Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Insentif Prakerja Cair? Ini Estimasinya

Berapa lama insentif prakerja cair? Pertanyaan ini banyak diajukan peserta program kartu prakerja. Nah ini estimasi waktunya.
Berapa Lama Insentif Prakerja Cair
Pemerintah terus mengejar target peserta program kartu prakerja total 5,6 juta penduduk Indonesia. Sampai September 2020 ini, target tersebut sudah hampir tercapai.

Banyak yang ikut mendaftar prakerja. Syaratnya yakni WNI berusia 18 tahun ke atas yang tidak sedang kuliah atau sekolah. Bagi Anda yang sedang bekerja, bisa juga ikut prakerja.

Hanya saja perlu diketahui, bahwa prakerja saat ini diprioritaskan kepada masyarakat yang terkena dampak pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat wabah Covid-19.

Diharapkan pelatihan bisa berguna untuk mencari atau menciptakan pekerjaan. Serta bagi yang sudah bekerja, bisa meningkatkan skill dan produktivitasnya lewat pelatihan yang diikuti.

Selain pelatihan, peserta juga mendapatkan insentif. Banyak menjadi pertanyaan peserta kapan insentif prakerja bisa masuk ke rekening yang mereka daftarkan.


Berapa Lama Insentif Prakerja Cair?

Seperti diketahui bahwa ada sejumlah mitra pembayaran insentif prakerja. Yaitu BNI, GoPay, OVO, dan LinkAja.

Insentif prakerja sebesar 600 ribu, akan dikirim ke mitra pembayaran di atas setiap bulan selama empat bulan. Total 2,4 juta ditambah dengan 150 ribu uang survei prakerja.

Nah syarat untuk segera bisa mendapatkan insentif prakerja, adalah Anda harus telah menyelesaikan minimal 1 (satu) saja pelatihan.

Setelah pelatihan 100 persen selesai, Anda harus memberikan ulasan dan rating terhadap mitra pelatihan yang diikuti. Selanjutnya Anda akan mendapatkan sertifikat prakerja.

Oleh karena itu, agar bisa memperoleh insentif dengan cepat, Anda harus memilih mitra pelatihan yang mudah dan terbukti cepat. Jika tidak tepat memilih pelatihan, insentif prakerja Anda bisa molor.


Nah apabila Anda sudah menyelesaikan pelatihan, membeli ulasan dan rating, maka Anda akan mendapat sertifikat pelatihan dari mitra yang diikuti.

Biasanya butuh 2 sampai 4 hari dari mitra pelatihan untuk melaporkan ke manajemen prakerja mengenai data dan sertifikat Anda. Bisa lebih cepat.

Jika sertifikat pelatihan sudah muncul dalam akun dashboard prakerja, maka jadwal penyaluran insentif juga sudah akan nampak. Biasanya tanggal penyaluran insentif jatuh sekitar 7 hari sertifikat muncul.
Ini adalah jadwal insentif salah satu peserta yang ikut pelatihan 31 Agustus 2020. Insentif peserta ini disalurkan 7 hari kemudian pada 7 September 2020. Ini karena proses dari mitra pelatihan sangat cepat.
Oleh karena itu, estimasi waktu Anda bisa menerima insentif ke rekening yang didaftarkan adalah sekitar 10 hari.

Yakni sekitar 4 hari diproses oleh mitra pelatihan ke manajemen. Kemudian tanggal penyaluran insentif adalah sekitar 7 hari sesudah sertifikat muncul dalam akun prakerja.

Penyebab Insentif Lama atau Terlambat Cair

Seperti disebutkan di atas, idealnya 11 hari Anda sudah menerima insentif setelah tuntas mengikuti pelatihan dan dapat sertifikat.

Hanya saja diakui, banyak peserta yang mengeluh penyaluran insentif sangat molor. Ada berbagai penyebab insentif lama atau terlambat cair yakni sebagai berikut.

1. Anda belum menyelesaikan pelatihan 100 persen.

2. Anda belum memberikan ulasan dan rating pelatihan.

3. Anda belum mengikuti webinar atau live diskusi bersama pembicara atau coach.

4. Sudah selesai pelatihan, beri ulasan dan rating tapi sertifikat Anda belum selesai diproses oleh mitra pelatihan.

5. Anda sudah dapat sertifikat tapi mitra pelatihan belum mengirimkan data dan sertifikat Anda ke manajemen prakerja.

Nah solusi mengatasi cara di atas, yaitu Anda harus tuntaskan tanggung jawab Anda ikut pelatihan sampai selesai dan dapat sertifikat.

Selanjutnya adalah tanggung jawab mitra pelatihan untuk mengirimkan data Anda ke manajemen prakerja.

Jika mitra pelatihan terlalu lama mengirimkan data Anda, maka tentu berdampak pada molornya penyaluran insentif Anda.


Oleh karena itu, Anda bisa menghubungi mitra pelatihan melalui email atau call center. Jika tak ada tanggapan tanggap dari mitra pelatihan, Anda bisa melaporkannya ke cs prakerja.

Nah jika memiliki pertanyaan atau informasi, bisa membagikannya pada kolom komentar di bawah. Anda juga bisa dapat jawaban di kolom komentar tersebut.

Seperti itulah estimasi berapa lama insentif prakerja cair. Semoga tulisan ini berguna dan penyaluran insentif Anda bisa lancar ya.

64 komentar untuk "Berapa Lama Insentif Prakerja Cair? Ini Estimasinya"

  1. Saya selesai melakukan pelatihan sejak tanggal 25 Agustus 2020, dapat email kalau dari pihak pelatihan sudah menyerahkan sertifikat pada tanggal 30 tapi sampai hari ini belum juga masuk sertifikatnya. Tau gak ya kenapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ka. Ini sama kaya temen saya juga problemnya. Kalau temen saya itu dia belum memberikan ulasan di tempat dia membeli paket pelatihan (misal : tokopedia). Setelah dia ngasih ulasan trus besoknya sertifikatnya muncul dan lusanya jadwal insentifnya muncul juga ka didashboard. Semoga ngebantu ya ka

      Hapus
  2. maaf ka kira" berapa hari ya cair insentif prakerja jika sedang diproses

    BalasHapus
    Balasan
    1. sana saya juga masih sedang di proses dari kemaren

      Hapus
  3. Saya udah sertifikasi juga udah ada jadwal 4 bulan penerimaan insentif,tapi kenapa molor yah padahal udah tanggal penerimaannya.dan ini insentif pertama.bisa jelaskan kenapa itu bisa terjadi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dong mimin, ini juga terjadi di saya. Udah dapat sertifikat udah ada jadwal insentif, udah lewat tanggalnya tapi ga ada insentif masuk. Bahkan belum di proses. Ini kenapa ya min

      Hapus
  4. untuk semua sertifikat yg selesai tanggal 25 agustus akan mengalami masalah keterlambatan yang lama hingga sertifikat muncul di dashboard prakerja anda

    BalasHapus
    Balasan
    1. maklumtim prakerja hanya berjumlah 10 orang jadi harap bersabar sambil menunggu wabah covid19 ini selesai

      Hapus
  5. Jadwal pencairan tgl 8 tpi smpai saat ini msh stts sedang d proses bagaimna ini

    BalasHapus
  6. Saya juga sm ni udh slssi dr tgl 30 agustus smpe skrng blum muncul sertifikat di dasboard pdhl sudah memberi rating dan ulasan

    BalasHapus
  7. Insentif saya notif nya Sedang dalam Proses, tepat nya di hari tanggal masuknya 12 September 2020, tapi sampai jam segini, udah mau ganti tanggal ke 13 sept gak masuk² juga.
    Bisa kasih solusinya gan?

    BalasHapus
  8. Sama seperti yg saya juga nih,..penjadwalan dana insentif tgl 12 september 2020,..tp blm berhasil cair,..masih dalam proses

    BalasHapus
  9. Insentif saya notif nya Sedang dalam Proses, tepat nya di hari tanggal masuknya 12 September 2020, tapi sampai sekarang tgl 13 September blom ada dana masuk.
    Berapa lama kira2 hrs nunggu ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabtu minggu jadwal nya libur kak, saya juga belum cair kok..
      kata teman tunggu aja, hari atau besok..
      Terimakasih

      Hapus
    2. Saya jg insentif jadwalnya 12sep kmrn,tp SMP skrg blm ada saldo di Ovo msh proses trs tulisannya.Tp tmn sy yg jdwl insentif SM ud cair pke BNI di hr Jumat nya lg tgl 11sep,soal tgl 12sep hr Sabtu bank libur jd di majuin

      Hapus
    3. Iya sama saya juga pake ovo belum masuk sampek sekarang masih proses

      Hapus
  10. Sama saya juga tgl 12 september..Punya malah belum di proses..wah pasti lama nihh..

    BalasHapus
  11. Pak klo pelatihan selesai tanggal 7-09-2020 itu cair nya tanggal berapa ya?. Kalo di hitung sih ini udah 7×24 jam lebih tapi status masih belum di proses

    BalasHapus
  12. Insentif saya tanggal 13 september tpi sekarang mau masuk tanggal 14 september tapi belum diproses ,,,kenapa ya pak,,,padhal pelatihan udah 100% lo,,dan udah dapat sertepikat juga,,,,

    BalasHapus
  13. Insentif saya tanggal 13 september tpi sekarang mau masuk tanggal 14 september tapi belum diproses ,,,kenapa ya pak,,,padhal pelatihan udah 100% lo,,dan udah dapat sertefikat juga,,,,

    BalasHapus
  14. muhammad hairullah14 September 2020 03.15

    Tanggal 13 september 2020 ko blm dapet juga insentip nya ini udah tanggal 14 september 2020 gimana....macettttttttt

    BalasHapus
  15. Saya juga jadwal keluar insentive tanggal 13 september 2020 tapi sampai sekarang notifnya masih belum diproses . MUNGKIN KARENA HARI MINGGU KALI YA TGL 13 SEPTEMBERNYA?

    Coz tetangga sy juga sama tgl 13 sep 2020 jadwal cair tp statusnya BELUM DIPROSES

    BalasHapus
  16. Saya juga tanggal 13 September tapi sampai skrang notifnya masih belum diproses, ini masalahnya gimana??

    BalasHapus
  17. Saya juga kemarin masih belum proses tapi hari ini keterangan gagal harusnya intensif cair tgl 12 September

    BalasHapus
  18. Sya gel 4..insentif tgl 13 sept tpi msih BELUM DIPROSES smpe skrang udah jm 12 siang

    BalasHapus
  19. Punya saya harusnya tanggal 12 September sudah turun dananya.sampai tanggal 14 september masih sedang di proses

    BalasHapus
  20. Jgn kan yg status nya blum diproses yg status nya sedang diproses aja blum juga cair haduh,,,, begin lah klo program pemerintah bisa buat program doang tapi system nya tidak dipikirkan dahulu dampak nya molor tuh insentif orang2 yg sudah lulus

    BalasHapus
  21. Kalo di keterangan nya gagal itu gimana y,,,tdnya msh dlm proses,,,abis itu notifnya jd gagal,, itu dpt gak y,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama deh tuh .. ada yang punya jawaban kah ?

      Hapus
  22. 12 September harusnya udah cair sampai hari ini belum juga cair... pelatihan 100%, ulasan udah, rating udah, sertfikat dpt, E-Wallet Upgrade, kurang apalagi yaah...?

    BalasHapus
  23. Intensif saya di jadwal kan tanggal 12 september 2020 tapi sampai sekarang masih juga dalam proses tolong penjelasanya

    BalasHapus
  24. sabar ya kaka semua,,,mudah"an cpt cair insentifnya,aq ajja yg ikut dftr gk lolos tp masih smngt buat dapet,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insentif saya jadwalnya tanggal 15 September tapi skrang tanggal 16 masih sedang diproses.tolong penjelasannya

      Hapus
  25. Sama sya jga dijadwal tgl 16 udah diproses sampai skrng blom masuk..pkain linkaja

    BalasHapus
  26. Program pemerintah mana yg bener abis ama tikus proyeknya platfrom nya jg pny org pemerintahan semua,banknya jg😆 knp gak kaya bpjstk rekning bebas asal nama sendiri,ini pke gojek dll ruang guru dll,itu mah dana saldo pelatihan yg dikuras buat platihannya bkn insentifnya,bodo amat insentif mau dibagikan atau tidak yg penting pelatihannya dah di beli

    BalasHapus
  27. Sudah 2 minggu terhitung saat saya menyelesaikan, mendapat sertif dan mereview kelas pada platform pelatihan mitra Prakerja di luarsekolah . Sampai detik ini terhitung lebih dari 14 hari setelah semua point saya selesaikan, sertifikat belum juga masuk ke dashboard Prakerja ( jadwal insentif tak kunjung ada)/ Perihal permasalahan tsb saya sudah mengemail CS, menghubungi dm IG (luarsekolah) masih tidak ada jawaban sama sekali, saya mengemail prakerja hanya mendapat jawaban antrian yang sedang tinggi dan mohon bersabar 7 - 14 hari. Saya menyarankan untuk para penerima bantuan lebih baik untuk mengambil pelatihan pada mitra lain selain Luarsekolah yang memiliki kredibilitas lebih dapat diandalkan dalam hal kemampuan server dan ketepatan waktu serta CS yang selalu melayani anda. Lebih baik membayar pelatihan dengan harga yang lebih tinggi ketimbang murah namun saat pelatihan server sama sekali tidak dapat dibuka dan tidak ada kejelasan sama sekali sampai hari ini. dengan ini Saya akan mengambil pelatihan lagi pada mitra yang lebih kredibel.Terimakasih

    BalasHapus
  28. Saya sudah menyelesaikan semuanya. Mestinya tgl cair 15september tadi to sampai skrg belum dikirim dana intensif nya

    BalasHapus
  29. Maaf ya...kalo saya mah yg penting ikhtiar dan jngan terlalu berharap...kalo udah rezkinya tkan kmma..

    BalasHapus
  30. Jadwal insentif tgl. 19 Sep 2020, status masih dalam proses dan belum dikirim ke rekening per tgl. 21 Sep 2020. Mudah²n segera cair dalam beberapa hari ke depan. Aaamiiiin

    BalasHapus
  31. Sabar aja pasti masuk kok...memang proses nya agak lama...maklum yg ikutan kan gak 1 atau 2 orang saja

    BalasHapus
  32. Jika telat memberi ulasan dan rating karena baru tahu caranya,apakah masih diproses agar serifikat muncul di dashboard?

    BalasHapus
  33. Kalau saya status nya masih belum proses ka padahal jadwal nya tgl 28

    BalasHapus
  34. Yang terhormat kepada tim pelaksana kartu prakerja atau pun jajaran nya,,
    Saya mau bertanya,saya sudah menerima pencairan dana insentif,
    Tapi sudah beberapa hari saya belum menerima link survey didashbor saya ,,yang diadakan 3 kali dan mendapat dana 50ribu setiap setelah mengisisatu survey..
    Apakah belum turuun link survey atau apa..mohon penjelasannya
    Terima kasih

    BalasHapus
  35. Mau tanya serius, insentif cair telat berapa hari ya dari jadwal?

    BalasHapus
  36. insentif saya tggal 12 september belum cair..di dasbor masih tertulis belum proses..apakah bisa cair bulan ini ?trima kasih

    BalasHapus
  37. mohon maaf sebelum nya atas ke tidak sopanan dalam ucapan saya.
    seharus nya pemerintah lebih bisa memilih milih kembali untu apa an siapa program PRAKERJA ini, karna masih bnyak warga di kampung sekitar saya yang masih belum mengenal atau mempunyai alat untuk mengikuti tes PRAKERJA ini. karna meeka belum terlalu mengenal yang namanya smartphone. Dan allhasil yang mendapat kan bantuan dari program TSb adalah orang2 yang mampu dan orang2 yang seharus nya pun membantu rakyat kecil, saya senang dan setuju dngan adanya program PRAKERJA . Namun saya pun sdikit kecewa karna yang menerima bantuan kebnyakan orang2 yang mampu..
    TERIMA KASIH

    BalasHapus
  38. Saya pelatihan sudah tanggal 22 September kmren, sampai sekarang sertifikat belum muncul, ap yg harus saya lakukan?

    BalasHapus
  39. PRAKERJA.GO.ID2 Oktober 2020 14.15

    Hai kak,
    Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, terkait dengan kendala Kaka agar kami dapat bantu pengecekan lebih lanjut mohon untuk dijelaskan kendala kaka.

    - Tks ^DN

    WhatsApp : 0816305928

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya waktu pendaftar pra kerja masi pakai kk dan ktp yg lama dengan nama selvi handayani,stelah brapa minggu saya lolos prakerjanya,lalu brapa hari kemudian saya mau melamar kerja dan nama di ijazah saya berbeda dgn nama di kk dan ktp saya,jd saya menggantikan kk dan ktp saya di capil berdasarkan nama di ijazah SMU saya dengan nama silvi handayani lalu bagaimana dgn kartu pra kerja saya yg terdaftar berdasarkan kk dan ktp saya yg lama.sementara kk dan ktp saya sudah berubah menjadi silvi handayani berdasarkan ijazah bagaimana itu ya.mohon balas san nya

      Hapus
  40. Awas
    .komentar di atas mengatas namakan prakerja itu meragukan..jgn di wa ke no 0816 nya...

    BalasHapus
  41. 0816305928 jgn mau wa ke no ini..penipu..hati2 di hack..dia mengatasnamakan prakerja..

    BalasHapus
  42. cetak sertifikat tanggal 29 september 2020..sampai hari ini blum muncul didashboard.kendalanya apa yaaa?

    BalasHapus
  43. Yg pada telat dpet intensif skrang udah pada cair blm ?

    BalasHapus
  44. Pak kalau sertikat ada 2 apakah intensive cair jadi 2 kali? Mohon petunjuk

    BalasHapus
  45. mengapa insentif prakerja saya tak kunjung cair ?
    3 hari dalam pengecekan
    2 hari menunggu di proses
    2 hari dijadwalkan
    dan sampai sekarang tak kunjung di proses

    BalasHapus
  46. Kenapa insentif tidak muncul di dashboard? Apakah ada yang sama ?

    BalasHapus
  47. Nama anggelina suri
    Sudah ikut pelatihan prakeja di toko pedia dan sudah memberikan ulasan dari tanggl 14 oktober tapi sampai sekarang sertifikat belum keuar mohon penjelasannya

    BalasHapus
  48. Sama nih padahal tinggal satu bulan lagi yaitu bulan Desember tahun 2020 tapi di undur menjadi tanggal 7 Januari tahun 2021, tapi pas hari H mlh blm cair dana insentif saya bulan Desember tahun 2020 ada tulisan (sedang diproses) berapa lama tuh kalo sedang diproses

    BalasHapus
  49. Agak bingung cara belajar nya untuk anggota baru

    BalasHapus
  50. Saya penerima gel 18..jadwal insifnya akan cair pada tgl 5 sept 2021..tapi kok belum keluar juga ya..padahal semua prosedur nya sudah siap..ini gimana ya?

    BalasHapus