cair jga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya gak lewat 7 X 24 jam uda cair tpi ini uda 10 hari masih blm cair

      Hapus
  9. Sya jga jadwalx tggl 03 juli,, tpi sampai skarang statusx masih belum di proses🤔🤔🧐🧐🙄🙄

    BalasHapus
  10. Mungkin ga kalau yg tahap 3 cair 2 mingguan stlh jadwal di dashboard? 🤔

    BalasHapus
  11. Saya di dashboard tgl 10
    Tpi blom di proses
    Kapan di proses?? Masih keluar gakk intensif nya
    Klw gakk di bilang dong
    Jangan php

    BalasHapus
  12. sabar teman teman ,,, insy allah semua pasti segera turun .. sing sabar ya ' smoga minggu ini selesai harap maklum karena berbagai problem sampe urusan ke kpk ujung2 kasihan pak jokowi . intinya sabar yach "

    BalasHapus
  13. Mungkin ikut tahap 2 kemaren , jatohnya cair tgl 20 keatas .
    Sabar bro hehe

    BalasHapus
  14. Masak pencairan bulan Juli masih belum sesuai schedule..?! Koq sepertinya sulit mengelola ya.

    BalasHapus
  15. Sabar aja dulu mgkin msh dlm proses pencairan soalnya ga cuma satu aja di cairkan tapi kan banyak bagt pesertanya intinya ttp sabar sperti tahap 1 dan 2 kan cair juga insentifnya

    BalasHapus
  16. Paling sama kaya bulan lalu. Cair nya akhir bulan

    BalasHapus
  17. Arikel ini gak sesuai sama fakta di lapangan. Jangan ngasih berita hoax lah kasian yang digantungin. Termasuk saya korbannya....

    BalasHapus
  18. Saya juga blum dapat bulan ke 3

    BalasHapus
  19. Tahap 3 kpn jadwal tgl 11..msh ja status blm proses

    BalasHapus
  20. Berita nya ga sesuai di lapangan ni .ga sesuai jdwal yg dah di tentuin .

    BalasHapus
  21. Sabar Lah kalian ini gw yg 9 juli blom di proses sabar aja

    BalasHapus
  22. Sangat parah. Kenapa pemerintah seperti ngeprank rakyat ya . Lucu nya negeri ini . Tolong berita a ya a, jangan dibuat ke b. Kalau memang belum saatnya cair beritakan , jangan membuat berita yang menyakani dan akhirnya bertolak belakang dari harapan masyarakat.


    #INDAHNYA INDONESIA KU

    BalasHapus
  23. 12 juli belum jga cair..payah ni napa gak sekaligus dicairkan biar gak kayak gini .menunggu it sangat membosankan,uang sangat dibutuhkan dibulan ini tpi tak kunjung cair:(

    BalasHapus
  24. Terimakasih atas bantuannya KPD pemerintah dan panitia pelaksana kartu prakerja , saya salah satu penerima manfaat, sangat membantu ,dan kami masih menunggu insentif yang ke 3 berilah kami kbr kpn yg ke3 turun terimakasih

    BalasHapus
  25. Yoiiiiii
    D suruh sabarrr
    Biar kita pantat ye lebarrr
    Wkwkwkk
    Sm gw jg blom cairr Udeh lwt tgl nh.....
    Berasss udeh mau abss bocahh pd minta bilin baju sekolah
    Ojoll lg sepi bgtt
    INDAH y INDONESIA

    BalasHapus
  26. Sabar sabar... Kapan keluarnya insentif tahap 3 ... Capeee dech

    BalasHapus
  27. Tolong dong proses insentif ke 3 tgl 11 juli sampai sekrng blom di proses

    BalasHapus
  28. insentif yg ke3 belom diproses kapan ,mohon penjelasan

    BalasHapus
  29. Yg sabar aja soal ny sya 11 juli blm cair juga mngkin sma seperti yg bulan kmaren mudahan aja gak lewat dari bulan juli

    BalasHapus
  30. Kemungkinan akhir bulan gawa....

    BalasHapus
  31. padahal jadwal pencairan sama, tapi temenku sudah cair duluan di pertengahan bulan kemaren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencairan nya tahap kedua apa tahap ke tiga??

      Hapus
  32. sama sy jg blum cair n blm di proses apa sma tglnya nnti pada saat pencairan tahap 1 dan 2

    BalasHapus
  33. Kata presiden jangan sampe telat lagi ini kenapa ngaret lagi. Parah di php in lg aja

    BalasHapus
  34. Gman ini menajemen Prakerja
    Masyarakat Udeh pd Nunggu sampai tgl segnh blom d proses juga...
    Masa iya Pak'Presiden ya harus marah2 Lagi...Gak Tau maluu dong berarti...jgn bgtuh lah klo sdh memang hak ya masyarakat dn sdh tgl ya apalagi lwt tgl ya ...knapa GK di proses aja pencairan nya... Terimaksh

    BalasHapus
  35. hoax lahh, tahap 3 engga cair2

    BalasHapus
  36. Saya di dasbhoard tgl 16 juli untuk tahap 3 nya tapi nyatanya smpe tgl 21 ini blm juga keproses....mgkin di cairkan akhir bulan juli ni kayak kmaren tahap ke 2...atau sdh ga di cairkan lagi???...

    BalasHapus
  37. Kapan insentif ke 3 cair...padahal tgl 19 juli...tolong penjelasan

    BalasHapus
  38. males koment aaahhhkkkk, gak kunjung cair juga , jadwal tanggal 32 agustus

    BalasHapus
  39. Tgl 10 juli baru di proses kapan cairnya cok

    BalasHapus
  40. Alhamdulillah tgl 10 juli cairrrrrrr

    BalasHapus
  41. Udah terbiasa di phpin 🤣🤣

    BalasHapus
  42. بسم الله الرحمن الرحيم
    Mudah"an aja segera cair karena itu semua sudah jadi hak kita yang sangat membutuhkan

    BalasHapus
  43. Mudah2n bisa secepatnya dicairkan ☺🙏

    BalasHapus
  44. muda mudahan aja lah cepat dcaiarkan.
    kami sangat mengaharapkannya
    .

    BalasHapus
  45. Udh cair kmren tgl 23 intensif ke 3 ,
    Giliran blm cairr pda ribut , giliran udh cair pada diem Bae

    BalasHapus
  46. Kita semua bersabar karena insentif tahap 3 "sedang diproses" mudah - mudahan tidak lama lagi (2-3 hari) cair, Amin.

    BalasHapus
  47. Kok saya masih belum di proses yg tanggal 19 juli ya?

    BalasHapus
  48. Segera di bantu org yg membutuhkn jgn tunggu udh mati baru di bantu..!!!
    Percuma untuk apa..!!!

    BalasHapus
  49. saya juga belum turun .. belum di proses jadwal di dashboard tgl 9 juli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku juga gelombang 1 belum di proses

      Hapus
  50. Masuk akun email Skrng ribet . Katanya akun email atau password salah . Terus nggak bisa terbuka . Padahal beberapa hari lalu masih bisa. Terus dari email itu pencarian tahap 1 dan 2 udah di nikmati . Apakah cuma Saya yg mengalami hal demikian. Tolong infonya

    BalasHapus
  51. Tolong lah pak ,masa insentif ketiga saya sampai sekarang belum di proses

    BalasHapus
  52. Insentif ke dua sy blum juga cair, padahal sdh berulang ulang memberi ulasan dan rating hampir setiap hari , Why min ?

    BalasHapus
  53. Semoga scepatnya bisa cair berharap tidak lewar bulan juli.
    Aminn.

    BalasHapus
  54. Insentif ke 3 tgl. 19 juli blom cair, muga akhir bulan juli, gak kayak insentif ke 2, cairnya bulan depan...

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. Mohon dibantu untuk intensif prakerja tahap 3 sampai saat ini belum cair,,

    BalasHapus
  57. samaaa .. belum cair juga ni

    BalasHapus
  58. Alhamdulillah dah cair trimakasih kartu prakerja

    BalasHapus
  59. sampai sekrang prakerja saya blum cair.

    BalasHapus
  60. Mudah²an insentif tahap 3 gak cair tahun depan

    BalasHapus
  61. Sampai tgl 30 juli dana prakerja sy blm cair2 jg kata nya sebelum bulan juli cair ini kok blm cair2 jg

    BalasHapus
  62. Dear admin prakerja knp sudah tgl 30 Juli dana prakerja sy blm cair2 juga kata nya cairnya sebelum akhir Juli ini ud mau msk akhir juli blm jg cair

    BalasHapus
  63. Mana dana prakerja sy sampai saat ini tgl 31 Juli 2020 jg blm cair2 yg ketiga ud akhir bulan status prakerja sy hanya belum dproses2 apa cuma d php aj

    BalasHapus
  64. Kok belum cair yaaa insentif bulan juli padahal sudah 1 agustus , status masih proses mulu udah 3harian..

    BalasHapus
  65. Sudah tgl 1 agustus dana prakerja sy blm jg cair atau dproses gmn nii apa hanya php mana bukti nya kata sebelum akhir juli sudah cair tp buktinya nol persen

    BalasHapus
  66. Saya tgl 31 juli jadwal insentif tapu sampai sekarang belum cair gmana

    BalasHapus
  67. Udah bnyak yg pd ngeluh tpi gk di tanggepin..��

    BalasHapus
  68. Mana niii janji nya staf prakerja ud tgl 2 agustus dana prakerja yg ketiga milik sy blm juga cair2 janjinya nol persen

    BalasHapus
  69. Udh masuk bulan bru msh belum dproses statusnya.padahl saya gelombang 1 jdwal 4 jli.

    BalasHapus
  70. Bapak Denny selaku ketua badan prakerja berkata bahwa uangnya tidak dikorupsi ketika wartawan bertanya kapan insentif 3 cair. Lol sampai tanggal 4 agustus insentif 3 belum cair padahal jadwal bulan juli. Evaluasi sudah selesai, verifikasi akun sudah selesai makanya insentif 2 cair. Lalu alasan insentif 3 belum cair sampai saat ini apa? Ke mana uangnya berputar? Dear blogger dan penulis naskah, tolong verifikasi data sebelum anda menulis sesuatu. Artikel anda saya anggap menyesatkan

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel