Kapan Insentif ke 2 Prakerja Cair, 116.762 Peserta Masuk Minggu Ini

Kapan insentif ke 2 kartu prakerja cair? Nah minggu ini, diberitakan insentif 116.762 peserta segera ditransfer. Apakah termasuk bulan kedua?
Kapan Insentif ke 2 Prakerja Cair

Pendaftaran gelombang 4 (empat) program Kartu Prakerja masih ditunda pemerintah. Seiring itu, terjadi penundaan pembayaran insentif seluruh peserta prakerja.

Diketahui, insentif prakerja adalah sebesar Rp600 ribu yang ditransfer setiap bulan selama empat bulan. Ditambah 150 ribu untuk insentif survei. Total diterima peserta prakerja Rp2.550.000.

Insentif prakerja tersebut dikirim ke nomor rekening BNI atau ke e-wallet GoPay, Ovo, LinkAja yang telah terverifikasi oleh pelaksana prakerja.

Insentif Prakerja Cair Minggu Ini

Nah belakangan ini kabar tersiar bahwa insentif prakerja akan dibayarkan pelaksana mulai pekan berjalan ini. Artinya akan masuk antara Kamis 24 Juni sampai Minggu 28 Juni 2020.

Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh Deputi Bidang Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin.

Pelaksana berjanji akan segera mencairkan insentif peserta prakerja pada pekan ini.

“Ada beberapa orang yang belum dibayarkan insentifnya. Ini akan kita keluarkan mungkin dalam minggu ini untuk bayarkan insentif tersebut,” ujar Rudy dalam video conference, Senin 22 Juni 2020.


Pembayaran insentif ini tidak menunggu evaluasi dan perbaikan selesai dilakukan. Pihak manajemen pelaksana telah mendapat persetujuan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto untuk mencairkan insentif peserta yang telah menyelesaikan pelatihan.

Pencairan tersebut tak perlu lagi menunggu verifikasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Peserta yang sudah menuntaskan pelatihannya tapi belum mendapat insentif, dipastikan akan menerimanya pada pekan ini.

“Tidak perlu menunggu proses verifikasi pembayaran pelatihan yang menunggu BPKP, tadi pagi kita tetapkan dengan komite mengenai persetujuan insentif yang belum untuk batch I sampai III,” jelas Rudy.

Apakah Pencairan Termasuk Insentif Tahap 2 Prakerja?

Informasi pencairan yang disampaikan pemerintah ini disertai juga penjelasan berikut. Bahwasannya, ada sebanyak 477.971 peserta sudah menuntaskan minimal satu pelatihan dan telah mendapat sertifikat.

Hanya saja dari jumlah itu, baru 361.209 peserta telah menerima insentif bulan pertama. Sementara sisanya 116.762 peserta belum dibayar sama sekali.

Nah dengan begitu bisa diartikan bahwa pencairan prakerja pada pekan ini adalah khusus bagi 116.762 peserta yang belum pernah sama sekali menerima insentif prakerja.

Mereka baru akan menerima insentif untuk jadwal pencairan pertama. Belum diketahui pasti apakah pencairan prakerja pekan ini termasuk jadwal tahap kedua bagi yang sudah menerima insentif bulan pertama.

Sebab saat ini, peserta gelombang 1, 2, dan 3 yang telah menuntaskan dua sampai empat kali pelatihan, terbilang sudah banyak.

Jika mengikuti jadwal pencairan, harusnya pada Juni ini mereka sudah menerima pencairan bulan kedua. Namun pada kenyataannya sampai kini belum juga masuk ke rekening atau e-wallet mereka.


Saat dicek dalam laman insentif akun dashboard prakerja, status pencairan tertulis belum diproses. Padahal pencairan sudah melewati waktu jadwalnya.

Peserta pun mendapat pemberitahuan dalam dashboard mereka sebagai berikut:
Terima kasih atas kesabaran kamu terhadap keterlambatan pembayaran insentif yang menjadi hak kamu sebagai peserta. Sebagai pelaksana kebijakan Pemerintah, Manajemen Pelaksana tunduk terhadap keputusan Pemerintah untuk mengevaluasi kebijakan Kartu Prakerja, yang mempengaruhi pelaksanaan pembayaran tersebut.
Nah apakah pemberitahuan tersebut menandakan bahwa pencairan tahap kedua bagi peserta prakerja belum bisa diproses, belum admin ketahui.

Silahkan tuliskan komentar di bawah ↓ jika Anda mengetahui informasi mengenai pencairan tahap dua ini. Agar memberikan kelegaan bagi peserta yang sementara bingung dengan apa yang terjadi sekarang ini.

Itulah informasi apakah insentif tahap ke 2 kartu prakerja segera cair. Semoga saja bisa memberikan pencerahan.

11 Komentar untuk "Kapan Insentif ke 2 Prakerja Cair, 116.762 Peserta Masuk Minggu Ini"

  1. saya insentif bulan kedua statusnya sedang diproses, saya cek tadi pagi. Jadwal insentif bulan kedua tanggal 3 juni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insentif bulan kedua sudah fis pasti terbayar antara minggu ini atau minggu depan. Tunggu saja.

      Hapus
  2. Insetif 2prakerja udh cair diakhir pekan ini barusan saya cek terimakasih "Indonesia Maju .....terimakasih udh membantu disaat pelik iniπŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  3. Insentif bulan ke 2 saya belum di proses tanggal pencairanya 28 juni

    BalasHapus
  4. Kalau insentif survei kapan cairnya

    BalasHapus
  5. Ngapeh gek aku blom cair masih proses

    BalasHapus
  6. Insentf sya jadwalnya tgl 23 Juni..
    Tpi baru sya cek..msh belom di proses..
    Smoga segera di proses...amin

    BalasHapus
  7. Di dashboard saya sedang di proses sudah mau 1 minggu sedangkan teman saya yg menggunakan link aja belum berhasil tetapi insentif nya sudah cair

    BalasHapus
  8. Insentif ke 2 saya bulannjuni tgl 12 blm cair malah stts di dasbord gagal,, di email pun gak ada respon

    BalasHapus
  9. Saya mauu tanya koo insentif saya yg bulan ke 3 ini blm cair2 yaa saya cek sedang diproses melulu tapii koo dana nyaa blm cairr

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel