Kartu Prakerja Gelombang 6 Kapan Dibuka? Ini Tips Lolos

Kartu prakerja gelombang 6 kapan dibuka? Berikut penjelasan dan tips lolos bagi pendaftar baru dan untuk yang sudah pernah mendaftar sebelumnya.
Kartu Prakerja Gelombang 6 Kapan Dibuka

Pelaksanaan program kartu prakerja gelombang 5 (lima) sudah ditutup pada Minggu 23 Agustus 2020. Ada 800 ribu kuota yang tersedia dari hampir 1,7 juta pendaftar di seluruh provinsi Indonesia.

Mereka yang lolos seleksi gelombang 5, menantikan pengumuman setelah 23 Agustus. Artinya antara Senin 24 Agustus sampai mungkin Jumat 28 Agustus 2020.

Bagi Anda yang belum pernah mendaftar prakerja atau tidak lolos pada gelombang sebelumnya, masih berkesempatan ikut pada seleksi berikut. Namun kapan pendaftaran prakerja gelombang 6 dibuka?

Kartu Prakerja Gelombang 6 Kapan Dibuka?

Kartu prakerja memang sudah terlaksana sebanyak 5 gelombang. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan membantu masyarakat saat pandemic Covid-19.

Awalnya, pemerintah merencana membuka prakerja sampai 30 gelombang sampai tahun 2020 ini. Hanya saja seperti diketahui, pelaksanaannya sempat tertunda pada gelombang 3 lalu selama dua bulan lebih lamanya.


(Informasi terbaru dari manajemen prakerja, ternyata pendaftaran kartu prakerja gelombang 6 dimulai pada Kamis 27 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB)


Angin segar ketika pemerintah membuka lagi pelaksanaannya. Manajemen membuka prakerja gelombang 4 pada 8 Agustus 2020. Lalu seminggu kemudian yaitu 15 Agustus, pendaftaran gelombang 5 dibuka.

Jika melihat siklus pelaksanaannya setelah penundaan, masyarakat tentu berharap pembukaan gelombang bisa dilakukan tiap satu minggu atau 7 hari sekali.

Hanya saja kenyataannya, pada Sabtu, 22 Agustus 2020, pemerintah belum membuka seleksi prakerja gelombang ke 6. Ini karena pendaftaran gelombang 5 belum tuntas dan pendaftarannya baru selesai 23 Agustus 2020.

Tak hanya itu, bahkan peserta gelombang 4 juga masih menemui banyak ganjalan yang memperlambat proses pendaftaran sampai tuntas ikut pelatihan.

Nah oleh karena itu, apabila semua masalah di atas sudah terkendali, diperkirakan pemerintah akan segera membuka pelaksanaan pendaftaran prakerja gelombang enam.

Waktu paling cepat kartu prakerja gelombang 6 bisa dibuka adalah pada pekan berjalan 24 sampai 29 Agustus 2020. Namun jika molor, artinya manajemen ingin terlebih dahulu menuntaskan semua masalah pada gelombang 4 dan 5.

Meskipun begitu, Anda sudah perlu menyiapkan diri Anda dari sekarang untuk ikut seleksi gelombang 6. Berikut berbagai rekomendasi agar Anda berhasil lolos prakerja.

Tips Lolos Prakerja Gelombang 6

Bagi Anda yang sudah pernah mendaftar pada gelombang prakerja sebelumnya namun masih belum berhasil lolos, janganlah menyerah. Masih ada kesempatan bagi Anda lolos pada gelombang 6.

Saran bagi Anda adalah lakukan pendaftaran pada hari pertama saat gelombang 6 dibuka. Oleh karena itu, Anda harus rajin mengecek kapan prakerja gelombang 6 dimulai.


Jika Anda pendaftar baru, maka berikut sejumlah tips bagi Anda agar bisa sukses lolos pada gelombang 6.

- Pastikan diri Anda memenuhi syarat dan ketentuan. Ingat program ini hanya khusus bagi WNI berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang sekolah kuliah, dan terutama terkena PHK akibat Covid-19.

- Pastikan Anda mengisi semua data diri dengan benar. Pastikan huruf dan angka yang diinput tidak ada salah satupun.

- Pastikan Anda menggunakan email yang aktif digunakan serta nomor telepon yang aktif atau tidak terancam dinonaktifkan provider.

- Pastikan Anda memiliki rekening BNI. Atau e-wallet GoPay, OVO, atau LinkAja yang sudah upgrade. Sebaiknya nomor akun e-wallet sama dengan akun prakerja.

- Pastikan Anda mengisi tes prakerja dengan maksimal. Tidak ada standar nilai dari manajemen. Berapapun nilai Anda, pasti lolos. Namun mungkin bisa jadi akan ada perankingan. Jadi isi dengan baik.


Soal tes prakerja boleh dikatakan sangatlah mudah. Bahkan soal dan jawaban informasinya sudah banyak bertebaran di internet. Oleh karena itu hal ini harusnya tidak jadi hambatan Anda.

Seperti itulah informasi kartu prakerja gelombang 6 kapan dibuka. Lengkap dengan penjelasan dan tips lolos bagi pendaftar baru maupun lama. Semoga bermanfaat.

3 Komentar untuk "Kartu Prakerja Gelombang 6 Kapan Dibuka? Ini Tips Lolos"

  1. Maaf min mau nanya
    Lulus atau tidaknya peserta ditentukannya dari mana??

    BalasHapus
  2. Jika perlu bantuan hubungi via tlp: 0816965288 / whatsapp: cs Ovo Indonesia

    BalasHapus
  3. Jika perlu bantuan hubungi via tlp: 0816965288 / whatsapp: cs Ovo Indonesia

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel