Pendaftaran Prakerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 akan dibuka akhir Juli 2020 ini. Bagi calon pelamar, siapkan semua persyaratan agar bisa lolos.
Pendaftaran Prakerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli

Kapan pendaftaran program kartu prakerja gelombang ke 4 (empat) dibuka akhirnya mulai menemui titik terang. Dilansir informasi dari Kompas, gelombang 4 segera dibuka akhirJuli ini.

Kapan tanggal pasti pendaftaran, tidak disebutkan. Manajemen Pelaksana (Project Management Office/PMO) tidak bisa mengungkapkan tanggal pembukaan. Tapi dipastikan akhir Juli ini, gelombang ke empat sudah akan dibuka.

“Target Komite untuk gelombang IV dibuka akhir Juli ini. Tanggal pastinya akan diumumkan via instagram Prakerja dan siaran pers,” ujar Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky.

Pengumuman pelaksanaan pendaftaran gelombang ke 4, akan diumumkan melalui akun resmi Instagram prakerja. Jadi pastikan Anda rutin mengecek informasi dalam akun tersebut.

Seperti diketahui, penundaan kartu prakerja sudah terjadi sejak Mei lalu. Terhitung sudah dua bulan lebih program ini ditangguhkan. Penyebabnya lantaran masih ditemui sejumlah masalah yang harus dibereskan.


Insentif Segera Disalurkan

Sementara itu, bagi peserta yang belum menerima insentif, ada juga kabar gembira. Pihak pelaksana akan segera mencairkan insentif tahap ke 3 (tiga) serta sebagian tahap ke 2 (dua).

Panji mengatakan, pihak manajemen pelaksana sampai saat ini terus berupaya menuntaskan pembayaran insentif kepada peserta yang telah menyelesaikan pelatihan.

Juga yang telah memberikan rating, ulasan, mengaktifkan rekening, dan telah melaksanakan prosedur KYC (know your customer). “Fitur penggantian rekening juga telah disediakan,” ungkapnya.


Informasi diperoleh, ada sekitar 477.971 peserta yang telah menyelesaikan satu pelatihan dan sudah menerima sertifikat. Namun dari jumlah itu, baru 361.209 peserta yang telah mendapat insentif. Sisanya belum dibayarkan.

Perlu diketahui, program prakerja ditargetkan akan dilaksanakan sampai 30 gelombang hingga November 2020. Tujuan dari program ini yakni untuk membekali penduduk 18 tahun ke atas dengan berbagai pelatihan.

Terutama diharapkan bisa membantu penduduk yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemic Covid-19. Tetapi tidak juga menutup pintu bagi yang masih sementara kerja.

Pemerintah menganggarkan 20 triliun untuk program ini. Di mana setiap peserta kartu prakerja akan mendapatkan insentif sebesar Rp 3,55 juta.

Detailnya, Rp 1 juta khusus untuk membeli pelatihan. Kemudian insentif Rp 2,4 juta akan ditransfer Rp 600.000 setiap bulan (selama empat bulan). Lalu Rp 150.000 untuk survei.

Itulah informasi pendaftaran kartu prakerja gelombang 4 akan segera dibuka pada akhir Juli 2020 ini. Semoga bisa memberi pencerahan.

Belum ada Komentar untuk "Pendaftaran Prakerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel