LOGIN www.prakerja.go.id, Daftar Kartu Prakerja Online Gelombang 4

LOGIN www.prakerja.go.id, untuk daftar Kartu Prakerja online gelombang 4. Berikut sejumlah tips agar bisa lolos.
LOGIN www.prakerja.go.id, Daftar Kartu Prakerja Online Gelombang 4

Program Kartu Prakerja sudah berjalan sepanjang 3 gelombang. Jadwal gelombang 4 sendiri sempat tertunda karena sejumlah kendala yang terjadi.

Kapan pendaftaran gelombang 4 Kartu Prakerja dibuka belum ada kabar pasti. Sebelumnya pemerintah telah menjadwalkan program akan dibuka setelah Lebaran, tepatnya pada Selasa, 26 Mei 2020.

Hanya saja, karena sejumlah pertimbangan, akhirnya ditunda lagi. Kapan pendaftaran prakerja gelombang 4, belum pasti hingga Juni 2020 ini.

Pendaftar Diperkirakan Membludak

Dilansir dari Bisnis.com, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni P. Purbasari mengatakan, jumlah pendaftar Kartu Prakerja gelombang IV diperkirakan akan membludak sebagaimana yang terjadi pada gelombang sebelumnya.

“Sebenarnya kita sudah melihat bahwa dengan jumlah yang registrasi 10,4 juta peserta, dan kemudian rata-rata yang mendaftar antara 1,4 – 2 juta orang, ini bisa saja hal yang sama terulang di batch 4,” kata dia.

Ia mengakui, pihak manajemen kartu prakerja memang sudah membuat sejumlah persiapan untuk membuka lagi pendaftaran. Seperti antisipasi apabila terjadi masalah dari server, sistem informasi, verifikasi peserta.

Belajar dari pengalaman, menajemen juga semakin memantapkan lembaga pelatihan, digital platform peserta PMO, perusahaan penyedia jasa e-wallet, hingga penyaluran dana Kartu Prakerja melalui perbankan.


Insentif Sudah Dikucurkan

Jumlah pendaftar Kartu Prakerja yang dinyatakan lolos pada gelombang 1, 2, dan 3 yakni sekitar 680.000. Banyak yang telah menyelesaikan pelatihan dan menerima insentif.

Hanya saja, jumlah penerima insentif Rp600.000 dari program Kartu Prakerja ini, baru sebanyak lebih kurang 300.000 orang peserta dari total lebih dari 680.000 orang di atas.

Kurang dari setengah dari jumlah peserta yang mendaftar program tersebut yang telah menerima insentif. “Yang telah menerima insentif pasca pelatihan yaitu sebesar Rp600.000 per bulan itu ada sebesar 300.000 orang lebih,” sebutnya.

Ada sejumlah faktor mengapa peserta Kartu Prakerja belum mendapatkan transferan insentif. Misalnya mengenai penyelesaian pelatihan.

Para penerima insentif minimal harus menyelesaikan satu pelatihan dan telah memberikan rating kepada pelatihan yang digelar 8 digital platform.

“Harus menuntaskan setidaknya satu pelatihan dan kemudian sudah memberikan ulasan dan rating terhadap pelatihan tersebut dan kami sudah dilaporin oleh digital platform bahwa si peserta telah menerima sertifikat tanda penyelesaian pelatihan itu,” jelasnya.

Tips Lolos Gelombang 4

Pendaftar Kartu Prakerja gelombang 4 jika nanti sudah dibuka, diperkirakan akan membludak. Seleksi gelombang 4 ini akan diikuti pendaftar baru maupun peserta yang tak lolos pada gelombang 1, 2 dan 3.

Lantas bagaimana tips agar bisa lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 4? Pendaftar harus lolos proses verifikasi sebagai berikut:

- Gunakan email dan nomor ponsel yang masih aktif.

- Gunakan foto selfie yang sesuai ketentuan, yaitu bagian muka tampak lurus menghadap kamera sambal memegang foto KTP di bawah dagu.

- Pastikan foto cerah, terang, atau tidak gelap atau terlalu terang. Jangan gunakan kacamata saat swafoto. Pastikan wajah tak tertutup rambut.

- Selanjutnya masuklah ke website www.prakerja.go.id. Terlebih dahulu daftar akun terlebih dahulu.

- Setelah akun berhasil dibuat dan semua syarat sudah siap, maka tunggulah sampai pendaftaran dibuka.

- Anda kemudian akan mengikuti tes seleksi gelombang ke empat.

- Usai tes, tim manajemen prakerja akan mengecek berbagai persyaratan dan hasil tes Anda. Jika Anda lolos, maka menajemen akan menghubungi melalui email atau nomor telepon.

Meskipun begitu, Anda sangat disarankan untuk rutin membuka website prakerja setelah selesai mengikuti pelatihan.

Sebab tak jarang mereka yang sudah lolos, tak menerima pemberitahuan dalam email atau nomor telepon yang didaftarkan.

Itulah informasi mengenai pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 (empat) dan bagaimana agar bisa lolos. Dengan sejumlah tips di atas, semoga saja Anda berhasil.

4 Komentar untuk "LOGIN www.prakerja.go.id, Daftar Kartu Prakerja Online Gelombang 4"

  1. Bagaimana carany mengganti E Wallet pada Rekening PraKerja dengan yang baru

    BalasHapus
  2. Knp ya susah bgt daftar ya

    BalasHapus
  3. saya sudah lolos ada pemberitahuan sambungkan rekening...karena e-wallet sy blm premier maka blm bisa ...ketike akun sy buka lagi kenapa sy harus gabung lagi

    BalasHapus
  4. PRAKERJA.GO.ID2 Oktober 2020 14.17

    Hai kak,
    Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, terkait dengan kendala Kaka agar kami dapat bantu pengecekan lebih lanjut mohon untuk dijelaskan kendala kaka.

    - Tks ^DN

    WhatsApp : 0816305928

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel