Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apakah Saldo Prakerja Bisa Diuangkan? Ini Penjelasannya

Apakah saldo prakerja bisa diuangkan? Ini menjadi pertanyaan banyak peserta program kartu prakerja. Berikut penjelasannya.
Apakah Saldo Prakerja Bisa Diuangkan
Kartu prakerja adalah program pemerintah yang memberikan dana pelatihan bagi masyarakat Indonesia. Khususnya kepada penduduk usia 18 tahun ke atas yang tidak sedang kuliah atau sekolah.

Saat ini, pemerintah memprioritaskan prakerja kepada masyarakat yang terkena PHK akibat wabah Covid-19. Selain dapat dana pelatihan, peserta prakerja juga diberikan insentif selama 4 bulan.

Total yang akan diterima peserta yaitu Rp3.550.000. Detailnya insentif Rp2.400.000 yang ditransfer Rp600 ribu setiap bulan selama 4 bulan. Lalu dana survei Rp150.000 yang dikirim Rp50 ribu tiap bulan.

Total dana yang masuk bertahap ke rekening BNI atau e-wallet OVO, LinkAja, GoPay peserta adalah Rp2.550.000. Selanjutnya adalah biaya pelatihan prakerja sebesar Rp1.000.000.

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 10, Login dashboard.prakerja.go.id/daftar

Apakah Saldo Prakerja Bisa Diuangkan?

Banyak peserta yang mempertanyakan apakah saldo pelatihan dalam akun prakerja bisa dicairkan atau tidak? Tidak mengherankan bila peserta bertanya seperti ini.

Pasalnya ternyata banyak peserta yang tidak menghabiskan saldo akun prakerja mereka. Ada yang hanya ikut satu pelatihan, kemudian tidak lagi membeli pelatihan.

Akibatnya saldo pelatihan peserta masih tersisa banyak. Nah sisa saldo itulah yang dipertanyakan peserta apakah bisa ditarik atau diuangkan?

Dalam website resmi halaman syarat dan ketentuan prakerja, sangat jelas tertulis bahwa saldo pelatihan prakerja TIDAK BISA DIUANGKAN.

Jika peserta tidak menggunakan saldo bantuan pelatihan dalam jangka waktu 30 hari, maka saldo akan kedaluwarsanya dan tidak bisa dipakai lagi.

Cara Memilih dan Rekomendasi Pelatihan Prakerja Termudah

Selengkapnya berikut penjelasan resmi prakerja:
Jika kamu lolos mendapatkan Kartu Prakerja, kamu harus memakainya (saldo pelatihan) untuk membeli pelatihan di Platform Digital dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak Kartu Prakerja diterima.
Jika sudah melebihi 30 (tiga puluh) hari dan kamu belum membeli pelatihan, Kartu Prakerja kamu akan dinonaktifkan. Saldo bantuan pelatihanmu juga akan hangus dan dikembalikan ke Rekening Dana Kartu Prakerja.
Nah seperti itulah informasi mengenai apakah saldo prakerja bisa diuangkan? Jawabannya adalah tidak bisa diuangkan, dicairkan, atau ditarik.

Harus dipakai pelatihan, atau jika tidak, saldonya akan kembali ke khas manajemen prakerja. Semoga bermanfaat.

25 komentar untuk "Apakah Saldo Prakerja Bisa Diuangkan? Ini Penjelasannya"

  1. apakah boleh mendaftar dan ikut diprogram prakaerja, jika posisi masih kerja dan status BP JAMSOSTEK masih aktif?

    BalasHapus
  2. Selamat siang ibu bapa yg terhormat
    Saya mau tanya kan saya sudah ikut pelatihan dari tanggal 26 agustus dan di nyatakan sudah dapat sertifikat nya tapi sampai saat ini kenapa di dasbor kartu prakeja nya blm juga keluar mhon bantuan nya atas nama Dedi darmawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf atas jawabannya.

      Coba pastikan sudah memberi rating dan Ulasan di tempat membeli pelatihan dan di lembaga pelatihan, karena banyak teman2 abai akan rating dan Ulasan. Jika belum itulah faktor kenapa sertifikat belum muncul.

      Hapus
    2. Sama dengan saya juga sudah mengikuti pelatihan dan dapat sertifikat namun belum muncul di dashboard, dan diminta kasi retting tapi datanya tidak muncul di tokopedia.

      Hapus
    3. Jika perlu bantuan hubungi via tlp: 0816965288 / whatsapp: cs Ovo Indonesia

      Hapus
  3. Kenapa saya tidak bisa ikut pelatihan baru sebelum sertifikat keluar?

    BalasHapus
  4. Bagaimana jika kelas tidak diketemukan sementra saldo sudah trpotong untuk mengikuti pelatihan di bukalapak dengan kelas menkadi karyawan sukses ditempat kerja..

    BalasHapus
  5. Jika perlu bantuan hubungi via tlp: 0816965288 / whatsapp: cs Ovo Indonesia

    BalasHapus
  6. Jika sudah lolos dan mendapatkan insentif apakah sisa saldo kartu prakerja tidak akan hangus atau masih tetap ada? Kalo masih tetap ada sampai berapa lama? Rencananya kalo tidak kadaluarsa ingin saya pakai untuk ikut pelatihan berikutnya

    BalasHapus
  7. Lalu bagaimana bila kita telah ikut pelatihan dan selesai tinggal menunggu sertifikat tapi ada sisa saldo di akun prakerja?

    BalasHapus
  8. Untuk bayar pelatihan ga bisa langsung pake saldo prakerja ya, harus nombok dulu, rekening yg tersambung pake gopay, eh disuruh ngisi gopay dulu buat bayar kirain langsung pake saldo prakerja...emang gitu ya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saldo pelatihan memakai dana dari prakerja. Jika dana belum keluar pada dashbord prakerja, harap sabar.
      Tapi jika sudah terlanjur pakai dana pribadi, pihak prakerja tidak bertanggung jawab untuk mengganti dana tsb.

      Hapus
  9. Apa yang harus ssya lakukan jika sertipikat sudah kelusr

    BalasHapus
  10. Hai kak,
    Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, terkait dengan kendala Kaka agar kami dapat bantu pengecekan lebih lanjut mohon untuk dijelaskan kendala kaka.

    - Tks ^DN

    WhatsApp : 0816305928

    BalasHapus
  11. Mau tanya kalo sisa saldo nya masih ada dan saya sudah beli untuk pelatihan apakah boleh beli lagi dalam waktu 2 hari

    BalasHapus
  12. Jika sudah prnh ikut pelatihan satu kali,sdh brsertifikat..
    apakah boleh ikut pelatihan lagi dan menghabiskan saldo pelatihan tsb?

    BalasHapus
  13. Slmt malam,,,apabila sudah mendapatkan sertifikat dan insentif tapi saldo masih pelatihan masih ada, minta solusi

    BalasHapus
  14. Sy baru daftar kartu prakerja gel 11 utk upload foto sulit sekali masuknya,apakah ada jam nya ato solusinya trima kasih

    BalasHapus
  15. Sekedar saran., Harusnya sisa saldo pelatihan bisa diuangkan.
    Jika dikembalikan ke kas negara bisa mjdi space untuk oknum bersangkutan yang tidak bertanggung jawab, Krn besaran sisa saldo tiap penerima kartu prakerja pasti berbeda, dan kita tidak tahu proses pengembalian saldo ke kas negara. Sisa saldo mungkin lebih baik digunakan rakyat daripada dimanfaatkan oknum.
    Saya harap KPK memantau space sisa saldo prakerja.

    BalasHapus
  16. Apakah saat ini saldo prakerja tidak bisa dgunakan untuk membeli pelatihan,,karena sya mau pelatihan tp tidak bisa melakukan pembayaran pakai saldo

    BalasHapus
  17. Pada dashboard insentif SDH cair 2x tetapi di rek link hanya masuk 1x..bagaimana?

    BalasHapus
  18. Padahal saldo pelatihan saya tinggal 500 rb,sayang kalo gak di cairkan

    BalasHapus
  19. Yah percuma dong klo ga bisa di ambil dananya.. Ngapain jg ikut prakerja klo ternyata uangnya buat pelatihan.. Hmmm mendingan ga usah dftr sekalian

    BalasHapus
  20. Dana pelatihannya saya belum cair, kenapa ya?padahal sudah 4 hari kerja tapi belum ada masuk dana pelatihannya

    BalasHapus