Cara Terbaru Menerima dan Memproses Pesanan GOFOOD!

Layanan GOFOOD GOJEK dikatakan akan menerapkan metode atau cara baru bagi merchant untuk menerima dan memproses orderan. Namanya adalah Fitur Merchant Acceptance Flow (MAF) yang masih dalam tahap UJICOBA di sejumlah kecil resto.

Dari fitur bantuan aplikasi GOBIZ dijelaskan bahwa fitur Merchant Acceptance Flow ini berbeda dengan cara yang dipakai sebelumnya. Jika sebelumnya pesanan dari custumer langsung masuk ke driver, kali ini pesanan custumer akan langsung ke pihak merchant.

Disebutkan bahwa mitra usaha GOFOOD akan menerima notifikasi suara berulang untuk pesanan baru yang masuk, pesanan menggantung, dan pesanan yang akan berakhir hingga tombol terima ditekan.

Fitur Merchant Acceptance membuat pemilik atau pengelola resto GOFOOD dapat mengkonfirmasi pesanan dari mulai menyiapkan pesanan dengan segera. Berikut cara menerima dan memproses pesanan dengan metode MAF ini.

Cara Baru Menerima Pesanan GoFood

1. Saat ada pesanan baru, Anda akan menerima notifikasi pada tab ‘Dalam proses’. Apabila pesanan tidak diterima dalam waktu 3 menit, maka pesanan akan otomatis dibatalkan (tolak).

2. Jika Anda terima orderan tersebut, Anda harus konfirmasi terlebih dahulu ketersediaan item yang dipesan. Anda harus pastikan harga setiap item sudah benar.
*Harap diingat, setelah proses ini, pesanan tidak dapat dibatalkan oleh pelanggan.

3. Aplikasi GOBIZ kemudian akan mencari driver. Setelah mendapatkan driver, Anda bisa mulai menyiapkan pesanan.

4. Setelah driver tiba untuk mengambil pesanan, Anda cek kembali nama driver dan detail pesanan. Jika sudah benar, berikanlah 4 digit pin validasi ke driver.

5. Kini Anda bisa mencetak struk untuk diberikan ke driver maupun disimpan dengan cara pilih cetak struk yang terletak di bawah kanan layar.

6. Setelah makanan dijemput, akan masuk ke tab Selesai, status order akan menjadi Makanan sudah dijemput.

7. Setelah makanan diterima pelanggan, status order akan menjadi Makanan udah diantar.


Perlu diketahui bahwa Anda bisa menolak pesanan GoFood yang masuk dengan alasan yang sudah disediakan oleh aplikasi GOBIZ. Tapi tentu saja untuk kebaikan rating resto Anda, sebaiknya menghindari pesanan yang batal.


Cara menerima pesanan di atas masih dalam tahap ujicoba dan hanya untuk beberapa partner GOFOOD. Jika Anda merupakan salah satu yang masuk tahap ujicoba, maka panduan di atas perlu Anda pahami dengan benar.

Selengkapnya mengenai perubahan metode ini dapat Anda baca lebih lanjut di fitur bantuan aplikasi GOBIZ. Pilih bantuan, dan pilih operasional lalu cari Merchant Acceptance Flow.

12 Komentar untuk "Cara Terbaru Menerima dan Memproses Pesanan GOFOOD!"

  1. harusnya ada opsi untuk menonaktifkan fitur ini.
    kendala kami berhubung situasi skr, jaringan internet firstmedia dan telkomsel tidak stabil yang mengakibatkan orderan otomatis di CANCEL

    sangat merugikan pihak merchant

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali. Jika tiba2 suara tidak terdengar karena hp silent/ hpnya sedang ditaruh dilaci jadi susah. Sinyal internet juga kadang lemot. Seharus nya paling tidak diberikan waktu tidak secepat itu. Bisa 1 jaman harusnya ya. Merugikan sekali karena otomotis dibatalin. Kalau tidak dibatalin seharusnya pemasukannya lebih banyak. Tp karena harus otomatis batal jadi pelanggannya malas untuk coba lg 😭

      Hapus
  2. Aktifkan kembali auto accept order.. Fitur merugikan merchant, karna sinyal order batal..

    BalasHapus
  3. Notifikasi nya jarang bunyi ketika ada orderan masuk, alhasil banyak pesanan yg cancel. Gimana caranya supaya pesanan otomatis diterima ?

    BalasHapus
  4. Notifikasi nya jarang bunyi ketika ada orderan masuk, alhasil banyak pesanan yg cancel. Gimana caranya supaya pesanan otomatis diterima ?

    BalasHapus
  5. Kepad Management Gojek. Kebijakan dan sistem baru ini bukan sistem baru. Bahkan sistem baru yg diterapkan ini sistem jadulnya Grab yg sudah lama ditinggal kan. Anda manajemen dapat ide dari mana? #Kasihan banyak resto order tercancel tiap hari rata2 3 orde isi menu 3 item an.. Silahkan buat opsi 2. Otomatis dan manual

    BalasHapus
  6. Sama dong jd autocancel . Gara2 ga Nyala aplikasinya . Bintang satu aja Di playstore biar peka

    BalasHapus
  7. SANGAT SANGAT MERUGIKAN MERCHANT.
    Untuk merchant kecil tidak ada pegawai khusus selalu pegang hp untuk terima pesanan. Kadang2 saat masih nyiapin pesanan hp bunyi ga terdengar. Internet juga tdk selalu stabil
    Waktu untuk menerima cuma 3 menit trlalu singkat
    Kebijakan yg sangat2 merugikan!!! banyak order2 dengan nominal lumayan jadi tertolak
    Akhirnya pemasukan setiap hari sangat berkurang
    TOLONG SEGERA DICABUT KEBIJAKAN INI! KEMBALIKAN KE SISTEM YANG LAMA SAJA.
    TOLONG SETIAP KEBIJAKAN DI ACC DULU DENGAN PIHAK MERCHANT NYA SETUJU ATAU TIDAK!

    BalasHapus
  8. Saya sangat kecewa dengan kebijakan baru Go-Bizz.
    Banyak order tercancel krn waktu terlalu cepat dan signal juga tidak selalu stabil . Sangat merugikan merchant !!!
    Saya minta kembali ke sistem yg lama saja dari customer langsung ke driver .. atau ada aplikasi yang bisa menerima order OTOMATIS!

    BalasHapus
  9. SUNGGUH SANGAT MERUGIKAN MERCHANT.. !!!
    Padahal HP sudah saya standbye kan tetapi cuma bunyi saja, ga muncul tampilannya... Tiba tiba sudah ada cancelan alias BATAL...!!
    mending seperti dulu saja sistemnya guyss....

    BalasHapus
  10. Sudah ada memberikan pin tapi dilayar malah batal... Padahal makan an sudah dipickup driver... Gimna tuh?

    BalasHapus
  11. Menurut saya sangat tdk efisien, karna bisa sj kendala di jaringan, setelah saya lihat ternyata ada saja beberapa pesanan yg di cancel oleh customer mngkin karna jaringan sangat merugikan pihak merchat,,

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel