Kartu Prakerja Gelombang ke 4 Harus Segera Dibuka

Pendaftaran program kartu prakerja gelombang ke 4 (empat) seharusnya segera dibuka pemerintah di bulan Juli 2020 ini untuk menopang masyarakat lalui Covid-19. 
Kartu Prakerja Gelombang ke 4 Harus Segera Dibuka

Banyak masyarakat Indonesia berharap, pendaftaran kartu prakerja gelombang ke 4 segera dibuka. Sebab program ini sangatlah diperlukan masyarakat untuk melalui masa sulit pandemic Covid-19.

Seperti diketahui, program prakerja baru terlaksana 3 (tiga) gelombang. Pendaftaran gelombang ke 4 mengalami penundaan karena rekomendasi KPK dan sejumlah lembaga pengawas.

Pelaksanaan program ini dinilai belum sempurna. Masih ada sejumlah masalah yang ditemukan. Oleh karena itu, harus dilakukan evaluasi dan perbaikan terlebih dahulu sebelum dilanjutkan lagi.

Ditunda Dua Bulan, Prakerja Jadi Kontraproduktif

Dihitung sejak Mei hingga Juli 2020, sudah hampir dua bulan program ini ditangguhkan sementara oleh pemerintah. Rentang waktu tersebut, terbilang sudah cukup lama di masa krisis sekarang ini.

Dua bulan waktu penundaan, boleh dikatakan sangatlah kontraproduktif. Karena perlu langkah tepat dan cepat untuk menopang, mendukung masyarakat dalam keadaan tidak normal.

Rekomendasi lembaga pengawas terkait sasaran penerima serta peningkatan mutu pelatihan, tentu saja bagus. Tetapi menjadi tidak bagus kalau waktunya sudah terlalu lama.


Tanpa mengesampingkan berbagai kritikan, sejatinya program prakerja sudah sangat tepat dengan tujuan membantu masyarakat yang terdampak Covid-19, terutama yang terkena PHK.

Prakerja sebetulnya menjadi salah satu langkah extra ordinary lembaga terkait dalam menangani Corona. Ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang mendorong semua lini bekerja cepat.

Oleh karena itu, jika ditemui kekurangan, diperlukan juga bentuk pengawasan yang extra ordinary dari lembaga seperti KPK supaya mempercepat pelaksanaan prakerja. Tidak boleh biasa-biasa saja.

Jangan sampai mengesankan bahwa lembaga seperti KPK malahan seakan menghambat dan memperlambat bantuan yang semestinya secepatnya diterima oleh masyarakat.

Dorongan peningkatan mutu pelatihan dan perbaikan akurasi penerima bantuan dari lembaga pengawas malahan bisa menjadi sumber masalah baru jika pelaksanaannya tertunda berbulan-bulan.

Daftar kemnaker.diasporapeduli.id, Bagaimana Bisa Lolos

Dengan target membuka 30 gelombang pendaftaran sepanjang tahun 2020 ini, penundaan dua bulan jelas memberi dampak negatif. Ini paradoks dengan semangat tetap produktif di masa pandemic.   

Oleh karena itu diperlukan gerak cepat dari pelaksana program serta kebijaksanaan lembaga pengawas agar evaluasi dan perbaikan yang terjadi sekarang ini tidak terlanjur menjadi sampah di kepala masyarakat.

Hari ini, banyak masyarakat mengalami kesulitan menafkahi keluarga dan mendesak memperoleh bantuan. Ratusan ribu keluarga menunggu bantuan pemerintah untuk memberi makan anak-anak mereka.

Insentif 600 ribu selama empat bulan sangat membantu mereka melalui kesesakan saat ini. Oleh karena itu, pendaftaran kartu prakerja gelombang ke 4 harus segera dibuka.

Belum ada Komentar untuk "Kartu Prakerja Gelombang ke 4 Harus Segera Dibuka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel