Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kursus Tidak Ditemukan Prakerja dan API Token Tidak Valid

Banyak peserta mempertanyakan kenapa kursus tidak ditemukan prakerja serta API dan token tidak valid. Apa yang harus dilakukan? Ini rekomendasi bagi Anda.
Kursus Tidak Ditemukan Prakerja dan API Token Tidak Valid

Pemerintah telah mengumumkan hasil kelolosan peserta gelombang ke 4 (empat) beberapa hari lalu. Nomor kartu serta saldo pelatihan prakerja dalam akun dashboard juga sudah terisi.

Langkah selanjutnya yang harus diikuti peserta adalah membeli dan mengikuti pelatihan. Ada sejumlah platform mitra dan berbagai jenis pelatihan yang bisa dipilih peserta.

Akun Instagram resmi prakerja.go.id mengimbau peserta yang sudah mendapat dana, agar segera membeli pelatihan pada Kamis, 20 Agustus 2020.

“Pastikan Sobat memilih pelatihan dengan seksama karena kesempatan Sobat untuk mengikuti program Kartu Prakerja hanya satu kali, lho. Jadi, pilih pelatihan dengan bijak, ya,” tulis admin.

Kursus Tidak Ditemukan Prakerja

Informasi manajemen prakerja di atas menjadi kabar gembira bagi para peserta. Mereka tidak sabar mengikuti pelatihan, mendapatkan ilmu, dan menerima insentif secepatnya.

Hanya saja, ternyata peserta mengalami kendala. Sejak kemarin, mereka belum bisa membeli pelatihan prakerja di semua platform. Tertulis bahwa kursus tidak ditemukan.

Tak ayal, peserta langsung menyatakan proses kenapa ganjalan-ganjalan harus mereka hadapi sejak pertama mendaftar. Bisa dimaklumi karena di masa pandemic, banyak yang butuh uang.

“Kursus tidak di temukan .. Knp min ???

“Iya nih, takutnya nanti tiba tiba prkerja di nonaktivkan, krna tdk mengikuti pelatihan

“@prakerja.go.id udh beli saldo kepotong kok ga muncul ya untuk ngerjain pelatihan nya min ini gimana?? Bukalapak”


API dan Token Tidak Valid Prakerja

Akun Instagram prakerja diserbu para peserta yang bertanya mengenai kendala yang mereka alami. Selain kursus tidak ditemukan, ada juga notifikasi lain yang disampaikan peserta.

Yakni setelah mencoba membeli pelatihan dan memasukkan nomor kartu prakerja, tertulis bahwa API dan token tidak valid. Peserta sudah mencoba membeli di mitra pelatihan lainnya. Tapi tetap sama.
“Min mohon infonya hampir di semua media pelatihan ga bisa dipakai saldo prakerja nya ada note ‘API dan token tidak valid’. Ada juga ‘kursus tidak ditemukan’. Kenapa ya dari kemarin malam saya coba nya?


Penyebab dan Rekomendasi

Nah lantas apa yang menjadi penyebab kenapa kursus prakerja tidak ditemukan serta API dan token tidak valid? Nah ternyata disebabkan hal teknis yang dialami pihak pelaksana bersama mitra.

Sama seperti sebelumnya, nomor kartu prakerja dan saldo pelatihan yang butuh beberapa hari untuk masuk, pembelian pelatihan juga memang butuh waktu berproses.

Hal ini tak lain karena jumlah peserta yang diterima pada gelobang ke 4 mencapai 800 ribu peserta. Ini tentu menjadi beban tersendiri bagi pihak pelaksana dan mitra pelatihan.

Pasalnya pada gelombang 1, 2, dan 3, jumlah peserta yang ditangani sekitar 200 sampai 300 ribu peserta. Tidak heran ketika harus menghandle 800 ribu peserta, otomatis butuh waktu.

Salah satu lembaga pelatihan menyatakan memang saat ini masih dalam proses verifikasi administrasi.

“Mohon maaf atas kendala yang dialami. Untuk kendalanya, dikarenakan fasilitas pembayaran kartu prakerja sedang dinonaktifkan sehubungan dengan proses pengecekan dan verifikasi pemenuhan syarat Administratif (Api dimatikan oleh PMO),” tulis salah satu mitra pelatihan.

(Adminstrasi yang dimaksud di sini adalah memenuhi Permenko nomor 11 tahun 2020. Di mana dalam salah satu poin dituliskan bahwa mitra harus memasukkan pelatihan dengan unsur interaktif dalam bentuk webinar).
Oleh karena itu, melihat kendala yang dihadapi manajemen dan mitra, maka disarankan bagi peserta untuk bersabar dan menunggu. Diperkirakan dalam beberapa hari, hal ini akan segera teratasi oleh manajemen.

Rekomendasi bagi peserta adalah silahkan melakukan survei terlebih dahulu terhadap pelatihan yang ingin diikuti. Sehingga saat pembelian sudah bisa dilakukan, Anda tak pusing harus memilih yang mana.

Kabar update diperoleh, bahwa pembelian pelatihan di mitra prakerja Bukalapak sudah bisa dilakukan. Silahkan coba lakukan pembelian dan masukkan nomor kartu prakerja.


Pastikan memilih mitra yang sesuai kebutuhan atau minat dan bakat Anda. Agar nantinya setelah ikut pelatihan, Anda bisa manfaatkan ilmu tersebut untuk buka atau tingkatkan usaha. Juga untuk cari pekerjaan.

Tidak ada salahnya juga Anda berdiskusi dan melihat rating dari mitra. Karena pengalaman peserta ada yang tidak mudah mendapat sertifikat. Akibatnya penyaluran insentif agak terhambat.

Tetapi manajemen bersama mitra pelatihan terus memperbaiki layanannya. Saat ini memang jenis pelatihan adalah webinar sehingga Anda harus ikut live pelatihan. Tetapi silahkan Anda pastikan dan cek mendetail.

Nah seperti itulah informasi kenapa kursus tidak ditemukan prakerja serta API dan token tidak valid. Semoga penjelasan dan rekomendasi di atas bisa membantu.

214 komentar untuk "Kursus Tidak Ditemukan Prakerja dan API Token Tidak Valid"

  1. berarti kalo misalnya ga digunakan dalam waktu beberapa hari saldo 1 jt itu akan hangus kah ? Tolong min pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jwb. Waktunya 1 bulan klu gak salah.

      Hapus
    2. Tetap akan 1 juta terus. Saya masih ada sisa 500 rb tdk pernah digunakan dari bulan mei sampek skrg masih tetap ada dan trakhir digunakan bulan juni pun masih tetap bisa. Intinya tidak akn hangus klw gk digunakan

      Hapus
    3. Kalau nggak digunakan sama sekali yg 1 juta itu akan hangus dalam waktu 1 bulan.. klw sudah digunakan nggak bakal hilang sisa uangnya

      Hapus
  2. Daftar sulit, pas udah ada saldo mau pelatihan dipersulit lagi. Kenapa selalu dipersulit?! Kemarin kursus tidak ditemukan, saldo di bekukan, sekarang mitra2nya ada gangguan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan..
      mungki itu adalah bentuk kearifan indonesia gan

      Hapus
    2. Dinegri ini semua program untuk kepentingan rakyat tidak pernah mulus

      Hapus
    3. Betul...Banyak Tikus2 berdasi di negeri ini...

      Hapus
    4. sabar gan saya juga bgitu
      mungkin trafic jaringan padat juga
      dan ada beberapa tahapan verivikasi yg dari sono nya blum kelar
      toh birokrasi gk ada yg cepet
      boleh sharing" kalo ada temen" yg bisa ambil pelatihan

      Hapus
    5. Iya mitranya gangguan terus dr kmrn,, mau pagi siang malem sampe subuh juga tetap error,, jadi lama buat menyelesaikan pelatihan, malah kuota banyak kebuang perecuma

      Hapus
    6. Kalo yg udah belih untuk pelatihan trus mau daptar tapi bakingwork nya eror itu gimana ya kk?

      Hapus
    7. sama saya juga sdh beli pelatihan dibukalapak dan sudah daftar akun di bakingword dan sekarang malah situs bakingword eror jd gk bisa tukar kode voucher dari bukalapaknya ke bakingword, seandainya skill academy masih jd mitra pasti peserta gk sesulit ini ikuti pelatihan

      Hapus
    8. Iy kk betul saya juga sudah masuk di bakingworld tiba2 gak kebuka gangguan atau gimana kk

      Hapus
    9. Ya saya juga ni sdh ikut pelatihan dri bukalapak di bakingworld smpai sekarang saya tidak bisa menggunakan kopun penukaran di link bakingworld email verifikasi juga gak pernah dikirim sdh 1 hari lewat, tolong bantu solusinya gimana gan, saya hubungin dri pihak bakingword tidak ada tanggapan sama sekali

      Hapus
    10. Kalau aku saldo sudah berkurang,transaksi berhasil tapi di buka lapak malah statusnya belum terbayar,malah smpe kadaluarsa.hd belum bisa ikut pelatihan dibaking world,selain itu baking worldnya selalu error.sharing dong temn lainya kalo ada yg sma kaya aku

      Hapus
    11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    12. Memang benar tidak mudah ikut pelatihan bayar pakai kartu prakerja, banyak alasan ada yg token gak valid , ada yg pelatihan tidak tersedia dll. Mohon informasi yg jelas krn jangka waktunya hanya 1 bulan.

      Hapus
    13. Teman teman bisa gabung ke group PRAKERJA GELOMBANG 4 biar kita bisa gampang saling update info soal prakerja 085240806640

      Hapus
  3. Terimakasih infonya min, sangat membantu sekali..

    BalasHapus
  4. Berarti ini harus menunggu lagi? Kendalanya banyak banget sih

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. speechless lah pokoknya mah kalau sdh berhadapan dgn birokrasi pemerintah. Di era analog maupun era digital sama saja, dibiki jelimet.
    Kalau aku gak punya "orang dalam" mungkin sampai sekarang gak punya KTP gaess ...

    BalasHapus
  7. Pengen marah.., tapi mau bagaimana lagi kalau ternyata selama ini prakerja belum begitu dipersiapkan. Saya pikir setelah dibuka kembali udah bisa langsung tokcer siap ikut pelatihan.. Tapi,
    Ya sudahlah Hanya bisa bersabar dan menunggu.. Semoga saja tidak sampai 1 bulan. Amiin

    BalasHapus
  8. Teman2, sebaiknya jangan dulu beli pelatihan. Tunggu Senin aja. Krn skrg belum normal dan banyak eror.

    Jangan sampai salah beli pelatihan sehingga insentif lama cairnya. Tunggu Senin aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaa sudah terlanjur beli dan error dr kemaren.

      Hapus
    2. Iya gimana ni udah terlanjur beli di tokopedia

      Hapus
    3. Sama dah beli pelatihan juga mulai tgl 20 sampai sekarang eror

      Hapus
  9. sudah semangat mau buat beli pelatihan biar bisa belajar lebih jauh lagi untuk mendalami skill, malah ada hambatan tulisannya kursus tidak ditemukan. gak ppa semangat dan update terus yah, semoga kita dipermudah untuk selanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman saya beli pelatihan di bukalapak, saldo terpotong, judul pelatihan muncul di dasboard kartu prakerja. Tapi setiap kali mau daftar ke website studilmu bukalapak untuk menukarkan kode voucher tidak bisa konfirmasinya email salah atau konfirmasi kata sandi salah.
      Kau ini bagaimana, atau aku harus bagaimana? Studilmu Bukalapak

      Hapus
    2. sama saya juga dibuka lapak saldo sudah ditarik.status aktif sudah dibayar tapi kode voucernya nggak valit.dilihat di pembelian gagal balik ke dana buka dompet tp zonk😂😂

      Hapus
    3. Aduuuh, kok sama kasusnya. Mau beli pelatihan lain gx bisa karena pelatihan itu belum selesai katanya. Dr pihak bukalapak pun responnya selow minta ampunnn. Bikin kezelll

      Hapus
    4. wadu saya juga kursusnya juga tidak ditemukan bagaimana ya???padahal saldonya uda kepotong pusing

      Hapus
    5. Sy juga susah ini ngga bisa liat jadwal dan nonton video pelatihan soalnya dikonfirmasi voucher sudah digunakan, ada yg seperti saya juga ngga? Mohon pencerahannya

      Hapus
  10. punya saya juga belum bisa dibelikan pelatihan, kasus sama api token tidak valid. kemaren pelatihan yg diminati pengen dibeli juga udah ada yg habis.

    BalasHapus
  11. Bikin grup wa dong kakak" kita sama sama saling sharing, yg setuju komen dong

    BalasHapus
  12. kalo udh terlanjur beli gimana ini?
    saya beli pelatihan bakingworld melalui buka lapak sudah berhasil saldo pun sudah kepotong
    sedangkan untuk login di web bakingworld tidak bisa dan batas penukaran kuponnya terakhir tgl 21 agst 2020 kalo sampe besok masih ga bisa login juga
    kek mana ini yaa , saldo saya kebuang sia² tanpa mendapat pelatihan apapun , rugi dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaaa ni kasusnya,hiks
      Semuga segera ada solusi.

      Hapus
    2. sama.. gak bisa daftar di bakingworld

      Hapus
    3. Benar sudah beli di bukalapak yg pelatihan kue bakingworld pas mau dftr malah gagal terus katanya suruh sama email sama pasword nya pas login kartu prakerja pas mau daftar eh malah gagal terusss rugo lah mana saldo udh kepotong ga bisa pelatihan nya hadooooh, kirain punya saya doang yg ggal terusss pdhal banyak

      Hapus
    4. Sama saya juga. Tolong kalau ada info lebih lanjut kasih tau ya

      Hapus
    5. Cari uang gratis ruwet emang..klo GK niat ngasi duit mending bilang sekalian..saya sampe lupa makan minum nongolin hp Mulu

      Hapus
    6. Aku juga bakingworld payah lemott bangett susah diungkapkan dengan kata2

      Hapus
    7. Saya juga seperti itu disalah satu kerja pelatihan desain photoshop saya sudah beli dan udah kepotong saldo nya tapi belum juga ada pemberitahuan untuk lanjut ke pelatihan.

      Hapus
    8. Sama saya juga gitu.. Sudah kepotong. Beli pelatihan di bakingword saya mau daftar masuk susah eror terus..

      Hapus
    9. saya sudah beli pelatihan dibakingworld dan sudah nonton videonya..selanjutnya di wajibkan gabung ke grub whatssap..ketika sy invite grubnya,notifikasi grub penuh..sedangkan link untuk webinar nanti di bagikan di grub..haddeh..mau dapat uang 600rb aja susahnya minta ampun

      Hapus
    10. Gini klo pingim bantu masyarakt yg ga benar2 niat...bukan nya cr solusi untuk gelombang 4...malah koar2 sudah dibuka untuk gelombang 5....nasib kita semua sama..

      Hapus
    11. saya juga beli di bakingworld, sudah ikut tes ,mendadak group telegramnya hilang,..mau ikut sesi zoom full..groupnya ilang,gak tau deh ID zoom nya apa,krn dibagikan lewat group,.websitenya error,wa admin pun tidak di respond,..di e-mail apalagi,gak ada respond..

      Hapus
    12. saya juga neli di bakingworld, cara mudah membuat roti burger. seharga:200rb.
      sdh mendapatka voucer dan berhasil beli.
      tapi untuk pelatihan infonya harus gabung di grub.
      mohon info nomor grubnya,
      nmr saya:089526103100.
      terimakasih atas bantuannya.

      Hapus
  13. kirain hanya ID punya saya yang bermasalah tidak bisa beli pelatihan, ternyata lagi ada gangguan ya

    BalasHapus
  14. Kami sdh berhasil membeli pelatihan di Bukalapak tapi terkendala untuk masuk ke pelatihannya,dan tidak ada info jadwal pelatihan.Mohon petunjuk🙏🙏.Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas :( sebel pisan saldo udah kepotong pelatihan udah di beli ehh buat buka pelatihan nya susah bngt , (Bukalapak )

      Hapus
  15. Katanya sdh d evaluasi dn perbaikan,kq msh lelet

    BalasHapus
  16. saya merasakan hal yg sama terhitung tgl 15 saya di terima gelombang ke-4 kemudian input rekening (sembari menunggu verivikasi gopay + utk e wallet) kemudian tgl 21 saldo 1 jt masuk ,nah saya coba semua platform utk pleatihan belum bisa transaksi alias ( kursus tidak di temukan) mungkin dari sananya lgi proses verivikasi kalik ya :(

    mungkin saran saya coba tiap hari atau 3 jam skali coba trus. kalo ada temen" disini yg sudah bisa ambil pelatihan boleh kasi kita saran dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya sudah smpai di tahap pelatihan ada video di baking world bukalapak..akan ttpi dsana syarat ny hrus ikut group wa...dan meting dg aplikasi zoom...nah..saat mw gbung group wa...katanya kuota group penuh...bagaimana itu cerita nyaa....

      Hapus
  17. Saya sudah membeli paket pelatihan dan saldo saya berkurang, tetapi untuk redeem voucher tidak bisa, sudah saya wa dan telpon pihak penyedia tetapi tidak ada respon. Saya harus laporan kemana ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu berbelat belit beli pelatihan di sekolah desain.id

      Hapus
    2. Saya pikir hanya saya yang mengalami kendala saat sudah mendaftar pelatihan di bukalapak

      Hapus
    3. Mau reedem voucher di sekolah desain kok susah amat ya...

      Hapus
    4. Ya sekolah desain bermasalah, sy terdebet 270 ribu, tp akses ke website sulitnya minta ampun, saya complain cs tidak di tanggapi, termasuk ke bukalapak, tidak profesional, sangat merugikan, sudah hampir satu bulan tidak ada solusi, bikin susah aja g profesional

      Hapus
    5. setuju nih dari 21 agustus di follow up2 katanya tp di prakerja sm tokopedia bilang belom ada sertifikat masuk

      Hapus
  18. Pusing jg coba2 terus beli pelatihan tetep gak bis,,percuma saldo 1jt kalo gangguan terus gini

    BalasHapus
  19. Sebaiknya saldo nya ditabung sampe hari senin dulu biar gak rugi

    BalasHapus
  20. kalau aku malah udh beli. saldo udah kepotong. eh enth karena apa saat mau ikut pelatihan. mau masuk vidio pelatihan. malah vidio tidak ditemukan. dan gak bisa redeem voucher. malah tulisan yg muncul
    error 505/error 522 gateway gt min. kenapa ya..

    tolong donk bnt jawb.

    BalasHapus
  21. Apa cumaan gue gak tahu apa itu pmo dan api??

    BalasHapus
  22. Pembelajaran di bakingworld ..dana udah kepotong tapi g bisa di akses..banyak susah..tiap kali akses situs eror ..

    BalasHapus
  23. Kemaren waktu saya lolos kartu prakerja saldo belum masuk sampek seminggu. Begitu udah masuk gak bisa di gunain " API token tidak valid" sama " kursus tidak di temukan" selalu aja gitu udah 4 hari ini. Saya takut saldo hangus. Bagaimana ini tolong bantu jawab

    BalasHapus
  24. Iya sama juga kendalanya, saya saldo nya udah di potong 600 rb. Tapi pas saya masuk di bakingword dan memilih menu kursus knpa ada pilihan pembelian pelatihan lagi ya. Kasi sarannya donk, kira² nantik kalo saya pilih lagi pelatihan nya itu berlaku saldo yg udah di ptong sbelumnya apa saldo lain yg di potong ya

    BalasHapus
  25. Saran saya mending kita buka group aja yuk, biar lebih enak kita sharingnya. Siapanih yg mau jadi adminny.
    Kalo setuju tinggalkan no wa
    082277026710

    BalasHapus
    Balasan
    1. 085349361319 wa sy masukkan grup donk

      Hapus
    2. Setuju, masukan saya ke GRUB WA 085378864689

      Hapus
    3. 085757745211
      masukkan jg ke grup WAnya ya

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Masukin aq min 085748153528

      Hapus
    6. 082112641366
      Masukin group dong.
      Kita saling bantu

      Hapus
    7. Setuju
      saya juga seperti itu kasusnya ,saya sdh ngechat pihak Bukalapak ,katanya di tunggu aja dan di buka aja website baking worldnya secara berkala
      No Wa 085551066993

      Hapus
    8. masukin saya dong 081326909758

      Hapus
    9. Setuju tolong di masukan ke ke group 085240806640

      Hapus
    10. Ni no WA 085779577386 tolong masukin

      Hapus
    11. join dog kak 081372123794

      Hapus
    12. join dong kal 081372123794

      Hapus
    13. Aku juga ikut join 088995253464

      Hapus
    14. Masukin no WA saya 089526368273

      Hapus
    15. mohon ikut masukan juga 082328984230

      Hapus
    16. Ikutan join dong 0895372237621

      Hapus
    17. Ikut join biar saling bantu via grub WA 081554632914

      Hapus
    18. Saya juga gitu saat masukkan kose voucher eror mulu malah harus beli kelas lagi makanya ikut prakerja kan biar dapet duit lagian duit darimana buat beli nya kerja pun tidak

      Hapus
    19. Saya juga gitu saat masukkan kose voucher eror mulu malah harus beli kelas lagi makanya ikut prakerja kan biar dapet duit lagian duit darimana buat beli nya kerja pun tidak

      Hapus
    20. Masukin wa aku ya 088242109334

      Hapus
  26. Saldo saya ada 1jt tapi saat saya melakukan pembayaran pelatihan,nomor kartu pra kerja saya tidak vailid dan OTP di tolak..mohon pencerahan dan bantuannya gmana solusi nya..sampai saat ini blum ada balasan dari pihak prakerja.go.id tentang masalah saya ini

    BalasHapus
  27. Saya ikut gelombang 4, ambil kursus saya di sekolah desain.id susah sekali rendeem voucernya

    BalasHapus
  28. Saya pembelian pelatihan di toko pedia berhasil dan saldo sudah kepotong.. tp belum bisa ikut pelatihan..

    BalasHapus
  29. Kalau saya udah bisa beli di pintaria, tapi sampai sekarang belum bisa melakukan pelatihan. Pas masuk kelas malah dapet tulisan learning content not available

    BalasHapus
  30. Saya juga udh coba blii pelatihan di pijar tp api key token tidak vailid trus🤦‍♀️

    BalasHapus
  31. Gimana klo buat grup wa aja kk.biar bisa salaing membantu dan berbagi informasi

    BalasHapus
  32. Oh kirain saya doang yang ngalamin. Tadi coba daftar di kemenaker dan pijarmahir, pas mau bayar muncul error seperti yang disebutin di atas.

    Ada yg punya saran sebaiknya gimana selain nunggu bisa lagi? Udah dari hari Rabu nih.

    Apa ini ada kaitannya ama libur panjang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga krn libur panjang mulai kamis tgl 20 hingga minggu besok..sedang saldo 1jt serentak masuk rabu 19 agustus

      Hapus
  33. Chat customer servis Bukalapak ngga ada tanggapan

    BalasHapus
  34. Saya juga udah beli pelatihan di Tokopedia tapi belum bisa pelatihan padahal saldo udah terpotong

    BalasHapus
  35. Kalo saya mulai kmrn sdh email ke skill academy dan dandan.id..jawaban mereka sama smua yaitu dari pihak prakerjanya belum membuka pelatihan di mitra nya..mohon ditunggu infonya mohon utk melakukan pembelian secara berkala dan ada audit dr pihak pelaksana prakerja

    BalasHapus
  36. Pak Jokowi.gmn ini program prakerja gelombang 4.sdh beli di tokopedia tp blm bs ikut pelatihan.makin Lama kok makin sulit.

    BalasHapus
  37. Saya juga saat masuk pelatihan daftarnya atau tidak dpt verifikasi atau selalu error' padahal saldo udah kepotong

    BalasHapus
  38. Saya berhasil daftar di skill academy di tokopedia. Pelatihan sudah jalan

    BalasHapus
  39. Saya sudah bli platihan di Bukalapak,saldo kepotong tapi ttp tidak bisa masuk,apa yg salah?,apakah cara sy,atau pihak pelaksana????

    BalasHapus
  40. Saya jg sama bang udh ngambil platihan pintar ria...platihan ngk di temukan....saldo ke potong jg...mhn pencerahan ny BP ketua.....mksh

    BalasHapus
  41. Bagimana gelombang 5 kok belum di evaluasi

    BalasHapus
  42. Saya beli di bukalapak pelatiha sekolah desain id tapi ga bisa masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga gitu cek token maksudnya apa ya

      Hapus
  43. ternyata masalah qt sm semua.g da yg bs ikt pelatihan sementara biaya pelatihannya udh dbyar, trs gmn nih solusinya mimin yg baik..... banyak dr kami yang berhrp bs mendptkn insentf dengn mudah tp ternyata peltihannya aja dipersulit kyk gini.....hadeeeeuhh.....

    BalasHapus
  44. Saya pilih pelatihan bakingworld dan saldo PRAKERJa saya sudah berkurang 600 rbu tapi sampai sekarang saya masih belum juga ikut pelatihnya karna sampai sekarang kode voucher saya belum juga dikirim oleh Bukalapak saya cobak hubungin adminnya tapi tidak pernah direspon jadi harus gimana dgan saya harus nungguin sampai kapan mohon bantuannya untuk tim PRAKERJa karna saldo PRAKERJa saya sudah berkurang

    BalasHapus
  45. Parah kartu prakerja.. Saldo g bisa kepakai..

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Setuju saya juga mau gabung 085240806640

    BalasHapus
  48. Sudah beli pelatihan tp buka baking world ga bisa dari kemaren error terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ada group wa PRAKERJA GELOMBANG 4 jadi bisa gabung biar bisa sharing info lebih gampang..

      Hapus
    2. tolong masukkan grup WA dong 085327983455

      Hapus
    3. Tolong masukkan group WA 085641582596

      Hapus
  49. Kita udah biatkan group wa PRAKERJA GELOMBANG 4 udah bisa gabung yah biar kita bisa sharing sharing informasi nya gampang..mkasih

    BalasHapus
  50. Ikutan donk grup wa nya 083890790794

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tlg masukin ke dlm grup jg y wa 085273141776

      Hapus
  51. Haduh dr td bakingworld bikin jengkel , gk bsa kebuka...eror mulu

    BalasHapus
  52. Saya kira punya saya aja makanya saya coba terus dari kemarin sampai hari ini g bisa...kalau ada grup wa bisa minta tolong dimasukkan..no 085895346001... Makasih

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Sama sy jga dah 2x24 jam vocher pembelian paket di bakingworld Lom bisa di pke,, mlh eror terus, tolong di bantu dong..pengen cepat dpt insentif
    demi kelangsungan hidup dmsa pandemic ini.

    BalasHapus
  55. Ikut grub wa y donk. 0895613488652

    BalasHapus
  56. Masukan saya juga ya trend 085822481750

    BalasHapus
  57. Tolong masukin ke grup. Sharing masalah prakerja 089685595892 .. sy ada 1 lembaga yg udh berhasil mengikuti pelatihan dgn lancar nanti bisa sharing

    BalasHapus
  58. Setuju tlg masukin saya kegrub WA,prakerja gelombang 4 biyar kita bisa sering info

    BalasHapus
  59. Pusing juga dari awal.daftar sampai mau ikut pelatihan.Ikut juga kegrup WA,pra kerja gel.4.no wa 085325417527 tlg masukin admin

    BalasHapus
  60. Masukin juga dong min no ku. 085335037153

    BalasHapus
  61. Masukan juga min no sy 085250976249 trims

    BalasHapus
  62. Masukan saya ke grup WA yangke 4 085855505618

    BalasHapus
  63. Saya sudah beli bahasa inggris bgbkaryawan, baru 2 tahap macet gk bs tahap nya, yg mmucul ya video itu diulang2 trs . Mumet lurr...

    BalasHapus
  64. Saldo udh kepotong tpi pelatihan ga sya dapatkan apa yg hrs sya lakukan untuk menyelesaikan pelatihan di Bukalapak

    BalasHapus
  65. Tlg masukkan k grup wa jg 082141633182

    BalasHapus
  66. Tolong masukkan juga saya donk ke group WA gelombang 4 biar bisa berbagi informasi 085260474718

    BalasHapus
  67. Saldo sudah ke potong tapi pelatihan tidak bisa di buka terus gimana min.. daftar sulit begitu sudah masuk ..masih sulit lagi..sia2 saldonya 😈😈😈

    BalasHapus
  68. 081396946311 masukan ke group ya min.
    Mendingan uangnya langsung aja dikirim ke no rekening hitung2 bantuan dari pemerintah gak usah pakai pelatihan segala. Karena bagian dari pemerintah yg ngurusi masalah ini gak siap dan mungkin org2nya yg tdk berkompeten. Masalah pelatihan, bisa cari sendiri di internet org indonesia kan skrg pinter2. Uda dpt bantuan kan bisa beli paket internet???
    Ini malah menghabiskan kuota utk hal yg bobrok dan tdk jelas kapan bisanya.
    Mitra itu sbtlnya gak perlulah, mereka tu da kaya, pemerintah mau bantu yg uda kaya...!! Langsung aja dikirim uang ke rekening, yg penting sudah terverifikasi mana yg layak dan masyarakat bisa langsung gunakan krn situasi covid 19 ini sangat memprihatinkan. Masyarakat butuh uang cepat, bukan kebanyakan prosesur yg gak jelas!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi saya udah emak emak ngurusin anak aja udah kerepotan tolong dipermudah pak jokowi ga semua emak emak ngerti soal digital mending dibagi kaya kartu pkh saja sayamah latihan tatap muka aja cari uang 250 ribu tuh susah ikut pelatihan dipersulit kode voucher error saat mau di masukkan saya ga ngerti buang buang duit dan waktu apalagi sekarang saya pengangguran

      Hapus
  69. Bahkan sampai hari ini 24 agustus, api key token saya tidak bisa untuk melakukan pembelian kursus...
    Nomor dan saldo ada...tetap ga bisa melakukan pembelian...
    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  70. Kendala yg sama, sdh pilih pelatihan di pijar mahir, tp selalu API TOKEN TIDAK VALID, memangnya platform pelatihan blm tahu ada keharusan mengadakan Web Seminar ( Webinar) kepada pembeli pelatihan yg menjadi persyaratannnya di mulai dari Gel.4 ini? Setuju tmn2 yg mau bikin Group WA, tlg untuk mempermudah gabung dgn cara klik sendiri2 bs di share link gabung WA nya ya..klo blm bs share linknya, tolong sy dimasukkan group : 082246209315, mksih.

    BalasHapus
  71. Tlng no sy jg masukan ke Grup ya min 081803119291

    BalasHapus
  72. tlg no saya masukin ke grup min . minta infonya masih belum bisa beli pelatihan 085218369606

    BalasHapus
  73. ikut dong group wa nya saya dr kemaren coba juga ngga bisa dengan alasan no prakerja saya tidak valid.. kalo ada group wa masukin dong no 087883399445

    BalasHapus
  74. Tlong masukin saya juga Min
    Karna saya sudah beli pelatihan tpi eror trus
    Tlong masukin ya Min
    Ini no wa saya:085275096590

    BalasHapus
  75. per detik ini masih error juga.. hadeeehhh..
    join grup dong, thx.. 082242563977

    BalasHapus
  76. Aku komen disini jg ilang2 trs, embohh wiss, mumet sirahku...

    BalasHapus
  77. Aku aja udah beli pelatihan,udah d kasi vidio,eh tapi gak ada lingny d bawah vidio,gimana mau masuk grub untuk mengerjakan soal ny

    BalasHapus
  78. Masukkan sy juga dong ke group gel. 4 085241004546

    BalasHapus
  79. Masalah sama tidak bisa beli pelatihan.... Masukin grob jg dong
    085292538807

    BalasHapus
  80. Maaf kak, sy sdh beli pelatihan prakerja, masih aktif pelatihan ya, tapi ga bisa mengerjakan karna Gmail yg saya daftarkan salah, kan katanya kode vocerna masuk ke Gmail,, mohon solusinya agar sy dapat menyelesaikan pelatihan yg masih aktif🙏🙏

    BalasHapus
  81. Minta tlng masukin ke group gel. 4 ya Min.
    Ini no wa saya: 08973064546
    Masih belum bisa beli pelatihan...

    BalasHapus
  82. Malam guys. Sekedar mau sharing.

    Tadi pagi ini saya sudah bisa beli program pelatihan di Kemnaker dan saya sudah bisa mengikutinya.

    Ada seminggu sejak kartu saya diterbitkan.

    Semoga bisa membantu.

    BalasHapus
  83. Saya sudah menonton semua studio pelatihan baking world tetapi masukannya Aja butuh 8 Hari br berhasil to may join group untuk ikut evaluasi Dan undangan web binar kok Lebih group x..

    BalasHapus
  84. Sudah beli pelatihan.. Saldo juga sudah berkurang.. Tapi kok gak ada kelanjutan pelatihan nya ya... Bagaimana ini min..

    BalasHapus
  85. Sama, sampai sekarang masih perbaikan...mungkin nanti tiba-tiba hangus sendiri karena dikira tidak digunakan

    BalasHapus
  86. Punya Program tapi tetep ngerepotin rakyat, pulsa terpotong hanya untuk log in terus yang gak hasil2....

    BalasHapus
  87. Katanya pakar IT di Indonesia banyak tapi ngurus kayak gini susah amat, katanya mau masuk Era Industri dan Digital 4.0.....hadeuh...cape dech...

    BalasHapus
  88. Mau belajar ko susah amat ya... dana sdh kepotong... video pelatihan tidak tersedia... waduh hhh

    BalasHapus
  89. sy sudah melakukan pembelian, saldo terpotong, status aktif namun tidak dapat kode voucher dan notip di tokped transaksi gagal. ini cemana ya min? kok amsyooonggg bangettttt, jd mau beli pelatihan lain pun takut gk bisa terklaim dana krna kudu selesaikan yg pertama, sementara yg pertama nge haluuuuuuu
    wa 082272878208 gabungin ke grup ya

    BalasHapus
  90. Ternyata ga sendirian . Bahkan sampe tgl 1 september masih ada ajaaaa sulitnyaa. Apa ada yg uda berhasill?

    BalasHapus
  91. Salam sehat min, saya sudah melakukan pembelian kelas pelatihan di Tokped pada skill academy tentang cara menghasilkan uang menjadi youtuber bersama gita slavina seharga 90rb. Di dashboard saldo sy sudah terpotong 90rb dan status pelatihan aktif, namun saya tidak menerima kode voucher dari skill academy di email saya, selain itu pada notifikasi tokopedia tidak ada tertera tulisan pembelian/ transaksi yg berhasil. kemudian sy mencoba melakukan pembelian lagi di kelas pelatihan yg judulnya sama, namun muncul tampilan bahwa sy sudah pernah melakukan pembelian. sy harus bagaimana min? sudah berkali2 saya chat dan email ke pihak skill academi namun tidak ada respon. mohon bantu sy min. Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  92. Saya kira jg cuman saya.. ternyata semua begini... Bantuan2 lainnya gampang.. bantuan Kartu Prakerja yg eror & banyak yg mubazir ga dpt insentif.. Ya Allah..tolong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo lebih milih meningan dapet sembako ajalah bisa buat makan nyambung perut daripada mubazir meningan buat beli beras

      Hapus
  93. di kirain cuman saya yg alami kendala dlm ikut prakerja. ceritanya saya sudah beli pelatihan prakerja nya eh malah kode voucher nya gk di kasih. terus saldo sudah kepotong. saya juga gk ngerti kenapa seribet begini. tolong info bantuannya min

    BalasHapus
  94. Sy ikut pelatihan kursus singkat di yec.baru ikut sesi pertama.besoknya mau ikut lgi programmya sdah 3 hari eror terus.tolong pihak yec bgm nih

    BalasHapus
  95. Sama saya juga sudah bli vocernya di pintaria dan sudah berhasil tp pas buka di baking world ny pas bli vidio pelatihannya sudah berhasil tapi di liat di kursus vidio, vidionya yang sudah di beli tidak ada,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama bu saya juga beli voucher di pintaria buat pelatihan di bakingworld. di redeem malah status voucher sudah di gunakan. tp video dan materi pelatihan ngk ada

      Hapus
  96. saya sudah apply voucher disalah satu tema pelatihan di bakingworld. Berhasil dan diarahkan klik video kursus anda. Tapi video kursusnya kosong. Setelah saya ulang masukkan voucher nya lg, katanya sudah digunakan. Sedangkan di video kursusnya kosong tidak ada video apapun. Mohon pencerahannya.
    jika ada rekan yg sama seperti saya mohon info dan bisa join group wa. jika sudah ada yg berhasil dpt video dan ikut pelatihan mohon saling mengabari cara nya bagimana? terimakasih

    BalasHapus
  97. Maaf saya menemukan permasalahan tukar voucher di sini sya menukar voucher tapi gagal me-rendeem tolong yang tau informasinya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayapun sama eror saat masukan kode voucher malah ktnya blm lakukan pembayaran aneh halu

      Hapus
  98. Saya sudah beli pelatihan udah masukin kode voucher nya juga, dan saldo udah kepotong udah 10 hari ko belum dikasih link buat pelatihanya, bisa kasih penjelasanya min

    BalasHapus
  99. Saya sudah beli paket pelatihan,tapi linknya/0kode voucernya,belum d kasih dari tim bukalapak

    BalasHapus
  100. Saya sdh hampir satu bulan blum dapat kode voucer gmn solusinya wan

    BalasHapus
  101. saya no,hpnya aktif tp kode OTP ga pernah masuk saat lakukan pembelian, sudah mau 1 bulan, kelimpungan nanya Tokopedia, SkillAcademy, Pijarmahir, dsb...semuanya bilang nanya prakerja. Tp di Instagram adminnya tidak pernah balas, diemail selalu failed delivered katanya overload, ditelepon, nomor telp prakerja tidak bs dihubungi lagi. Sisa waktu 6 hari lagi...ada yg sama? punya solusi?

    BalasHapus