Kartu Prakerja Sedang Proses Artinya Apa? Ini Penjelasan Lengkap

Kartu prakerja sedang proses artinya apa? Tulisan tersebut muncul dalam akun pendaftar prakerja. Nah berikut ini penjelasannya.
Kartu Prakerja Sedang Proses Artinya Apa
Program kartu prakerja telah diluncurkan pemerintah sejak April 2020. Banyak penduduk Indonesia telah menerima manfaat dari program ini.

Selain dapat pelatihan dari berbagai platform mitra prakerja, mereka juga dapat insentif 600 ribu yang ditranser selama empat bulan.

Bagi yang belum daftar, masih ada kesempatan. Manajemen masih membuka pendaftaran gelombang. Targetnya 5,6 juta peserta bisa tercapai di 2020 ini.

Jika Anda merupakan pendaftar baru, maka ada berbagai notifikasi status pendaftaran yang harus diketahui. Salah satu yang paling mencolok adalah status pendaftaran dalam evaluasi atau proses.

Notifikasi tersebut tertulis dalam akun dashboard.prakerja.go.id. Lantas apa maksudnya?

Penjelasan Kartu Prakerja Sedang Proses

Jika pendaftaran Anda tertulis sedang diproses atau sementara dalam evaluasi, artinya bahwa manajemen prakerja masih mengecek pendaftaran Anda.

Tim masih melakukan verifikasi apakah Anda memang layak menerima manfaat program ini atau tidak. Notifikasi bahwa pendaftaran dalam proses sebetulnya muncul sejak Anda gabung gelombang.

Status tersebut akan berubah menjadi belum berhasil atau Anda berhasil ketika manajemen mengumumkan hasil kelolosan. Tak jarang juga pilihan gelombang tidak ditemukan karena dalam verifikasi tim.

Perlu diketahui, pengumuman kelolosan kartu prakerja memang memakan waktu beberapa hari. Sebab manajemen butuh waktu untuk melakukan kalkulasi dan verifikasi pendaftaran.

“Butuh waktu beberapa hari untuk melakukan verifikasi data dan mengumumkan nama-nama yang lolos seleksi,” ujar Head of Communications PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu.

Status Pengumuman di Dashboard Prakerja

Nantinya ada berbagai notifikasi pengumuman kelolosan Anda dalam akun prakerja. Supaya Anda tidak bingung, berikut penjelasannya.

Pendaftaranmu Sedang Kami Evaluasi

Nah inilah yang dituliskan di atas, yakni pendaftaran Anda memang masih diproses. Apabila Anda membaca status dalam akun prakerja, artinya tim masih mengevaluasi pendaftaran Anda.

Anda harus rajin mengecek akun untuk mengetahui perkembangannya apakah berhasil atau belum berhasil.

Kamu Belum Berhasil

Bila Anda mendapatkan notifikasi ini dalam dashboard prakerja, artinya pendaftaran Anda belum berhasil. Biasanya tertulis bahwa Anda belum karena kuota di provinsi Anda sudah penuh.
Jika sudah seperti ini, jangan menyerah. Siap sedialah ikut pada gelombang selanjutnya. Usahakan agar Anda mendaftar di hari pertama pembukaan gelombang.

Nomor Kartu dan Saldo Dalam Proses

Jika dalam dahboard akun prakerja Anda tertulis bahwa nomor kartu dan saldo sudah dalam proses, maka ini positif. Tandanya bahwa Anda berhasil lolos dalam seleksi gelombang prakerja.
Ingat nomor kartu dalam proses berbeda dengan pendaftaran yang sedang diproses ya. Nomor kartu dalam proses artinya sudah lolos tinggal nomor kartu yang ditunggu.

Sementara kalau pendaftaran yang dalam proses, artinya bahwa belum pasti bahwa Anda lolos atau tidak. Masih dievaluasi oleh manajemen.


Jika nomor kartu sudah dalam proses, Anda tinggal menunggu sampai nomor kartu prakerja dan saldo terisi. Jika sudah terisi, silahkan beli pelatihan di mitra prakerja.

Jika pendaftaran sudah berhasil maka nomor kartu prakerja sudah akan muncul seperti di bawah ini.

Nah seperti itulah informasi kartu prakerja sedang proses artinya apa. Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan Anda di bawah untuk kita diskusi bersama.

Semoga saja pendaftaran program kartu prakerja Anda bisa berhasil.

26 Komentar untuk "Kartu Prakerja Sedang Proses Artinya Apa? Ini Penjelasan Lengkap"

  1. Sangat membantu, terima kasih😄

    BalasHapus
  2. berarti pelatihan bisa dilakukan apabila nomor kartu sudah keluar?
    terima kasih

    BalasHapus
  3. Alhamdulilah...., berarti saya sudah positif diterima, walaupun pengumuman resmi belum keluar, karena di dashboard saya sudah muncul kartu, saldo no rekening, walaupun kartu belum ada nomornya statusnya dalam proses....

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah sangat membantu sekali..trmksh Admin.

    BalasHapus
  5. ALHAMDULILLAH SANGAT MEMBANTU.. TERIMAKASIH

    BalasHapus
  6. Terimakasih, dan sampai tanggal 28 agustus 2020 jam 5 sore, nomor kartu prakerja masih proses, maksimal berapa lama biasanya no kartu prakerja muncul?

    BalasHapus
  7. biasa nya proses veryfikasi seminggu nanti bakal muncul saldo 1 juta untuk pelatihan,

    BalasHapus
  8. Semoga ada hasil yg bermafaat

    BalasHapus
  9. Saya bikin rekening BNI online dan sudah mengisi e-form. Hanya saat saya masukkan kode OTP selalu jawabannya OTP failed to verified.
    Itu kenapa ya?
    Kalau bikin rekening langsung ke Bank BNInya bisa kan ya?

    BalasHapus
  10. Kartu prakerja sedang proses.. Kira - kira berapa lama??

    BalasHapus
  11. Tunggu saja ka. Aku juga sama dalam proses. Aku lolos gel 7

    BalasHapus
  12. Insentif tgl 13 sept'20..ampe skrng masih "blm diproses" aja di dashboard knpa yaaa???

    BalasHapus
  13. Yg tanggal 16 udahh cair lomm....kok status dhasbord dahh seminggu sedang proses trussss...info dongg gann....

    BalasHapus
  14. Insemtif tgl 19 sepetember gelombang keempat saya msh sedang di proses sampai sekarang semoga hari ini sore ini cair dari prakerja, mohon di bantu ke jelasan nya admin

    BalasHapus
  15. Kira2 berapa hari nunggu di dahbord sedang di proses

    BalasHapus
  16. sedang dalam proses artinya apa ya lolos atau engga?

    BalasHapus
  17. Status saya tulisannya sedang di proses,,,,itu masih tanda tanya ya??kira2 kapan ya hasilnya?

    BalasHapus
  18. Sepertinya membingungkan..

    Minggu kemarin iseng2 ikut tes gelombang 9. Dan kemarin di dashboard tertulis gagal, Kouta habis, ( memang karena saya baru coba ikut tes saat pendaftaran mau ditutup.).

    Tapi anehnya, tadi kubuka dashboard suruh cantumkan rekening, ........


    BINGUNG KAN......

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel