Kapan Insentif Tahap 4 Prakerja Cair? Ini Jawaban Pemerintah

Banyak peserta mempertanyakan kapan insentif tahap 4 (empat) prakerja cair. Nah berikut jawaban dari pemerintah melalui manajemen pelaksana.
Kapan Insentif Tahap 4 Prakerja Cair

Program kartu prakerja akhirnya dilanjutkan setelah tertunda sekitar dua bulan. Pada 8 Agustus 2020, pemerintah telah resmi membuka seleksi pendaftaran gelombang 4 dengan kuota 800 ribu peserta.

Insentif prakerja untuk peserta gelombang 1 2, dan 3 juga sudah disalurkan secara bertahap. Diketahui, pembayaran insentif prakerja sempat terlambat penyalurannya karena evaluasi dan perbaikan.

Hanya saja, penyaluran insentif yang dilakukan manajemen tidak lagi mengikuti jadwal pencairan yang tercantum dalam akun dashboard prakerja peserta.

Untuk insentif prakerja tahap 2 misalnya, baru disalurkan ke rekening atau e-wallet peserta di akhir Juni 2020. Demikian juga dengan insentif prakerja bulan ke 3 yang pencairannya terealisasi di akhir Juli 2020.


Kendati begitu, pencairan tahap 3 sepertinya belum tuntas semua. Masih banyak yang mengaku belum menerima transferan 600 ribu. Manajemen menyatakan pencairan memang masih berproses.

Kapan Insentif Tahap 4 Prakerja Cair?

Nah, Agustus ini merupakan jadwal terakhir mayoritas peserta untuk menerima insentif tahap 4. Sesuai ketentuan awal, pencairan sebesar Rp600 ribu memang dilakukan setiap bulan (selama empat bulan).

Kapan tepatnya penyaluran insentif peserta kartu prakerja bulan ke 4 diperkirakan akan mengikuti proses pencairan sebelumnya. Yakni dilakukan pada akhir bulan. Artinya ditaksir di atas tanggal 25 Agustus 2020.

Penyaluran tidak lagi mengikuti jadwal pencairan dalam dashboard peserta. Karena itu, bila belum ada pencairan padahal dalam dashboard Anda jadwal harusnya tanggal awal atau pertengahan Agustus, maka Anda tak perlu khawatir.

Pembayaran insentif Anda diperkirakan akan dilakukan mulai pada akhir bulan Agustus. Namun perlu diketahui, akibat banyaknya jumlah peserta, maka diduga pencairan tak akan diterima serentak peserta di tanggal yang sama di akhir Agustus.

Pencairan disinyalir akan dilakukan secara bertahap setiap hari di akhir Agustus. Oleh karena itu, apabila Anda belum menerima pencairan padahal teman Anda sudah, maka mungkin di hari selanjutnya.


Pencairan Insentif Dilakukan Setiap Hari Kerja

Dalam akun Instagram resmi @prakerja.go.id, banyak peserta yang mempertanyakan kapan realisasi pencairan insentif tahap ke 4. Seperti yang diuraikan di atas, bila mengikuti pola sebelumnya, maka kemungkinan besar pencairan dilakukan pada akhir Agustus.

Ini sudah berlangsung sejak penyaluran insentif tahap 2 pada Juni lalu. Pencairan direalisasi pada akhir Juni. Hal yang sama terjadi untuk insentif tahap 3 yang disalurkan pada akhir Juli.

Kendati begitu, dalam keadaan pandemic Covid-19 saat ini, memang banyak yang boleh dikatakan sangat membutuhkan dana untuk keperluan sehari-hari.

Tidak heran peserta yang mendorong pemerintah untuk melakukan pencairan mengikuti kembali jadwal pencairan sesuai dalam akun dashboard prakerja. Mereka menyerbu akun prakerja dan bertanya.


Menjawab berbagai pertanyaan tersebut, akun Instagram resmi manajemen pelaksana prakerja memohon peserta untuk sabar menunggu. Proses pencairan insentif dilakukan setiap hari kerja.


Kapan Pengumuman Lolos Kartu Prakerja Gelombang 4? Berikut Penjelasannya


Pastikan Penuhi Syarat Pencairan

Dalam masa menunggu, Anda sebaiknya memastikan semua syarat pencairan sudah terpenuhi. Jika Anda sudah menyelesaikan pelatihan, masih ada sejumlah syarat yang harus Anda tuntaskan sebagai berikut.

- Pertama Anda harus memastikan telah memberikan ulasan dan rating pelatihan.

- Pastikan rekening bank atau akun e-wallet yang tersambung dengan akun prakerja masih aktif.

- NIK pada rekening bank atau akun e-wallet yang tersambung harus sama dengan NIK ketika mendaftar akun prakerja.

- Pastikan akun e-wallet sudah di-upgrade.



- Pastikan nomor HP pada kun e-wallet yang tersambung dengan akun prakerja tidak diganti selama 5 bulan ke depan.

Seperti itulah informasi mengenai kapan insentif tahap 4 (empat) prakerja cair untuk peserta gelombang 1, 2, maupun 3. Semoga saja bisa memberikan manfaat.

61 Komentar untuk "Kapan Insentif Tahap 4 Prakerja Cair? Ini Jawaban Pemerintah"

  1. Insentif kok ditahan2 gitu... apa susahnya cairin semua yg terdahulu.. masalah gelombang 4 itu kan bisa sambil berjalan..jangan yg paling terdahulu ditunda???!!!! kalo saya admin prakerja udah saya transfer semua insentif tahap 4 biar clear

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngomong gampang coba atur pemerintah itu bukan ngurus kau doang boss tapi se indonesia mikir nya pake dengkul sih

      Hapus
    2. Iya bener banget.lerja kok nanggung2.

      Hapus
  2. mending tuntaskan insentif pada gelombang 1. jika sudah. baru masuk kegelombang berikutnya. ini kok malah jdi nunggu2.. kn nanti ujung2nya pasti bkln ngaret juga tuh gelombang berikutnya

    BalasHapus
  3. Nah itu yg di dashboard insentif nya gagal gimana? Temen gua tahap 1 sama tahap 2 nya berhasil cair nah pas tahap 3 sama tahap 4 nya gagal, itu gimana itu?

    BalasHapus
  4. insentif gelombang 3 belum tersalurkan merata udah nambah gelombang 4,ko kaya gitu sistem nya...? kenapa gak pergelombang dulu saja di bereskan kesan nya jadi kaya kejar setoran aja..!? perlahan tapi pasti kan lebih baik.

    BalasHapus
  5. Gak sesuai dg kenyataan ya insentif belum selesai udah prakerja ke 4,,,,mulai.kapan diproses ya insentif tahap 4 cair.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan akhir Agustus ini baru ditransfer insentif tahap 4

      Hapus
    2. Masih beloem masuk, nyesek bett

      Hapus
  6. Para pegawai Prakerja permainan kalian sangat luar biasa... Gaji kalian sangat besar tapi insentif rakyat tunda2....????
    Dikit2 tunda...padahal president dan para mentrinya udah mengelontorkan dana cukup besar buat rakyat,nya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan suudzon bro, lgipula udh bagus ikut pelatihan doang digaji. mereka digaji besar, pasti kerjaannya besar jga bro

      Hapus
  7. Para pegawai prakerja aj ga pernah telat sama pemerintah ini malah dana prakerja dtelatin gmn si kerjanya

    BalasHapus
  8. Mungkin karena kekurangan admin jadi proses pencairan dan insentif jadi bertahap dan kemungkinan akan cair di atas tanggal 25'an

    BalasHapus
  9. Apakah perubahan jadwal pencairan insentif ini di ketahui oleh presiden? jadi timbul pertanyaan dalam hati saya sekarang karena adanya penundaan ini...

    BalasHapus
  10. Kalau dana insetif tahap 4 di tunda sekarang sebaliknya apakah tim prakerja mau gajinya di tunda sampai 1 bulan apakah para tim prakerja gak merasa marah sama dengan yang merima insentif pikirkan itu jangan hanya mikirkan diri sendiri

    BalasHapus
  11. Cuma 1 kata aja,KEBANGETAN!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gelombang 3 pencairan yg terakhir (proses tgl 18 agustus ) sampai hari ini 12 september. ..belum cair juga ..sdh tlp cs ..msh dlm proses katanya, apakah ada yg sama?

      Hapus
    2. Pencairan yg ke 4 tgl 18 agustus sampai sekarang belum juga cair.

      Aturan admin prakerja beresin dulu pencairan..ini malah buka glombang lagi aja.

      Hari senin PSBB (pada susah bareng -bareng)

      Hapus
    3. Sama... Pencairan k 4 hrusnya tgl 15 Agustus, sampai sekarang blm ad kejelasannya kapan cairnya, cs susah sekali d hubungin

      Hapus
  12. Tanggal 18 Juli belum masuk rekening BNI. Apakah ada yang senasib

    BalasHapus
    Balasan
    1. 18 Agustus Sedang diproses trs ya? Klu gtu sama.

      Hapus
  13. Min untuk intensif tahap 4 8 Agustus knp lum cair jga yg lain udh pada cair.. Sedangkan yg gelombang ke 4 jga udh ada yg cair.. Gmn ini ya.. Aturan tuntaskan yg gel 1-3 dlu Min bru ke gel 4

    BalasHapus
  14. Iya yang Agustus ini banyak uda cair. Mungkin tergantung rekening yang digunakan tahapannya

    BalasHapus
  15. Kayaknya pemerintah senang lihat rakyat ngemis ke mereka. Seperti sengaja mereka mempermainkannya dg alasan itu2 aja. Skrngkan kata CS prakerja lg evaluasi ulang. Coba aja tlp CSnya.

    BalasHapus
  16. Mbok ya sabar toh....saya aja kerja gaji cm 1jt hidup d kosan dgn satu anak msh bisa bertahan dan bersabar

    BalasHapus
  17. Yg tahap 4 sabar yah, saya tahap 3 saja blm dapet.

    BalasHapus
  18. Fokus ke duitnya doang. Garis bawahi ke pelatihannya, bwt ningkatin skill kita. Untuk nyiptain usaha baru atau yang lagi nganggur biar cepet dapat pekerjaan. Warga +62 ada2 aja. Sabar!!

    BalasHapus
  19. Tunda dan tunda lagi...dlm proses uda 7x24 jam blom cair juga .. Ada apa ini?

    BalasHapus
  20. Bersabarlah wahai sodaraku. Mari kita ciptkan skil kita yg sudah kita pelajari, ..

    BalasHapus
  21. Semoga aja semuanya dapat terselesaikan. Doakan aj tim PRAKERJA selalu amanah dalam memberikan hak rakyat walaupun banyak kendla yg di alami.
    Dan penerima insentif dari gel1 sampe gel 4 selalu sabar 😊
    Mudah"an cepat tersalurkan insentifnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin...saya dukung progam prakerjaa, semogaa amanahh

      Hapus
  22. Cukup 1 kata...yg penting meluuuuuu

    BalasHapus
  23. Insentif ke 4 sampe sekarang masih belum cair aja padahal jadwal tanggal 15 Agustus

    BalasHapus
  24. Kok sampai sekarang belum juga cair insentif saya tahap 4 ini udah awal September tanggal 3 September belum juga di proses belum di transfer tolongggg tepat waktu donk

    BalasHapus
  25. Jadwal insentif 15 agustus tp sdh tgl 3 september blm cair juga..capek ngarep terus padahal kebutuhan hidup g bisa di tunda2

    BalasHapus
  26. Punyaku jga blm cair nyampek sekarang,padahal jadwal pencairan tgl 16 Agustus.

    BalasHapus
  27. Insentif tgl15 agustus sampai skr tgl 5 agustus blm cair juga padahal insentif sedang proses dari tgl 13 agustus

    BalasHapus
  28. Jadwal insentif tgl 15 agustus sampai sekarang tgl 5 september belum cair juga

    BalasHapus
  29. Saya gel 3 udah 2 Minggu lebih insentif saya berstatus sedang di proses tapi saat ini pun belum cair juga? Sedangkan yang gel 4, 5 udah cair. Gimana sih, harusnya tuntasin dulu yang gel lama.

    BalasHapus
  30. Insentif ke4 ditunggu tunggu dari tanggal 14 agustus udah ampe 7 september belom cair juga.kapan ini cairnya

    BalasHapus
  31. Dari jadwal 11 Agustus sampe hari 7 September insentif ke 4 dan surpey masih blom ada perubahan.. coba itu yg profesional dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas/mbaknya saldo buat beli kelas udah dipake semua? Atau ada kelas yang belum selesai?

      Hapus
  32. Masih saya tungguin aja inih beloman caer2, kaga ada kabar beritanya banyak nunggu begini, di hide kali yang belom dapet ya

    BalasHapus
  33. Parah betul teman sy gelombang ke 5 danax sdh cair sedangkan saya gelombang ke 4 sampai sekarang belum cair..tolong di perbantukan

    BalasHapus
  34. Gelombang 3 pencairan yg terakhir (proses tgl 18 agustus ) sampai hari ini tgl 12 september. ..belum cair juga ..sdh tlp cs , kata nya msh dlm proses, ...parah beut !
    apakah ada yg sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada. saya juga belom cair. gelombang 3

      Hapus
    2. Sama bang saya dari gelombang 3 jadwal insentif tgl 17 agustus sampai skrg status masih di proses

      Hapus
  35. Insentif ke 4 kapan caiiiiiir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salawatin aja bunganya buat pengurus prakerja...biar kenyang makan bunga bank

      Hapus
  36. Sy peserta gelombang 3 terjadwal pencairan insentif ke 4 tgl 21 Agustus 2020 sampai sekarang tgl 18 September 2020 di dashboard masih saja "SEDANG DIPROSES"
    sy sdh sering kali mengirim email ke akun resmi dan sll ada notifikasi pengiriman "TIDAK TUNTAS"
    sy jg sdh tlp seringkali ke nomer resmi dan yg sy dapatkan sll mesin penjawab dgn kata2 "CEK KEMBALI NOMER YG ANDA TUJU" at "NOMER TDK VALID" sampai sy berhenti Krn seringnya sy beli pulsa utk tlp, sy jg kirim pesan lewat IG resmi mereka, berkomentar dlm posting akun mereka, tak satupun yg direspon at dijawab

    Dear GO BIZZ,
    tlg sampaikan kondisi kami ke pihak manajemen Prakerja, mengapa kami diperlakukan seperti ini ?
    Mereka hy asik posting ttg pelaksanaan gelombang 4 dan seterusnya dgn segala atributnya

    Bantu kami, kami sangat butuh insentif itu..

    Sy sdh ga tau lagi kmn sy ingin bertanya?

    BalasHapus
  37. di dasbor saya tagl 15 agustus masih dalam proses sampai hari ini 18agustus masih juga dalam proses.kapan cairnya.ada kah yang bisa kasih saya solusi

    BalasHapus
  38. di dasbor saya tagl 15 agustus masih dalam proses sampai hari ini 18agustus masih juga dalam proses.kapan cairnya.ada kah yang bisa kasih saya solusi

    BalasHapus
  39. Sama di dashboard tgl 16 agt... Sampe skrng msh proses,,mudah"an bunga bank nya berkah di makan pengurus prakerja dan yg lain"nya...
    #kpkboboklourusanprakerja

    BalasHapus
  40. Masih nunggu insentif 18 agustus sampe sekarang, mantap. Ada yang sama?

    BalasHapus
  41. Ada yang berubah status insentif dari sedang diproses ke belum diproses? Insentif tahap 4

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel