Jadwal Gelombang 4 Kartu Prakerja Belum Dibuka, Anda Bisa LOLOS!

Jadwal gelombang 4 Kartu Prakerja belum dibuka hingga kini. Namun, pendaftar yang gagal di gelombang 1, 2, dan 3 masih ada kesempatan lolos. Bagaimana mungkin?
Jadwal Gelombang 4 Kartu Prakerja Belum Dibuka, Anda Masih Bisa LOLOS

Pelaksanaan program Kartu Prakerja telah banyak membantu masyarakat yang terdampak pandemic Covid-19. Mereka yang berhasil lolos seleksi, mendapat pelatihan dan insentif 600 ribu/bulan selama 4 bulan.

Hingga saat ini, program ini sudah berjalan sampai gelombang ke 3. Hanya saja, diakui implementasinya belum berlangsung sempurna. Sehingga pemerintah memutuskan menunda pelaksanaan gelombang ke 4.

Kapan jadwal gelombang 4 Kartu Prakerja akan dibuka diperkirakan sekitar minggu ketiga atau keempat Mei 2020. Sebab pemerintah mengejar target menggelar 34 gelombang hanya sampai November 2020.

Nah bagi Anda yang ingin baru ingin mendaftar Kartu Prakerja gelombang empat, harus bersabar. Sebab masih ada sejumlah kendala yang memaksa pemerintah menundanya.


Berikut sejumlah penjelasan yang disampaikan Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky.

Penyebab Gelombang 4 Kartu Prakerja Ditunda

- Pihak manajemen pelaksana program Kartu Prakerja masih dalam proses menyelesaikan pencairan dana pelatihan untuk peserta gelombang pertama hingga ketiga.

- Adanya keterbatasan sumber daya di bidang teknologi dan informasi (TI) karena jumlah peserta yang sangat banyak dan terus bertambah. Misalnya masih ada yang belum mendapatkan insentif karena akun perbankan/e-moneyn-ya tidak sesuai dengan akun prakerjanya.

Verifikasi berlapis (yang memakan waktu tentunya) perlu dilakukan untuk memastikan ketepatan sasaran. Supaya insentif disalurkan kepada rekening peserta yang memiliki akun kartu prakerja, bukan pihak lain.

- Kenapa gelombang 4 belum dibuka juga karena kuota gelombang ketiga belum terpenuhi. Gelombang keempat baru akan dibuka bila target 300 ribu peserta gelombang tiga sudah terpenuhi.

Pendaftar Gelombang 3 Masih Bisa Lolos

Nah karena kuota gelombang 3 belum terpenuhi, maka pemerintah memutuskan membuka kembali kesempatan bagi pendaftar yang belum sempat lolos.

Mereka yang telah dinyatakan belum lolos seleksi pada gelombang ketiga, diberikan kesempatan untuk mengisi memenuhi target kuota gelombang 3 yang mencapai 300 ribu.

Admin sendiri yang sudah mendapatkan pemberitahuan tidak lolos pada seleksi gelombang tiga, ternyata setelah dicek kembali di akun dashboard kartu prakerja, sudah dinyatakan berhasil.

Di dalam beranda akun telah tertulis nomor kartu prakerja serta saldo pelatihan sebesar Rp 1 juta.

Oleh karena itu, Anda yang belum sempat lolos pada gelombang 1, 2, dan 3 harus rutin mengecek akun di website prakerja. Bisa saja akun Anda sudah berisi saldo prakerja beserta dengan noomor kartu.

Selain itu, pemerintah memang masih memberi kesempatan bagi korban PHK akibat Covid 19 yang terdata oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) untuk mendaftar di gelombang ketiga.

Sebab, dari 1,7 juta orang korban Covid-19 yang terverifikasi oleh Kemenaker, baru sekitar lebih kurang 100.000 orang yang mendaftar program kartu prakerja.

“Dari 1,7 juta orang yang didata Kemenaker baru 100.000 orang yang mendaftar. Makanya kami tunda dulu gelombang 4 untuk beri kesempatan orang-orang yang didata Kemenaker,” ujar Panji Winanteya.

Dibuka Sampai 34 Gelombang

Bagi Anda yang saat ini belum berhasil, jangan menyerah. Sebab pemerintah akan membuka pendaftaran program kartu prakerja sampai 34 gelombang sepanjang tahun 2020 ini.

Masing-masing gelombang bisa diperkirakan akan menerima sekitar 164 ribu peserta. Sehingga target penerima 5,6 juta peserta tercapai. Pendaftaran akan dibuka per batch setiap minggu dimulai 11 April 2020 hingga November 2020. Total akan ada 34 batch.

Pada gelombang pertama dan kedua, ada 456.265 peserta yang terjaring. Sementara untuk gelombang ketiga, diperkirakan sekitar 250 sampai 300 ribu peserta.

Pada gelombang pertama dan kedua, terdapat 360.650 peserta yang telag menyelesaikan satu kelas pelatihan. Total dana pelatihan yang sudah digunakan mencapai Rp195,2 miliar.

Walaupun begitu, baru 51.255 peserta yang menerima insentif sebesar Rp600 ribu per peserta per bulan. Jumlahnya terbilang sedikit dibanding jumlah peserta karena ada beberapa tahapan administrasi dan verifikasi yang harus dipenuhi.

Pemerintah menyiapkan total anggaran Rp20 triliun untuk program kartu prakerja. Program ini diharapkan bisa membantu masyarakat di tengah pandemi virus corona.

Demikianlah informasi jadwal gelombang 4 Kartu Prakerja yang memang belum dibuka sampai saat ini. Walaupun begitu, Anda masih berpeluang lolos mengisi kuota gelombang 3.

Belum ada Komentar untuk "Jadwal Gelombang 4 Kartu Prakerja Belum Dibuka, Anda Bisa LOLOS!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel