Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Daftar Bantuan UMKM Online September 2021, Lengkap Link Pendaftaran Online Gratis

Daftar bantuan UMKM online terbaru September 2021 masih ada kesempatan. Di sini lengkap link pendaftaran BLT online gratis.

Daftar Bantuan UMKM online gratis

Menteri Koperasi dan UMKM Indonesia Teten Masduki rupanya sudah menandatangani peraturan Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020.

Peraturan tersebut memuat syarat, cara pendaftaran, serta jumlah bantuan dana yang sudah berubah dibanding dua gelombang BPUM sebelumnya 2020 lalu.

Berikut penjelasan lengkapnya:

- Program pemulihan ekonomi nasional yang selanjutnya disebut PEN adalah rangkaian kegiatan untuk pemulihan perekonomian nasional. Ini merupakan bagian dari kebijakan keuangan negara yang dilaksanakan untuk mempercepat penanganan pandemi Corona Virus Desease 2019 ( Covid-19).

Serta menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional atau stabilitas sistem keuangan serta penyelamatan ekonomi nasional.

- BPUM adalah bantuan pemerintah dalam bentuk uang yang diberikan kepada pelaku usaha mikro yang bersumber dari APBN.

- Usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro. Sebagaimana diatur dalam Peratutan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan koperasi dan UMKM.

- Penyalur dana BPUM adalah BUMN (BRI dan BNI), BUMD, dan PT Pos Indonesia yang ditetapkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

Nah, kuota yang akan diterima sebagai penerima BPUM tahun 2021 ini yakni sebanyak 12,8 juta pelaku usaha yang memenuhi syarat. 

Hingga saat ini, pemerintah telah menyalurkan bantuan untuk 12,3 juta pelaku UMKM. Pada September 2021, pemerintah segera mengirimkan bantuan kepada 500 ribu pelaku usaha yang tersisa. 

Diharapkan penyaluran BPUM bisa berjalan dengan lancar hingga September 2021. Sehingga semakin banyak usaha mikro yang bisa menerima manfaatnya dan mampu kembali bangkit serta maju menghadapi pandemi COVID-19.

Cara Mendaftar BLT UMKM Online Terbaru 2021

Dana Bantuan BPUM Turun Menjadi 1,2 Juta

- BPUM diberikan dalam bentuk uang sejumlah Rp1.200.000 (satu juta dua ratus ribu rupiah) secara sekaligus untuk pelaku UMKM yang memenuhi kriteria tertentu.

Berapa dana bantuan UMKM 2021

- Dana BPUM disalurkan langsung ke rekening penerima BPUM seperti BRI dan BNI.

- BPUM diberikan kepada pelaku UMKM yang belum pernah menerima dana BPUM atau telah menerima dana BPUM tahun anggaran sebelumnya.

(Ini artinya walaupun Anda sudah pernah menerima bantuan BPUM tahun 2020 lalu, tapi Anda masih bisa menerima BPUM di tahun 2021 ini)

-  Pelaku usaha sebagaimana dimaksud di atas tidak sedang menerima KUR. Jika Anda punya kredit usaha rakyat, dipastikan tidak memenuhi syarat. 

Syarat pendaftaran BLT UMKM 2021

Syarat Daftar BLT UMKM 

Pelaku penerima UMKM BPUM harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

3. Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan. (Surat dibuat oleh dinas UMKM kabupaten/kota)

4. Bukan ASN, anggota TNI, Polri, pegawai BUMN, dan BUMD.

5. Format surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya ada contoh di bawah ini:

Format usulan penerima BLUM UMKM
Format ini harus diisi oleh dinas/badan koperasi dan UMKM kabupaten kota dengan melampirkan daftar nama usulan sesuai gambar selanjutnya di bawah.

Alur Daftar Bantuan UMKM Online 2021

1. Calon penerima BPUM diusulkan oleh dinas atau badan yang membidangi koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah di kabupaten kota.

2. Kebenaran data usulan calon penerima BPUM menjadi tanggung jawab penerima dan pengusul BPUM.

3. Pengusul penerima BPUM dalam hal dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota menyampaikan daftar nama usulan calon penerima BPUM kepada dinas atau badan yang membidangi koperasi dan UMKM di tingkat provinsi.

4. Lalu kemudian diteruskan oleh dinas UMKM provinsi kepada Kementerian cq Deputi Penanggungjjawab Program BPUM. Dalam usulan tersebut, dinas provinsi harus memuat:

- NIK sesuai KTP elektronik

- Nomor kartu keluarga

- Nama Lengkap

- Alamat

- Bidang usaha

- Nomor telepon aktif

Sebagai catatan: Dinas kabupaten kota akan membersihkan atau menghapus nama pendaftar jika;

- Memiliki identitas sama, ganda, atau duplikasi dengan calon penerima BPUM lainnya.

- NIK tidak sesuai format administrasi kependudukan.

5. Daftar nama yang masuk di dinas UMKM kabupaten kota kemudian diserahkan ke provinsi. Pemerintah provinsi yang akan meneruskan usulan tersebut ke Kementerian cq deputi sebagai penanggung jawab. 

Daftar nama usulan penerima BPUM UMKM

6. Kementerian akan melakukan validasi data usulan calon penerima BPUM yang disampaikan oleh dinas atau badan yang membidangi UMKM provinsi.

Validasi yang dimaksud adalah apakah usulan nama penerima BPUM sedang meneirma KUR melalui SIKP dan pengecekan NIK.

7. Nama yang berhak menerima bantuan kemudian akan ditetapkan oleh KPA setelah melalui mekanisme validasi di atas.

8. Selanjutnya KPA akan mencairkan dana BPUM langusng ke rekening penerima atau melalui penyalur lainnya seperti POS Indonesia.

Nah dengan demikian, lembaga pengusul lainnya seperti BUMN/BLU, dinas koperasi dan UMKM provinsi, perbankan, koperasi, dan kementerian lembaga TIDAK LAGI menjadi PENGUSUL PENERIMA BPUM.

Lembaga pengusul satu-satunya yang ditetapkan pemerintah untuk menampung nama pelaku usaha pada pendaftaran UMKM tahap 3 ini hanya DINAS/BADAN KOPERASI & UMKM KABUPATEN KOTA.

Masuk https //banpresbpum.co.id dan eform.bri.co.id/bpum, Cek Bantuan UMKM

Daftar Bantuan UMKM Online

Nah uraian di atas telah menegaskan bahwa Anda sebagai pelaku usaha hanya daftar bantuan UMKM online ke dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota di wilayah domisili Anda.

Dalam peraturan terbaru tahun 2021 oleh kemenkop UMKM di atas, tidak dituliskan bagaimana teknis pendaftaran pelaku usaha di dinas kabupaten kota.

Kementerian memberikan kewenangan kepada pemerintah kabupaten kota untuk mengatur bagaimana pelaku UMKM mengajukan pendaftaran.

Jika mengambil contoh pada 2020 lalu, tidak sedikit pemerintah kabupaten kota yang membuka pendaftaran BLT UMKM secara online. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Oleh karena itu, diperkirakan hal serupa akan diterapkan lebih banyak dinas dan UMKM setempat di tahun 2021 ini. Hal yang perlu Anda lakukan jika ingin daftar online yaitu menemukan link pendaftaran resmi kabupaten kota.

Hati-hati Anda masuk ke link daftar bantuan BPUM kabupaten kota yang belum terbukti asli. Untuk menemukan link pendaftaran yang benar, maka Anda harus menanyakannya ke pegawai dinas umkm kabupaten kota.

Atau bisa juga Anda mencari lewat mesin pencari google dan kunjungi website resmi dinas koperasi dan umkm kabupaten kota Anda. Atau bisa juga mengecek ke akun media sosial resmi dinas, seperti Facebook.

Jika link yang Anda temukan belum bisa diverifikasi dan dipercayai kebenarannya, ada baiknya Anda memasukkan berkas pendaftaran LANGSUNG BERTATAP MUKA ke dinas dan umkm daerah Anda tinggal.

(Kami, go-bizz.com siap membantu Anda menemukan link pendaftaran bantuan UMKM kabupaten kota Anda. Cukup tuliskan nama kabupaten kota Anda di kolom komentar.

Apabila pemerintah di daerah Anda membuka link daftar online, maka admin akan membalas langsung komen Anda dengan link pendaftaran tersebut)

Sama seperti sebelumnya, pendaftaran Banpres UMKM tahap 3 baik online maupun offline tidak dipungut biaya sama sekali, alias GRATIS.

Seperti diketahui, masih banyak masyarakat yang mencoba mengunjungi website resmi kemenkop dan UKM untuk daftar BPUM. Seperti ke www.depkop.go.id. Ditegaskan bahwa link ini bukan untuk daftar BLT UMKM.

Demikian juga dengan link www.umkm.go.id dan https //siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id/ yang tidak bisa Anda gunakan untuk daftar online.

Selain itu, ada juga link oss.go.id di mana link ini hanya untuk pendaftaran izin usaha dan juga izin komersil (belum menjadi syarat BPUM).

Sementara link https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum bukan sebagai cara daftar UMKM BRI online. Itu hanya untuk mengecek apakah nama Anda sudah terdaftar sebagai penerima banpres UMKM atau belum.

(PENTING DIINGAT, apabila Anda sudah pernah mendaftar tahun 2020 lalu, harus mendaftar kembali tahun 2021 ini. Karena nama Anda akan diusulkan kembali oleh dinas kabupaten kota) 

Nah masih ada kesempatan bagi Anda untuk mendaftar. Sebab pemerintah masih mengalokasi dana transfer sampai dengan September tahun 2021.

Seperti itulah informasi daftar bantuan UMKM online terbaru September 2021 yang masih ada kesempatan. Lengkap link pendaftaran BLT online gratis. Semoga bermanfaat.

884 komentar untuk "Daftar Bantuan UMKM Online September 2021, Lengkap Link Pendaftaran Online Gratis"

  1. link pendaftaran jakarta timur mau dong



    BalasHapus
  2. keterangan di atas bahwa yg sdh pernah menerima BPUM juga bisa menerima lagi. apakah harus daftar ulang kembali atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. DAFTAR ULANG KARNA AKAN ADA PENGAJUAN KEMBALI

      Hapus
    2. info donk kak untuk jepara jawa tengah

      Hapus
  3. Caranya ikutan daftar umkm semarang gimana , bisa minta link nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link buat dftr area semarang jawa tengah

      Hapus
  4. link pendaftaran umkm Serdang Bedagai tahap 3 gmm

    BalasHapus
  5. Minta linknya untuk kota bandung.dan apabila sudah medaftar tapi belum dapat banpres umkm apakah bisa mendaftar lagi terimakasih

    BalasHapus
  6. Kelurahan Koja Selatan , Kecamatan Koja, Jakarta Utara

    BalasHapus
  7. link pendaftaran online umkm tahap 3 kabupaten kudus ap?

    BalasHapus
  8. Mintak link nya dong untuk kota DEMAK

    BalasHapus
  9. Link untuk wilayah sidoarjo jawa timur

    BalasHapus
  10. Link kabupaten Tangerang berapa

    BalasHapus
  11. Link utk kab.serdang bedagai

    BalasHapus
  12. Link pendaftaran kab. Deli serdang kec.cemara tahap 3 kapan

    BalasHapus
  13. LINK KABUPATEN DEMAK JAWA TENGAH DONK

    BalasHapus
  14. kabupaten Malang tolong linknya

    BalasHapus
  15. Kabupaten Agam tolong link nya

    BalasHapus
  16. Link pendaftaran kabupaten Sukabumi propinsi Jawa barat

    BalasHapus
  17. Link kabupaten Trenggalek
    Link kabupaten trenggalek

    BalasHapus
  18. Link kabupaten Bandung Barat..

    BalasHapus
  19. Kab. Bolaang mongondow utara

    BalasHapus
  20. Link kota bandung dong ka ������

    BalasHapus
  21. Link kabupaten malang jawa timur

    BalasHapus
  22. Link untuk kabupaten Simalungun

    BalasHapus
  23. Kalo minta link untuk kota Depok sudah ada blom ka

    BalasHapus
  24. Udah dibuka belum min pendaftaran tahap 3 .minta linknya min . wilayah kabupaten Sukoharjo

    BalasHapus
  25. Linknya pendaptaran UMKM utk provinsi Gorontalo Kabupaten Bone Bolango

    BalasHapus
  26. Link pendaftaran Serdang Bedagai dong min !!

    BalasHapus
  27. Link kabupaten Jombang Jawa Timur

    BalasHapus
  28. Semboro,jember jawatimur

    BalasHapus
  29. Link untuk kabupaten demak jawa tengah

    BalasHapus
  30. Link untuk pendaftaran kabupaten brebes pa

    BalasHapus
  31. Info link daftar UMKM wilayah riau

    BalasHapus
  32. Min minta link kota depok dong

    BalasHapus
  33. Link untuk kabupaten demak jawa tengah

    BalasHapus
  34. Link kabupaten Jeneponto sulsel

    BalasHapus
  35. Link kabupaten serdang bedagai 🙏

    BalasHapus
  36. Kota tebing-tinggi

    Kabupaten empat lawang

    Provinsi sumatera selatan
    Apakah sudah di buka pendaftaran nya

    BalasHapus
  37. Link info kabupaten Deli Serdang admin

    BalasHapus
  38. Link pendaftaran kota Wonosobo, Jawa Tengah

    BalasHapus
  39. link untuk kota meulaboh kabupaten aceh barat

    BalasHapus
  40. Kira"link kabupaten Garut ada ga

    BalasHapus
  41. mintak link jakarta timur donk

    BalasHapus
  42. Gada yang di bales ��

    BalasHapus
  43. Minta link nya ka
    Kota medan
    Kec. medan barat
    Kel. Silalas

    BalasHapus
  44. Link resmi untuk daerah deli serdang

    BalasHapus
  45. minta link dong kakak untuk kota semarang, terimakasih

    BalasHapus
  46. Kabupaten banjar Kalimantan Selatan

    BalasHapus
  47. Kabupaten deli serdang
    Apakah masih bisa mendaftar lagi jika perna mendaftar di tahap sebelum nya tapi tidak mendapatkan bpum?

    BalasHapus
  48. mana link pendaftaran semarang??

    BalasHapus
  49. Link UMKM kab.ngawi Jawa timur

    BalasHapus
  50. Mohon info link resmi kabupaten bogor

    BalasHapus
  51. Link kab. Cilacap minta tolong di share dong

    BalasHapus
  52. link pendaftaran bpum kabupaten bandung

    BalasHapus
  53. Link pendaftaran UMKM Kabupaten Jombang

    BalasHapus
  54. Link untuk kota palu, kabupaten Donggala sulawesi tengah

    BalasHapus
  55. Links buat kabupaten Bogor tlong di kirim donk

    BalasHapus
  56. Link pendaftaran online blt umkm untuk duri.kosambi kota.jakarta barat,cengkareng.

    BalasHapus
  57. kirim dong link kabupaten tangerang

    BalasHapus
  58. Minta Ling pendaftaran untuk wilayah NTB dan Ling mendaftar secara onlin

    BalasHapus
  59. Minta link untuk kabupaten Sukoharjo ya

    BalasHapus
  60. Ade mulyati
    Kecamatan Grogol petamburan
    Jakarta Barat

    BalasHapus
  61. Mau dong link daftar buat bandung kota

    BalasHapus
  62. Link daftar kabupaten bekasi

    BalasHapus
  63. Info link pendaftaran untuk kota duri, riau kabupaten bengkalis, kecamatan bhatin solapan

    BalasHapus
  64. Link daftar kalimantan utara, kabupaten nunukan, apa?

    BalasHapus
  65. Link untuk jakarta timur kecamatan cakung

    BalasHapus
  66. Kabipaten bandung apa linknya ?

    BalasHapus
  67. Link pendaftaran online umkm kabupaten cianjur

    BalasHapus
  68. Link pendaftaran online kabupaten bekasi

    BalasHapus
  69. Mohon info nya. Link Kota Tangerang dan apakah yang sudah menerima tahap 1 bisa mendapat kembali bantuan.? Terimakasih

    BalasHapus
  70. Info link Mojokerto dan Sidoarjo

    BalasHapus
  71. Mau link nya daerah tiga raksa tangerang

    BalasHapus
  72. Mohon info link nya daerah tiga raksa tangerang

    BalasHapus
  73. Link kabupaten Sukoharjo kak

    BalasHapus
  74. Link pendaftara via online kabupaten Bekasi dong

    BalasHapus
  75. Alahhhhh....
    Kemaren ajah gwa dapet jg g cair...
    Bilang y masih d verifikasi bolak, balik bilang y gti..
    Giliran uang dh msk eeee malah di tarik kebali...

    BalasHapus
  76. Ling kecamatan kalideres dong min

    BalasHapus
  77. Kotamadya bandung apa link nya

    BalasHapus
  78. Untuk link kab.malang terbaru yang mana?

    BalasHapus
  79. Mohon bantuannya beritahu Link Daftar Online UMKM Kab. BOGOR...🙏

    BalasHapus
  80. Mohon bantuannya link buat kota bandung min

    BalasHapus
  81. Kabupaten kebumen jateng ???

    BalasHapus
  82. Kabupaten kebumen jateng ???

    BalasHapus
  83. Link Kabupaten Jombang,kec. Mojoagung jatim

    BalasHapus
  84. Link kabupatem batang Pak.. terimakasih

    BalasHapus
  85. Mohon bantuan link untuk daerah pekanbaru-riau??

    BalasHapus
  86. Link Purbalingga jawa tengah

    BalasHapus
  87. saya baca di postingan go-bizz yg lain kok bilangnya yg uda pernah dapat gak perlu daftar lagi, karena sudah pasti dapat lagi. nah di postingan ini kok disuruh daftar ulang ? jd yg benar yg mana ?

    BalasHapus
  88. Mau link UMKM 2021 utk Kec. Jagakarsa, Kel. LentengAgung Jaksel . Trmksh admin..

    BalasHapus
  89. Link kec kemiri kab Tangerang prov Banten

    BalasHapus
  90. Tetty kota Purwakarta, Jawa Barat

    Indo.nya dong utk daftar BLT UMKM 2021.

    BalasHapus