Jokowi Tangguhkan Pembayaran Kredit Bank Satu Tahun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengambil kebijakan penangguhan kredit bank selama satu tahun. Keputusan ini diambil untuk membantu masyarakat mengatasi dampak Corona.
Jokowi tangguhkan pembayaran kredit angsuran di bank
Ini bisa dikatakan merupakan kabar gembira bagi masyarakat di saat yang sulit menghadapi wabah virus Corona.

Tentu saja Presiden tahu dan paham benar kondisi ekonomi masyarakat yang tidak dapat beraktivitas seperti biasa dan harus bekerja dari rumah.

Apalagi mereka yang memiliki tagihan atau angsuran kredit di bank. Untuk membayar cicilan menjadi berat karena tidak bisa bekerja seperti biasa.

Oleh karena itu, Jokowi menangguhkan pembayaran tagihan kredit selama satu tahun agar masyarakat terus bisa bertahan sampai Korona bisa dikalahkan.

Informasi itu disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Adapun kebijakan keringanan pembayaran ini khusus bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM). Jokowi mengatakan bahwa OJK telah memberikan kelonggaran relaksasi kredit untuk nilai kredit di bawah Rp 10 miliar.

“Baik kredit perbankan maupun industri keuangan non-bank, penundaan cicilan sampai satu tahun dan penurunan bunga,” kata Jokowi.

Angsuran Tukang Ojek, Sopir Taksi, Nelayan Ditangguhkan

Berbagai kemudahan diberikan bagi sektor usaha dan masyarakat yang terkena dampak dari virus Covid-19. Ini diberikan setelah Presiden mendengar berbagai keluhan dari kalangan pelaku usaha, mulai dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), hingga tukang ojek dan supir taksi.

Sebelumnya, pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah memberikan kelonggaran kepada debitur perbankan.

“Keluhan yang saya dengar dari tukang ojek, supir taksi, yang sedang memiliki kredit motor atau mobil atau nelayan yang sedang memiliki kredit,” kata Jokowi.

Bagi para tukang ojek, sopir taksi, maupun nelayan yang saat ini memiliki cicilan kredit, Jokowi mengatakan, diputuskan pembayaran bunga atau angsuran akan diberikan kelonggaran selama 1 tahun ke depan.

“Sampaikan ke mereka tidak perlu khawatir karena pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran selama 1 tahun,” tegas Jokowi.

Kucurkan Sembako Bagi Rakyat

Dalam waktu dekat, pemerintah juga akan mengucurkan bantuan sosial Kartu Sembako kepada 200.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama 6 bulan.

“Sebentar lagi juga akan kita keluarkan penerima kartu sembako selama 6 bulan ke depan akan ditambah 50 ribu. Diterima 200 ribu per keluarga penerima manfaat. Anggaran dianggarkan Rp 4,5 triliun," kata Jokowi.

Pekerja Kena PHK Diberikan Kartu Pra Kerja

Selain itu, akan segera diberikan juga kartu pra kerja untuk mengantisipasi para pekerja yang kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). “Pekerja harian yang kehilangan penghasilan dan pengusaha mikro yang kehilangan omzet, anggaran disiapkan Rp 10 triliun," jelasnya.

Nah itulah informasi positif dan melegakan dari Presiden Jokowi di tengah krisis Korona saat ini.

Anda yang menerima penangguhan pembayaran kredit bank, tidak perlu memaksakan diri keluar rumah untuk bekerja.

Cukup tinggal di rumah saja agar terhindar dari virus Corona sebab angsuran nanti dibayarkan satu tahun ke depan.

Belum ada Komentar untuk "Jokowi Tangguhkan Pembayaran Kredit Bank Satu Tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel