Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Benar Bantuan UMKM Cair Lagi? Cek https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum

Banyak masyarakat mempertanyakan apakah benar bantuan UMKM cair lagi? Apakah bisa cair 2 (dua) kali tahun 2020 dan 2021? Cek https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum.

Apakah Benar Bantuan UMKM Cair Lagi

Program bantuan produktif usaha mikro (BPUM) atau bantuan langsung tunai (BLT) khusus untuk pelaku UMKM sudah mulai cair sejak akhir Maret 2021. Total bantuan sebesar Rp1,2 juta setiap pelaku usaha.

Jika tahun 2020 sebelumnya ada sebanyak 12 juta masyarakat yang memperoleh bantuan tahap 1 dan 2, di tahun 2021 ini kuota bertambah menjadi 12,8 juta penerima.

Nah pertanyaan yang diajukan masyarakat saat ini adalah apakah benar penerima BLT UMKM tahun 2020 bisa dapat lagi di tahun 2021 ini?

Bantuan UMKM Bisa Cair 2 Kali

Berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020, maka benar.

Penerima bantuan UMKM tahun 2020, bisa dapat lagi bantuan serupa di tahun 2021. Bedanya tahun 2021 nominalnya sudah turun menjadi 1,2 juta. Sementara di tahun 2020 sebelumnya mencapai 2,4 juta.

Cara Daftar Bantuan UMKM 1,2 Juta, Lengkap Link Pendaftaran Online Gratis 2021

Ini sesuai bunyi Permenkop di atas, pada pasal 4 yang tertulis sebagai berikut:

"BPUM diberikan kepada pelaku UMKM yang belum pernah menerima dana BPUM atau telah menerima dana BPUM tahun anggaran sebelumnya."

Jadi apabila Anda bertanya berapa kali bantuan UMKM cair, jawabannya adalah satu kali pencairan untuk 2020 dan satu kali lagi tahun 2021.

BENAR Bantuan UMKM Sudah Cair Lagi

Lantas apabila aturan di atas sudah sah memberikan hak kepada penerima BLT UMKM 2020 untuk menerima lagi di tahun 2021, selanjutnya bagaimana?

Apakah harus daftar lagi kemudian baru bisa melakukan pencairan atau seperti apa? Apakah juga harus melengkapi semua syarat agar bisa cair?

Jawabannya adalah Anda tak perlu mendaftar lagi untuk masuk sebagai penerima bantuan. Semua yang menerima tahun 2020 lalu, akan menerima lagi bantuan yang sama di tahun 2021 ini.

Jumlah yang mendapat bantuan tahun 2020 lalu adalah sebanyak 12 juta orang. Sementara kuota tahun 2021 mencapai 12,8 juta orang. Artinya semua yang menerima sebelumnya harusnya dapat lagi 2021.

Kendati begitu dari berbagai sumber informasi diperoleh, bahwa jatah penerima BLT tahun 2021 ini, hanya kepada mereka 9,8 juta pelaku UMKM yang sudah menerima tahun 2020.

Sedangkan penerima BLT tahun 2020 ada 12 juta pada tahap 1 dan 2. Artinya apakah 2,2 juta sisanya tidak akan mendapat lagi tahun 2021 ini, menjadi pertanyaan dan belum ada penjelasan dari pemerintah.

Pendaftaran BLT UMKM Tahap 3 Dibuka April 2021, Ini Syarat dan Cara Daftar

Saat ini, sekitar 50% dari 9,8 juta penerima atau 4,9 juta pelaku usaha sudah menerima kucuran dana BLT Rp 1,2 juta per 31 Maret 2021 di rekening bank mereka.

Jadi apabila Anda mencari informasi apakah benar bantuan UMKM cair lagi, jawaban yang tepat adalah sudah ditransfer ke 50 persen atau ke 4,9 juta penerima. Hanya saja belum bisa dicairkan, sebab menunggu jadwal pencairan bank.

Informasi ini dibenarkan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. BLT UMKM 2021 diberikan kepada penerima 2020 untuk percepatan realisasi menopang ekonomi negara.

“Tadi kan saya sudah jelaskan, program ini dikaitkan dengan stimulus untuk kuartal I-2021, dan itu perlu cepat. Itu poin yang memang disampaikan oleh Ketua KPC-PEN,” jelas Teten.

Silahkan perhatikan foto-foto di bawah ini yang menunjukkan BENAR bahwa BLT 1,2 juta sudah masuk ke rekening penerima bantuan UMKM pada 31 Maret 2021.

apakah bantuan UMKM bisa cair 2 dua kali

Hanya saja TIDAK BENAR apabila bisa langsung CAIR. Pihak bank akan mengarahkan Anda untuk menunggu notifikasi SMS mengenai jadwal pencairan bantuan 1,2 juta tersebut.

Apabila Anda adalah penerima bantuan UMKM tahun 2020, silahkan lakukan pengecekan di bank BRI atau BNI. Bawa buku rekening dan cek mutasi. Anda juga bisa cek melalui internet atau mobile banking bank.

Tiga Cara Cek Penerima BLT UMKM BRI di eform.bri.co.id/bpum

Namun apabila Anda tidak memiliki rekening BRI karena sudah menarik semua bantuan 2,4 juta di buku rekening yang dibuat tahun 2020, maka minta bantuan kepada petugas untuk cek apakah nama Anda terdaftar.

Cek Penerima Bantuan Link https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum

Anda juga bisa mengecek nama penerima bantuan UMKM melalui link resmi dari pihak perbankan BRI. Caranya yaitu dengan mengakses link https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum.

Jika nama Anda masih terdaftar, maka silahkan pergi ke bank untuk menanyakan jadwal pencairan. Jangan lupa bawa KTP Anda untuk diperiksa petugas bank.

Demikianlah jawaban atau atas pertanyaan masyarakat apakah benar bantuan UMKM cair lagi atau apakah bisa cair 2 kali. Jika masih belum jelas, silahkan bertanya di kolom komentar. Semoga berguna.

50 komentar untuk "Apakah Benar Bantuan UMKM Cair Lagi? Cek https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum"

  1. Link johar baru jakarta pusat

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Tolong dong link Kabupaten Aceh Tenggara

      Hapus
  3. tolong dong kirim link kabupaten tangerang

    BalasHapus
  4. Tolong minta link kabupaten Banjar karna saya sangat membutuhkan

    BalasHapus
  5. Tolong minta link kabupaten pelampang.trm ksh

    BalasHapus
  6. Tapi kenpa bank bri cibinong bogor sampai skrg blm mau mancair kan dana BLT UMKM yg 1,2 jt ya?harus msh menunggu pdhl sudah ngecek di link terdaftar dr hr sabtu kmrn.

    BalasHapus
  7. Saya tahun 2020 dpt umkm 2,4 juta tapi tahun 2021saya cek di eform bri saya tidak terdaftar sebagai penerima bantuan.berarti saya ga akan dpt lg ya apa harus ngecek lg nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya hr sabtu terdaftar hr ini sudah tidak terdaftar aneh mungkin ada pemutakhiran data atau jangan jangan saya salah pake provider? Who now's

      Hapus
    2. Gak apa2 gak terdaftar di eform kok. Langsung saja ke bank. Kalau uda prn trima tahun 2020, pasti trima lagi 2021 ini walau gak terdaftar di eform. Langsung ke bank

      Hapus
    3. Kira2 langsung ke bank,udah pasti terdaftar yg udah dpt 2020,trus kita ke bank nanya nya gimna sama pihak bank?soal,y kan di e from kita ngak terdaftar­čÖĆ

      Hapus
  8. Sama saya juga cek pertma hari Sabtu, terdaftar, tapi pas dicek hari Selasa tidak terdaftar kenapa ya pa masih da harapan mendapat bantuan bpum?

    BalasHapus
  9. mau daftar tapi ga bisa ga ada rekening BRI lalu Link untuk daftar juga ga ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diperuntukan buat pemilik rek bri yg tidak memiliki tanggungan di bank bri

      Hapus
  10. Tolong link Kabupaten Sukoharjo Jateng.
    Trimakasih.

    BalasHapus
  11. Saya cek di bpum terdaftar sebagai penerima, kemudian saya cek di ATM BRI tapi karena lupa nomor pin, ATM saya terblokir. Kemudian saya cek lagi di web site BPUM jaeabannya saya belum terdaftar sebagai penerima. Apakah hal ini disebabkan ATM saya yg terblokir tersebut.mohon penjelasan.terimakasih.

    BalasHapus
  12. Saya dari aceh dan saya sudah ke bank bri dan bertanya kepada sakpam dan pegawai bri langsung,tapi kata mereka di bri tidak ada lagi menyalurkan bantuan ukm dan sudah di pindahkan ke bank aceh,trus bagaimana dengan solusi daerah aceh kalau ngecek mutasi buku tabungan aja tidak bisa,bagaimana kita yg wilayah aceh bisa tau kita dapat atau tidak,sdgkan sebagian tidak ada notifikasi dari bank, dan tidak bisa ngecek,mohon solusinya pak.??

    BalasHapus
  13. Masyarakat yang dapat bantuan tahap 2 sebesar 1,2 sudah masuk ke rekening,,akan tetapi setelah dilakukan pengambilan, tiba-tiba saldo tidak ada lantaran pihak bank menarik kembali saldo tersebut,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu knp yaa..tmn2 sy ngalamin bgtu pas di cek mau ngambil sisanya yg 200rb sudah hilang saldonya...sdngkan sy baru mau cek masih nol saldonya..mohon infonya

      Hapus
  14. Tolong minta link untuk daerah BEKASI,terimakasih...

    BalasHapus
  15. Apa bisa umkm cair 2 kali, saya dulu pernah dapat dari pegadaian apa nanti bisa dapat lagi gak ya

    BalasHapus
  16. Minta tolong link kab.ciamis

    BalasHapus
  17. link pendaftaraan nya mana

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Untuk kota Palembang kapan cair

    BalasHapus
  20. Tolong kirim link BNI yang dari jembrr

    BalasHapus
  21. Kenapa saya dah ngecek terdaftar ,lalu saya cek lagi kok nomor e KTP belum terdaftar

    BalasHapus
  22. Link kabupaten Pandeglang Banten

    BalasHapus
  23. Polman Sulbar ga dapat tahap kedua awalnya dpt 2.4 tahap kedua ga dapat padahal temen2 aku pada dapat seua

    BalasHapus
  24. Link kabupaten Purbalingga

    BalasHapus
  25. Minta link sukabumi kota

    BalasHapus
  26. Min infoin link blt umkm bpum kabupaten tangerang
    Kok belum ada terus...
    Hari senin saya saya langsung ngajuin kedinas koperasi kab Tangerang, katanya,
    Katanya tidak bisa...
    Dari gubernur peraturannya harus online tapi mereka tidak kasih linknya katanya belum dibuka...
    Kapan bukanya....

    BalasHapus
  27. saya ga punya atm bri tpi kenapa bisa terdaftar ya. kalau benar benar dapat saya alhamdulilah banget

    BalasHapus
  28. link kabupaten Pekalongan

    BalasHapus
  29. kalau link untuk kotawaringin barat pangkalanbun apa ya kak.

    BalasHapus
  30. Link pendaftaran kota bogor

    BalasHapus
  31. link kab wajo,sulawesi selatan

    BalasHapus
  32. Saya udah cek efrom minggu terdaftar eh saya cek lg sekarang enga malah enga tercatat terus saya cek d bank juga belum terdaftar kata cs nya kenapa ya saya udah ngeprin juga enga ada dana yg masuk minta penjelasan nya dong

    BalasHapus
  33. Pernah dapat di bulan april 2021 apakah bisa dapat lg di bulan mei 2021
    Mohon info nya

    BalasHapus