Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah PKH Tahap 1 (Satu) 2022 Sudah Cair? Ini Informasinya

Banyak masyarakat mempertanyakan apakah PKH tahap 1 (satu) sudah cair Januari tahun 2022 ini? Berikut informasi lengkapnya.

Apakah PKH Tahap 1 (Satu) 2022 Sudah Cair

Kabar gembira bagi masyarakat anggota Program Keluarga Harapan (PKH). Informasi diperoleh go-bizz.com, tahapan persiapan pencairan dana PKH mulai berjalan Senin 17 Januari 2022 ini.

Seperti diketahui, PKH adalah program bantuan sosial (bansos) yang rutin setiap tahun untuk membantu masyarakat kurang mampu. Pemerintah melalui Kemensos telah menganggarkan Rp28,7 triliun dana PKH kepada 10 juta penerima manfaat tahun 2022.

Masyarakat miskin menjadi sasaran utama penyaluran Bansos PKH. Yakni mereka dengan kategori anak usia dini, siswa SD hingga SMA, penyandang disabilitas, ibu hamil dan lansia.

Mereka yang sudah terdaftar, akan mendapatkan dana PKH sampai Rp3 juta per orang per tahun. Bahkan jika seluruh anggota keluarga melengkapi seluruh persyaratan, maka bisa mendapatkan hingga Rp10,8 juta loh.

Cara Daftar PKH Online 2022 Lewat HP Android

Apakah PKH Tahap 1 (Satu) 2022 Sudah Cair?

Ada informasi positif bagi Anda para anggota PKH se-Indonesia. Go-bizz.com mendapatkan informasi dari sejumlah sumber, bahwa tahapan persiapan pencairan PKH tahap 1 mulai dilakukan Senin 17 Januari 2022.

Sudah dilakukan persiapan nama KPM yang akan di-SK-kan dan kemungkinan nanti pencairan tetap memakai termin untuk PKH atau bacth untuk BPNT.

Hanya saja yang perlu diketahui, ini baru proses persiapan. Bukanlah penyaluran. Sebab tahapannya akan melalui sejumlah proses verifikasi sebagai berikut.

1. Kementerian Sosial melalui dirjen yang menaungi program PKH akan terlebih dahulu melakukan verifikasi data KPM untuk di-SK-kan jika sudah lolos dan padan.

2. Setelah di-SK-kan, akan lanjut diterbitkan SPM. Kemudian akan ke KPPN dan kembali diverifikasi yang sudah valid akan dibuatkan SP2D.

3. Setelah itu akan lanjut kepada bank himbara sebagai penyalur untuk dilakukan peninjauan data KPM. Apakah gagal transaksi atau tidak. Jika mengalami gagal transaksi, maka data akan diverifikasi ulang supaya nantinya bisa dilakukan pentransferan ke rekening KKS peserta. Tentu butuh proses yang cukup memakan waktu.

4. Setelah semua proses di atas lancar, maka tibalah waktunya pendamping menerima data bayar atau SP2D dari bank yang berisi nama KPM yang cair bantuannya.

Ada juga informasi terbaru soal mengenai PIP, yakni bagi Anda yang merasa dapat SK nominasi PIP, cepatlah berkoordinasi dengan pihak sekolah.

Supaya Anda bisa segera melaķukan aktivasi rekening ke bank untuk pencairan bantuan PIP tahun 2021-nya. Seban PIP selalu melibatkan pihak sekolah.

Kapan Dana PKH 2022 Cair, Januari Tanggal Berapa Saja? Ini Informasinya

Tercatat ada 2.2 juta siswa yang belum melakukan aktivasi rekening. Untuk SD dan SMP sederajat ke bank BRI. Sedangkan SMA sederajat ke bank BNI. KPM bisa cek dapat tidak anaknya lewat link google dan cek status pemberiannya ada atau tidak.

Sementara untuk SD SMP SMA/SMK bisa cek di Pipkemendìkbud.go.id. Sedangkan bagi yang anak nya sekolah dilingkungan madrasah baiķ MI MTs MA bisa cek lewat link juga pipmadrasah.kemenag.go.id.

Tetap bersabar yang menanti proses pencairan sambal tetap berdoa, bekerja, dan menjalankan protocol Covid-19.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau informasi penting lainnya, silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Demikianlah informasi mengenai apakah PKH tahap 1 (satu) sudah cair Januari tahun 2022 ini? Jawabannya belum cair namun tahapan persiapan pencairan sudah dimulai. Semoga membantu.

3 komentar untuk "Apakah PKH Tahap 1 (Satu) 2022 Sudah Cair? Ini Informasinya"

  1. Apakah PKH tahap 1 (satu) 2022 sudah cair ?

    BalasHapus
  2. Knp pkh thap 1 bln januari 2022 smp ckg knp ko blm cair jg

    BalasHapus
  3. Sampai bulan februari pkh belum cair kenapa y kira kira..?

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.
Semoga sukses!

Admin gobizz.com