Kenapa Insentif Prakerja Gagal Cair? Ini Solusinya

Kenapa insentif prakerja gagal cair dipertanyakan banyak peserta. Berikut sejumlah penyebab dan solusinya.
Kenapa Insentif Prakerja Gagal Cair
Program kartu prakerja sudah masuk pendaftaran gelombang 10 (sepuluh). Banyak yang telah mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat dari platform mitra prakerja.

Setelah sertifikat muncul di dashboard prakerja, peserta pun mendapatkan jadwal pencairan yang tercantum di laman insentif.

Banyak yang telah menerima insentif prakerja dan ada juga yang masih menunggu jadwal pencairan. Setelah dapat insentif pertama, peserta pun harus menunggu penyaluran insentif selanjutnya.

Tentu saja banyak peserta yang bersyukur bisa dapat bantuan berupa uang dari pemerintah. Karena di masa pandemic saat ini, banyak yang mengalami kesulitan finansial.

Hanya saja cukup disayangkan saat ini ternyata tidak sedikit peserta yang belum menerima insentif padahal sudah melewati jadwalnya. Lantas apa penyebab dan bagaimana solusinya?

Insentif Prakerja Sedang Diproses, Pantau Rekening Anda!


Penyebab Insentif Prakerja Gagal Cair

Apa yang menjadi alasan mengapa insentif gagal terkirim ke rekening BNI atau e-wallet peserta, sejujurnya belum diketahui secara pasti oleh admin.

Hanya saja, dalam penjelasan resminya, manajemen prakerja menyatakan bahwa insentif tidak bisa masuk bila NIK e-wallet yang digunakan berbeda dengan NIK dalam akun prakerja.

Dalam keadaan itu, yang akan terjadi adalah rekening e-wallet Anda, entah itu GoPay, OVO, atau LinkAja tentu saja tidak bisa disambungkan di akun prakerja.

Namun yang terjadi sekarang adalah NIK e-wallet dan akun prakerja sudah sama, e-wallet sudah upgrade/full service, tapi insentif gagal juga masuk.

Nah manajemen prakerja belum memberikan penjelasan mengapa kegagalan transfer insentif seperti ini bisa terjadi. Namun dalam sejumlah forum prakerja, mengemuka sejumlah pendapat sebagai berikut.

1. Disebabkan karena mitra pelatihan? Banyak yang menyebutkan bahwa rata-rata insentif gagal adalah mereka yang ikut pada mitra pelatihan Sekolahmu.

Tapi pendapat itu tak bisa dibenarkan karena kenyataannya peserta yang ikut pelatihan di Skill Academy dan mitra pelatihan lainnya juga mengalami kegagalan.

2. Penyebab karena e-wallet? Nah banyak juga yang menyatakan bahwa hanya pengguna e-wallet Ovo mengalami kegagalan pembayaran insentif.

Nah pada kenyataannya pengguna GoPay, dan LinkAja juga ternyata tidak sedikit yang melaporkan insentifnya juga gagal. Padahal akun e-wallet sudah upgrade dan full service.

3. Penyebab Manajemen dan E-wallet? Nah selanjutnya peserta juga berpendapat insentif gagal masuk bukan karena dari peserta itu sendiri.

Namun karena adanya kegagalan sistem sinkronisasi manajemen prakerja atau masalah pada e-wallet itu sendiri. Nah hal ini juga belum bisa dipastikan.

Kendati demikian, sudah ada beberapa solusinya yang direkomendasikan teman-teman peserta prakerja yang bisa Anda upayakan.

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 9, Login https //dashboard.prakerja.go.id/daftar

Solusi Agar Insentif Cair

1. Mengirimkan email ke manajemen prakerja bahwa Anda gagal menerima insentif prakerja. Anda bisa menuliskan format sebagai berikut:

JUDUL/SUBJECT  EMAIL: Insentif Prakerja Gagal Cair

Kepada: Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia

Saya yang mengirimkan email ini:

Nama:
NIK:
Provinsi:
Nomor telepon:

Melaporkan bahwa insentif prakerja gagal terkirim ke rekening e-wallet…………yang saya gunakan. Padahal NIK e-wallet serta NIK akun prakerja sudah sama. E-wallet juga sudah upgrade/full service.

Seharusnya insentif masuk sesuai jadwal pada tanggal ………….. namun dalam dashboard prakerja tertulis gagal terkirim.

Mohon perhatian manajemen prakerja untuk menindaklanjuti dan mencairkan insentif saya secepatnya.

Terlampir bukti screenshoot/foto insentif prakerja gagal dalam akun dashboard prakerja.

Terima kasih.

Setelah Anda screenshoot/capture insentif yang gagal dalam dashboard prakerja, selanjutnya kirimkan itu ke email resmi prakerja menggunakan format laporan di atas.

Email prakerja: info@prakerja.go.id atau bisa dicoba ke kepesertaan@prakerja.go.id

Solusi kedua yang bisa Anda upayakan adalah dengan menunggu. Apabila masalah di atas disebabkan murni dari manajemen prakerja atau mitra e-wallet, maka dengan sendirinya akan diperbaiki.

Seperti baru-baru ini, insentif prakerja gagal terkirim ternyata lantaran murni dari sistem internal prakerja yang mengalami gangguan. Insentif yang gagal akhirnya sudah diproses dan berhasil.

Anda hanya perlu menunggu sampai bisa teratasi oleh manajemen prakerja dan mitra e-wallet. Banyak peserta yang melapor gagal menerima transferan namun sehari atau beberapa hari kemudian, status sudah berubah berhasil.

Nah, semoga saja sajian kenapa insentif prakerja gagal cair beserta solusi cara mengatasinya bisa membantu Anda. Jika Anda ada pendapat atau kendala lain, silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah.

14 Komentar untuk "Kenapa Insentif Prakerja Gagal Cair? Ini Solusinya"

  1. Saya belum cair dan status gagal mohon prakerja menindak lanjuti dimana salahnya sy gelombang 4

    BalasHapus
  2. Saya belum mendapatkan insentif dan statusnya gagal.Saya gelombang 5

    BalasHapus
  3. Saya menggunakan rekening bank BNI saya untuk pencairan insentif kartu prakerja, tapi statusnya gagal, solusinya bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu aja. sementara diperbaiki manajemen prakerja

      Hapus
  4. Saya menggunakan gopay utk penerimaan insentif, terjadwal HR ini (12 sept 2020) utk pencairan.tp di dasboard insentif tertulis gagal. SMG bs sgr dicoba lagi dikirim ulang

    BalasHapus
  5. Ngga iklas pemerintah...
    Mau kasih bantuan ke masyarakat ajha susah bangat...
    Ribetnya minta ampun eh tau2x ngga cair2...

    BalasHapus
  6. kalau status GAGAL itu muncul langsung setelah status BELUM DIPROSES, atau melalui status SEDANG SIPROSES dahulu ya ?

    atau kalau statusnya SESANG DIPROSES itu otomatis sudah fix BERHASIL ?

    mohon informasinya
    terima kasih

    BalasHapus
  7. Saya menggunakan BNI, tapi statusnya gagal. Itu gimana ya min?

    BalasHapus
  8. Saya menggunakan OVO juga statusnya Gagal.

    BalasHapus
  9. Saya menggunakan Ovo insetif tertulis Gagal.. semoga bisa di perbaiki jika memang ada kesalahan.

    BalasHapus
  10. Saya dari gelombang 6 dan memakai BNI,intensif tertulis gagal mohon bantuannya dan bisa diperbaiki jika ada kesalahan
    Trima kasih

    BalasHapus
  11. saya dapat sertifikat dari skill academy tapi dalam dashboard akun prakerja sertifikat belum masuk, gimana ini

    BalasHapus
  12. Insentif saya aja sampai sekarang masih dalam proses saya memakai gopay

    BalasHapus
  13. Akun saya dinonaktifkan, padahal masih proses klarifikasi e-walet OVO.. ini bagaimana ya.. mohon info baiknya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel